Categories: Metro 24 Jam

Pasca Didemo, Tambang Pasir Sungai Bah Bolon Beroperasi Lagi, Uspika Dinilai Tak Berdaya

Kegiatan penambangan Galian C diduga liar masih tetap beroperasi di aliran Sungai Bah Bolon, Kecamatan Bandar, Simalungun. Meski sudah berulangkali diprotes warga setempat, puluhan truk tetap hilir mudik mengangkut pasir seolah tidak ada masalah.

Seorang warga Kecamatan Bandar yang ikut menolak keberadaan tambang pasir tersebut mengatakan, beroperasinya kembali aktifitas penambangan seakan memperolok-olok demo yang sebelumnya dilakukan massa gabungan yang menamakan diri Aliansi Pemuda Perdagangan (APP), di depan Kantor Kecamatan Bandar, Senin (29/6/2020) lalu.

“Koordinator Aksi Krismon Gultom seharusnya pertanyakan masalah ini kepada pihak Uspika Bandar. Sebab saat unjukrasa itu, Uspika Bandar nyata-nyata telah memerintahkan menutup kegiatan tambang dan meminta  mengeluarkan alat berat dari lokasi,” kata G Sirait (43), kepada Metro24jam.com saat ditemui di seputaran jembatan penghubung Kabupaten Simalungun-Batubara, Sabtu (22/8/2020) siang.

Menurut Sirait, warga Perdagangan menyesalkan sikap Uspika dan anggota dewan, yang terkesan tutup mata terjadinya konflik warga dengan pengelola galian C di wilayah Nagori Perdagangan II, Kecamatan Bandar.

Padahal saat itu Uspika menyatakan, berjanji menutup semua aktifitas penambangan tidak memiliki izin yang ada di kawasan aliran Sungai Bah-bolon Kecamatan Bandar.

Warga menganggap Uspika dan para wakil rakyat seakan tak berdaya dan mengabaikan permasalahan yang sedang dialami mereka.

“Karena aktifitas pengelola galian C itu merusak lingkungan dan akan menyebabkan konflik horisontal antar warga Kecamatan Bandar sekitarnya,” katanya.

“Kami menuntut tanggungjawab Uspika dan anggota dewan. Tolong dicek di lapangan, jangan seakan tak berdaya, ketika adanya permasalahan yang sedang terjadi,” kesal Sirait.

Sementara warga lainya, Khairulah, mengatakan, jika memang penambangan pasir itu sudah memiliki izin, perlu dicermati bagaimana mereka beroperasi dan dampak lingkungannya.

“Bisa dilihat sendiri, penambangan pasir acapkali membuat polusi udara di kawasan pemukiman warga, terutama sepanjang Jalan Sisingamangaraja maupun Jalan Kartini, Kelurahan Peradangan 1,” ucapnya.

Camat Bandar Amon Carles ketika dikonfirmasi, terkesan berkilah. Ia mengaku tidak mengetahui bahwa penambangan pasir tersebut sudah beroperasi kembali.

“Kita sudah menyurati Sat Pol-PP, dan sebelumya telah mengimbau agar penambangan Galian C di Kecamatan Bandar dihentikan sampai ada izin penambangan,” katanya.

Terpisah, Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo SIK ketika dikonfirmasi melalui Kapolsek Perdagangan AKP Josia Simarmata SH, belum memberikan penjelasan.

Sementara itu, pemilik penambangan pasir Mahmudin Nasution, warga Petatal Kabupaten Batubara, saat dikonfimar membenarkan alat-alat berat miliknya sudah kembali beroperasi di penambangan Galian C tersebut.

“Ya” katanya singkat melalui pesan Aplikasi Whast App, Sabtu (22/8/2020) malam. (age)

BACA JUGA:
Galian C di Sungai Bah Bolon Diduga Sumber Polusi Udara, APP Demo ke Camat Bandar

Recent Posts

Hendak Jual 1,1 Kg Sabu, 2 Pria Asal Aceh Utara Ini Diringkus Polisi di Depan Rumah

Satuan Reserse Narkoba Polres Aceh Utara, meringkus dua pria pengedar sabu-sabu, Minggu (09/05/2021) dinihari kemarin.…

1 hari ago

Lapas Siborong-borong Ikuti Apel Pagi Serentak Kemenkumham

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Siborong borong, mengikuti apel pagi secara serentak di Kementrian Hukum…

2 hari ago

Ustadz Tengku Zulkarnain Tutup Usia di RS Tabarani Pekanbaru

Da'i sekaligus mantan Wasekjen Majelis Ulama Indonesia, Ustadx Tengku Zulkarnain, meninggal dunia, Senin (10/5/2021). Hal…

2 hari ago

Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan Nyangkut di Bawah Jembatan Desa Kelambir Pantai Labu

Sesosok mayat pria ditemukan tersangkut di bawah jembatan hulu Sungai Serdang, Dusun I, Desa Kelambir,…

2 hari ago

Pemkab Deliserdang Kembali Raih Opini WTP dari BPK Sumut TA 2020

Pemerintah Kabupaten Deliserdang kembali mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan atas…

2 hari ago

Kapolres dan Ketua Bhayangkari Humbahas Tinjau Pos PAM Ops Ketupat Toba 2021 di 3 Kecamatan

Kapolres AKBP Ronny Nicolas Sidabutar didampingi PJU Polres Humbahas dan Ketua Cabang Bhayangkari Cabang Humbahas…

2 hari ago