Categories: Metro 24 Jam

Perintah Satgas Covid-19, Ratusan Warga Lubukpakam Swab Test Gratis

Pemerintah Kecamatan Lubukpakam, Kabupaten Deliserdang melaksanakan swab test massal di Kantor Camat Lubukpakam, Jalan Tengku Raja Muda, Senin (24/8/2020).

Pelaksanaan swab test massal dilakukan atas anjuran dari Satgas Covid-19 Pemkab Deliserdang, setelah Kecamatan Lubukpakam mendapatkan jatah swab test sebanyak 312 alat.

Pelaksanaan test swab dilakukan oleh petugas dari Puskesmas Lubukpakam Dinas Kesehatan Deliserdang.

Pantaun Metro24jam.com di kantor Kecamatan Lubukpakam, puluhan pegawai kecamatan maupun UPT Dinas, pegawai honor dan pekerja lainnya mengikuti swab test.

Camat Lubukpakam Kurnia Boloni Sinaga didampingi Sekretaris Kecamatan Rio Lakadewa mengatakan, jatah alat swab yang diterima pihaknya dari Dinas Kesehatan Deliserdang ada sekitar 312 unit.

“Ya siapa aja boleh datang ke Kantor Camat Lubukpakam untuk melakukan swab tes secara gratis. Tadi ini, ada 33 orang yang mengikuti swab massal. Besok kami juga akan melakukan swab massal lagi,” katanya.

Camat Kurnia menjelaskan, test swab massal akan dilakukan selama 10 hari ke depan bekerjasama dengan kepala desa ataupun lurah di Kecamatan Lubukpakam.

“Hingga 10 hari ke depan kita laksanakan ini. Nanti kita akan beritahukan Kades maupun lurah agar ada warganya mau swab test, dipersilahkan datang ke Kantor Kecamatan Lubukpakam,” sebutnya.

Sekcam Rio Lakadewa menambahkan, bahwa swab ini dilakukan bukan karena ada warga yang positif Covid-19, melainkan ini program Satgas Covid-19 Pemkab Deliserdang dan Jakarta.

“Ini program Pemkab Deliserdang, kalau hasilnya negatif atau positif Covid-19 nanti dikabari secara pribadi oleh petugas kesehatan melalui selular masing masing,” sebut Rio Lakadewa.

“Nanti mereka (petugas kesehatan) yang tahu kapan hasilnya keluar,” tandas mantan Kasubag Protokoler Bupati Deliserdang itu.

Danramil 06/Lubukpakam Kapten Arh JP Girsang yang saat itu terlihat hadir mengatakan, bahwa pihaknya juga akan mengikuti swab tes ini untuk mendukung Pemerintah Kecamatan Lubukpakam dalam melaksanakan swab test untuk mencegah dan memutus mata rantai Covid-19.

Sementara itu, salah seorang petugas kesehatan ketika ditanya wartawan mengatakan, hasil pengambilan swab akan dikirim ke Jakarta dan hasilnya akan dikirim ke warga yang mengikutinya.

“Ya, kami kirim ke Jakarta ini. Kalau hasilnya, nanti kami kabari secara pribadi,” sebut petugas Puskesmas Lubukpakam yang memakai APD lengkap.

Rustandi, salah satu warga Lubukpakam mengapresiasi pelaksanaan test swab massal tersebut. Namun ia meminta agar pemerintah segera memberikan solusi, jika ada warga yang positif Covid-19 setelah test tersebut nantinya.

“Saya mendukung swab massal ini. Tapi, kalau ada warga yang susah dan kerjaannya mocok-mocok dinyatakan positif Covid-19, lalu diisolasi selama 14 hari, siapa yang nanggung cari makan keluarganya? Itu yang kami pertanyakan sama pemerintah,” sebut Rustandi. (fan)

Recent Posts

Hendak Jual 1,1 Kg Sabu, 2 Pria Asal Aceh Utara Ini Diringkus Polisi di Depan Rumah

Satuan Reserse Narkoba Polres Aceh Utara, meringkus dua pria pengedar sabu-sabu, Minggu (09/05/2021) dinihari kemarin.…

1 hari ago

Lapas Siborong-borong Ikuti Apel Pagi Serentak Kemenkumham

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Siborong borong, mengikuti apel pagi secara serentak di Kementrian Hukum…

2 hari ago

Ustadz Tengku Zulkarnain Tutup Usia di RS Tabarani Pekanbaru

Da'i sekaligus mantan Wasekjen Majelis Ulama Indonesia, Ustadx Tengku Zulkarnain, meninggal dunia, Senin (10/5/2021). Hal…

2 hari ago

Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan Nyangkut di Bawah Jembatan Desa Kelambir Pantai Labu

Sesosok mayat pria ditemukan tersangkut di bawah jembatan hulu Sungai Serdang, Dusun I, Desa Kelambir,…

2 hari ago

Pemkab Deliserdang Kembali Raih Opini WTP dari BPK Sumut TA 2020

Pemerintah Kabupaten Deliserdang kembali mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan atas…

2 hari ago

Kapolres dan Ketua Bhayangkari Humbahas Tinjau Pos PAM Ops Ketupat Toba 2021 di 3 Kecamatan

Kapolres AKBP Ronny Nicolas Sidabutar didampingi PJU Polres Humbahas dan Ketua Cabang Bhayangkari Cabang Humbahas…

2 hari ago