Minggu, 27 September 2020 | 14.20 WIB
Value Impression Banner
Metro24Jam>News>Bandara Internasional Kuala Namu Saat Ini Sudah Sediakan Ruang Sterilisasi

Bandara Internasional Kuala Namu Saat Ini Sudah Sediakan Ruang Sterilisasi

Rabu, 25 Maret 2020 - 17:31 WIB

IMG-91324

Walk Through Disinfection Chamber atau ruang sterlisasi di Bandara Kuala Namu. (ist/metro24jam.com)

Sky Scrapper Value Impression

DELISERDANG, metro24jam.com – Beragam cara dilakukan dalam mengantisipasi penyebaran Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 yang sangat mematikan. Manajemen Kantor Cabang PT Angkasa Pura II (Persero) Bandar Udara Internasional Kuala Namu Deliserdang kini telah menyediakan fasilitas Walking Through Disinfections Chamber atau ruang sterilisasi, sebagai upaya penyebaran Covid-19, sejak Rabu (25/3/2020)

Setiap pengguna jasa bandara yang datang dan pergi, diwajibkan melalui ruang sterilisasi sebelum melanjutkan perjalanan mereka. Saat ini ruang sterilisasi tersebut sudah dioperasikan di Terminal Kedatangan Domestik dan Stasiun Railink.

Executive General Manager PT Angkasa Pura II Kuala Namu Internasional Airport (KNIA), Djodi Prasetyo mengatakan, ruang sterilisasi segera akan dioperasikan di area keberangkatan.

Fasilitas tersebut merupakan hasil karya para teknisi Bandara Kualanamu dalam upaya mendukung pemerintah dalam upaya menghadapi krisis Covid-19.

“Prinsip utama dari ruang sterilisasi ini adalah menyemprotkan uap disinfektan ke seluruh tubuh seseorang sehingga terbebas dari virus, bakteri atau kuman, sehingga tidak akan menularkan serta menyebarkan kepada pihak lain,” kata Djodi dalam keterangannya, Rabu (25/3/2020).

Di samping itu, di dalam area terminal penumpang pesawat juga disediakan banyak titik hand sanitizer bagi para pengguna jasa dan pelaksana tugas di bandara.

“Penambahan 2 titik wastafel untuk mencuci tangan, di area zona A dan zona B karena kesehatan adalah prioritas utama. Juga memperluas area penyemprotan cairan disinfektan sebagai ikhtiar kami agar mencegah penyebaran virus,” jelasnya.

Lebih lanjut, Djodi Prasetyo mengatakan, jika sebelumnya penyemprotan disinfektan dilakukan di seluruh area terminal penumpang pesawat, area publik, lalu ke bagasi penumpang, maka sekarang penyemprotan cairan disinfektan juga dilakukan di sisi udara (airside). 

Penyemprotan dilakukan dengan jet sprayer dan menggunakan cairan disinfektan dengan kandungan bahan aktif hydrogen peroxida.

“Kami berharap airside dapat steril dari virus, sebagaimana upaya yang telah kami jalani untuk mensterilisasi area terminal penumpang pesawat, area perkantoran dan area publik lainnya,” sambungnya.

KNIA juga sudah menjalankan konsep physical distancing di beberapa area, khususnya di tempat para penumpang pesawat berkumpul, seperti saat proses check-in, pemeriksaan keamanaan, boarding lounge, hingga proses boarding ke pesawat.

“Harapannya semoga kita dapat mencegah, meminimalisir, dan melindungi diri dari COVID-19. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa segera memberikan solusi agar badai pandemi ini segera berlalu,” pungkas Djodi. (Fan)

KOMENTAR ANDA
MGID Smart Widget
Berita Lainnya
Ruko Tempat Penyimpanan Elpiji di Siantar Terbakar, 5 Sekeluarga Tewas Terpanggang

Ruko Tempat Penyimpanan Elpiji di Siantar Terbakar, 5 Sekeluarga Tewas Terpanggang

Kebakaran hebat terjadi di gudang gas elpiji, Jalan Panyabungan, Kelurahan Timbang Galung, Siantar Barat, Sabtu (26/9/2020) sekira jam 20.00 Wib. ...
Bawa Toyota Yaris, Tabrak Truk di Jalinsum Lima Puluh, Personel Polres Batubara Tewas

Bawa Toyota Yaris, Tabrak Truk di Jalinsum Lima Puluh, Personel Polres Batubara Tewas

Seorang personel Polri meninggal dunia dalam perjalanan ke rumah sakit setelah mobil yang dikemudikannya mengalami kecelakaan, Minggu (27/9/2020) sekira pukul ...
Baliho Program Terpancang di Girsip, Warga Tantang Hasim-TPS Teken Kontrak Politik

Baliho Program Terpancang di Girsip, Warga Tantang Hasim-TPS Teken Kontrak Politik

Baliho berisi program kerja pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Simalungun nomor urut 2, H Muhajidin Nur Hasim dan Tumpak Siregar SH ...
6 Bulan Usai Kuras Harta Benda Keluarga Senilai Rp1 Miliar, Pria Ini Ditangkap Polisi

6 Bulan Usai Kuras Harta Benda Keluarga Senilai Rp1 Miliar, Pria Ini Ditangkap Polisi

Selama hampir setengah tahun berhasil bersembunyi usai 'menjarah' harta benda dari rumah salah seorang keluarganya, Aman Sentosa (54)--warga Jalan Besar ...
Sat Pol-PP, Polisi dan Dishub Kembali Gelar Razia Masker di Parapat

Sat Pol-PP, Polisi dan Dishub Kembali Gelar Razia Masker di Parapat

Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol-PP) bersama personel Polsek Parapat dibantu petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Simalungun kembali melaksanakan razia ...
Masa Pandemi Covid-19, BPJS Kesehatan Beri Keringanan Peserta Mandiri

Masa Pandemi Covid-19, BPJS Kesehatan Beri Keringanan Peserta Mandiri

Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) mendapat keringanan melalui Program Relaksasi Tunggakan Iuran di masa pandemi Covid-19.Bagi peserta ...
Value Impression
VI Outstream
Value Impression Video
Awie
MGID

Loading…


Jawa Elektrik