Minggu, 27 September 2020 | 13.04 WIB
Value Impression Banner
Metro24Jam>News>Pengecer Buka Mulut, BD Asal Hamparan Perak ‘Dikonsep’ di Simalungun, Sabu dari Tembung

Pengecer Buka Mulut, BD Asal Hamparan Perak ‘Dikonsep’ di Simalungun, Sabu dari Tembung

Minggu, 28 Juni 2020 - 17:53 WIB

IMG-96104

Jon Sadiaman Purba dan Irvan Santoso. (ist/metro24jam.com)

Sky Scrapper Value Impression

SIMALUNGUN, metro24jam.com – Satuan Reserse Narkoba Polres Simalungun berhasil mengamankan 2 pengedar narkoba dari lokasi berbeda, Jum’at (26/6/2020).

Kedua tersangka adalah Jon Sadarman Purba (39) dan Irvan Santoso (42) alias Irvan, masing-masing warga Nagori Tani, Kecamatan Silau Kahean, Simalungun serta Dusun I, Desa Tandem Hilir, Kecamatan Hamparan Perak, Deliserdang.

Awalnya, polisi meringkus Jon di lahan perkebunan jagung, di Nagori Tani, Kecamatan Silau Kahean, sekira pukul 11.00 Wib setelah mendapat informasi dari masyarakat.

“Menindaklanjuti laporan warga tentang adanya penyalahgunaan dan peredaran narkoba jenis sabu-sabu dan perjudian di wilayah Nagori Tani, Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun,” kata Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo, seperti disampaikan Kasubbag Humas AKP Lukman Hakim Sembiring.

Mendapat informasi tersebut, Kasat Resnarkoba AKP Adi Haryono dan tim Opsnal segera melakukan penyelidikan ke lokasi.

“Sekitar pukul 11.00 Wib, termonitor tersangka dengan gerak-gerik mencurigakan di sekitar perkebunan jagung,” imbuhnya.

Saat petugas berupaya melakukan penangkapan, Jon berusaha melarikan diri. Tapi akhirnya pria itu berhasil diamankan. Polisi kemudian melakukan penggeledahan badan dan pakaian.

Dari kantong pakaian Jon ditemukan sebuah kotak rokok yang berisi satu paket sabu-sabu serta sebatang kaca pyrex yang masih terdapat sabu-sabu sisa bakar.

Selanjutnya, polisi memboyong Jon ke kediamannya dan melakukan penggeledahan didampingi pangulu setempat. Dari dalam rumah akhirnya ditemukan 10 unit mesin jackpot dalam kondisi mati. Kepada polisi, Jon mengaku bahwa sabu-sabu itu dibelinya dari laki-laki bernama Irvan Santoso.

“Berdasarkan keterangan tersangka JSP, personel Satres Narkoba melakukan undercover buy dengan berpura-pura memesan sabu-sabu kepada IS alias I,” katanya.

Setelah ‘mengonsep’ siasat, ternyata Irvan bersedia melakukan transaksi dengan polisi di dekat pabrik kelapa sawit (PKS) Nagori Tani, Kecamatan Silau Kahean, Simalungun.

“Selanjutnya sekitar pkl 17.00 WIB tersangka IS datang dengan mengendarai sepedamotor Honda Vario ke tempat yang telah disepakati,” katanya.

Begitu Irvan tiba di lokasi, polisi segera melakukan penangkapan. Namun saat dilakukan penggeledahan badan dan pakaian, tidak ditemukan barang bukti narkotika. Petugas kemudian melakukan penggeledahan di sepedamotor yang dikendarai IS.

“Tepat di sayap belakang, ditemukan barang bukti 1 bungkus plastik klip transparan ukuran sedang berisi 2 paket sabu-sabu seberat 32,44 gram (bruto),” jelasnya.

Selain itu, polisi juga menyita 1 unit handphone merk Oppo warna putih dan Honda Vario, BK 5325 AGJ, yang dikendarai JS.

“IS mengaku bahwa sabu-sabu yang disita tersebut diperoleh dari seorang laki-laki berinisial PT dan berdomisili di daerah Tembung,” pungkasnya.

Kedua pria itu, berikut barang bukti kemudian, diboyong ke kantor Sat Resnarkoba Polres Simalungun untuk penyidikan pengembangan lebih lanjut. (Age)

KOMENTAR ANDA
MGID Smart Widget
Berita Lainnya
Bawa Toyota Yaris, Tabrak Truk di Jalinsum Lima Puluh, Personel Polres Batubara Tewas

Bawa Toyota Yaris, Tabrak Truk di Jalinsum Lima Puluh, Personel Polres Batubara Tewas

Seorang personel Polri meninggal dunia dalam perjalanan ke rumah sakit setelah mobil yang dikemudikannya mengalami kecelakaan, Minggu (27/9/2020) sekira pukul ...
Baliho Program Terpancang di Girsip, Warga Tantang Hasim-TPS Teken Kontrak Politik

Baliho Program Terpancang di Girsip, Warga Tantang Hasim-TPS Teken Kontrak Politik

Baliho berisi program kerja pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Simalungun nomor urut 2, H Muhajidin Nur Hasim dan Tumpak Siregar SH ...
6 Bulan Usai Kuras Harta Benda Keluarga Senilai Rp1 Miliar, Pria Ini Ditangkap Polisi

6 Bulan Usai Kuras Harta Benda Keluarga Senilai Rp1 Miliar, Pria Ini Ditangkap Polisi

Selama hampir setengah tahun berhasil bersembunyi usai 'menjarah' harta benda dari rumah salah seorang keluarganya, Aman Sentosa (54)--warga Jalan Besar ...
Sat Pol-PP, Polisi dan Dishub Kembali Gelar Razia Masker di Parapat

Sat Pol-PP, Polisi dan Dishub Kembali Gelar Razia Masker di Parapat

Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol-PP) bersama personel Polsek Parapat dibantu petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Simalungun kembali melaksanakan razia ...
Masa Pandemi Covid-19, BPJS Kesehatan Beri Keringanan Peserta Mandiri

Masa Pandemi Covid-19, BPJS Kesehatan Beri Keringanan Peserta Mandiri

Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) mendapat keringanan melalui Program Relaksasi Tunggakan Iuran di masa pandemi Covid-19.Bagi peserta ...
Pabrik Pengolahan Karet Bekas di Namorambe Dilahap ‘Si Jago Merah’

Pabrik Pengolahan Karet Bekas di Namorambe Dilahap ‘Si Jago Merah’

Pabrik pengolahan karet bekas milik PT Samudera Karet di Dusun III, Desa Delitua, Kecamatan Namorambe dilahap Si Jago Merah, Sabtu ...
Value Impression
VI Outstream
Value Impression Video
Awie
MGID

Loading…


Jawa Elektrik