Categories: Metro 24 Jam

Kabar Gembira Bagi ASN Aceh Utara, Gaji ke-13 Segera Cair

Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Kabupaten Aceh Utara akan segera mendapat gaji ke-13. Pemkab Aceh Utara akan mulai membayarkan gaji tambahan tersebut mulai 14 Agustus 2020.

Semua persiapan untuk proses pembayaran gaji ke-13 tersebut sedang disiapkan, termasuk mempersiapkan dana di kas daerah yang mencapai Rp 41,5 miliar lebih.

“Gaji ke-13 tahun 2020 dibayar untuk 9.720 ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, termasuk pejabat eselon II dan Jabatan Fungsional Ahli Utama,” kata Kabag Humas Setdakab Aceh Utara, Andree Prayuda SSTP MAP, dalam keterangan tertulisnya yang diterima metro24jam.com, Rabu (12/08/2020).

Menurut Andree, gaji ke-13 tahun 2020 tidak diberikan kepada Bupati dan Wakil Bupati, Ketua DPRK, Wakil Ketua DPRK dan Anggota DPRK Aceh Utara.
Hal itu sesuai dengan ketentuan pasal 17 ayat (2) Peraturan Pemerintah RI Nomor 44 Tahun 2020 tentang Pemberian Gaji, Pensiun, atau Tunjangan Ketiga Belas kepada PNS, TNI, Polri, Pejabat Negara dan Penerima Pensiun atau Tunjangan.

Di mana dinyatakan, ‘Ketentuan lebih lanjut mengenai teknis pemberian gaji atau penghasilan ketiga belas yang anggarannya dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah diatur dengan Peraturan Kepala Daerah’.

Untuk pelaksanaan teknis pembayaran Gaji ke-13 tahun 2020, Andree menambahkan, Pemkab Aceh Utara telah menyusun Rancagan Peraturan Bupati Aceh Utara untuk dilakukan fasilitasi di Biro Hukum Setdaprov Aceh dan selanjutnya akan ditetapkan menjadi Peraturan Bupati lalu diundangkan dalam Lembaran Daerah Kabupaten Aceh Utara.

Gaji ke-13 tahun 2020 diberikan sebesar penghasilan pada bulan Juli. Pemkab Aceh Utara merencanakan pembayaran gaji ke-13 paling cepat pada tanggal 14 Agustus 2020, sambil menunggu hasil fasilitasi Rancangan Perbup Aceh Utara.

Gaji ke-13 tahun 2020 diberikan meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan atau tunjangan umum.

Langkah saat ini yang sedang dilakukan, yaitu pembentukan data gaji ke-13 dalam SimGaji di Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Aceh Utara untuk dicetak Daftar Gaji Ke-13. Sehingga SKPK-SKPK pada tanggal 12 s/d 13 Agustus 2020 sudah dapat mengajukan SPM.

“Dengan demikian direncanakan pada tanggal 14 Agustus 2020 sudah dapat diterbitkan SP2D dan pencairan langsung ke rekening masing-masing ASN,” pungkas Andree. (Chairul)

Recent Posts

Hendak Jual 1,1 Kg Sabu, 2 Pria Asal Aceh Utara Ini Diringkus Polisi di Depan Rumah

Satuan Reserse Narkoba Polres Aceh Utara, meringkus dua pria pengedar sabu-sabu, Minggu (09/05/2021) dinihari kemarin.…

1 hari ago

Lapas Siborong-borong Ikuti Apel Pagi Serentak Kemenkumham

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Siborong borong, mengikuti apel pagi secara serentak di Kementrian Hukum…

2 hari ago

Ustadz Tengku Zulkarnain Tutup Usia di RS Tabarani Pekanbaru

Da'i sekaligus mantan Wasekjen Majelis Ulama Indonesia, Ustadx Tengku Zulkarnain, meninggal dunia, Senin (10/5/2021). Hal…

2 hari ago

Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan Nyangkut di Bawah Jembatan Desa Kelambir Pantai Labu

Sesosok mayat pria ditemukan tersangkut di bawah jembatan hulu Sungai Serdang, Dusun I, Desa Kelambir,…

2 hari ago

Pemkab Deliserdang Kembali Raih Opini WTP dari BPK Sumut TA 2020

Pemerintah Kabupaten Deliserdang kembali mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan atas…

2 hari ago

Kapolres dan Ketua Bhayangkari Humbahas Tinjau Pos PAM Ops Ketupat Toba 2021 di 3 Kecamatan

Kapolres AKBP Ronny Nicolas Sidabutar didampingi PJU Polres Humbahas dan Ketua Cabang Bhayangkari Cabang Humbahas…

2 hari ago