Senin, 24 Februari 2020 | 05.11 WIB
Metro24Jam>News>Hadirnya Raperda Adminduk Untuk Antisipasi Pelanggaran Sistem

Hadirnya Raperda Adminduk Untuk Antisipasi Pelanggaran Sistem

Selasa, 28 Januari 2020 - 18:16 WIB

IMG-87701

Paripurna Ranperda Adminduk di gedung DPRD Medan. (ist/metro24jam.com)

Loading...

MEDAN, metro24jam.com – Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kota Medan tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan diharapkan dapat meminimalisir potensi-potensi terjadinya pekanggaran-pelanggaran sistem dan standar prosedur yang ditetapkan, dengan prinsip-prinsip pelayanan sederhana, cepat dan tepat waktu serta transparan.

Plt Walikota Medan Akhyar Nasution yang diwakili Sekda Wiriya Arahman menyampaikan hal tersebut dalam nota jawabannya atas pertanyaan sejumlah anggota DPRD Medan terkait Ranperda Pelenggaraan Adminduk terssebut, pada sidang paripurna DPRD Medan, Selasa (28/1/2020).

Dalam pelaksanaannya nanti, lanjut Wiriya, pada prinsipnya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pelayanan publik, wajib memenuhi azas non diskriminatif dan tidak melakukan pungli dalam bentuk apapun, sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Untuk menghindari adanya diskriminatif dan pungli oleh oknum aparatur, kata Wiriya, Pemko Medan akan melakukan pengawasan melekat pada masing-masimg OPD, sosialiasi secara periodik dan mengingatkan aparatur sipil negara (ASN) secara tertulis.

“Kemudian menerapkan aturan disiplin dengan melakukan pemeriksaan terhadap laporan-laporan pelanggaran disiplin yang diduga dilakukan oleh ASN,” ujar Wiriya.

Pemko Medan, lanjut Wiriya, juga melakukan penyuluhan kepada masyarakat agar mengurus langsung berbagai dokumen kependudukannya tanpa menggunakan jasa perantara atau calo.

“Kita juga menghimbau lembaga-lembaga advokasi agar mendampingi pengurusan kependudukannya, bukan mewakili masyarakat, sehingga dapat memmbangun kesadaran masyarakat untuk mengurus sendiri dokumen kependudukannya,” ungkap Wiriya.

Terkait pertanyaan dewan soal besaran denda administrasi terhadap pejabat yang melakukan pelanggaran, Wiriya mengatakan, akan dibahas kembali bersama-sama (DPRD dan Pemko) pada tahapan pembahasan selanjutnya.

Menjawab perihal kerahasiaan data kependudukan, Wiriya menjelaskan pada prinsipnya orang yang dapat mengakses database kependudukan hanya petugas yang telah diberikan password tertentu yang tidak diketahui orang lain.

“Pada dasarnya pemanfaatan database kependuduikan telah berjalan sesuai dengan keperluan masing-masing OPD, yang diselenggarakan melalui kerjasama dengan Ditjen Administrasi Kependudukan, yang difasilitasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Medan,” kata Wiriya.

Terkait dengan pertanyaan agar pengurusan akta kelahiran dapat dikukan di Kantor Lurah, Wiriya mengatakan sesuai UU No 2 Tahun 2013 tentang Administtasi Kependudukan, bahwa penyelenggaraan pelayanan administrasi kependudukan diselenggarakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

“Oleh karena itu, struktur kelurahan dan kecamatsn dapat dimanfaatkan dalam bentuk fungsi-fumgsi koordinasi dan sosialisasi, guna memfasikitasi masyarakat agar mudah mengurus dokumen kelahiran yang diperlukan,” ungkap Wiriya.

Ia juga menjelaskan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Medan juga telah membuka kotak pengaduan keluhan pelayanan publik, khususnya di bidang kependudukan, yang dapat disampaikan melalui WhatsApp 082167975969, instagram: Disdukcapilmedan, email: disdukcapil.medan@gmail.com, website: www.disdukcapil.pemkomedan.go.id dan kotak saran.

“Atau bisa juga disampaikan melalui Pohon Ranting (Pohon saran, kritik dan pengaduan). Pohon artifisial ini merupakan sarana untuk menuliskan saran, kritik dan keluhan yang dapat ditulis langsung pada kertas-kertas yang telah disediakan dan digantung di pohon tersebut,” ujar Wiriya. (Rom)

KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Lainnya
Istri Stress Aniaya Suami Sakit Stroke Hingga Babak-belur (Katanya Khawatir Harta Habis Untuk Berobat)

Istri Stress Aniaya Suami Sakit Stroke Hingga Babak-belur (Katanya Khawatir Harta Habis Untuk Berobat)

Seorang wanita berinisial YR, beralamat di Jalan Besar Delitua, Gang Sejarah, Desa Mekar Sari, Kecamatan Delitua, mengaku stres karena tak ...
Lagi, Ocik-ocik di Tanjungbalai Ditangkap Pegang Sabu, Hajab!

Lagi, Ocik-ocik di Tanjungbalai Ditangkap Pegang Sabu, Hajab!

Seorang wanita paruh baya (ocik-ocik) ditangkap personel Unit Reskrim Polsek Teluk Nibung Polres Tanjung Balai, di Jalan Mesjid, Kelurahan Perwira, ...
Jalan-jalan Malam Minggu, Siswa SMA Dilempar Batu di Jalan Tritura, 1 Orang Terluka di Kepala

Jalan-jalan Malam Minggu, Siswa SMA Dilempar Batu di Jalan Tritura, 1 Orang Terluka di Kepala

Warga yang hendak melintas di kawasan Jalan Tritura menuju Jalan AH Nasution, pada jam-jam kecil (dinihari) sepertinya harus lebih berhati-hati. ...
3 Kali Telepon Tak Diangkat, Pria Ini Tikam Kekasihnya 3 Liang, TKP: Desa Durin Jangak

3 Kali Telepon Tak Diangkat, Pria Ini Tikam Kekasihnya 3 Liang, TKP: Desa Durin Jangak

Seorang pria yang cemburu buta, menikam kekasihnya sebanyak tiga liang. Penyebabnya, hanya gara-gara panggilan teleponnya tak dijawab! Aksi keji itu ...
Singgah di Lapo Tuak, Maling Motor Ini Diciduk Berselang 1 Jam Usai Beraksi di Desa Aras

Singgah di Lapo Tuak, Maling Motor Ini Diciduk Berselang 1 Jam Usai Beraksi di Desa Aras

Hanya berselang lebih kurang satu jam, seorang maling sepedamotor berhasil diringkus personel Unit Reskrim Polsek Indrapura, Sabtu (22/02/2020) malam. Kapolsek ...
Polisi Grebek Rumah Bandar Narkoba Sei Buluh, 4 Orang Ini Gagal ‘Fly’

Polisi Grebek Rumah Bandar Narkoba Sei Buluh, 4 Orang Ini Gagal ‘Fly’

Personel Unit Reskrim Polsek Teluk Mengkudu Polres Serdang Bedagai berhasil meringkus seorang bandar sabu-sabu dan 3 pecandu dalam penggrebekan di ...
Loading...