Sabtu, 4 Juli 2020 | 06.48 WIB
Metro24Jam>News>Angkut Brankas Berisi Rp1 Miliar dari Toko Miduk Tarutung, 2 Maling Diringkus Polisi

Angkut Brankas Berisi Rp1 Miliar dari Toko Miduk Tarutung, 2 Maling Diringkus Polisi

Jumat, 26 Juni 2020 - 21:33 WIB

IMG-96053

Kapolres Tapanuli Utara AKBP Jonner MH Samosir saat memaparkan pengungkapan kasus pencurian. (ist/metro24jam.com)

Loading...

TAPUT, metro24jam.com – Hampir satu tahun melarikan diri usai melakukan pencurian Toko Miduk, Jalan Sisingamangaraja, Tarutung, Tapanuli Utara, 2 dari 4 pelaku akhirnya diringkus polisi.

Dua tersangka yang berhasil diamankan yaitu Leonard Marbun (30) dan Berfin Sihombing (49), masing-masing warga Simpang Tiga, Desa Harianja serta Desa Pakpahan, Kecamatan Pangaribuan, Tapanuli Utara.

Pengungkapan kasus pencurian itu dipaparkan di Mapolres Tapanuli Utara, Jum’at (26/6/2020) siang.

“Kedua tersangka ditangkap Kamis (11/6/2020) sekira pukul 21.30 Wib dari salah satu warung tuak di Kecamatan Pangaribuan,” kata Kapolres Tapanuli Utara AKBP Jonner MH Samosir SIK, didampingi Kabag Ops Kompol Gamal Luciana, Kasat Reskrim AKP J Banjarnahor dan KBO Reskrim Ipda J Sianturi.

Dari hasil pemeriksaan, keduanya mengakui bahwa mereka telah melakukan pencurian di Toko Miduk pada tanggal 1 Juli 2019 bersama 2 temannya, masing-masing marga Sihotang dan Ambarita.

Sebelum mereka beraksi, jelas Kapolres, Sihotang dan Ambarita menghubungi Leonard dan Berfin untuk bertemu.

“Pada tanggal 29 Juni 2019, mereka bertemu di sebuah kolam pancing di Kecamatan Pangaribuan, Taput, lalu membahas rencana aksi pencurian tersebut,” beber Jonner.

Karena dirasa pembahasan saat itu belum matang, keempat pelaku kembali bertemu di Porsea, Kabupaten Toba untuk mematangkan rencana tersebut.

“Setelah pembahasan matang di Porsea, para tersangka mempersiapkan peralatan dan langsung menuju Toko Miduk di jalan Sisingamangaraja, Tarutung pada tanggal 1 Juli 2019 pukul 01.00 Wib,” urainya.

Para pelaku kemudian berhasil membobol toko tersebut, saat pemiliknya sedang tidak berada di sana.

Setelah berhasil masuk ke dalam toko, para pelaku mengangkat brangkas dari lantai 1 gedung dan dimasukkan ke dalam mobil Toyota Avanza yang dirental sebelumnya.

Para tersangka kemudian kembali ke Porsea dan menyimpan brangkas tersebut di salah satu rumah dan selanjutnya MS dan MA diantar pulang ke Pangaribuan.

Pada tanggal 3 Juli 2019, Sihotang dan Aritonang kembali menemui kedua temannya itu dan memberikan uang masing-masing Rp17 juta untuk Leonard serta Rp30 juta kepada Berfin.

“MS dan MA mengatakan kalau brankas hasil curian itu sudah bisa dibuka dan tidak diberitahu berapa isinya dan hanya diberikan sejumlah uang tersebut. Lalu tersangka LM dan BS kembali ke Pangaribuan, Taput, sedangkan MS dan MA pulang ke Jakarta,” bebernya.

Pencurian itu kemudian dilaporkan pemilik Toko Miduk, Nursintan Panggabean. Dalam pengaduannya, wanita itu mengaku mengalami kerugian sebesar Rp1 miliar dengan rincian, uang tunai Rp400 juta dan emas senilai sekitar Rp600 juta yang tersimpan dalam brankas.

Kasus pembongkaran Toko Miduk itu terungkap setelah polisi menangkap Jufrianto Harianja yang melakukan pencurian bersama Leonard Marbun di rumah milik Karel Garlen Pakpahan di Desa Sibingke, Kecamatan Pangaribuan, Taput pada tanggal 24 Desember 2019.

Dari kediaman Karel, keduanya berhasil menggondol uang sebesar Rp10.030.000 dan perhiasan emas 106 gram.

Polisi kemudian berhasil mengidentifikasi Jufrianto Harianja dan menangkapnya pada 13 Juni 2020 lalu. Dari Harianja, akhirnya diketahui bahwa pencurian itu dilakukan bersama Leonard.

Selanjutnya, Sat Reskrim Polres Taput berhasil meringkus Leonard yang kemudian mengakui bahwa dia dan 3 temannya, sebelumnya juga telah melakukan pencurian di Toko Miduk.

“Dari para tersangka diamankan barang bukti berupa 3 unit sepedamotor, masing-masing 1 unit Honda CBR, Astrea Grand dan Yamaha RX King yang merupakan hasil kejahatan tersebut, 2 potong celana panjang dan satu kaos oblong,” pungkasnya. (Hotman)

KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Lainnya
Rumah Kontributor Metro TV Siantar Dibobol Maling, 2 Unit HP dan Kunci Mobil Raib

Rumah Kontributor Metro TV Siantar Dibobol Maling, 2 Unit HP dan Kunci Mobil Raib

Andika Aritonang (34) ditemani sejumlah awak media mendatangi Mapolsek Siantar Martoba, Jum'at (3/7/2020) sekira pukul 10.00 Wib. Pria yang bekerja ...
Digrebek Pas Nyabu, Pecatan Polisi Angkat Garpu Sampah dan Parang, Dorr..!

Digrebek Pas Nyabu, Pecatan Polisi Angkat Garpu Sampah dan Parang, Dorr..!

Personel Medan Timur menggerebek sebuah rumah Jalan Bukit Barisan, Gang Pandan, Kelurahan Glugur Darat II, Kecamatan Medan Timur, Jum'at (3/7/2020) ...
OK Arwindo: Besarkan AMPI di Namorambe

OK Arwindo: Besarkan AMPI di Namorambe

Ketua DPD AMPI Deliserdang OK Arwindo SH MBA didampingi Sekretaris Dharma Syahputra Purba meminta pengurus AMPI Namorambe untuk membesarkan organisasi ...
Regal Springs Indonesia Bantu Water Tank ke Sekolah, Gereja dan Hotel di Ajibata dan Girsip

Regal Springs Indonesia Bantu Water Tank ke Sekolah, Gereja dan Hotel di Ajibata dan Girsip

PT Aquafarm Nusantara Regal Springs Indonesia membagikan water tank kepada sejumlah sekolah, tempat ibadah serta perhotelan di Kecamatan Ajibata, Kabupaten ...
Korban Pembunuhan di Bandar Klippa Dikenal Baik Bermasyarakat, Pelaku Pernah Direhab Narkoba

Korban Pembunuhan di Bandar Klippa Dikenal Baik Bermasyarakat, Pelaku Pernah Direhab Narkoba

Dodi Sumanto alias Dika (41), korban pembunuhan sadis di Jalan Sidomulyo, Gang Seriti, Desa Bandar Klippa, Kecamatan Percut Sei Tuan ...
Kabaharkam Polri Bantu 240 Paket Sembako Bagi Korban Bencana Puting Beliung di Langkat

Kabaharkam Polri Bantu 240 Paket Sembako Bagi Korban Bencana Puting Beliung di Langkat

Kabaharkam yang juga Pembina Pujakesuma Komjen Pol Drs Agus Andrianto SH MH menyalurkan bantuan bagi korban puting beliung di delapan ...
Loading...
Awie

Loading…