Sabtu, 4 Juli 2020 | 05.40 WIB
Metro24Jam>News>Selama 3 Hari, BNN Ringkus 6 Anggota Sindikat Narkoba di Sumut dan Aceh, 37 Kg Sabu Disita

Selama 3 Hari, BNN Ringkus 6 Anggota Sindikat Narkoba di Sumut dan Aceh, 37 Kg Sabu Disita

Senin, 29 Juni 2020 - 19:49 WIB

IMG-96135

Para tersangka saat akan dipaparkan di Kantor BNNP Sumut. (ist/metro24jam.com)

Loading...

MEDAN, metro24jam.com – Tim gabungan dari BNNP Sumut, BNNK Pidie Jaya, BNNK Pidie, serta KPPBC Lhokseumaweh berhasil menggagalkan peredaran narkoba jaringan internasional Aceh-Medan hingga negeri jiran Malaysia.

Dari pengungkapan itu, petugas berhasil mengamankan 6 tersangka serta 37 kilogram sabu-sabu. Mereka diamankan dari tempat berbeda, Sabtu (27/6/2020) kemarin.

Penangkapan dilakukan setelah Puskoops Interdiksi Terpadu menerima informasi bahwa akan ada penyelundupan narkotika jenis sabu yang dibawa dari Malaysia masuk ke perairan laut Kuala Bireuen Aceh, yang rencananya akan diedarkan di wilayah Aceh dan Sumatera Utara, Kamis (25/6/2020).

Petugas BNN kemudian melakukan penyelidikan. Hasilnya, kapal pembawa barang haram itu diperkirakan akan masuk ke perairan Aceh pada hari Jum’at atau Sabtu.

Menindaklajuti hal itu, tim BNN berkoordinasi dengan Kanwil BC Aceh yang menggerakkan kapal patroli laut Bea dan Cukai BC 15021 dan BC 20011 untuk melakukan pemantauan di laut atas informasi STS (Ship to Ship) Narkotika oleh kapal nelayan jenis oskadon di perairan Malaysia.

Kemudian pada Sabtu (27/6/2020), sekitar jam 16.30 Wib, tim gabungan berhasil memantau pergerakan 2 tersangka ke arah Medan. Petugas melakukan pengejaran dan berhasil mengamankan MF dan MR di Jalan Binjai, KM14, Diski.

Dari kedua tersangka, petugas mengamankan sebanyak 29 bungkus sabu-sabu yang dibungkus dalam 2 karung.

“Sabu itu diselundupkan dari Penang, Malaysia masuk dari Aceh-Bireun lalu ke Medan, dan di Medan ada yang menjemput lagi,” ungkap Kabid Pemberantasan BNN Irjen Pol Arman Depari kepada awak media pada pemaparan pengungkapan tersebut di halaman kantor BNNP Sumut, Senin (29/6/2020) pagi.

Dari kedua tersangka, diketahui bahwa sabu akan dibawa menuju Medan-Sumatera Utara menggunakan kendaraan roda empat yang akan diserahterimakan kepada seorang yang menunggu di Medan.

“Penerimanya di Medan juga seorang bandar atau jaringan yang berasal dari Kota Surabaya,” sebut Arman.

Berdasarkan keterangan tersangka MF dan MR petugas kemudian mengamankan dua tersangka lagi yakni BW dan AM di Area parkir Carrefour Plaza Medan Fair, Medan.

“BW dan AM adalah penerima narkotika di Medan,” jelasnya.

Kemudian pengembangan dilanjutkan ke wilayah Bireuen Aceh dan diamankan 8 bungkus narkotika jenis sabu yang di sembunyikan oleh RZ di gudang milik MRU yang berada di Jeumpa, Kabupaten Bireuen.

Terhadap para pelaku dan barang bukti yang di temukan diamankan ke Kantor BNN RI untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Jadi Keseluruhan barang bukti narkotika jenis sabu sebanyak 37 Kg dengan 6 tersangka yang kita amankan,” tegas Arman.

Dengan diungkapkanya kasus ini, lantas BNN berkoordinasi dengan aparat penegak hukum di Malaysia dalam pengembangan penyelidikan karena terindikasi sindikat yang menjadi pemasok narkoba tersebut berada di Penang-Malaysia, bernama CDR.

Dalam keterangan persnya di gedung BNNP Sumut, Jalan Wiliem Iskandar, Irjend Pol Arman Depari didampingi oleh kepala

Hadir dalam konferensi pers tersenit, Kepala BNNP Sumut, Brigjen Pol Atrial, Ka Kanwil DJBC Sumut, Oza Olivia, Direktur Reserse Narkoba Polda Sumut, Kombes Pol Robert Da Costa, dan perwakilan Kejaksaan dan Bea cukai Aceh, Arman menegaskan bahwa pecandu narkotika di Sumatera Utara ini cukup meningkat.

“Sumut menduduki peringkat pertama untuk pecandu narkoba di Indonesia. Ini mengalahkan DKI dan Kalimantan. Sehingga kedepannya harus bisa bersama dalam mberantas narkoba. Terkhusus juga bagi apara-aparat penegak hukum yang ada di Provinsi Sumatera Utara untuk benar-benar menjaga pintu masuk peredaran gelap di Sumut ini,” pungkasnya. (asn)

KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Lainnya
Rumah Kontributor Metro TV Siantar Dibobol Maling, 2 Unit HP dan Kunci Mobil Raib

Rumah Kontributor Metro TV Siantar Dibobol Maling, 2 Unit HP dan Kunci Mobil Raib

Andika Aritonang (34) ditemani sejumlah awak media mendatangi Mapolsek Siantar Martoba, Jum'at (3/7/2020) sekira pukul 10.00 Wib. Pria yang bekerja ...
Digrebek Pas Nyabu, Pecatan Polisi Angkat Garpu Sampah dan Parang, Dorr..!

Digrebek Pas Nyabu, Pecatan Polisi Angkat Garpu Sampah dan Parang, Dorr..!

Personel Medan Timur menggerebek sebuah rumah Jalan Bukit Barisan, Gang Pandan, Kelurahan Glugur Darat II, Kecamatan Medan Timur, Jum'at (3/7/2020) ...
OK Arwindo: Besarkan AMPI di Namorambe

OK Arwindo: Besarkan AMPI di Namorambe

Ketua DPD AMPI Deliserdang OK Arwindo SH MBA didampingi Sekretaris Dharma Syahputra Purba meminta pengurus AMPI Namorambe untuk membesarkan organisasi ...
Regal Springs Indonesia Bantu Water Tank ke Sekolah, Gereja dan Hotel di Ajibata dan Girsip

Regal Springs Indonesia Bantu Water Tank ke Sekolah, Gereja dan Hotel di Ajibata dan Girsip

PT Aquafarm Nusantara Regal Springs Indonesia membagikan water tank kepada sejumlah sekolah, tempat ibadah serta perhotelan di Kecamatan Ajibata, Kabupaten ...
Korban Pembunuhan di Bandar Klippa Dikenal Baik Bermasyarakat, Pelaku Pernah Direhab Narkoba

Korban Pembunuhan di Bandar Klippa Dikenal Baik Bermasyarakat, Pelaku Pernah Direhab Narkoba

Dodi Sumanto alias Dika (41), korban pembunuhan sadis di Jalan Sidomulyo, Gang Seriti, Desa Bandar Klippa, Kecamatan Percut Sei Tuan ...
Kabaharkam Polri Bantu 240 Paket Sembako Bagi Korban Bencana Puting Beliung di Langkat

Kabaharkam Polri Bantu 240 Paket Sembako Bagi Korban Bencana Puting Beliung di Langkat

Kabaharkam yang juga Pembina Pujakesuma Komjen Pol Drs Agus Andrianto SH MH menyalurkan bantuan bagi korban puting beliung di delapan ...
Loading...
Awie

Loading…