Ahad/Minggu, 24 Januari 2021 | 12.11 WIB
Banner Advertnative
Metro24Jam>News>Minta Pembagian Bantuan Dampak Covid-19 Merata, Ratusan Warga Geruduk Kantor Camat Girsip

Minta Pembagian Bantuan Dampak Covid-19 Merata, Ratusan Warga Geruduk Kantor Camat Girsip

Kamis, 21 Mei 2020 - 00:47 WIB

IMG-94531

Ratusan warga saat mendatangi Kantor Camat Girsang Sipangan Bolon, Simalungun. (Silalahi/metro24jam.com)

AdvertNative 160×600

PARAPAT, metro24jam.com – Ratusan warga yang tidak mendapat bantuan sembako mau pun Bantuan Sosial Tunai (BLT) mengeruduk Kantor Kecamatan Girsang Sipangan Bolon (Girsip), Rabu (20/5/2020). Mereka menuntut agar pembagian Sembako terhadap warga yang terdampak Covid-19, merata dan transparans.

Menurut koordinator aksi, Jerico Manurung, pembagian sembako terhadap warga terdampak Covid-19 di Kecamatan Girsip tidak merata atau tidak transparans. Bahkan, ada yang sampai mendapat 2 kali.

“Yang terjadi di lapangan, pembagian sembako dampak Covid-19 tidak merata, begitu juga sistim administrasinya ‘amburadul’. Jadi, di sini kami melihat ketidakseriusan Pemerintah Simalungun untuk mengatasi masalah dan ketimpangan dalam pendataan, sehingga membuat masyarakat bingung,” sebut Jerico Manurung dalam orasinya.

Jerico juga meminta agar informasi yang disampaikan kepada masyarakat terkait dengan orang terpapar wabah Covid-19 harus bisa dibuktikan dan dipastikan bahwasanya benar-benar positif. Sehingga, tidak ada informasi yang simpang-siur sehingga membuat masyarakat merasa tidak nyaman.

“Banyak informasi yang tidak jelas dan ketimpangan sosial terjadi di masyarakat. Keadaan demikian membuat masyarakat resah. Kami menuntut Pemerintah Simalungun untuk lebih tegas dalam penanganan dan pencegahan Covid-19,. Segera bangun Posko Covid-19 di setiap kelurahan dan desa, percepat dan permudah pendistribusian bantuan, stop penyebaran berita hoax Covid-19 dan transparansi birokrasi,” ungkapnya.

Camat Girsip Eva Suryati Ulyarta Tambunan yang menerima peserta aksi menyampaikan, bagi warga yang belum mendapat sembako, maupun Bantu Sosial Tunai akan segera diusulkan pada tahap kedua.

“Data warga yang kita kirim ke Pemkab Simalungun untuk penerima bantuan lebih dari 3000 KK. Yang diproses dan berhak menerima bantuan di Kelurahan Girsang sebanyak 725 KK, di Kelurahan Parapat 411 KK, Kelurahan Tigaraja 382 KK, Nagori Sipangan Bolon 377 KK, Nagori Sibaganding 403 dan Nagori Sipangan Bolon Mekar 222 KK, dengan total keseluruhan 3728 KK. Jadi, kalau ada masih warga belum terdata, silahkan daftarkan ke kantor kelurahan, biar kita usulkan kembali untuk tahap dua ke Pemkab Simalungun,” saran Eva.

Aksi demo diterima oleh Unsur Pimpinan Kecamatan Girsip, Danramil 11/ Parapat Kapten Inf Rudianto, Kapolsek Parapat AKP Irsol, Kabid Trantib Sat Pol-PP Donni Sinaga, Lurah Parapat Rohana Sinaga, Lurah Tigaraja Ferry Donny Silalahi, Lurah Girsang Boas Manik, Pangulu Sibaganding Martno Bakkara, Pangulu Sipangan Bolon Induk Sahan Sinaga dan Pangulu Sipangan Bolon Mekar Raja Jaihutan Sinaga.

Setelah mendapat penjelasan dari Camat Eva, massa yang bergabung dengan para ibu rumah tangga membubarkan diri dengan tertib sambil membawa spanduk bertuliskan kritikan terhadap Pemerintah Simalungun. (sil)

KOMENTAR ANDA
AdvertNative Bottom Desktop
MGID Smart Widget
Berita Lainnya
Geliat Bisnis Spa & Massage di Komplek Ruko Griya Siantar di Tengah Pandemi Covid-19

Geliat Bisnis Spa & Massage di Komplek Ruko Griya Siantar di Tengah Pandemi Covid-19

Pandemi virus Sars n-Cov-2 (Covid-19), berdampak luar biasa di berbagai bidang usaha, tak terkecuali pada bisnis spa dan massage. Sejumlah ...
Pasutri Ditangkap Jual Sabu Ditangkap di Sungai Dua, Bandarnya Kakak Kandung Istri

Pasutri Ditangkap Jual Sabu Ditangkap di Sungai Dua, Bandarnya Kakak Kandung Istri

Satuan Reserse Narkoba Polres Tanjungbalai meringkus tiga pengedar sabu-sabu dari lokasi berbeda, Jum'at (22/1/2021) dinihari. Dua di antaranya adalah pasangan ...
Terjaring OTT, Kadis Sosial Pemkab Serdang Bedagai Resmi Jadi Tersangka

Terjaring OTT, Kadis Sosial Pemkab Serdang Bedagai Resmi Jadi Tersangka

Oknum Kepala Dinas Sosial Kabupaten Serdang Bedagai, Ifdhal SSos, resmi jadi tersangka dugaan korupsi setelah terjaring dalam Operasi Tangkap Tangan ...
Pura-pura Bertamu di Tanjungbalai, Pria Asal Batang Kuis Ini Ternyata Berniat Curi HP

Pura-pura Bertamu di Tanjungbalai, Pria Asal Batang Kuis Ini Ternyata Berniat Curi HP

David Gannary Nasution (44), warga Jalan Pandu III, Block G, Perumahan Cendana Asri, Kelurahan Sena, Kecamatan Batang Kuis, Deliserdang ditangkap ...
4 Bulan Diburu, Tersangka Pembunuh Ngasil Tarigan Ditangkap di Dairi

4 Bulan Diburu, Tersangka Pembunuh Ngasil Tarigan Ditangkap di Dairi

Selama 4 bulan melakukan pencarian, polisi akhirnya berhasil meringkus pelaku pembunuhan petani bernama Ngasil Tarigan--warga Dusun III Desa Jambur Pulau, ...
3 Hari Setelah Curi Perhiasan dan Uang, Pria Ini Diciduk Polisi Teluk Nibung

3 Hari Setelah Curi Perhiasan dan Uang, Pria Ini Diciduk Polisi Teluk Nibung

Unit Reskrim Polsek Teluk Nibung Polres Tanjungbalai berhasil mengungkap pencurian di kediaman salah seorang warga di Jalan Pancing Lingkungan II, ...
MGID

Loading…


Awie
Jawa Elektrik
AdvertNative 320 x 200