Categories: Metro 24 Jam

Rencana Bangun Pipa Air Baku, BWS II Sumut Gelar Rapat PMK di Girsip

Dirjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membangun penyediaan air baku di Kabupaten Simalungun dan Toba.

Dalam rangka pembangunan tersebut, Satuan Kerja Balai Wilayah Sungai Sumatera II melaksanakan Pertemuan Konsultasi Masyarakat (PKM) di Kantor Camat Girsang Sipangan Bolon, Rabu (2/9/2020).

Hadir pada rapat tersebut, Konsultan dari BWS Sumut II, Direktur Teknik PDAM Tirtalihou Simalungun, para lurah, pangulu, Kepling dan masyarakat.

Roni selaku Konsultan dari BWS Sumut II mengatakan, dasar hukum pembangunan pipanisasi air baku mengacu pada UU Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Permendagri Lingkungan Hidup Nomor 08 Tahun 2013.

“Selain UU, kegiatan ini didukung Peraturan Pemerintah Provinsi Sumut Nomor 27 Tahun 2012 tentang Izin Lingkungan (Pasal 3 ayat 1). Di mana setiap usaha dan/atau kegiatan yang berdampak penting terhadap lingkungan hidup wajlb memiliki AMDAL,” sebut Roni di sela-sela rapat.

Dijelaskannya, review rencana debit air baku di Simalungun diambil dari Sungai Naborsahon, Sera-sera dan Aek Nauli, sedangkan debit air di Kabupaten Toba dari Sungai Tongguran.

“Trace pipa ke Simalungun dari intake sampai reservoir pipa sepanjang 27,65 kilometer dengan sistem gravitasi, sedangkan trace pipa ke Kabupaten Toba dari intake sampai reservoar sepanjang 21,06 kilometer dan lokasi reservoir trace pipa arah Ajibata di kawasan hutan lindung. Sedangkan untuk trace pipa arah Kecamatan Girsip, reservoir berada di sekitar jalan provinsi, ” jelasnya.

Pembangunan tersebut, lanjut Roni, bertujuan mengatasi masalah kurangnya kebutuhan air bersih bagi warga, serta menujang pariwisata di Kecamatan Girsip.

“Karena pertumbuhan masyarakat dan industri pariwisata semakin banyak membutuhkan air bersih yang mana selama ini tidak lagi mencukupi, begitu juga di Kabupaten Toba,” paparnya.

Sementara itu, Camat Girsip Eva Suryati Ulyarta Tambunan menyambut baik pembagunan saluran air baku di wilayah kerjanya. Meski begitu, ia berharap dilakukan analisis lebih mendalam terkait dampak sosial dan manfaat pembangunan tersebut.

“Rapat ini masih tahap awal, selanjutnya akan disosialisasikan kembali, sebab pembagunan air baku untuk kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu diharapkan masyarakat mendukung pembangunan serta siap memberikan saran apa yang harus dikerjakan dalam penyediaan air baku ini,” ungkap Eva.

Di sesi tanya jawab, Lurah Tigaraja Darma Donni Silalahi mengingatkan agar pengelola proyek tidak luput dari Peraturan Presiden (Pepres Nomor 62-2018) tentang penanganan dampak sosial dalam rangka penyediaan tanah untuk pembagunan.

“Dalam pelaksanaan proyek dapat memperhatikan ekosistem lingkungan, baik pengairan ke persawahan masyarakat,” saran Darma. (Sil)

Recent Posts

Hendak Jual 1,1 Kg Sabu, 2 Pria Asal Aceh Utara Ini Diringkus Polisi di Depan Rumah

Satuan Reserse Narkoba Polres Aceh Utara, meringkus dua pria pengedar sabu-sabu, Minggu (09/05/2021) dinihari kemarin.…

1 hari ago

Lapas Siborong-borong Ikuti Apel Pagi Serentak Kemenkumham

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Siborong borong, mengikuti apel pagi secara serentak di Kementrian Hukum…

2 hari ago

Ustadz Tengku Zulkarnain Tutup Usia di RS Tabarani Pekanbaru

Da'i sekaligus mantan Wasekjen Majelis Ulama Indonesia, Ustadx Tengku Zulkarnain, meninggal dunia, Senin (10/5/2021). Hal…

2 hari ago

Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan Nyangkut di Bawah Jembatan Desa Kelambir Pantai Labu

Sesosok mayat pria ditemukan tersangkut di bawah jembatan hulu Sungai Serdang, Dusun I, Desa Kelambir,…

2 hari ago

Pemkab Deliserdang Kembali Raih Opini WTP dari BPK Sumut TA 2020

Pemerintah Kabupaten Deliserdang kembali mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan atas…

2 hari ago

Kapolres dan Ketua Bhayangkari Humbahas Tinjau Pos PAM Ops Ketupat Toba 2021 di 3 Kecamatan

Kapolres AKBP Ronny Nicolas Sidabutar didampingi PJU Polres Humbahas dan Ketua Cabang Bhayangkari Cabang Humbahas…

2 hari ago