Sabtu, 4 Juli 2020 | 05.21 WIB
Metro24Jam>News>Pengecer Buka Mulut, BD Asal Hamparan Perak ‘Dikonsep’ di Simalungun, Sabu dari Tembung

Pengecer Buka Mulut, BD Asal Hamparan Perak ‘Dikonsep’ di Simalungun, Sabu dari Tembung

Minggu, 28 Juni 2020 - 17:53 WIB

IMG-96104

Jon Sadiaman Purba dan Irvan Santoso. (ist/metro24jam.com)

Loading...

SIMALUNGUN, metro24jam.com – Satuan Reserse Narkoba Polres Simalungun berhasil mengamankan 2 pengedar narkoba dari lokasi berbeda, Jum’at (26/6/2020).

Kedua tersangka adalah Jon Sadarman Purba (39) dan Irvan Santoso (42) alias Irvan, masing-masing warga Nagori Tani, Kecamatan Silau Kahean, Simalungun serta Dusun I, Desa Tandem Hilir, Kecamatan Hamparan Perak, Deliserdang.

Awalnya, polisi meringkus Jon di lahan perkebunan jagung, di Nagori Tani, Kecamatan Silau Kahean, sekira pukul 11.00 Wib setelah mendapat informasi dari masyarakat.

“Menindaklanjuti laporan warga tentang adanya penyalahgunaan dan peredaran narkoba jenis sabu-sabu dan perjudian di wilayah Nagori Tani, Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun,” kata Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo, seperti disampaikan Kasubbag Humas AKP Lukman Hakim Sembiring.

Mendapat informasi tersebut, Kasat Resnarkoba AKP Adi Haryono dan tim Opsnal segera melakukan penyelidikan ke lokasi.

“Sekitar pukul 11.00 Wib, termonitor tersangka dengan gerak-gerik mencurigakan di sekitar perkebunan jagung,” imbuhnya.

Saat petugas berupaya melakukan penangkapan, Jon berusaha melarikan diri. Tapi akhirnya pria itu berhasil diamankan. Polisi kemudian melakukan penggeledahan badan dan pakaian.

Dari kantong pakaian Jon ditemukan sebuah kotak rokok yang berisi satu paket sabu-sabu serta sebatang kaca pyrex yang masih terdapat sabu-sabu sisa bakar.

Selanjutnya, polisi memboyong Jon ke kediamannya dan melakukan penggeledahan didampingi pangulu setempat. Dari dalam rumah akhirnya ditemukan 10 unit mesin jackpot dalam kondisi mati. Kepada polisi, Jon mengaku bahwa sabu-sabu itu dibelinya dari laki-laki bernama Irvan Santoso.

“Berdasarkan keterangan tersangka JSP, personel Satres Narkoba melakukan undercover buy dengan berpura-pura memesan sabu-sabu kepada IS alias I,” katanya.

Setelah ‘mengonsep’ siasat, ternyata Irvan bersedia melakukan transaksi dengan polisi di dekat pabrik kelapa sawit (PKS) Nagori Tani, Kecamatan Silau Kahean, Simalungun.

“Selanjutnya sekitar pkl 17.00 WIB tersangka IS datang dengan mengendarai sepedamotor Honda Vario ke tempat yang telah disepakati,” katanya.

Begitu Irvan tiba di lokasi, polisi segera melakukan penangkapan. Namun saat dilakukan penggeledahan badan dan pakaian, tidak ditemukan barang bukti narkotika. Petugas kemudian melakukan penggeledahan di sepedamotor yang dikendarai IS.

“Tepat di sayap belakang, ditemukan barang bukti 1 bungkus plastik klip transparan ukuran sedang berisi 2 paket sabu-sabu seberat 32,44 gram (bruto),” jelasnya.

Selain itu, polisi juga menyita 1 unit handphone merk Oppo warna putih dan Honda Vario, BK 5325 AGJ, yang dikendarai JS.

“IS mengaku bahwa sabu-sabu yang disita tersebut diperoleh dari seorang laki-laki berinisial PT dan berdomisili di daerah Tembung,” pungkasnya.

Kedua pria itu, berikut barang bukti kemudian, diboyong ke kantor Sat Resnarkoba Polres Simalungun untuk penyidikan pengembangan lebih lanjut. (Age)

KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Lainnya
Rumah Kontributor Metro TV Siantar Dibobol Maling, 2 Unit HP dan Kunci Mobil Raib

Rumah Kontributor Metro TV Siantar Dibobol Maling, 2 Unit HP dan Kunci Mobil Raib

Andika Aritonang (34) ditemani sejumlah awak media mendatangi Mapolsek Siantar Martoba, Jum'at (3/7/2020) sekira pukul 10.00 Wib. Pria yang bekerja ...
Digrebek Pas Nyabu, Pecatan Polisi Angkat Garpu Sampah dan Parang, Dorr..!

Digrebek Pas Nyabu, Pecatan Polisi Angkat Garpu Sampah dan Parang, Dorr..!

Personel Medan Timur menggerebek sebuah rumah Jalan Bukit Barisan, Gang Pandan, Kelurahan Glugur Darat II, Kecamatan Medan Timur, Jum'at (3/7/2020) ...
OK Arwindo: Besarkan AMPI di Namorambe

OK Arwindo: Besarkan AMPI di Namorambe

Ketua DPD AMPI Deliserdang OK Arwindo SH MBA didampingi Sekretaris Dharma Syahputra Purba meminta pengurus AMPI Namorambe untuk membesarkan organisasi ...
Regal Springs Indonesia Bantu Water Tank ke Sekolah, Gereja dan Hotel di Ajibata dan Girsip

Regal Springs Indonesia Bantu Water Tank ke Sekolah, Gereja dan Hotel di Ajibata dan Girsip

PT Aquafarm Nusantara Regal Springs Indonesia membagikan water tank kepada sejumlah sekolah, tempat ibadah serta perhotelan di Kecamatan Ajibata, Kabupaten ...
Korban Pembunuhan di Bandar Klippa Dikenal Baik Bermasyarakat, Pelaku Pernah Direhab Narkoba

Korban Pembunuhan di Bandar Klippa Dikenal Baik Bermasyarakat, Pelaku Pernah Direhab Narkoba

Dodi Sumanto alias Dika (41), korban pembunuhan sadis di Jalan Sidomulyo, Gang Seriti, Desa Bandar Klippa, Kecamatan Percut Sei Tuan ...
Kabaharkam Polri Bantu 240 Paket Sembako Bagi Korban Bencana Puting Beliung di Langkat

Kabaharkam Polri Bantu 240 Paket Sembako Bagi Korban Bencana Puting Beliung di Langkat

Kabaharkam yang juga Pembina Pujakesuma Komjen Pol Drs Agus Andrianto SH MH menyalurkan bantuan bagi korban puting beliung di delapan ...
Loading...
Awie

Loading…