Categories: Metro 24 Jam

Minta Semua Pihak Aktif Soal Covid-19, Gubsu: Bupati Deliserdang Harus Berdayakan Wartawan

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi meminta semua pihak terkait, baik Forkopimda dan masyarakat harus aktif bergandengan tangan dalam menangani Covid-19 ini.

“Mari kita bergandengan tangan dan bersama sama dalam menangani percepatan dan penanganan Covid-19 ini. Wabah ini bukan hanya di Indonesia tapi seluruh dunia,” kata Edy Rahmayadi, saat meninjau Posko Satgas Covid-19 Deliserdang, Rabu (19/8/2020).

Gubernur Edy Rahmayadi mengakui bahwa pandemi Covid-19 cukum membuat stres dan sangat membuat ekonomi terguncang.

“Kami setiap saat bahwa bapak presiden terus komunikasi dengan gubernur melalui vidcon dan ataupun kami langsung ke Jakarta menanyai hal ini,” sebutnya.

Selain itu, pemerintah provinsi, menurut Gubernur Edy cukup mengalami kesulitan dalam mengendalikan orang-orang yang terpapar saat ini.

“Kita nomor 8 dari 34 provinsi dalam kasus Covid-19. Apakah benar ini dan kapankah ini selesai? Kita tidak tahu, karena semua ini yang bisa mengendalikan adalah kedisplinan rakyat kita,” katanya.

“Ini pertanyaan yang sulit, kapan berakhirnya Covid-19. Kita semua gak ada yang tahu. Ini berurusan dengan kesehatan, gara gara ini delapan kilo badan saya turun. Stres yang membuat kita kurus,” katanya.

Orang nomor satu di Sumatera Utara itu meminta kepada Bupati Ashari Tambunan agar mengimbau seluruh warganya mematuhi protokol kesehatan.

“Pak Bupati, kita harus sesuaikan hal ini dengan selalu patuhi protokol kesehatan. Masyarakat Deliserdang harus patuhi protokol kesehatan, karena Covid-19 ini, bila kita kuat imun kita, kuat kita lanjut hidup dan yang tidak kuat bisa terkena Covid-19,” ungkap Edy.

Ia juga meminta agar wartawan di Pemkab Deliserdang diberdayakan karena wartawan selalu aktif dalam pencegahan dengan sosialisasi pemberitaan tentang Covid-19 melalui media massa.

“Wartawan di sini juga harus diperhatikan Pak Bupati , mereka juga adalah rekan kita yang aktif dalam sama-sama bersatu melawan Covid-19,” kata Edy.

Pemkab Deliserdang juga diminta memberikan teguran lisan atau tulisan, tindakan sosial, apabila ada warga yang tidak memakai masker. Dan administrasi maupun denda perorangan 100 ribu bila tidak mematuhi protokol kesehatan.

“Bagaimana realisasi implementasi berjalan dengan baik kalau rakyat tidak bisa diatur soal Covid-19 ini?” katanya.

“Itulah pentingnya perlu ada aturan dan peraturan. Forkopimda dan masyarakat, wartawan, tokoh adat, tokoh agama harus bergandengan tangan dan bersama-sama melawan Covid-19. ,Tolong kita bersatu sehingga moril bangkit dan sehingga mendorong perekonomian kita normal kembali,” tandas Gubsu.

Rombongan Gubernur Edy Rahmayadi tiba di Posko Satgas Covid-19 Deliserdang didampingi Wakapoldasu dan Kasdam I/BB dan Forkopimda dan OPD Provinsi Sumatera Utara.

Sementara itu Forkompimda Deliserdang, selain Bupati Ashari Tambunan, turut hadir Kapolresta Kombes Pol Yemi Mandagi, Dandim 0204/DS Letkol Kav Jackie Yudhantara, Sekdakab Darwin Zein dan perangkat OPD lainnya. (fan)

Recent Posts

Buka di Malam Takbiran, THM ‘ANDA’ Digrebek Kapolres Siantar

Dalam rangka menciptakan situasi aman dan kondusif menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H dan…

8 menit ago

Hujan Deras, Sungai Batu Gaga Meluap, Puluhan Rumah di Parapat Terendam Banjir

Puluhan rumah terendam banjir akibat meluapnya Sungai Batu Gaga Bangun Dolok, Parapat. Satu di antaranya…

16 menit ago

Mengaku Sering Dapat ‘Bisikan Gaib’, Petani di Desa Ujung Labuhan Gantung Diri di Pohon Coklat

Sempat mengaku sering mendapat 'bisikan gaib', seorang petani di Dusun 1, Desa Ujung Labuhan, Kecamatan…

10 jam ago

Arus Mudik di Jalinsum Aek Natolu Lengang, 21 Pemudik Diputarbalik

Dua hari jelang Idul Fitri 1442 H , arus kendaraan di Jalan Lintas Sumatera, tepatnya…

1 hari ago

Data PPKM Mikro: Deliserdang Masuk Zona Kuning Covid-19

Berdasarkan data PPKM Mikro di Kabupaten Deliserdang periode 3 Mei s/d 9 Mei 2021, di…

1 hari ago

Warga Tembaan Temukan Mayat Pria Mengambang di Sungai Bah Boluk

Sesosok mayat pria yang belum diketahui identitasnya ditemukan mengambang di aliran sungai Bah Boluk, Nagori…

1 hari ago