Categories: Metro 24 Jam

Ajak Pemilik Lapor Mobil Digelapkan, Pria Ini Malah Dijebloskan ke Sel, Lho Kok Bisa?

Upaya Gunawan Ginting untuk mengelak dari tanggungjawab setelah mobil yang disewanya dari mantan majikannya tak kelihatan akhirnya berujung bui.

Awalnya, pria itu mengaku mobil yang direntalnya hilang lantaran digelapkan. Belakangan diketahui, kendaraan milik mantan majikannya itu ternyata sudah disewakan Gunawan kepada orang lain.

Alhasil, pria yang beralamat di Jalan Rakutta Sembiring, Kelurahan Nagapita, Siantar Martoba itu pun terpaksa pindah ke sel tahanan Polres Pematang Siantar.

Cerita berawal ketika Gunawan menyewa mobil pickup GranMax Suryani (62), warga Jalan Mawar, Kelurahan Simarito, Kecamatan Siantar Barat. Kepada mantan majikannya itu, Gunawan mengaku bahwa mobil itu akan dipakainya untuk mengangkut sayur-sayuran.

Suryani memang sudah mengenal Gunawan sejak dirinya bekerja di salah satu bank di Kota Pematang Siantar. Saat itu Gunawan merupakan sopir pribadinya. Karena itu, wanita tersebut mengizinkan mobil tersebut dipakai Gunawan, sejak Sabtu (25/7/2020) lalu. Kontrak singkat itu sewa mobil itu pun tertulis ‘hitam di atas putih.

Namun, kunci kontak dan mobil sudah berada di tangan, Gunawan ternyata menyewakan kendaraan tersebut kepada temannya bernama Marco–yang tidak diketahui alamat rumahnya–tanpa sepengetahuan Suryani.

Apes bagi Gunawan yang berharap mendapat untung tanpa harus bersusah payah, mobil tersebut ternyata tidak dikembalikan sesuai kesepakatannya dengan Marco,

Galau mobil tak kembali, Gunawan coba menghilangkan jejak. Ia pun kembali menemui Suryani ke kediamannya.

Kepada mantan majikannya itu, Gunawan mengatakan bahwa mobilnya dilarikan temannya. Ia pun mengajak Suryani sebagai saksi untuk membuat pengaduan ke Polres Pematang Siantar.

Polisi tak begitu saja percaya terhadap ucapan Gunawan. Setelah menjalani pemeriksaan, akhirnya diketahui bahwa mobil pickup GranMax ternyata direntalkan kepada orang lain. Dan itu tanpa sepengetahuan Suryani.

Mendapat informasi tersebut, Suryani akhirnya membuat pengaduan terhadap Gunawan yang diduga telah menggelapkan mobilnya.

Alhasil, Gunawan Ginting langsung dijebloskan ke sel tahanan. Akibat perbuatan Gunawan tersebut itu, Suryani mengalami kerugian total senilai Rp120 juta.

Kanit II Ekonomi Sat Reskrim Polres Pematangsiantar, Ipda Aswan Ginting membenarkan penanahan Gunawan atas laporan Suryani.

“Ada surat penyerahan mobil kepada tersangka Gunawan Ginting. Tapi mobil malah diberikan sama orang lain. Katanya mobil diberikan sama Marco. Perbuatannya diancam Pasal 327 subs 378 KUHP,” kata Aswan. (zeg)

Recent Posts

Mengaku Sering Dapat ‘Bisikan Gaib’, Petani di Desa Ujung Labuhan Gantung Diri di Pohon Coklat

Sempat mengaku sering mendapat 'bisikan gaib', seorang petani di Dusun 1, Desa Ujung Labuhan, Kecamatan…

10 jam ago

Arus Mudik di Jalinsum Aek Natolu Lengang, 21 Pemudik Diputarbalik

Dua hari jelang Idul Fitri 1442 H , arus kendaraan di Jalan Lintas Sumatera, tepatnya…

1 hari ago

Data PPKM Mikro: Deliserdang Masuk Zona Kuning Covid-19

Berdasarkan data PPKM Mikro di Kabupaten Deliserdang periode 3 Mei s/d 9 Mei 2021, di…

1 hari ago

Warga Tembaan Temukan Mayat Pria Mengambang di Sungai Bah Boluk

Sesosok mayat pria yang belum diketahui identitasnya ditemukan mengambang di aliran sungai Bah Boluk, Nagori…

1 hari ago

Hendak Jual 1,1 Kg Sabu, 2 Pria Asal Aceh Utara Ini Diringkus Polisi di Depan Rumah

Satuan Reserse Narkoba Polres Aceh Utara, meringkus dua pria pengedar sabu-sabu, Minggu (09/05/2021) dinihari kemarin.…

3 hari ago

Lapas Siborong-borong Ikuti Apel Pagi Serentak Kemenkumham

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Siborong borong, mengikuti apel pagi secara serentak di Kementrian Hukum…

3 hari ago