Categories: Metro 24 Jam

9 Ahli Waris Ikut Raja Purba Sempat Minta PN Siantar Tunda Eksekusi, Ini Dasarnya

Pengadilan Negeri (PN) Pematang Siantar akhirnya melaksanakan eksekusi atas tanah dan bangunan yang telah dibeli 9 warga di Jalan Bah Birong Ujung, Kelurahan Sigulang-gulang,Kecamatan Siantar Utara.

Sebelumnya, kesembilan ahli waris Ikat Raja Purba itu memohon perlindungan hukum ke Polres Siantar dan diminta agar bangunan rumah berikut tanah, tidak dirobohkan pada saat eksekusi, sampai adanya putusan yang berkekuatan hukum tetap.

Gugatan perlawanan telah diajukan ke-9 ahli waris tersebut ke PN Pematangsiantar, Kamis (27/8/2220) sekira jam 15.30 Wib.

Kesembilan ahli waris tersebut adalah Armin Rakutson Purba (47), beralamat di Jalan Bah Birong Ujung, Kelurahan Sigulang-gulang, Siantar Utara, Bertha Silviana Situmorang (45) beralamat di Jalan Sadum Ujung, Kelurahan Bane, Siantar Utara, Ramses Sitanggang (42), warga Jalan Tanjung Pinggir, Kecamatan Siantar Martoba.

Kemudian, Dameria Martha Purba (39) warga Jalan Lengkong Wetan, Gang Mushollah Nurul Huda, Jakarta Selatan, Rosita Purba (49) tinggal di Jalan Rakutta Sembiring, Gang Selamat, Siantar Martoba, Irwan Dedi Purba (47) tinggal di Jalan TB Simatupang, Kelurahan Sukadame, Siantar Utara.

Indra Wilson Purba (52), warga Huta V, Naga Jaya II, Kecamatan Bandar Huluan, Simalungun, Desman Purba (47) beralamat di Jalan Bah Birong Ujung, Kelurahan Sigulang-gulang, Siantar Utara dan Irma Dermawati Purba (51) warga Kelurahan Antapani Kidul, Kecamatan Antapani Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat.

Mewakili dari salah satu ahli waris, Desman Purba menerangkan, kesembilan orang ini selaku pembeli tanah kavlingan milik Sarmahalim Purba yang terletak di Jalan Bah Birong Ujung, Kelurahan Sigulang-gulang, Kecamatan Siantar Utara.

Ada permohonan perlindungan hukum ini, adanya surat penetapan dari PN Pematangsiantar tertanggal 4 Agustus 2020 bernomor: 12/Eks/2020/21/Pdt.G2001/PN.Pms tentang pelaksanaan eksekusi yang akan dilaksanakan hari Jumat 28 Agustus 2020, dan salah satunya terhadap sebidang tanah yang terletak di Kelurahan Sigulang-gulang, Kecamatan Siantar Utara, atas nama Pemohon Eksekusi Sarmahalim Purba.

Desman menjelaskan, pihaknya mengajukan penundaan eksekusi karena Sarmahalim Purba telah menjual dengan ganti rugi sebagian tanah, yang menjadi objek perkara dilaksanakannya eksekusi pada saat proses berlanjut di PN Pematangsiantar, PT Medan dan Mahkamah Agung.

“Sarmahalim Purba juga telah memberikan keterangan palsu dengan maksud melakukan penipuan menyatakan bahwa terhadap tanah yang dijual tidak dalam perkara, sehingga kami menyetujui jual beli tersebut,” ujarnya.

Atas tindakan Sarmahalim Purba itu, Desman Purba mengatakan, bahwa Armin Rakutson Purba telah membuat laporan dugaan penipuan/penggelapan di Polres Pematangsiantar dengan Nomor: STPL/140/VIII/2017/SU/STR. Namun sampai saat ini, belum ada tindak lanjut dari laporan pengaduan tersebut.

Terhadap tindakan Sarmahalim Purba yang telah menjual tanah, kemudian mengajukan gugatan kepada Ikut Raja Purba terhadap tanah dimaksud, PN Siantar kemudian memenangkan Sarmahalim Purba.

Setelah memenangkan perkara, Sarmahalim Purba kemudian mengajukan eksekusi terhadap tanah yang telah dijualnya terdahulu.

Desman Purba mengatakan, pihaknya telah mengajukan perlawanan terhadap Sarmahalim Purba di PN Pematangsiantar, dan saat ini masih dalam proses persidangan.

“Kami juga sangat dirugikan dan seolah-olah Sarmahalim Purba orang yang kebal hukum. Kami berharap adanya perlindungan hukum dari aparat Kepolisian dan PN Pematangsiantar, agar bangunan rumah berikut tanah kami tidak dirobohkan pada saat eksekusi sampai adanya putusan yang berkekuatan hukum,” ungkap Desman Purba saat dijumpai dikantor Advokat Jusniar Siahaan di Jalan Cipto, Kecamatan Siantar Barat. (zeg)

BACA JUGA:
Eksekusi Rumah Sengketa di Siantar Ricuh, Jurusita PN dan Penggugat Dihujat Ahli Waris

Recent Posts

Hendak Jual 1,1 Kg Sabu, 2 Pria Asal Aceh Utara Ini Diringkus Polisi di Depan Rumah

Satuan Reserse Narkoba Polres Aceh Utara, meringkus dua pria pengedar sabu-sabu, Minggu (09/05/2021) dinihari kemarin.…

1 hari ago

Lapas Siborong-borong Ikuti Apel Pagi Serentak Kemenkumham

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Siborong borong, mengikuti apel pagi secara serentak di Kementrian Hukum…

2 hari ago

Ustadz Tengku Zulkarnain Tutup Usia di RS Tabarani Pekanbaru

Da'i sekaligus mantan Wasekjen Majelis Ulama Indonesia, Ustadx Tengku Zulkarnain, meninggal dunia, Senin (10/5/2021). Hal…

2 hari ago

Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan Nyangkut di Bawah Jembatan Desa Kelambir Pantai Labu

Sesosok mayat pria ditemukan tersangkut di bawah jembatan hulu Sungai Serdang, Dusun I, Desa Kelambir,…

2 hari ago

Pemkab Deliserdang Kembali Raih Opini WTP dari BPK Sumut TA 2020

Pemerintah Kabupaten Deliserdang kembali mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan atas…

2 hari ago

Kapolres dan Ketua Bhayangkari Humbahas Tinjau Pos PAM Ops Ketupat Toba 2021 di 3 Kecamatan

Kapolres AKBP Ronny Nicolas Sidabutar didampingi PJU Polres Humbahas dan Ketua Cabang Bhayangkari Cabang Humbahas…

2 hari ago