Categories: Metro 24 Jam

Korupsi Meterai Rp6.000 Senilai 2 Miliar Lebih, 2 Mantan Pejabat Kantor Pos Medan Ditangkap

Dua mantan pejabat Kantor Pos Medan diamankan di Polrestabes Medan lantaran terjerat kasus korupsi penyalahgunaan sebanyak 349.000 meterai Rp6.000.

Perbuatan keduanya diperkirakan telah mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp2.094.000.000.

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Riko Sunarko mengatakan, kedua tersangka masing-masing seorang wanita berinisial SHS yang merupakan mantan Staf Bagian Keuangan dan BPM.

“Yang bersangkutan (SHS) sudah putus di Pengadilan Tipikor Medan dengan vonis 5 tahun penjara,” sebut Riko pada pemaparan di di halaman Mapolrestabes Medan, Kamis (3/9/2020) sore.

Dalam pengakuannya, SHS menagtaka bahwa ia telah menjual meterai tersebut untuk kepentingan pribadi. Polisi menyita barang bukti berupa uang tunai Rp55.000.000 dan emas seberat 25 gram dari tangan wanita tersebut.

“Uang dan emas tersebut diakui merupakan hasil penjualan meterai. Sedangkan sisa uang lainnya telah habis digunakan untuk bermain valas,” lanjut Riko yang saat itu didampingi Kasat Reskrim Kompol Martuas H Tobing.

Setelah penangkapan SHS, Unit Tipidkor Polrestabes Medan kemudian meringkus pria berinisial MNN (50), warga di Asrama TNI AD, Jalan Durian, Kelurahan Sidorame Barat I, Medan Perjuangan yang saat ini bertempat tinggal di Jalan Kelambir V, Komplek Vila Payung Teduh, Desa
Tanjung Gusta, Kecamatan Sunggal.

“MMN ini merupakan Mantan Manajer Keuangan dan BPM di Kantor Pos Medan – 20000,” jelas Riko.

Orang nomor satu di Polrestabes Medan itu menambahkan, keduanya terlibat korupsi dengan tidak melaksanakan pengawasan dan atau pemeriksaan yang menjadi tugas dan tanggungjawabnya sehingga menimbulkan kerugian negara.

Lebih lanjut dijelaskannya, pengungkapan kasus tersebut berawal pada Mei 2018 lalu. Saat itu Satuan Pengawasan Internal (SPI) Regional 1 Medan melaksanakan pemeriksaan di Kantor Pos Medan – 20000 melakukan pemeriksaan dan diketahui terdapat kekurangan meterai Rp6.000 sebanyak 349.000 lembar senilai Rp 2.094.000.000.

Berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut, SHS mengelabui perusahaan dengan memasukkan kertas HVS ke dalam amplop yang seharusnya berisi meterai Rp6.000. Selanjutnya, amplop berisi kertas HVS tersebut dimasukkan ke dalam kardus dan disusun rapi.

“Hasil Gelar Perkara di Dit Reskrimsus Polda Sumut pada tanggal 09 November 2018 ditetapkan status SHS dan MMN untuk menjadi tersangka. Selanjutnya terhadap tersangka MMN akan dilakukan penyerahan tersangka dan barang bukti (Tahap – II) ke JPU,” papar Riko.

Terhadap tersangka MMN dipersangkaan Pasal 2 ayat (1) UU Tindak Pidana Korupsi dengan penjara seumur hidup atau pidana penjara singkat 4 tahun dan paling lama 20 tahun.

“Atau Pasal 3 UU Tindak Pidana Korupsi dengan penjara penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 1 tahun dan paling lama 20 tahun, dan Pasal 55 ayat (1) KUHPidana,” pungkasnya. (asn)

Recent Posts

Hendak Jual 1,1 Kg Sabu, 2 Pria Asal Aceh Utara Ini Diringkus Polisi di Depan Rumah

Satuan Reserse Narkoba Polres Aceh Utara, meringkus dua pria pengedar sabu-sabu, Minggu (09/05/2021) dinihari kemarin.…

1 hari ago

Lapas Siborong-borong Ikuti Apel Pagi Serentak Kemenkumham

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Siborong borong, mengikuti apel pagi secara serentak di Kementrian Hukum…

2 hari ago

Ustadz Tengku Zulkarnain Tutup Usia di RS Tabarani Pekanbaru

Da'i sekaligus mantan Wasekjen Majelis Ulama Indonesia, Ustadx Tengku Zulkarnain, meninggal dunia, Senin (10/5/2021). Hal…

2 hari ago

Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan Nyangkut di Bawah Jembatan Desa Kelambir Pantai Labu

Sesosok mayat pria ditemukan tersangkut di bawah jembatan hulu Sungai Serdang, Dusun I, Desa Kelambir,…

2 hari ago

Pemkab Deliserdang Kembali Raih Opini WTP dari BPK Sumut TA 2020

Pemerintah Kabupaten Deliserdang kembali mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan atas…

2 hari ago

Kapolres dan Ketua Bhayangkari Humbahas Tinjau Pos PAM Ops Ketupat Toba 2021 di 3 Kecamatan

Kapolres AKBP Ronny Nicolas Sidabutar didampingi PJU Polres Humbahas dan Ketua Cabang Bhayangkari Cabang Humbahas…

2 hari ago