Categories: Metro 24 Jam

75 Tahun RI Merdeka, Kampung Titi Payung Tanjung Morawa Belum Dialiri Listrik PLN, Warga Demo ke Kantor Bupati

Puluhan warga Kampung Titi Payung, Desa Naga Timbul, Kecamatan Tanjung Morawa berunjukrasa ke Kantor Bupati Deliserdang Jum’at (14/8/2020). Warga menuntut agar Pemkab Deliserdang memiliki kepedulian terhadap mereka.

Pasalnya, jelang HUT RI ke-75 pada 2020 ini, warga di sana belum sekalipun menikmati aliran listrik dari PLN.

Meski perkampungan mereka berada di seputaran perkebunan kelapa sawit PT Lonsum, warga tersebut meyakini bahwa tidak mungkin tidak ada cara agar aliran listrik bisa masuk ke rumah mereka.

Kondisi itu membuat dusun tempat tinggal mereka menjadi daerah tertinggal. Untuk penerangan pada malam hari, mereka terpaksa menggunakan lampu sentir.

Warga mengaku sudah sejak lama mereka berharap aliran listrik masuk ke kampung mereka. Sejumlah anak-anak sampai balita pun ikut dibawa dalam unjukrasa tersebut.

“Pak Bupati! Kami cuma ingin listrik. Sudah 75 tahun merdeka ini,” teriak salah seorang peserta aksi.

Setelah beberapa menit melakukan aksi beberapa perwakilan massa pun langsung diterima perwakilan Pemkab Deliserdang.

Saat itu aspirasi mereka langsung ditampung oleh Staf Ahli Bupati, Jentralin Purba dan Camat Tanjung Morawa, Marianto Irawadi. Hadir juga saat itu Kades Naga Timbul, Elis Dawani Siregar.

Pertemuan warga dengan pihak Pemkab Deliserdang pun sempat memanas. Salah seorang perwakilan massa sempat emosi dan memukul meja ketika mendengar pengakuan Kades Elis Dawani yang membantah dan bahwa dirinya tidak peduli terhadap tuntutan warga tersebut selama ini.

Perwakilan warga tersebut pun sempat terlibat adu mulut dengan petugas Sat Pol-PP yang berusaha mengeluarkan oknum tersebut. Setelah berhasil ditenangkan, pertemuan pun kembali mencair.

Banyak hal yang disampaikan perwakilan massa saat itu yang intinya berharap Pemkab Deliserdang lebih perhatian kepada mereka di kemudian hari.

“Saya jujur ya pak. Saya lahir sejak tahun 1971, sampai sekarang aliran listrik belum pernah kami nikmati. Senang kali kali lihat lampu di kantor ini terang, baru kali ini kami menikmati seperti ini,” kata perwakilan massa, Sutar Saragih.

“Sudah lama kami bergerak dan berjuang [untuk listrik-red], tapi sampai sekarang belum ada juga di tempat kami. Hari ini kami mau jawaban pasti dan tertulis, kapan bisa hal itu disediakan untuk kami. Kalau tidak kami akan tetap terus di tempat ini,” tandasnya.

Hal senada juga disampaikan Salnije (70). Ia mengatakan, sejak dia lahir hingga sekarang, belum pernah sekalipun mereka merasakan adanya aliran listrik ke rumah.

“Tolonglah kami pak. Sudah berpuluh-puluh tahun kami seperti ini pak. Kalau enggak percaya tengok lah pak ke tempat kami. Kalau belajar ya harus siang hari, kalau malam cucu mana bisa belajar,” kata Salije.

Wagiran, warga lainnya berharap agar persoalan tersebut bisa menjadi perhatian khusus Bupati Deliserdang.

“Tolong lah Pak desa kami sudah tertinggal kali. Adakan lah listrik di kampung kami, agar mudah juga anak-anak kami belajar,” ucap Wagiran.

Sementara itu, Kades Elis Dawani Siregar mengatakan, saat ini ada 17 kepala keluarga lagi di desanya yang belum mendapatkan aliran listrik.

Ia mengatakan, tanah yang ditempati para warganya itu adalah milik mereka masing-masing dan bukan lahan Perkebunan PT Lonsum. Hingga saat ini, setidaknya ada sekitar 60 jiwa yang saat ini tinggal di Kampung Titi Payung.

“Kalau usaha sudah dari dulu. Aspirasi masyarakat pun sudah pernah disampaikan ke DPRD secara langsung. Tapi ya memang sampai sekarang belum ada realisasi,” kata Kades Elis.

Camat Tanjung Morawa, Marianto Irawadi mengakui bahwa persoalan listrik di Kampung Titi Payung itu merupakan bagian dari tanggungjawabnya.

Ia mengatakan sudah pernah mencari tau, kendala apa yang menyebabkan keinginan masyarakat tidak terealisasi. Camat Marianto pun mengaku sudah berkordinasi dengan pihak PT Lonsum dan PLN.

“Saya rasa, memang sudah tidak pas lagi kalau sekarang ini nggak ada listrik di Titi Payung. Tentu ini tanggungjawab saya sebagai Camat. Cuma yang bisa saya lakukan sesuai tupoksi saya,” katanya.

“Saya juga sedih melihat warga di sana, terutama di saat pandemi ini di mana para siswa perlu belajar daring anak-anak di rumah,” imbuhnya.

“Sempat saya tanya sama Kades, ada kendala di Lonsum dan setelah saya kordinasi mereka bersedia. Sama pihak PLN pun sudah kordinasi dan mereka bersedia. Hanya saja karena Covid ini diagendakan tahun depan,” jelasnya.

Kembali mendengar janji-janji, warga Kampung Titi Payung sempat menolak. Mereka meminta agar tahun ini listrik bisa masuk ke kampun tersebut.

Terkait permintaan warga tersebut, Staf Ahli Bupati Jentralin Purba berjanji bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan mengundang PLN maupun PT Lonsum untuk menentukan langkah-langkah apa yang harus dilakukan agar keinginan masyarakat bisa terealisasi.

“Saya juga terkejut pertama kali dapat informasi masih ada yang belum dialiri listrik,” kata Jentralin. (Fan)

Recent Posts

Hendak Jual 1,1 Kg Sabu, 2 Pria Asal Aceh Utara Ini Diringkus Polisi di Depan Rumah

Satuan Reserse Narkoba Polres Aceh Utara, meringkus dua pria pengedar sabu-sabu, Minggu (09/05/2021) dinihari kemarin.…

1 hari ago

Lapas Siborong-borong Ikuti Apel Pagi Serentak Kemenkumham

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Siborong borong, mengikuti apel pagi secara serentak di Kementrian Hukum…

2 hari ago

Ustadz Tengku Zulkarnain Tutup Usia di RS Tabarani Pekanbaru

Da'i sekaligus mantan Wasekjen Majelis Ulama Indonesia, Ustadx Tengku Zulkarnain, meninggal dunia, Senin (10/5/2021). Hal…

2 hari ago

Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan Nyangkut di Bawah Jembatan Desa Kelambir Pantai Labu

Sesosok mayat pria ditemukan tersangkut di bawah jembatan hulu Sungai Serdang, Dusun I, Desa Kelambir,…

2 hari ago

Pemkab Deliserdang Kembali Raih Opini WTP dari BPK Sumut TA 2020

Pemerintah Kabupaten Deliserdang kembali mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan atas…

2 hari ago

Kapolres dan Ketua Bhayangkari Humbahas Tinjau Pos PAM Ops Ketupat Toba 2021 di 3 Kecamatan

Kapolres AKBP Ronny Nicolas Sidabutar didampingi PJU Polres Humbahas dan Ketua Cabang Bhayangkari Cabang Humbahas…

2 hari ago