Categories: Metro 24 Jam

Sambut HUT RI ke-75, Masyarakat di Aceh Utara Diminta Kibarkan Merah Putih

Memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 pada ini, Dandim 0103/Aceh Utara Letkol Inf Agung Sukoco mengajak masyarakat mengibarkan bendera Merah Putih selama satu bulan sejak tanggal 1 – 31 Agustus 2020.

Dandim juga menghimbau seluruh jajaran Koramil di wilayah teritorial Kodim 0103 Aceh Utara agar mengajak masyarakat kibarkan bendera merah putih.

“Saya mengimbau kepada seluruh jajaran Koramil wilayah teritorial Kodim 0103 Aceh Utara untuk mengajak masyarakatnya memasang dan mengibarkan Bendera Merah Putih selama sebulan penuh sejak 01 – 31 Agustus 2020,” kata Letkol Agung Sukoco, dalam keterangan tertulisnya yang diterima Metro24jam.com, Selasa (04/08/2020).

Ia menambahkan, instansi pemerintah, swasta, perkebunan, sekolahan, kampus dan lainnya juga diharapkan turut serta memasang bendera dan umbul-umbul untuk memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun 2020 ini.

“Para personel Babinsa jajaran diminta door to door mengajak masyarakat memasang bendera Merah Putih di depan rumah masing-masing guna menyemarakkan peringatan HUT RI tahun 2020 ini. Walaupun kita tidak mengalami bagaimana heroisme para pahlawan dalam perjuangan merebut kemerdekaan,” tandas Dandim.

Namun, semua ini dapat belajar pada pengalaman para sesepuh masa lalu yang masih hidup dan terlibat langsung dalam upaya perjuangan dalam merebut Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Nilai-nilai kejuangannya yang sangat relevan kita gunakan sebagai landasan perjuangan kita sebagai generasi penerus bangsa dalam mengisi kemerdekaan. Kita yang ada saat ini sebagai Bangsa Republik Indonesia tidak merasakan perjuangan pendahulu kita, kehilangan harta benda, saudara, bahkan kehilangan jiwa,” jelas Agung.

Ia juga meminta masyarakat di desa yang akan mengadakan lomba seperti tahun-tahun sebelumnya, agar tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19.
“Bulan Agustus tanggal 17 adalah bulan di mana bangsa Indonesia merdeka pada tahun 1945. Untuk mencapai kemerdekaan tidaklah mudah, penuh dengan pengorbanan yang tidak hanya berupa materi. Akan tetapi mengorbankan segenap jiwa masyarakat bangsa Indonesia pada waktu merebut kemerdekaan,” tukas Dandim.

Masa kemerdekaan telah dinikmati, tetapi terdapat beberapa kelompok masyarakat yang kurang menghargai arti dari sebuah kemerdekaan. Ada sebagian masyarakat Indonesia yang acuh tak acuh dengan bulan Agustus ini.

Akan tetapi ada yang sungguh-sungguh merealisasikan peringatan dalam berbagai bentuk kegiatan yang bernuansakan perjuangan. (Chairul)

Recent Posts

Buka di Malam Takbiran, THM ‘ANDA’ Digrebek Kapolres Siantar

Dalam rangka menciptakan situasi aman dan kondusif menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H dan…

1 jam ago

Hujan Deras, Sungai Batu Gaga Meluap, Puluhan Rumah di Parapat Terendam Banjir

Puluhan rumah terendam banjir akibat meluapnya Sungai Batu Gaga Bangun Dolok, Parapat. Satu di antaranya…

2 jam ago

Mengaku Sering Dapat ‘Bisikan Gaib’, Petani di Desa Ujung Labuhan Gantung Diri di Pohon Coklat

Sempat mengaku sering mendapat 'bisikan gaib', seorang petani di Dusun 1, Desa Ujung Labuhan, Kecamatan…

12 jam ago

Arus Mudik di Jalinsum Aek Natolu Lengang, 21 Pemudik Diputarbalik

Dua hari jelang Idul Fitri 1442 H , arus kendaraan di Jalan Lintas Sumatera, tepatnya…

1 hari ago

Data PPKM Mikro: Deliserdang Masuk Zona Kuning Covid-19

Berdasarkan data PPKM Mikro di Kabupaten Deliserdang periode 3 Mei s/d 9 Mei 2021, di…

1 hari ago

Warga Tembaan Temukan Mayat Pria Mengambang di Sungai Bah Boluk

Sesosok mayat pria yang belum diketahui identitasnya ditemukan mengambang di aliran sungai Bah Boluk, Nagori…

1 hari ago