Kamis, 24 September 2020 | 21.08 WIB
Value Impression Banner
Metro24Jam>News>Tolak Lokasi Pemakaman, Warga Ujung Serdang Bentrok Dengan Petugas Satgas Covid-19

Tolak Lokasi Pemakaman, Warga Ujung Serdang Bentrok Dengan Petugas Satgas Covid-19

Senin, 7 September 2020 - 17:17 WIB

IMG-99366

Warga saat menghadang tim Satgas Covid-19 Deliserdang. (Fani Ardana/metro24jam.com)

Sky Scrapper Value Impression

DELISERDANG, metro24jam.com – Ratusan warga Desa Ujung Serdang, Kecamatan Tanjung Morawa menolak rencana pengadaan lokasi pemakaman korban Covid-19 di desa mereka.

Penolakan tersebut berujung bentrok dengan petugas tim Satgas Covid-19 Deliserdang, yang terdiri dari kepolisian, Koramil dan Sat-Pol di Dusun V, Desa Ujung Serdang, Senin (7/9/2020).

Warga berupaya menghadang alat berat yang didatangkan Gugus Tugas Covid-19 Deliserdang untuk membersihkan lahan yang bakal dijadikan pemakaman tersebut. Alhasil, kericuhan pun tak terelakkan.

Polisi dan sejumlah personel TNI berusaha mengusir paksa warga keluar dari lokasi. Namun, kedatangan warga yang semakin ramai membuat petugas sempat kewalahan.

Suasana semakin memanas ketika salah seorang warga mengaku dipukul oknum aparat keamanan. Akibatnya sejumlah warga lain merangsek maju ke arah petugas.

Warga meminta alat berat tidak beroperasi dan harus dibawa keluar dari lokasi lahan. Meski telah diberi penjelasan, warga tetap menolak di lokasi tersebut dijadikan tempat pemakaman jenazah korban Covid-19.

Camat Tanjung Morawa, Marianto Irawadi, yang hadir di lokasi mengatakan, bahwa pihaknya hanya menjalankan perintah Satgas Covid-19 Pemkab Deliserdang terkait lokasi tersebut akan dijadikan pemakaman.

“Lahan ini ada seluas lebih kurang 5 hektar, milik PTPN II. Untuk masyarakat yang protes, itu wajar saja. Namun penjelasan bahaya atau tidak bahaya adanya makam Covid-19 di daerah ini tentunya pihak berwenang Tim Gugus Tugas [Covid-19] yang menjawab,” katanya kepada wartawan.

Sementara itu, warga setempat menolak lokasi tersebut dijadikan pemakaman karena berada cukup dekat dengan pemukiman.

“Kami merasa resah dengan adanya makam Covid-19 di sini. Kenapa tidak di daerah lain saja, dan lahan yang di gunakan juga cukup luas,” ungkap B Tarigan.

Terpisah, Asisten I Pemerintahan Pemkab Deliserdang Faisal Arif Nasution menyebutkan bahwa pihak Satgas Covid19 Pemkab Deliserdang sudah melakukan sosialisasi terkait akan adanya lokasi pemakaman khusus Covid-19 di kawasan itu.

“Sudah kita lakukan sosialisasi. Di mana yang tidak setuju? Mereka setuju dan sudah kami kasih pemahaman sebelum sebelumnya. Kemuian soal jarak sama pemukiman, itu cukup jauh. Dan ini di lahan milik PTPN II yang sudah disetujui,” jelas Faisal kepada wartawan di ruang kerjanya.

Pantauan Metro24jam.com di lokasi, personel Polresta dan Sat Pol-PP Deliserdang serta Koramil Tanjung Morawa masih melakukan pengamanan. (Fan)

KOMENTAR ANDA
MGID Smart Widget
Berita Lainnya
Pengamen Ini Masuk Sel, 4 Bulan Lalu ‘Toyor’ Karyawan Cafe Putri Minang Sampai Ompong

Pengamen Ini Masuk Sel, 4 Bulan Lalu ‘Toyor’ Karyawan Cafe Putri Minang Sampai Ompong

Selama 4 bulan berhasil menghindar dari buruan polisi, usai melakukan penganiayaan, Muhammad Ilham Situmorang alias Pak Chandra (22) akhirnya ditangkap, ...
Stres Gara-gara Utang, Pria 30 Tahun di Bandar Setia Gantung Diri

Stres Gara-gara Utang, Pria 30 Tahun di Bandar Setia Gantung Diri

Warga di Jalan Pendidikan, Dusun II, Desa Bandar Setia, Kecamatan Percut Sei Tuan, mendadak heboh setelah mengetahui salah seorang tetangga ...
Sholat Subuh ke Masjid, Sepedamotor di Rumah ‘Disikat’ Maling, Pria Ini Lapor Polisi

Sholat Subuh ke Masjid, Sepedamotor di Rumah ‘Disikat’ Maling, Pria Ini Lapor Polisi

Aksi pencurian kendaraan bermotor masih saja marak di Kota Pematang Siantar. Kali ini korbannya adalah Dedy (35), warga Jalan Melanthon ...
Dapat Nomor Urut 4, Anton Saragih: Pas di Tagline H4RUS! 4 Adalah Elemen Kehidupan

Dapat Nomor Urut 4, Anton Saragih: Pas di Tagline H4RUS! 4 Adalah Elemen Kehidupan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Simalungun menggelar acara Pengundian dan Pengumuman Nomor Urut Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Simalungun ...
KPU Tetapkan Nomor Urut Paslon Bupati dan Wakil Bupati Simalungun, Ini Urutannya!

KPU Tetapkan Nomor Urut Paslon Bupati dan Wakil Bupati Simalungun, Ini Urutannya!

Empat pasangan calon bupati dan wakilnya mendapat masing-masing nomor urut setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Simalungun melaksanakan rapat pleno di ...
Ops Yustisi di Tanjungbalai, 100 Orang Dapat Teguran Lisan, 11 Peringatan Tertulis

Ops Yustisi di Tanjungbalai, 100 Orang Dapat Teguran Lisan, 11 Peringatan Tertulis

Petugas gabungan dari Polres dan Pemko Tanjungbalai bersama personel TNI menggelar Operasi Yustisi dalam rangka pendisiplinan protokol kesehatan untuk mencegah ...
Value Impression
VI Outstream
Value Impression Video
Awie
MGID

Loading…