Categories: Metro 24 Jam

Sertijab Pimpinan Panti Karya Hephata Nyaris Ricuh, Rombongan Pengganti Ditolak Masuk

Suasana di depan Panti Karya Hephata di Sintong Marnipi, Kecamatan Laguboti, mendadak ramai, Jum’at (14/8/2020) sekira pukul 11.00 Wib.

Rencana serah terima jabatan pimpinan Panti Karya Hephata dari Pdt Osten JH Matondang kepada Pdt Sumehat Purba STh mendapat penolakan. Alhasil, sejumlah petugas kepolisian terpaksa dikerahkan ke lokasi untuk mengamankan keadaan.

Informasi yang diterima Metro24jam.com, pergantian pimpinan Panti Karya Hephata berdasarkan Surat Keputusan No: 159/PDT/SK/06/2020, tanggal 08 Juni 2020, yang ditandatangani Ephorus HKBP Pdt DR Darwin Lumbantobing di Pearaja, Tarutung.

Namun, kedatangan Pdt Sumehat Purba STh ke Panti Karya Hephata mendapat penolakan dari pihak Pdt Osten JH Matondang dengan cara menutup pintu pagar.

Akibatnya, rombongan Kepala Biro Carita Emergency Sosial, Pdt Colan WZ Pakpahan MTh dan Pdt Sumehat Purba STh tidak bisa masuk ke Panti Karya Hephata.

Pdt Osten JH Matondang STh menilai, Kepala Biro Carita Emergency Sosial tidak mengindahkan hasil rapat maupun prosedur yang berlaku di HKBP.

Pendeta Palti Panjaitan saat dikonfirmasi Metro24jam.com mengatakan, rencana serah terima jabatan ditolak Kepala Departemen Diakonia dengan alasan bahwa panti tersebut merupakan pelayanan khusus disabilitas.

“Sehingga harus melakukan koordinasi dengan pimpinan pengganti, paling tidak selama satu tahun sesuai yang disepakati,” katanya.

Dijelaskannya, sebelum serah terima jabatan itu, Ephorus sudah memerintahkan kepala biro untuk berkoordinasi dengan Kepala Departemen Diakonia.

“Sampai saat ini belum ada koordinasi, sebab Panti Karya Hephata di bawah kepemimpinan Diakonia. Ada 5 kepemimpinan di HKBP yakni Eporus, Sekjen, Kepala Departemen Koinonia, Kadep Marturia, Kadep Diakonia kepmimpinan yang kolektif kolegial,” katanya.

“Artinya, dalam mengambil kebijakan dan keputusan, ke-5 pimpinan ini harus mengatakan rapat dalam hal penempatan, termasuk mutasi pegawai. Juga harus meminta rekomendasi dari KSD (Komisi Sumber Daya Pelayan),” jelasnya.

Pdt Osten JH Matondang (kiri), Praeses Pdt Palti Panjaitan STh saat memberikan keterangan kepada wartawan di Panti Karya Hephata, Sintong Manipi, Kecamatan Laguboti. (Hotman/metro24jam.com)

Dari rekomendasi rapat, jelas Pdt Palti Panjaitan, kemudian baru muncul konsep mutasi pegawai atau tenaga kerja di HKBP yang selanjutnya ditetapkan dan disahkan atau di tandatangani Eporus selaku pucuk pimpinan tertinggi HKBP.

Sementara itu, pimpinan Panti Karya Hephata, melalui Kepala Departemen Diakonia Pdt Debora Purada Sinaga MTh, menyatakan menolak segala bentuk serah terima jabatan di Panti Karya Hephata dan tetap mengukuhkan Pdt Osten JH Matondang STh sebagai pimpinan di Panti Karya Hephata.

Hal itu, menurut Pdt Debora, berdasarkan beberapa kondisi yang telah disepakati bersama.

“Pertama, serah terima bersifat inkonstitusional karena tidak sesuai dengan aturan peraturan serta hasil rapat pimpinan, yang menyatakan Pdt Osten JH Matondang STh akan melakuan serah terima setelah satu tahun melakukan pengkaderan penggantinya,” sebut Pdt Debora dalam keterangan tertulisnya kepada awak media.

Kedua, pihak yang memaksakan Sertijab yaitu kepala Biro Caritas Emergency Sosial HKBP atas nama Pdt Colan WZ Pakpahan MTh tidak mengindahkan surat Ephorus yang menyatakan, jika serah terima jabatan dilakukan harus berkoordinasi dengan kepala Departement Diakonia HKBP.

“Ketiga, pihak yang memaksakan Sertijab memobilisasi massa yang tidak ada hubungannya dengan proses serah terima jabatan ini. Dengan ini saya menyatakan masalah sertijab Pimpinan Panti Karya Hephata akan diselesaikan ditingkat pimpinan HKBP,” tandasnya. (Hotman)

Recent Posts

Hendak Jual 1,1 Kg Sabu, 2 Pria Asal Aceh Utara Ini Diringkus Polisi di Depan Rumah

Satuan Reserse Narkoba Polres Aceh Utara, meringkus dua pria pengedar sabu-sabu, Minggu (09/05/2021) dinihari kemarin.…

1 hari ago

Lapas Siborong-borong Ikuti Apel Pagi Serentak Kemenkumham

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Siborong borong, mengikuti apel pagi secara serentak di Kementrian Hukum…

2 hari ago

Ustadz Tengku Zulkarnain Tutup Usia di RS Tabarani Pekanbaru

Da'i sekaligus mantan Wasekjen Majelis Ulama Indonesia, Ustadx Tengku Zulkarnain, meninggal dunia, Senin (10/5/2021). Hal…

2 hari ago

Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan Nyangkut di Bawah Jembatan Desa Kelambir Pantai Labu

Sesosok mayat pria ditemukan tersangkut di bawah jembatan hulu Sungai Serdang, Dusun I, Desa Kelambir,…

2 hari ago

Pemkab Deliserdang Kembali Raih Opini WTP dari BPK Sumut TA 2020

Pemerintah Kabupaten Deliserdang kembali mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan atas…

2 hari ago

Kapolres dan Ketua Bhayangkari Humbahas Tinjau Pos PAM Ops Ketupat Toba 2021 di 3 Kecamatan

Kapolres AKBP Ronny Nicolas Sidabutar didampingi PJU Polres Humbahas dan Ketua Cabang Bhayangkari Cabang Humbahas…

2 hari ago