Kamis, 4 Juni 2020 | 07.48 WIB
Metro24Jam>News>Minta Pembagian Bantuan Dampak Covid-19 Merata, Ratusan Warga Geruduk Kantor Camat Girsip

Minta Pembagian Bantuan Dampak Covid-19 Merata, Ratusan Warga Geruduk Kantor Camat Girsip

Kamis, 21 Mei 2020 - 00:47 WIB

IMG-94531

Ratusan warga saat mendatangi Kantor Camat Girsang Sipangan Bolon, Simalungun. (Silalahi/metro24jam.com)

Loading...

PARAPAT, metro24jam.com – Ratusan warga yang tidak mendapat bantuan sembako mau pun Bantuan Sosial Tunai (BLT) mengeruduk Kantor Kecamatan Girsang Sipangan Bolon (Girsip), Rabu (20/5/2020). Mereka menuntut agar pembagian Sembako terhadap warga yang terdampak Covid-19, merata dan transparans.

Menurut koordinator aksi, Jerico Manurung, pembagian sembako terhadap warga terdampak Covid-19 di Kecamatan Girsip tidak merata atau tidak transparans. Bahkan, ada yang sampai mendapat 2 kali.

“Yang terjadi di lapangan, pembagian sembako dampak Covid-19 tidak merata, begitu juga sistim administrasinya ‘amburadul’. Jadi, di sini kami melihat ketidakseriusan Pemerintah Simalungun untuk mengatasi masalah dan ketimpangan dalam pendataan, sehingga membuat masyarakat bingung,” sebut Jerico Manurung dalam orasinya.

Jerico juga meminta agar informasi yang disampaikan kepada masyarakat terkait dengan orang terpapar wabah Covid-19 harus bisa dibuktikan dan dipastikan bahwasanya benar-benar positif. Sehingga, tidak ada informasi yang simpang-siur sehingga membuat masyarakat merasa tidak nyaman.

“Banyak informasi yang tidak jelas dan ketimpangan sosial terjadi di masyarakat. Keadaan demikian membuat masyarakat resah. Kami menuntut Pemerintah Simalungun untuk lebih tegas dalam penanganan dan pencegahan Covid-19,. Segera bangun Posko Covid-19 di setiap kelurahan dan desa, percepat dan permudah pendistribusian bantuan, stop penyebaran berita hoax Covid-19 dan transparansi birokrasi,” ungkapnya.

Camat Girsip Eva Suryati Ulyarta Tambunan yang menerima peserta aksi menyampaikan, bagi warga yang belum mendapat sembako, maupun Bantu Sosial Tunai akan segera diusulkan pada tahap kedua.

“Data warga yang kita kirim ke Pemkab Simalungun untuk penerima bantuan lebih dari 3000 KK. Yang diproses dan berhak menerima bantuan di Kelurahan Girsang sebanyak 725 KK, di Kelurahan Parapat 411 KK, Kelurahan Tigaraja 382 KK, Nagori Sipangan Bolon 377 KK, Nagori Sibaganding 403 dan Nagori Sipangan Bolon Mekar 222 KK, dengan total keseluruhan 3728 KK. Jadi, kalau ada masih warga belum terdata, silahkan daftarkan ke kantor kelurahan, biar kita usulkan kembali untuk tahap dua ke Pemkab Simalungun,” saran Eva.

Aksi demo diterima oleh Unsur Pimpinan Kecamatan Girsip, Danramil 11/ Parapat Kapten Inf Rudianto, Kapolsek Parapat AKP Irsol, Kabid Trantib Sat Pol-PP Donni Sinaga, Lurah Parapat Rohana Sinaga, Lurah Tigaraja Ferry Donny Silalahi, Lurah Girsang Boas Manik, Pangulu Sibaganding Martno Bakkara, Pangulu Sipangan Bolon Induk Sahan Sinaga dan Pangulu Sipangan Bolon Mekar Raja Jaihutan Sinaga.

Setelah mendapat penjelasan dari Camat Eva, massa yang bergabung dengan para ibu rumah tangga membubarkan diri dengan tertib sambil membawa spanduk bertuliskan kritikan terhadap Pemerintah Simalungun. (sil)

KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Lainnya
Pegang Sabu di Depan Kantor Notaris, Didatangi Polisi Pria Ini Mendadak Gugup, Terciduk!

Pegang Sabu di Depan Kantor Notaris, Didatangi Polisi Pria Ini Mendadak Gugup, Terciduk!

Satres Narkoba dan Unit Paminal Polres Humbahas menangkap seorang pria diduga penyalahguna shabu-sabu, Rabu (3/6/2020) sekira pukul 08.25 Wib.Haposan Bemfie ...
Pulang Minum Tuak, Buruh Pabrik Batu-bata Terjerembab ke Parit Kebun PTPN II, Tewas!

Pulang Minum Tuak, Buruh Pabrik Batu-bata Terjerembab ke Parit Kebun PTPN II, Tewas!

Seorang pria ditemukan sudah tak bernyawa di dalam parit, di kawasan Afdeling II, Perkebunan PTPN II Tajung Garbus, Desa Tanjung ...
Dituding Potong Honor TKS dan Dana Proyek, Kadis Pertanian Batubara Membantah

Dituding Potong Honor TKS dan Dana Proyek, Kadis Pertanian Batubara Membantah

Beredar kabar adanya dugaan pungutan liar pemotongan honor Tenaga Kerja Sukarela (TKS) dan Kepala Bidang (Kabid) di Dinas Pertanian Kabuparen ...
Ancam Ibu Kandung Pakai Pisau, Diboyong ke Kantor Polisi, Pemuda Ini Mengaku Salah

Ancam Ibu Kandung Pakai Pisau, Diboyong ke Kantor Polisi, Pemuda Ini Mengaku Salah

Gara-gara permintaannya untuk menjual rumah tak diindahkan, seorang pemuda di Jalan Jati, Desa Sei Mencirim, nekat mengancam ibunya dengan sebilah ...
Rencana Bawa 1 Kg Sabu ke Jambi, Pengedar Asal Aceh Ditembak Mati di Medan

Rencana Bawa 1 Kg Sabu ke Jambi, Pengedar Asal Aceh Ditembak Mati di Medan

Personel Patumbak Polrestabes Medan menembak mati seorang pengedar sabu-sabu Selasa (2/6/2020) malam. Pria itu ditangkap di Jalan Sisingamangaraja Medan, tepatnya ...
Nelayan Pagurawan Dibacok Tetangga Hingga Kritis, Katanya Masuk Rumah Tak Permisi

Nelayan Pagurawan Dibacok Tetangga Hingga Kritis, Katanya Masuk Rumah Tak Permisi

Seorang pria yang berprofesi sebagai nelayan kritis setelah dibacok tetangganya di Jalan Pelita, Lingkungan III, Kelurahan Pagurawan Kecamatan Medang Deras, ...
Loading...
Irwa Zaini
Dandim

Loading…