Categories: Metro 24 Jam

Tim Sosialisasi Penerapan dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Deliserdang Dilepas

Tim Sosialisasi Penerapan dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Deliserdang dilepas Wakil Bupati HM Ali Yusuf Siregar, Jum’at (14/8/2020) sore melalui upacara di di lapangan parkir Kantor Bupati Deliserdang.

Hadir dalam upacara tersebut, Sekdakab Darwin Zein SSos beserta para OPD terkait, mewakili Forkopimda Deliserdang serta Tim Sosialisasi.

Wabup HM Ali Yusuf Siregar mengatakan, Tim Sosialisasi dibentuk dalam rangka melaksanakan instruksi Presiden No 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan untuk Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019.

Selain itu, pembentukan tim berdasarkan, Instruksi Menteri Dalam Negeri No 4 Tahun 2020 tentang Pedoman Teknis Peraturan Kepala Daerah dalam Rangka Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan, sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Menindaklanjuti instruksi tersebut, Pemkab Deliserdang mengeluarkan Peraturan Bupati No. 7 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan.

“Perbup ini disesuaikan dengan Instruksi Presiden dan Menteri Dalam Negeri dan dimulai pada hari ini,” kata Wabup HM Ali Yusuf Siregar.

Untuk pelaksanaan instruksi dan Perbub di lapangan, Pemkab Deliserdang melaksanakan sosialisasi sacara masif kepada warga.

“Mengingat kasus di Kabupaten Deliserdang meningkat di beberapa tempat, bahkan beberapa hari yang lalu saja peningkatan Covid-19 sebanyak 26 orang per hari,” jelasnya.

Peningkatan kasus Covid-19, lanjut Wabup, tak hanya di Kabupaten Deliserdang, tetapi juga di seluruh Indonesia.

“Diawali hari ini, kegiatan sosialisasi ini dilakukan selama 2 bulan ke depan. Saya mengharapkan kepada Tim sosialisasi yang akan berangkat ini kita melaksanakan secara persuasif, pelaksanaan penegakan hukum ini kita sampaikan kepada warga karena memang kita harus menjaga bagaimana supaya mata rantai virus Covid-19 ini bisa kita kendalikan,” jelasnya.

Dalam kegiatan sosialisasi nanti, petugas akan mengimbau warga sesuai dengan yang tertulis dalam Perbup.

“Apabila memang masih ada warga yang membandel atau melanggar setelah diberikan bimbingan atau sosialisasi, maka, mau tidak mau akan diberi sanski, termasuk dunia usaha atau badan usaha yang tidak mengindahkan,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Deliserdang, Zainal Abidin Hutagalung, dalam laporannya mengatakan, tim sosialisasi dibagi menjadi empat.

Setiap tim terdiri dari 30 orang, berasal dari BPBD Deliserdang, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Disperindag, Kodim 0201/BS dan Kodim 0204/DS, Polrestabes Medan dan Polresta Deliserdang, POM TNI, tokoh masyarakat kecamatan serta pemuda/mahasiswa. (Fan)

Recent Posts

Buka di Malam Takbiran, THM ‘ANDA’ Digrebek Kapolres Siantar

Dalam rangka menciptakan situasi aman dan kondusif menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H dan…

48 menit ago

Hujan Deras, Sungai Batu Gaga Meluap, Puluhan Rumah di Parapat Terendam Banjir

Puluhan rumah terendam banjir akibat meluapnya Sungai Batu Gaga Bangun Dolok, Parapat. Satu di antaranya…

56 menit ago

Mengaku Sering Dapat ‘Bisikan Gaib’, Petani di Desa Ujung Labuhan Gantung Diri di Pohon Coklat

Sempat mengaku sering mendapat 'bisikan gaib', seorang petani di Dusun 1, Desa Ujung Labuhan, Kecamatan…

11 jam ago

Arus Mudik di Jalinsum Aek Natolu Lengang, 21 Pemudik Diputarbalik

Dua hari jelang Idul Fitri 1442 H , arus kendaraan di Jalan Lintas Sumatera, tepatnya…

1 hari ago

Data PPKM Mikro: Deliserdang Masuk Zona Kuning Covid-19

Berdasarkan data PPKM Mikro di Kabupaten Deliserdang periode 3 Mei s/d 9 Mei 2021, di…

1 hari ago

Warga Tembaan Temukan Mayat Pria Mengambang di Sungai Bah Boluk

Sesosok mayat pria yang belum diketahui identitasnya ditemukan mengambang di aliran sungai Bah Boluk, Nagori…

1 hari ago