Categories: Metro 24 Jam

Hina Bupati Batubara, Eks Penghina Nabi Muhammad dan Pemeras PNS Ditangkap Lagi

Beberapa kali berurusan dengan dengan hukum hingga akhirnya dipenjara tak membuat Tuah Aulia Fuadi jera.

Teranyar, mahasiswa pecatan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN-SU) ini kembali berulah melakukan penghinaan terhadap Bupati Batubara Ir Zahir MAP.

Penghinaan itu dilakukan melalui akun media sosial Facebook miliknya, Pewarta Batubara pada 3 Juli 2020.

Bupati Zahir kemudian membuat pengaduan terkait postingan Aulia ke Polres Batubara pada tanggal 20 Juli 2020, sesuai Laporan Polisi nomor: LP/287/VII/2020/Res. B. Bara.

Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis saat dikonfirmasi melalui Kasat Reskrim AKP Bambang G Hutabarat membenarkan penangkapan Aulia.

Dijelaskan Bambang, pemuda warga Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batubara tersebut telah ditetapkan sebagai tersangka pada Kamis (3/9/2020) malam.

“TAF ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan pada penahanan pertama selama 20 hari ke depan setelah diperiksa secara intensif dan diperoleh cukup bukti,” katanya.

AKP Bambang menjelaskan, penanganan kasus yang masuk ranah ITE tersebut dilakukan bekerjasama dengan Tim Cyber Crime Polda Sumatera Utara.

“Di BAP yang bersangkutan mengakui perbuatannya dan menyatakan penyesalan. TAF juga minta maaf kepada Bupati Zahir,” papar Bambang saat ditemui di ruang kerjanya, Jum’at (4/9/2020).

Bambang juga menjelaskan, pihaknya melakukan penangkapan setelah melakukan penyelidikan melalui nomor dan jenis handphone serta email yang digunakan, akhirnya Aulia dipastikan sebagai pemilik akun Pewarta Batubara yang mengunggah postingan bernada menghina tersebut.

Kasat Reskrim Polres Batubara AKP Bambang G Hutagalung saat memberikan keterangan kepada wartawan. (Taufik/metro24jam.com)

Atas perbuatannya, Tuah Aulia Fuadi dipersangkakan melanggar Pasal 27 jo. Pasal 45 ayat (3) Undang RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi Transaksi Elektronik subs Pasal 14 ayat (1) UU RI Nomor 1 tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana, Pasal 310, Pasal 311 dan Pasal 316 KUHP Pidana dengan ancaman di atas 5 tahun.

“Di mana disebutkan setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan atau mentransmisikan atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan atau dokumen elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan atau pencemaran nama baik dan barang siapa dengan menyiarkan berita bohong dengan sengaja,” pungkas Bambang.

Sebelumnya, Tuah Aulia Fuadi juga sudah pernah ditangkap karena diduga menghina Nabi Muhammad.

Selanjutnya, pada Jumat (3/11/2017), Tuah Aulia Fuadi kembali diringkus personel Polres Batubara di Cafe Water Park Banyuwangi, Kelurahan Lima Puluh Kota, Kecamatan Lima Puluh, Batubara.

Ia diduga telah melakukan pemerasan terhadap M Taufik Hasbi, terkait Program Pamsimas dan Sanimas.

Saat itu Aulia mengancam akan melaporkan M Taufik ke kejaksaan. Bahkan, Aulia juga mengancam akan mempublikasikan ihwal program itu di akun Facebook dengan nama Petir Batubara. (taufik)

BACA JUGA:
Dulu Hina Nabi Muhammad, Sekarang Memeras, Eks Mahasiswa UIN Ditangkap Polisi

Recent Posts

Hendak Jual 1,1 Kg Sabu, 2 Pria Asal Aceh Utara Ini Diringkus Polisi di Depan Rumah

Satuan Reserse Narkoba Polres Aceh Utara, meringkus dua pria pengedar sabu-sabu, Minggu (09/05/2021) dinihari kemarin.…

1 hari ago

Lapas Siborong-borong Ikuti Apel Pagi Serentak Kemenkumham

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Siborong borong, mengikuti apel pagi secara serentak di Kementrian Hukum…

2 hari ago

Ustadz Tengku Zulkarnain Tutup Usia di RS Tabarani Pekanbaru

Da'i sekaligus mantan Wasekjen Majelis Ulama Indonesia, Ustadx Tengku Zulkarnain, meninggal dunia, Senin (10/5/2021). Hal…

2 hari ago

Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan Nyangkut di Bawah Jembatan Desa Kelambir Pantai Labu

Sesosok mayat pria ditemukan tersangkut di bawah jembatan hulu Sungai Serdang, Dusun I, Desa Kelambir,…

2 hari ago

Pemkab Deliserdang Kembali Raih Opini WTP dari BPK Sumut TA 2020

Pemerintah Kabupaten Deliserdang kembali mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan atas…

2 hari ago

Kapolres dan Ketua Bhayangkari Humbahas Tinjau Pos PAM Ops Ketupat Toba 2021 di 3 Kecamatan

Kapolres AKBP Ronny Nicolas Sidabutar didampingi PJU Polres Humbahas dan Ketua Cabang Bhayangkari Cabang Humbahas…

2 hari ago