Categories: Metro 24 Jam

Terpilih Sebagai Top 45, Kadisdik Deliserdang Bangga Banyak Inovasi

Program Cerdas, Opung Sari Basah Bang, Mesra Bertuah dan Mewujudkan Desa Satu dari Dinas Pendidikan Pemkab Deliserdang terpilih sebagai top 45 Pelayanan Publik tahun 2020 pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) di lingkungan kementerian/lembaga, pemerintah daerah, BUMN dan BUMD.

Hal itu tertuang dalam pengumuman nomor: B /190/PP.00.05/2020 yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokraksi (Kemenpan RB) dan ditandatangani Deputi Bidang Pelayanan Publik, Diah Natalisa selaku Ketua Sekretariat KIPP 2020 yang diterima Pemkab Deliserdang.

Sebelumnya program tersebut sudah lebih dahulu berada pada Top 99 dari 2250 proposal yang masuk.

Kadis Pendidikan Deliserdang, Timor Tumanggor mengatakan, program tersebut bisa masuk dan terpilih top 45 setelah Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan melakukan presentasi secara virtual di hadapan Panelis Independen KIPP beberapa waktu lalu.

Keputusan itu pulan membuat Dinas Pendidikan melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah untuk menggiatkan dan mengimplementasikan program tersebut.

Penegasan disampaikan kepada para Kepala Sekolah maupun guru dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

“Apa yang sudah diraih kemarin, menjadi top 45 akan kita tunjukkan bahwa itu bukan hanya sekedar di dalam konsep. Tapi memang di implementasikan sekolah-sekolah di Deliserdang sekolah yang sudah BERSERI (Bersih, Sejuk, Rapi dan Rindang,” kata Timur Tumanggor bersama Kadis Kominfo Haris Binar Ginting didampingi Sekretaris Dinas Pendidikan Yusnaldi, Korwilcam Lubukpakam Nuraida dan jajaran staf Disdik Deliserdang, Rabu (5/8/2020).

Gerakan Mesra Bertuah, lanjut Timur, mewujudkan sekolah ramah anak bersama masyarakat orangtua.

“Sekolah memang sudah menjadi bagian program ini. Dengan adanya dukungan paguyuban orangtua, kemudian bagaimana sekolah itu sebagai rumah dan taman belajar yang menyenangkan,” imbuhnya.

Sekretaris Disdik Yusnaldi menambahkan, pada saat ini sebenarnya jika tidak ada pandemi Covid-19 tim dari kementerian yang langsung meninjau ke daerah.

“Pada tahun ini pelaksanaannya hanya bisa sebatas presentasi. Saya yakin, tidak mungkin ketika situasinya sudah aman, pihak Kemenpan tidak akan berkunjung ke daerah yang meraih top inovasi untuk memastikan apa yang disampaikan itu benar-benar dilaksanakan atau tidak,” jelasnya.

Ia pun meminta pihak sekolah swasta agar menjadi bagian dari gerakan ini. Sekolah Adiwiyata berwawasan lingkungan dan ramah anak.

“Tumbuh bersama antara negeri dan swasta lah,” kata Yusnaldi.

Selain itu, Yusnaldi mangatakan, saat ini pihaknya masih menunggu kabar dari Kemenpan RB. Menurut dia, biasanya inovasi akan dikompetisikan pada tingkat internasional.

“Kita tidak tahu apakah nanti Top 45 ini akan direkomendasikan untuk tingkat dunia. Itu tergantung Kemenpan RB (berapa Inovasi yang akan diikutsertakan untuk tingkat dunia). Indonesia sudah pernah masuk dalam peringkat 2 dunia ada dari Papua waktu itu. Kemudian pernah juga tahun 2017 meraih tingkat dunia dari Kabupaten Seragen, terkait penanggulangan kemiskinan terpadu,” urai Yusnaldi.

Sementara itu, Kadis Kominfo Deliserdang Haris Binar Ginting mengatakan, pihaknya mendukung dan mengapresiasi Dinas Pendidikan yang bertekad akan memprogramkan seluruh sekolah untuk digitalisasi dengan memasang WiFi, agar seluruh siswa-siswa dan guru bisa terbantu.

“Ini target kita. Harus optimis dan nantinya semua bisa tercapai,” kata Haris Binar Ginting.

Prestasi yang telah diraih Pemkab Deliserdang pada tingkat nasional ini juga mendapat apresiasi dari para akademisi.

Dekan FISIP USU, Muryanto Amin dan Prof Sulbihar berpendapat, capaian kinerja inovasi DESA SATU (Deli Serdang Sekolah Bermutu) memiliki dampak perubahan kehidupan sektor pendidikan di masyarakat terutama di wilayah pedesaan.

“Yang pantas kita acungkan jempol, bahwa dalam pelaksanaan program inovasi DESA SATU ini terlihat jelas komitmen Bupati dan pemerintah daerah bersama seluruh masyarakat membenahi lingkungan sekolah untuk mencapai standar mutu yang diinginkan,” kata Muryanto.

Karena itu, lanjut Muryanto wajar apabila Pemkab Deliserdang mendapatkan pengakuan dan penghargaan secara nasional dari Menpan RB dan atas penghargaan itu.

“Semuanya pantas memberikan apresiasi terhadap gerakan Inovasi DESA SATU yang merupakan rangkaian dari program Cerdas (Percepatan Rehabilitasi dan Apresiasi Sekolah), Opung Sari Basah Bang (operasi pungut sampah setiap hari bank sampah, pembangunan berjenjang) , mesra bertuah (mewujudkan sekolah ramah anak kerjasama antara orang tua dan sekolah),” katanya.

Melalui inovasi ini diharapkan dapat tertular pentingnya bersekolah, menjaga lingkungan belajar sebagai tempat bermain, menginspirasi dan menciptakan perilaku positif dalam interaksi masyarakat sehari-hari.

Sementara itu, Prof Sulbihar mengucapkan selamat kepada Dinas Pendidikan Deliserdang atas penghargaan inovasi DESA SATU Top 45 yang diperoleh.

Menurutnya bahwa pemerintah daerah terlah berhasil mengelola bidang pendidikan dengan baik.

“Berarti sesungguhnya 50 persen tugas-tugas pemerintahan telah berjalan dengan baik, kendati bidang dan sektor pembangunan lainya sama pentingnya. Kita semua berharap prestasi ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan lagi ke depannya,” ucapnya.

Adapun sekolah yang ditinjau Kadis Pendidikan Timur Tumanggor yakni SDN 105358, SDN 106184, SDN 101903, SDN 106831, SDN 107982, SDN 101901, SDN 101899, SDN 107955, SDN 101900 dan SMPN 3 Lubukpakam.

Saat melakukan peninjauan Kadis Pendidikan Timur Tumanggor bersama jajarann juga melihat kondisi kamar mandi, taman, lapangan, kantin, dan ruang belajar dan lain sebagainya. (Fan)

Recent Posts

Buka di Malam Takbiran, THM ‘ANDA’ Digrebek Kapolres Siantar

Dalam rangka menciptakan situasi aman dan kondusif menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H dan…

3 menit ago

Hujan Deras, Sungai Batu Gaga Meluap, Puluhan Rumah di Parapat Terendam Banjir

Puluhan rumah terendam banjir akibat meluapnya Sungai Batu Gaga Bangun Dolok, Parapat. Satu di antaranya…

11 menit ago

Mengaku Sering Dapat ‘Bisikan Gaib’, Petani di Desa Ujung Labuhan Gantung Diri di Pohon Coklat

Sempat mengaku sering mendapat 'bisikan gaib', seorang petani di Dusun 1, Desa Ujung Labuhan, Kecamatan…

10 jam ago

Arus Mudik di Jalinsum Aek Natolu Lengang, 21 Pemudik Diputarbalik

Dua hari jelang Idul Fitri 1442 H , arus kendaraan di Jalan Lintas Sumatera, tepatnya…

1 hari ago

Data PPKM Mikro: Deliserdang Masuk Zona Kuning Covid-19

Berdasarkan data PPKM Mikro di Kabupaten Deliserdang periode 3 Mei s/d 9 Mei 2021, di…

1 hari ago

Warga Tembaan Temukan Mayat Pria Mengambang di Sungai Bah Boluk

Sesosok mayat pria yang belum diketahui identitasnya ditemukan mengambang di aliran sungai Bah Boluk, Nagori…

1 hari ago