Categories: Metro 24 Jam

Aset Dishub Pemprovsu di Lingkungan Kantor Samsat Siantar Disebut Dikuasai Mantan Pejabat

Sejumlah aset di kantor Dinas Perhubungan Pemprov Sumut, UPT Pengawasan dan Pengendalian, yang ada di depan pintu masuk Kantor Bersama Samsat Pematang Siantar, Jalan Sangnawaluh, Kelurahan Siopat Suhu, Siantar Timur, saat ini disebut-sebut dikomersilkan seorang mantan pejabat.

Tak hanya ruangan kantor, gedung jembatan timbang kendaraan bermotor juga dikuasai lalu disewakan kepada pengusaha foto kopi serta sejumlah calo berkedok biro jasa yang sering beroperasi di sana.

“Saat ini, aset yang disewakan adalah gedung pos jembatan timbang. Harga sewa bervariasi, mulai Rp300.000 sampai Rp700.000 per bulan,” kata sumber saat ditemui di seputaran Asrama Polres Simalungun, Jalan Sangnawaluh, Senin (24/8/2020) siang.

Untuk ruangan kantor Dishub UPT, saat ini disebut ada sekitar 10 penyewa. Bahkan, salah satu usaha fotokopi itu, disebut-sebut milik oknum berseragam.

Dengan menyewakan sejumlah aset tersebut, sang mantan pejabat disebut meraup keuntungan cukup banyak setiap bulannya.

“Kami minta Pemprov Sumut melalui Biro Pengelolaan Barang dan Aset Daerah, agar melakukan penertiban aset. Lapak yang dikuasai pengelola parkir liar di seputaran ini juga ditertibkan,” katanya.

Diberitakan sebelumnua, persoalan serius terkait penggunaan aset Dishub Pemprov Sumut terus berkelanjutan.

Sejumlah ruangan dan gedung milik pemerintah itu, maupun lapak parkir diduga telah menjadi ajang meraup keuntungan oknum tertentu. Dan semua itu diduga tidak memberikan kontribusi apapun ke kas Pemprov Sumut.

Meski telah berulang kali mendapat sorotan, namun menurut sejumlah warga, hal itu tidak membuat para calo dan jukir liar untuk tetap beroperasi di sana.

Ironisnya, ruang mesin genset yang berdampingan dengan toilet dan sejumlah bangunan mangkrak di samping kantor Samsat pun ‘disulap’ sebagai ruang praktik calo.

Kepala UPT Kantor Samsat Bersama Pematang Siantar, Fuad Ghazalie Damanik SSTP ketika dikonfirmasi sebelumnya melalui Kepala Tata Usaha Abdul Somad, tak menampik adanya kegiatan berbau ‘ilegal’ tersebut.

Ia juga berdalih bahwa pihaknya sudah beberapa kali memperingati oknum-oknum calo yang berpraktik di Kantor Samsat Bersama Pematang Siantar.

Sementara itu, Plt Kepala UPT UPPKB Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara Wilayah II Pematangsiantar Muksin ketika dikonfirmasi mengaku pihaknya sudah menyurati Dishub Provinsi Sumut, terkait pengusaha foto kopi dan para calo berkedok biro jasa yang mangkal di gedung eks jembatan timbangan kendaraan bermotor dan di ruangan Kantor UPT Dishub.

Soal area parkir yang dimaksud sudah dipinjam pakai Kantor Pengujian dan Perbengkelan Pengujian Kendaraan Bermotor (KIR) Dishub Kota Siantar.

“Itu sudah wewenang Dishub Kota Siantar, sudah dipinjam pakai. Wewenang kita hanya sebatas kantor (UPT UPPKB Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara Wilayah II Pematangsiantar). Coba ditanyakan ke sana,” katanya terkesan berkilah. (Age)

BACA JUGA:
Calo di Kantor Bersama Samsat Siantar ‘Buka Praktik’ di Salah Satu Ruangan UPT Dishub
Jukir Liar ‘Gentayangan’ di Seputaran Kantor Bersama Samsat dan UPT Dishub Siantar, Ka UPT Saling ‘Buang Badan’

Recent Posts

Buka di Malam Takbiran, THM ‘ANDA’ Digrebek Kapolres Siantar

Dalam rangka menciptakan situasi aman dan kondusif menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H dan…

38 menit ago

Hujan Deras, Sungai Batu Gaga Meluap, Puluhan Rumah di Parapat Terendam Banjir

Puluhan rumah terendam banjir akibat meluapnya Sungai Batu Gaga Bangun Dolok, Parapat. Satu di antaranya…

45 menit ago

Mengaku Sering Dapat ‘Bisikan Gaib’, Petani di Desa Ujung Labuhan Gantung Diri di Pohon Coklat

Sempat mengaku sering mendapat 'bisikan gaib', seorang petani di Dusun 1, Desa Ujung Labuhan, Kecamatan…

11 jam ago

Arus Mudik di Jalinsum Aek Natolu Lengang, 21 Pemudik Diputarbalik

Dua hari jelang Idul Fitri 1442 H , arus kendaraan di Jalan Lintas Sumatera, tepatnya…

1 hari ago

Data PPKM Mikro: Deliserdang Masuk Zona Kuning Covid-19

Berdasarkan data PPKM Mikro di Kabupaten Deliserdang periode 3 Mei s/d 9 Mei 2021, di…

1 hari ago

Warga Tembaan Temukan Mayat Pria Mengambang di Sungai Bah Boluk

Sesosok mayat pria yang belum diketahui identitasnya ditemukan mengambang di aliran sungai Bah Boluk, Nagori…

1 hari ago