Kamis, 24 September 2020 | 21.02 WIB
Value Impression Banner
Metro24Jam>News>Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis SH MH, Sosok Pejuang Kaum Dhuafa dan Anak Yatim

Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis SH MH, Sosok Pejuang Kaum Dhuafa dan Anak Yatim

Kamis, 13 Agustus 2020 - 00:57 WIB

IMG-98168

Kapolres AKBP Ikhwan Lubis bersama Bupati Batubara Zahir berjalan kaki menyerahkan bantuan dari Komunitas Sedekah Jumat beberapa waktu lalu. (Taufik/metro24jam.com)

Sky Scrapper Value Impression

BATUBARA, metro24jam.com – Sejak resmi menjabat Kapolres Batubara pada 18 Desember 2019 lalu, AKBP Ikhwan Lubis SH MH menjadi sosok yang mendapat pembicaraan positif dari sejumlah kalangan. Sebagai orang nomor satu di Polres Batubara, perwira dengan dua melati emas di pundak itu tidak menjadi angkuh atau arogan.

Kegiatan dinas sehari-hari di Polres Batubara maupun Polda Sumatera Utara juga tak membuat mantan Kapolres Pelabuhan Belawan itu jauh dari masyarakat, terutama warga miskin dan dhuafa. Mayoritas warga Batubara bahkan menjadikan AKBP Ikhwan Lubis sebagai sosok abdi negara yang pantas menjadi panutan sekaligus mendapat sanjungan.

Kepedulian putra berdarah Mandailing itu terhadap kegiataan keagamaan, kaum dhuafa, anak yatim serta orang-orang yang mengalami kesusahan sangat pantas mendapat acungan jempol sebagai seorang dermawan.

Hal itu terlihat, ketika sehari setelah resmi menjabat sebagai Kapolres Batubara, AKBP Ikhwan Lubis kembali menghidupkan kembali membuka Musholla Polres Batubara untuk umum. Tindakan tersebut langsung mendapat tanggapan positif dari mayoritas warga Kelurahan Lima Puluh Kota, Kecamatan Lima Puluh, Kabupaten Batubara.

Warga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada AKBP Ikhwan Lubis yang bersedia kembali membuka musholla tersebut untuk memudahkan warga yang sedang dalam perjalanan menunaikan ibadah sholat.

“Kita mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kapolres Batubara yang baru, karena telah bersedia membuka kembali musholla yang selama ini tertutup tembok,” ungkap Seno Patih, seorang warga Lima Puluh, beberapa saat setelah pembukaan musholla tersebut.

Kebijakan yang diambil AKBP Ikhwan Lubis di tengah masyarakat juga acap kali menuai tanggapan positif dari warga. Seperti yang terjadi ketika ia memediasi pertikaian kecil soal plank parkir di Masjid Jami’ Al-Ridha Lima Puluh, akhir Januari 2020 lalu.

AKBP Ikhwan berkoordinasi dengan Muspika dan Badan Kenaziran Masjid Jami’ Al-Ridho, setelah munculnya plank ‘Parkir Khusus Muslim’ di sekitar masjid yang berdekatan dengan gereja tersebut.

Untuk mencegah terjadinya konflik SARA di wilayah hukum Polres Batubara, terkait isu plank parkir tersebut, AKBP Ikhwan langsung menemui para pengurus Badan Kenaziran Masjid dan melaksanakan mediasi.

Tindakan sang Kapolres pun langsung mendapat acungan jempol dari sejumlah warga. Selain itu, sifat dermawan AKBP Ikhwan mulai dirasakan warga setelah dibentuknya Komunitas Sedekah Jum’at atau KSJ.

Komunitas Sedekah Jum’at yang ia bentuk berhasil merangkul para dermawan, baik dari intansi pemerintah mau pun para pengusaha. Hasilnya, KSJ meroket dalam memberi bantuan terhadap warga yang sedang mengalami kesusahan.

Mantan Kasat Reskrim Poltabes Medan (sekarang Polrestabes Medan) itu juga tak segan-segan mendatangi para kaum dhuafa dan menyerahkan sendiri bantuan kepada mereka.

AKBP Ikhwan Lubis saat menyerahkan bantuan kepada salah seorang warga kurang mampu. (Taufik/metro24jam.com)

Berkat kegiatan itu, perwira yang pernah menjabat Kasubdit I/Indag Ditreskrimsus Poldasu sebelum menjabat Kapolres Pelabuhan Belawan itu kini menyandang predikat ‘Bapak Pejuang Kaum Dhuafa dan Anak Yatim’ di Batubara.

Kemerdekaan yang diraih saat ini, merupakan hasil dari perjuangan dari para pejuang di masa penjajahan. Untuk mengisi kemerdekaan, AKBP Ikhwan Lubis kini berjuang meningkatkan kesejahteraan warga yang dipimpinnya.

“Mari kita peduli dan berbagi dengan saudara kita yang kurang mampu. Dan bagi yang mampu agar sudi kiranya ikut memperhatikan saudara-saudara kita yang kurang mampu,” sebut pria kelahiran 7 Juli 1964 saat memberikan bantuan kepada salah seorang warga di Desa Bandar Rahmat beberapa waktu lalu.

Dari segi penindakan hukum, AKBP Ikhwan juga luput dari sejumlah pujian, menyusul tindakan tegas yang telah dilakukan terhadap para pelaku kriminal.

Dari catatan penulis, kasus kriminal judi serta tawuran di Tanjung Tiram yang selama bertahun-tahun sulit diatasi, berhasil diselesaikan di bawah kepemimpinan AKBP Ikhwan Lubis.

Selain itu, sejumlah kasus kriminal besar juga berhasil diungkap tuntas, antara lain kasus pembunuhan Nek Misni serta peredaran narkoba. Beberapa pelaku bahkan mendapat tindakan tegas dan terukur.

Tindakan tersebut dirasakan warga cukup signifikan dalam menurunkan tingkat gangguan Kamtibmas maupun kriminalitas di Kabupaten Batubara. (Taufik)

KOMENTAR ANDA
MGID Smart Widget
Berita Lainnya
Stres Gara-gara Utang, Pria 30 Tahun di Bandar Setia Gantung Diri

Stres Gara-gara Utang, Pria 30 Tahun di Bandar Setia Gantung Diri

Warga di Jalan Pendidikan, Dusun II, Desa Bandar Setia, Kecamatan Percut Sei Tuan, mendadak heboh setelah mengetahui salah seorang tetangga ...
Sholat Subuh ke Masjid, Sepedamotor di Rumah ‘Disikat’ Maling, Pria Ini Lapor Polisi

Sholat Subuh ke Masjid, Sepedamotor di Rumah ‘Disikat’ Maling, Pria Ini Lapor Polisi

Aksi pencurian kendaraan bermotor masih saja marak di Kota Pematang Siantar. Kali ini korbannya adalah Dedy (35), warga Jalan Melanthon ...
Dapat Nomor Urut 4, Anton Saragih: Pas di Tagline H4RUS! 4 Adalah Elemen Kehidupan

Dapat Nomor Urut 4, Anton Saragih: Pas di Tagline H4RUS! 4 Adalah Elemen Kehidupan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Simalungun menggelar acara Pengundian dan Pengumuman Nomor Urut Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Simalungun ...
KPU Tetapkan Nomor Urut Paslon Bupati dan Wakil Bupati Simalungun, Ini Urutannya!

KPU Tetapkan Nomor Urut Paslon Bupati dan Wakil Bupati Simalungun, Ini Urutannya!

Empat pasangan calon bupati dan wakilnya mendapat masing-masing nomor urut setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Simalungun melaksanakan rapat pleno di ...
Ops Yustisi di Tanjungbalai, 100 Orang Dapat Teguran Lisan, 11 Peringatan Tertulis

Ops Yustisi di Tanjungbalai, 100 Orang Dapat Teguran Lisan, 11 Peringatan Tertulis

Petugas gabungan dari Polres dan Pemko Tanjungbalai bersama personel TNI menggelar Operasi Yustisi dalam rangka pendisiplinan protokol kesehatan untuk mencegah ...
Oknum Kepsek di Dolok Masihul Dituding Coba Cabuli Guru Honorer Sudah Bersuami

Oknum Kepsek di Dolok Masihul Dituding Coba Cabuli Guru Honorer Sudah Bersuami

Seorang oknum kepala sekolah di salah satu SLTA Negeri di Desa Sarang Giting, Kecamatan Dolok Masihul, Kabupaten Serdang Bedagai, diduga ...
Value Impression
VI Outstream
Value Impression Video
Awie
MGID

Loading…