Categories: Metro 24 Jam

Jelang Pilkada Serentak 2020, Bawaslu Kabupaten Toba Sosialisasi SIPS

Bawaslu Kabupaten Toba melaksanakan Sosialisasi Sistem Informasi Penyelesaian Sengketa (SIPS) pada pemilihan Bupati dan Wakil Tahun 2020. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan di Toba Ballroom, Labersa Toba Hotel & Convention Center, Senin (07/9/2020) sekira pukul 10.30 Wib.

Ketua Bawaslu Toba Romson P Purba dalam sambutannya mengatakan, lewat sosialisasi SIPS diharapkan akan memberikan informasi dan ketentuan jelas terkait sistem pelaporan sengekta pada Pilkada Toba berdasarkan seluruh tahapan yang telah ditetapkan KPU.

“Terkait pelaksanaan sosialisasi ini kita terapkan protokol kesehatan, maka kami membatasi peserta dan hanya mengundang beberapa media pers dan LSM, demikian juga dengan pengurus partai, hanya kita undang dua orang per partai,” ujar Romson sembari membuka secara resmi sosialisasi SIPS.

Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Sumut Hardi Munthe berharap, Bawaslu Kabupaten Toba dapat bersinergi dengan media pers dan LSM di Kabupaten Toba.

Dikatakannya, Aparatur Sipil Negara, anggota TNI, Polri, kepala desa, lurah, honorer yang mendapat gaji dari APBN dan APBD dilarang membuat keputusan dan atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon.

“Tidak boleh menunjukkan keberpihakan, baik dengan memberikan komen di akun Facebook, itu sudah bisa menjadi objek yang bisa dilaporkan nanti ke komisi pengawas untuk penindakan pelanggaran,” tegasnya.

“Jadi, perbuatan-perbuatan atau tindakan tindakan yang menguntungkan atau merugikan itu dilarang di Pasal 187, yang sanksinya paling singkat 2 bulan dan paling lama 24 bulan penjara,” katanya.

Terkait keberadaan ASN dalam proses demokrasi Pemilukada, Divisi Pengawasan Bawaslu Sumut Suhadi Sukandar Situmorang kembali mengingatkan, lewat kemitraan dengan media pers, ASN Kabupaten Toba tetap menjaga netralitas.

“Selain ASN seluruh orang yang menerima gaji dari daerah baik kepala desa dan aparat desa serta tenaga honorer juga bagian dari pengawasan Bawaslu,” pungkasnya. (Hotman)

Recent Posts

Hendak Jual 1,1 Kg Sabu, 2 Pria Asal Aceh Utara Ini Diringkus Polisi di Depan Rumah

Satuan Reserse Narkoba Polres Aceh Utara, meringkus dua pria pengedar sabu-sabu, Minggu (09/05/2021) dinihari kemarin.…

1 hari ago

Lapas Siborong-borong Ikuti Apel Pagi Serentak Kemenkumham

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Siborong borong, mengikuti apel pagi secara serentak di Kementrian Hukum…

2 hari ago

Ustadz Tengku Zulkarnain Tutup Usia di RS Tabarani Pekanbaru

Da'i sekaligus mantan Wasekjen Majelis Ulama Indonesia, Ustadx Tengku Zulkarnain, meninggal dunia, Senin (10/5/2021). Hal…

2 hari ago

Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan Nyangkut di Bawah Jembatan Desa Kelambir Pantai Labu

Sesosok mayat pria ditemukan tersangkut di bawah jembatan hulu Sungai Serdang, Dusun I, Desa Kelambir,…

2 hari ago

Pemkab Deliserdang Kembali Raih Opini WTP dari BPK Sumut TA 2020

Pemerintah Kabupaten Deliserdang kembali mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan atas…

2 hari ago

Kapolres dan Ketua Bhayangkari Humbahas Tinjau Pos PAM Ops Ketupat Toba 2021 di 3 Kecamatan

Kapolres AKBP Ronny Nicolas Sidabutar didampingi PJU Polres Humbahas dan Ketua Cabang Bhayangkari Cabang Humbahas…

2 hari ago