Minggu, 29 Maret 2020 | 03.08 WIB
Metro24Jam>News>Hadirnya Raperda Adminduk Untuk Antisipasi Pelanggaran Sistem

Hadirnya Raperda Adminduk Untuk Antisipasi Pelanggaran Sistem

Selasa, 28 Januari 2020 - 18:16 WIB

IMG-87701

Paripurna Ranperda Adminduk di gedung DPRD Medan. (ist/metro24jam.com)

Loading...

MEDAN, metro24jam.com – Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kota Medan tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan diharapkan dapat meminimalisir potensi-potensi terjadinya pekanggaran-pelanggaran sistem dan standar prosedur yang ditetapkan, dengan prinsip-prinsip pelayanan sederhana, cepat dan tepat waktu serta transparan.

Plt Walikota Medan Akhyar Nasution yang diwakili Sekda Wiriya Arahman menyampaikan hal tersebut dalam nota jawabannya atas pertanyaan sejumlah anggota DPRD Medan terkait Ranperda Pelenggaraan Adminduk terssebut, pada sidang paripurna DPRD Medan, Selasa (28/1/2020).

Dalam pelaksanaannya nanti, lanjut Wiriya, pada prinsipnya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pelayanan publik, wajib memenuhi azas non diskriminatif dan tidak melakukan pungli dalam bentuk apapun, sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Untuk menghindari adanya diskriminatif dan pungli oleh oknum aparatur, kata Wiriya, Pemko Medan akan melakukan pengawasan melekat pada masing-masimg OPD, sosialiasi secara periodik dan mengingatkan aparatur sipil negara (ASN) secara tertulis.

“Kemudian menerapkan aturan disiplin dengan melakukan pemeriksaan terhadap laporan-laporan pelanggaran disiplin yang diduga dilakukan oleh ASN,” ujar Wiriya.

Pemko Medan, lanjut Wiriya, juga melakukan penyuluhan kepada masyarakat agar mengurus langsung berbagai dokumen kependudukannya tanpa menggunakan jasa perantara atau calo.

“Kita juga menghimbau lembaga-lembaga advokasi agar mendampingi pengurusan kependudukannya, bukan mewakili masyarakat, sehingga dapat memmbangun kesadaran masyarakat untuk mengurus sendiri dokumen kependudukannya,” ungkap Wiriya.

Terkait pertanyaan dewan soal besaran denda administrasi terhadap pejabat yang melakukan pelanggaran, Wiriya mengatakan, akan dibahas kembali bersama-sama (DPRD dan Pemko) pada tahapan pembahasan selanjutnya.

Menjawab perihal kerahasiaan data kependudukan, Wiriya menjelaskan pada prinsipnya orang yang dapat mengakses database kependudukan hanya petugas yang telah diberikan password tertentu yang tidak diketahui orang lain.

“Pada dasarnya pemanfaatan database kependuduikan telah berjalan sesuai dengan keperluan masing-masing OPD, yang diselenggarakan melalui kerjasama dengan Ditjen Administrasi Kependudukan, yang difasilitasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Medan,” kata Wiriya.

Terkait dengan pertanyaan agar pengurusan akta kelahiran dapat dikukan di Kantor Lurah, Wiriya mengatakan sesuai UU No 2 Tahun 2013 tentang Administtasi Kependudukan, bahwa penyelenggaraan pelayanan administrasi kependudukan diselenggarakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

“Oleh karena itu, struktur kelurahan dan kecamatsn dapat dimanfaatkan dalam bentuk fungsi-fumgsi koordinasi dan sosialisasi, guna memfasikitasi masyarakat agar mudah mengurus dokumen kelahiran yang diperlukan,” ungkap Wiriya.

Ia juga menjelaskan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Medan juga telah membuka kotak pengaduan keluhan pelayanan publik, khususnya di bidang kependudukan, yang dapat disampaikan melalui WhatsApp 082167975969, instagram: Disdukcapilmedan, email: disdukcapil.medan@gmail.com, website: www.disdukcapil.pemkomedan.go.id dan kotak saran.

“Atau bisa juga disampaikan melalui Pohon Ranting (Pohon saran, kritik dan pengaduan). Pohon artifisial ini merupakan sarana untuk menuliskan saran, kritik dan keluhan yang dapat ditulis langsung pada kertas-kertas yang telah disediakan dan digantung di pohon tersebut,” ujar Wiriya. (Rom)

KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Lainnya
Pulang dari Malaysia ‘Meliuk-liuk’, 3 TKI Ilegal ‘Cantik’ Ini Diamankan Polisi Tanjungbalai

Pulang dari Malaysia ‘Meliuk-liuk’, 3 TKI Ilegal ‘Cantik’ Ini Diamankan Polisi Tanjungbalai

Menempuh perjalanan 'meliuk-liuk' (rumit) dari Malaysia, sesuai penampilan mereka, tiga pria berpenampakan wanita diamankan polisi begitu masuk ke Kota Tanjungbalai, ...
Uspika Girsang Sipangan Bolon Imbau Warga Hindari Keramaian

Uspika Girsang Sipangan Bolon Imbau Warga Hindari Keramaian

Unsur pumpinan Kecamatan (Uspika) Girsang Sipangan Bolon (Girsip), mengimbau masyarakat setempat untuk menghindari lokasi keramaian sebagai upaya memutus mata rantai ...
Kerahkan Mobil Water Canon dan Damkar, Kota Tanjungbalai Disemprot Disinfektan

Kerahkan Mobil Water Canon dan Damkar, Kota Tanjungbalai Disemprot Disinfektan

Forkopimda Tanjung Tanjungbalai melakukan penyemprotan disinfektan di pusat kota Tanjungbalai untuk mencegah penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), Sabtu (28/3/2020). Pelaksanaan ...
Perayaan Akhir Masa Sekolah Berujung Duka, Rekreasi ke Sampuran Pollung, 3 Siswi SMKN Doloksanggul Tenggelam, 1 Tewas

Perayaan Akhir Masa Sekolah Berujung Duka, Rekreasi ke Sampuran Pollung, 3 Siswi SMKN Doloksanggul Tenggelam, 1 Tewas

Perayaan berakhirnya masa sekolah dari sejumlah siswi SMK Negeri 1 Doloksanggul berujung duka. Seorang pelajar tewas setelah tenggelam di Air ...
Pickup Tabrak 2 Motor, Seorang Mahasiswa Sergai Tewas, Temannya Patah-patah, 3 Lagi Luka-luka, TKP: Sei Buluh

Pickup Tabrak 2 Motor, Seorang Mahasiswa Sergai Tewas, Temannya Patah-patah, 3 Lagi Luka-luka, TKP: Sei Buluh

Satu unit mobil pickup menabrak 2 sepedamotor di Jalan Lintas Sumatera Medan - Tebing Tinggi, KM 46-47, tepatnya di jembatan ...
Pemkab Deliserdang Kerahkan Mobil Damkar Semprot Disinfektan di Seluruh Kecamatan

Pemkab Deliserdang Kerahkan Mobil Damkar Semprot Disinfektan di Seluruh Kecamatan

Antisipasi penyebarluasan Virus Corona (Covid-19) terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Deliserdang. Selain sosialisasi kepada masyarakat, Pemkab Deliserdang juga berupaya melakukan pencegahan ...
Loading...