Categories: Metro 24 Jam

Janda Lansia di Gunung Malela ‘Raib’ (Katanya Dinaikkan ke Angkot, Lalu Tak Pulang Lagi)

Sabariah Sembiring (70), janda yang selama ini terpaksa hidup menyendiri di gubuk reot di lahan pertanian warga, di Jalan Raya Kecamatan Gunung Malela, Simalungun, terancam jadi gelandangan.

Sejak diberitakan Metro24jam.com pada 30 Agustus 2020 lalu, tempat tinggal wanita yang biasa disapa Mak Ucok tersebut tak lagi diketahui warga sekitar.

“Mak Ucok, waktu itu kami lihat hanya bisa pasrah terpaksa hengkang dari gubuk tempat tinggalnya,” sebut warga di sana.

Wanita lansia yang sebelumnya mengaku berasal dari Kampung Kelapa Satu, Kecamatan Galang Serdang Bedagai, kini dikhawatirkan hidup menjadi gelandangan.

“Kami rasa sudah jadi gelandangan lah sekarang. Terakhir itu, kami lihat dia dinaikkan ke dalam Angkot. Sekarang tak tahu lagilah kami dia tinggal di mana,” timpal warga yang ditemui di seputaran Jalan Raya Kecamatan Gunung Malela, Simalungun, Rabu (9/9/2020) siang.

Beberapa warga mengaku merasa kecewa, karena pemerintah Kecamatan Gunung Malela seakan tidak mau memperhatikan nasib wanita renta itu.

“Harusnya kan sudah jadi kewajiban pemerintah untuk membantu dan menghormati orang yang sudah tua begitu,” sebutnya lagi.

Warga bahkan menuding bahwa ada oknum yang sengaja berupaya menyingkirkan wanita itu, setelah sempat ramai menjadi pembicaraan.

“Pemerintah di sini, selama ini nampaknya tak memperlihatkan sedikit pun perhatian kepada Lansia seperti Sabariah Sembiring. Padahal sama-sama kita ketahui, banyak program pemerintah yang bisa membantu orang-orang seperti itu,” katanya lagi.

“Apa jadinya kalau perempuan tua renta seperti itu seorang diri di pinggir jalan. Apalagi dia susah berkomunikasi dengan orang karena gangguan pendengarannya. Bukannya diberikan bantuan, tapi justru diasingkan dari gubuk itu,” ketus warga tersebut mengaku kecewa.

Warga pun berharap, pihak-pihak terkait seperti kepolisan dapat melakukan penyelidikan dan mencari keberadaan wanita tersebut,

“Kita prihatin lah. Kan kasihan kalau tiba-tiba kita nanti dapat kabar, ada ditemukan sesosok mayat di jalan. Atau, penculikan, lalu dia dipaksa menjadi pengemis jalanan,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Gunung Malela Drs Andy Syaputra Pasaribu, saat dimintai tanggapan terkait kondisi Sabariah Sembiring, Rabu (9/9/2020) kemarin, mengaku tidak mengetahui keberadaan wanita itu.

“Tidak ada sampai saat ini laporan pangulu. Jadi kalau ditanyak keberadaanya, saya tidak tau lah. Kan ada pangulu yang mengurus itu, mana mungkin semua saya yang urus. Tanya pangulu lah,” jawabnya dengan nada kesal lalu menelepon seseorang.

Sebelumnya diberikan, selama belasan tahun hidup menjanda, Sabariah Sembiring, yang tak memiliki pekerjaan tetap, terpaksa hidup menyendiri di sebuah gubuk reot di lahan pertanian warga, di Jalan Raya Kecamatan Gunung Malela, Simalungun.

Sejak ditinggal mati suaminya, almarhum Swandi, wanita yang mengaku berasal dari Kampung Kelapa Satu, Kecamatan Galang, Serdang Bedagai ini, hanya bisa mengharapkan bantuan warga selama bermukim di Kecamatan Gunung Malela Kabupaten Simalungun. (age).

BACA JUGA:
Belasan Tahun Tinggal di Gunung Malela, Janda Tua Ini Tak Pernah Dapat Bantuan Pemerintah

Recent Posts

Hendak Jual 1,1 Kg Sabu, 2 Pria Asal Aceh Utara Ini Diringkus Polisi di Depan Rumah

Satuan Reserse Narkoba Polres Aceh Utara, meringkus dua pria pengedar sabu-sabu, Minggu (09/05/2021) dinihari kemarin.…

1 hari ago

Lapas Siborong-borong Ikuti Apel Pagi Serentak Kemenkumham

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Siborong borong, mengikuti apel pagi secara serentak di Kementrian Hukum…

2 hari ago

Ustadz Tengku Zulkarnain Tutup Usia di RS Tabarani Pekanbaru

Da'i sekaligus mantan Wasekjen Majelis Ulama Indonesia, Ustadx Tengku Zulkarnain, meninggal dunia, Senin (10/5/2021). Hal…

2 hari ago

Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan Nyangkut di Bawah Jembatan Desa Kelambir Pantai Labu

Sesosok mayat pria ditemukan tersangkut di bawah jembatan hulu Sungai Serdang, Dusun I, Desa Kelambir,…

2 hari ago

Pemkab Deliserdang Kembali Raih Opini WTP dari BPK Sumut TA 2020

Pemerintah Kabupaten Deliserdang kembali mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan atas…

2 hari ago

Kapolres dan Ketua Bhayangkari Humbahas Tinjau Pos PAM Ops Ketupat Toba 2021 di 3 Kecamatan

Kapolres AKBP Ronny Nicolas Sidabutar didampingi PJU Polres Humbahas dan Ketua Cabang Bhayangkari Cabang Humbahas…

2 hari ago