Rabu, 29 Januari 2020 | 11.52 WIB
Metro24Jam>News>Kunker Kapolres Simalungun ke Mapolsekta Tanah Jawa, Warga Minta Kamtibmas Dioptimalkan

Kunker Kapolres Simalungun ke Mapolsekta Tanah Jawa, Warga Minta Kamtibmas Dioptimalkan

Rabu, 15 Januari 2020 - 09:03 WIB

IMG-86687

Kapolres Simalungun AKBP Heribertus Ompusunggu saat acara tatap muka dengan warga Tanah Jawa. (Suhendra/metro24jam.com)

Loading...

SIMALUNGUN, metro24jam.com – Kapolres AKBP Hetibertus Ompusunggu SIK didampingi Pejabat Utama (PJU), Wakil Ketua dan pengurus Bhayangkari Polres Simalungun, melakukan kunjungan kerja sekaligus tatap muka dengan Uspika dan warga di halaman Mapolsekta Tanah Jawa, Selasa (14/01/2020).

Pada kesempatan itu, Kapolres mengecek seluruh ruangan di Mapolsekta Tanah Jawa dan meminta gambaran situasi dan kondisi yang ada di wilayah hukum Polsekta Tanah Jawa, dari masing masing Kanit dan Panit.

Secara khusus AKBP Heribertus memerintahkan agar personel bisa mendeteksi setiap kemungkinan potensi konflik sehingga dapat diambil langkah-langkah pencegahan.

Dalam sambutannya pada acara tatap muka dengan Uspika dan warga, Kapolres menekankan pentingnya merebut hati masyarakat dengan cara melakukan hal-hal yang dapat menarik simpati.

Dalam sesi tanya jawab, anggota DPRD Sugiarto SE, Lendrawan dan Ketua Maujana J Sinaga, kemudian Napitupulu terakhir Sentosa Batubara mempertanyakan terkait kejahatan hipnotis serta pengadaan peralatan kendaraan untuk wilayah jalan yang berat dilalui serta pencurian dan penyalagunaan narkoba.

Sedangkan Gamot Nagori Pardamean Asih Kecamatan Tanah Jawa, Jajire Sinaga, meminta Polres Simalungun mengoptimalkan Kamtibmas, khususnya kasus pencurian hasil pertanian yang belakangan ini sangat meresahkan masyarakat di wilayahnya.

“Pak Kapolres! Kami dari warga Nagori Pardamean Asih merasa resah akan maraknya aksi pencurian. Sering kali kami kehilangan, sudah kami laporkan, namun aksi pencurian hasil pertanian tetap saja terjadi.” ungkap Jajire Sinaga.

Selain itu, bersama warga lainnya, Jajire juga meminta kebijakan agar mengaktifkan kembali sejumlah lokasi galian C.

“Kami masyarakat Nagori Pardamean Asih melakukan kebijakan untuk membuka Galian C seperti tangkahan batu dan pasir untuk menciptakan lapangan kerja, guna mencegah aksi pencurian,” katanya.

Menurut Jajire, warganya merasa kecewa karena tidak mendapatkan dukungan dari pihak kecamatan dan Polsekta Tanah Jawa. “Kami dilarang, melakukan hal itu,” katanya.

Sedangkan Napitupulu, warga Nagori Balimbingan, mempertanyakan persoalan narkoba di wilayah hukum Polsekta Tanah Jawa yang dinilainya sudah sangat meresahkan.

Napitupulu juga mempertanyakan proses penanganan pelaku penyalaguna narkotika. “Ada pelaku narkoba ditangkap, namun kemudian terlihat berkeliaran kembali dalam waktu singkat,” katanya.

Sementara itu, Ketua Maujana Bahjambi 2 Sentosa Batubara meminta Kapolres agar meningkatkan lagi sosialisai narkoba. Dia menilai pengguna narkoba di wilayah hukum Polsekta Tanah Jawa belakangan terindikasi ini terus meningkat.

Selain itu, Batubara juga meminta pihak kepolisian untuk menertibkan para siswa yang terlihat berkeliaran di jalanan pada saat jam belajar di sekolah.

Warga lainnya meminta AKBP Heribertus untuk melakukan penyelidikan terkait Pekan Tanah Jawa, di Nagori Tanjung Pasir.

“Selain dilaporkan menjadi lapak pemakai narkoba, lokasi itu juga diduga digunakan untuk transaksi narkotika dan tempat mesum,” sebut PH (37).

AKBP Heribertus Ompusunggu bersama Uspika dan para Kanit dan Panit Polsekta Tanah Jawa. (ist/metro24jam.com)

Menjawab beroperasinya sejumlah Galian C seperti tangkahan pasir dan batu padas, Kapolres menyarankan agar aksi itu dihentikan. Dijelaskannya, aktifitas tersebut dapat menimbulkan kerusakan pada lingkungan dan alam.

“Aktifitas Galian C yang tidak memilki izin resmi, melanggar hukum. Di luar Negeri, seluruh aktifitas galian C dilarang karena dapat merusak alam,” katanya.

“Itu sengaja dilarang agar seluruh hasil alam selalu terjaga. Maka itu, marilah kita jaga alam ini dan jangan melakukam aktifitas Galian C,” imbuh Heribertus.

Selanjutnya, mantan Kapolres Pematangsiantar itu menyampaikan tiga poin penting yang harus dilaksanakan.

“Kita semua siap memberantas narkoba dan perjudian, informasikan kepada pihak kepolisian dan pihaknya akan tindaklanjuti dan sangat berharap dukungan kuat masyarakat luas dalam hal penangananya,” jelasnya.

Heribertus juga mengingatkan agar tidak ada personel Polri yang melakukan pelanggaran dan tetap menjalin komunikasi yang baik dengan Uspika. “TNI-Polri harus bisa meningkatkan sinergi untuk terciptanya Harkamtibmas,” katanya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Camat Tanah Jawa, Hatonduhan, Huta Bayu dan Jawa Maraja serta Danramil Tanah Jawa, kepala desa, tokoh masyarakat, anggota DPRD dari Dapil Tanah Jawa. (age)


KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Terkini Lainnya
Banjir Tapteng, 3 Orang Meninggal Dunia Termasuk Ortu Anggota DPRD
Metro 24 Jam - Rabu, 29 Januari 2020 - 11:23 WIB

Banjir Tapteng, 3 Orang Meninggal Dunia Termasuk Ortu Anggota DPRD

Hujan deras dan angin kencang melanda Kabupaten Tapanuli Tengah, sejak Selasa (28/1/2020) sore kemarin. Akibatnya sejumlah kecamatan terendam banjir. Informasi ...
Pemko Medan Diminta Segera Perbaiki Jembatan Gantung di Jalan Avros Gang Mesjid
Metro 24 Jam - Rabu, 29 Januari 2020 - 09:12 WIB

Pemko Medan Diminta Segera Perbaiki Jembatan Gantung di Jalan Avros Gang Mesjid

Wakil Ketua DPRD Medan mendesak agar Pemerintah Kota (Pemko) Medan untuk segera membenahi jembatan gantung yang terletak di Jalan Avros ...
Berawal dari Cekcok dengan Keluarga, Pria 46 Tahun di Air Joman Bakar Diri
Metro 24 Jam - Rabu, 29 Januari 2020 - 08:55 WIB

Berawal dari Cekcok dengan Keluarga, Pria 46 Tahun di Air Joman Bakar Diri

Zainuddin alias Udin Tompel, diduga bunuh diri dengan cara bakar diri di kediamannya di Lingkungan VIII, Kelurahan Binjai Serbangan, Kecamatan ...
Banmus DPRD Batubara Belajar ke DPRD Medan
Metro 24 Jam - Rabu, 29 Januari 2020 - 07:57 WIB

Banmus DPRD Batubara Belajar ke DPRD Medan

Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Medan menerima kunjungan kerja anggota DPRD Batubara, Selasa (28/1/2020). Pertemuan digelar di Ruangan Banmus, Lantai II, ...
Curi Motor Polisi dan Mahasiswa, Gembel Spesialis Curanmor Ditembak
Metro 24 Jam - Rabu, 29 Januari 2020 - 07:32 WIB

Curi Motor Polisi dan Mahasiswa, Gembel Spesialis Curanmor Ditembak

Berulang kali mencuri sepedamotor dari berbagai tempat di wilayah hukum Polrestabes Medan, Andrian Sihombing alias Gembel (22), akhirnya ditangkap personel ...
2 Bocah di Karang Sari Disebut Dilarikan Penculik, Satu Orang Melapor Kehilangan HP
Metro 24 Jam - Selasa, 28 Januari 2020 - 19:30 WIB

2 Bocah di Karang Sari Disebut Dilarikan Penculik, Satu Orang Melapor Kehilangan HP

Rangga (14) dan Bisma (12) warga Karang Sari Kecamatan Gunung Maligas, Simalungun, 2 bocah yang sempat viral di YouTube, lantaran ...
Loading...

Loading…