Categories: Metro 24 Jam

Soal Pembongkaran dan Penjualan Besi Eks Kantor Camat Girsip, DPRD Simalungun Akan Panggil Dinkes dan Bidang Asset

Soal perobohan eks kantor Camat Girsang Sipangan Bolon dan penjualan besi eks bongkaran bangunan mendapat sorotan dari anggota DPRD Simalungun. Pembongkaran bangunan tersebut dinilai tidak didasari mekanisme, yaitu Surat Keputusan dari Bupati Simalungun tentang penghapusan asset.

Sehingga pembongkaran bangunan eks kantor Camat Girsip itu dianggap menyalahi Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 19-2016 tentang pedoman pengelolaan barang milik daerah.

Hal itu disampaikan anggota DPRD Simalungun Benhard Damanik SE, saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Selasa (11/8/2020).

“Sesuai informasi kita dapatkan, surat ketetapan atau surat keputusan Bupati terhadap penghapusan Asset belum terbit, akan tetapi bangunan yang masih utuh telah dirubuhkan,” ungkapnya.

Kader Partai Nasdem itu menjelaskan, sesuai mekanisme bahwa nilai bangunan harus dilakukan perhitungan. Setelah itu, baru bisa dilakukan perobohan bangunan, serta menyangkut nilai bangunan dan asset yang akan dihapuskan dari neraca (Aktifa Tetap) Pemerintah Kabupaten Simalungun.

“Menurut kita, perobohan atau penghapusan bangunan yang dilakukan Dinas Kesehatan ini merupakan kesalahan atau kegiatan yang terburu-buru, tanpa mekanisme yang benar,” jelasnya.

“Di sini, Dinas Kesehatan akan bertangungjawab atas kerugian Pemerintah Kabupaten Simalungun dengan nilai asset yang telah dirobohkan. Misalnya atap seng, material kayu broti, besinya bukan wewenang kontrakror untuk menjualnya. Itu wewenang Pemkab Simalungun menghapuskanya melalui bidang asset untuk ditender,” urai Benhard.

Terkait penjualan asset besi, Kata Benhard, Komisi III yang membidangi asset akan mengelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama intansi terkait. Kemudian mempertanyakan soal penghapusan asset eks Kantor Kecamatan Girsip.

“Pada saat rapat Badan Anggaran nanti, kita akan pertanyakan soal penghapusan asset kepada dinas kesehatan dan kepala badan pengelolaan asset. Kemudian akan kita pertanyakan mekanisme yang dilakukan apakah sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri ) Nomor 19-2016 tentang pedoman pengelolaan barang milik daerah, dan apakah itu sudah dilakukan Dinas Kesehatan?” kata Benhard.

Ssmentara, Kepala Bidang Sumber daya Kesehatan Simalungun, Jan Ripelman Sipayung selaku PPTK proyek menjelaskan, sebelum dirobohkan bangunan eks kantor Kecamatan Girsip, pihaknya telah menyurati Bidang pengelola Asset Simalungun.

“Februari 2020, kita sudah menyurati Pengelolaan Bidang asset, dan melaporkan bahwa eks bangunan akan dirobohkan, sedangkan sisa material bekas masih di data dan belum ditenderkan,” aku Jan Sipayung di lokasi proyek.

Selain penjualan besi-besi bekas bangunan, kejanggalan lain juga terlihat dalam pembangunan Puskesmas di lokasi eks Kantor Camat Girsip tersebut. Salah satunya adalah tidak dicantumkannya kontraktor pelaksana pada pada plank proyek.

Diberitakan sebelumnya, pada plank tertulis, proyek dengan Surat Perjanjian nomor: 16.VII.11.2/ SP/ PPK-DINKES/ APBD-DAK/ TA. 2020 tersebut merupakan milik Dinas Kesehatan Simalungun untuk penambahan gedung/ruang Puskesmas Parapat dengan biaya Rp 7.046.813.000 dari DAK Penugasan APBD Simalungun dan masa pelaksanaan selama 150 hari kalender. (sil)

BACA JUGA:
Setahun Direhab, Eks Kantor Camat Girsip Diratakan, Besi Bongkaran ‘Dibototkan’

Recent Posts

Hendak Jual 1,1 Kg Sabu, 2 Pria Asal Aceh Utara Ini Diringkus Polisi di Depan Rumah

Satuan Reserse Narkoba Polres Aceh Utara, meringkus dua pria pengedar sabu-sabu, Minggu (09/05/2021) dinihari kemarin.…

1 hari ago

Lapas Siborong-borong Ikuti Apel Pagi Serentak Kemenkumham

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Siborong borong, mengikuti apel pagi secara serentak di Kementrian Hukum…

2 hari ago

Ustadz Tengku Zulkarnain Tutup Usia di RS Tabarani Pekanbaru

Da'i sekaligus mantan Wasekjen Majelis Ulama Indonesia, Ustadx Tengku Zulkarnain, meninggal dunia, Senin (10/5/2021). Hal…

2 hari ago

Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan Nyangkut di Bawah Jembatan Desa Kelambir Pantai Labu

Sesosok mayat pria ditemukan tersangkut di bawah jembatan hulu Sungai Serdang, Dusun I, Desa Kelambir,…

2 hari ago

Pemkab Deliserdang Kembali Raih Opini WTP dari BPK Sumut TA 2020

Pemerintah Kabupaten Deliserdang kembali mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan atas…

2 hari ago

Kapolres dan Ketua Bhayangkari Humbahas Tinjau Pos PAM Ops Ketupat Toba 2021 di 3 Kecamatan

Kapolres AKBP Ronny Nicolas Sidabutar didampingi PJU Polres Humbahas dan Ketua Cabang Bhayangkari Cabang Humbahas…

2 hari ago