Categories: Metro 24 Jam

BPJS Kesehatan Lubukpakam Beri Penghargaan Kepada Sejumlah Rumah Sakit

BPJS Kesehatan Cabang Lubukpakam memberi penghargaan kepada sejumlah rumah sakit di wilayah kerjanya, meliputi Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Serdang Bedagai dan Kota Tebing Tinggi.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Lubukpakam, Abu Safra mengatakan, penghargaan kepada rumah sakit diharapkan dapat memicu pelayanan informasi dan penanganan pengaduan yang lebih baik bagi peserta JKN-KIS di rumah sakit.

Adapun di antara peraih penghargaan adalah RS Mitra Medika, RS Kasih Insani, RS Sembiring, RS Patar Asih, RS Pabatu dan RS Melati Perbaungan.

“Petugas Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) di rumah sakit termasuk lini yang krusial dalam pencapaian tingkat kepuasan peserta JKN-KIS, kita harapkan terus berpacu memberikan pelayanan yang terbaik,” tutur Abu dalam kegiatan sosialisasi, monitoring dan evaluasi terhadap implementasi pengelolaan dan pengaduan rumah sakit di Lubukpakam, Selasa (25/08/2020).

Ia menambahkan, layanan PIPP merupakan perubahan mindset, fungsi, proses bisnis, dan entitas BPJS Kesehatan Center di rumah sakit menjadi terintegrasi secara terpadu dengan Unit Penanganan Pengaduan Rumah Sakit.

“Agar memberi kemudahan dan kepastian kepada peserta JKN-KIS yang membutuhkan pelayanan informasi dan pengaduan,” ujarnya.

Dia juga mengatakan bahwa untuk optimalisasi pelayanan kepada peserta JKN-KIS, saat ini pihaknya tengah melaksanakan sejumlah program, di antaranya program “Super Praktis” untuk penurunan pilihan kelas rawat inap, program relaksasi tunggakan iuran JKN-KIS, serta jalur pelayanan online melalui Chika, Vika dan aplikasi Mobile JKN.

Untuk peningkatan kompetensi PIPP rumah sakit dan PIPP BPJS Kesehatan, pada kesempatan tersebut BPJS Kesehatan menghadirkan sesi sharing bersama Mora Nasution, CEO On The Stage dan founder Yayasan Bangga Jadi Indonesia.
Menurutnya, service excellence dapat dicapai dengan produktivitas, implementasi, efektif dan efisien, dengan perhatian utama pada tiga aspek yaitu kecakapan (skill), sikap dan penampilan.

“Harus mampu melihat kebutuhan orang yang dilayani, menempatkan diri pada posisi yang dilayani, memperlakukan orang lain sebagaimana kita sendiri ingin diperlakukan,” ucapnya.

PIC RS Sembiring, Eva Happy Suri Yanti Ginting mengatakan, pihaknya menyambut baik kepercayaan dan apresiasi dari BPJS Kesehatan dengan memberi penghargaan “RSU Sembiring bisa meraih tiga penghargaan sekaligus.

“Ini merupakan tanggung jawab kami dipilih sebagai pemenang dan kami lebih siap menghadapi pasien dan memberikan pelayanan prima. Semoga kerjasama dua pihak terjaga baik dan output nya berupa pelayanan yang semakin baik kepada peserta JKN-KIS,” pungkasnya. (fan)

Recent Posts

Hendak Jual 1,1 Kg Sabu, 2 Pria Asal Aceh Utara Ini Diringkus Polisi di Depan Rumah

Satuan Reserse Narkoba Polres Aceh Utara, meringkus dua pria pengedar sabu-sabu, Minggu (09/05/2021) dinihari kemarin.…

1 hari ago

Lapas Siborong-borong Ikuti Apel Pagi Serentak Kemenkumham

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Siborong borong, mengikuti apel pagi secara serentak di Kementrian Hukum…

2 hari ago

Ustadz Tengku Zulkarnain Tutup Usia di RS Tabarani Pekanbaru

Da'i sekaligus mantan Wasekjen Majelis Ulama Indonesia, Ustadx Tengku Zulkarnain, meninggal dunia, Senin (10/5/2021). Hal…

2 hari ago

Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan Nyangkut di Bawah Jembatan Desa Kelambir Pantai Labu

Sesosok mayat pria ditemukan tersangkut di bawah jembatan hulu Sungai Serdang, Dusun I, Desa Kelambir,…

2 hari ago

Pemkab Deliserdang Kembali Raih Opini WTP dari BPK Sumut TA 2020

Pemerintah Kabupaten Deliserdang kembali mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan atas…

2 hari ago

Kapolres dan Ketua Bhayangkari Humbahas Tinjau Pos PAM Ops Ketupat Toba 2021 di 3 Kecamatan

Kapolres AKBP Ronny Nicolas Sidabutar didampingi PJU Polres Humbahas dan Ketua Cabang Bhayangkari Cabang Humbahas…

2 hari ago