Minggu, 27 September 2020 | 13.37 WIB
Value Impression Banner
Metro24Jam>News>Kunker Kapolres Simalungun ke Mapolsekta Tanah Jawa, Warga Minta Kamtibmas Dioptimalkan

Kunker Kapolres Simalungun ke Mapolsekta Tanah Jawa, Warga Minta Kamtibmas Dioptimalkan

Rabu, 15 Januari 2020 - 09:03 WIB

IMG-86687

Kapolres Simalungun AKBP Heribertus Ompusunggu saat acara tatap muka dengan warga Tanah Jawa. (Suhendra/metro24jam.com)

Sky Scrapper Value Impression

SIMALUNGUN, metro24jam.com – Kapolres AKBP Hetibertus Ompusunggu SIK didampingi Pejabat Utama (PJU), Wakil Ketua dan pengurus Bhayangkari Polres Simalungun, melakukan kunjungan kerja sekaligus tatap muka dengan Uspika dan warga di halaman Mapolsekta Tanah Jawa, Selasa (14/01/2020).

Pada kesempatan itu, Kapolres mengecek seluruh ruangan di Mapolsekta Tanah Jawa dan meminta gambaran situasi dan kondisi yang ada di wilayah hukum Polsekta Tanah Jawa, dari masing masing Kanit dan Panit.

Secara khusus AKBP Heribertus memerintahkan agar personel bisa mendeteksi setiap kemungkinan potensi konflik sehingga dapat diambil langkah-langkah pencegahan.

Dalam sambutannya pada acara tatap muka dengan Uspika dan warga, Kapolres menekankan pentingnya merebut hati masyarakat dengan cara melakukan hal-hal yang dapat menarik simpati.

Dalam sesi tanya jawab, anggota DPRD Sugiarto SE, Lendrawan dan Ketua Maujana J Sinaga, kemudian Napitupulu terakhir Sentosa Batubara mempertanyakan terkait kejahatan hipnotis serta pengadaan peralatan kendaraan untuk wilayah jalan yang berat dilalui serta pencurian dan penyalagunaan narkoba.

Sedangkan Gamot Nagori Pardamean Asih Kecamatan Tanah Jawa, Jajire Sinaga, meminta Polres Simalungun mengoptimalkan Kamtibmas, khususnya kasus pencurian hasil pertanian yang belakangan ini sangat meresahkan masyarakat di wilayahnya.

“Pak Kapolres! Kami dari warga Nagori Pardamean Asih merasa resah akan maraknya aksi pencurian. Sering kali kami kehilangan, sudah kami laporkan, namun aksi pencurian hasil pertanian tetap saja terjadi.” ungkap Jajire Sinaga.

Selain itu, bersama warga lainnya, Jajire juga meminta kebijakan agar mengaktifkan kembali sejumlah lokasi galian C.

“Kami masyarakat Nagori Pardamean Asih melakukan kebijakan untuk membuka Galian C seperti tangkahan batu dan pasir untuk menciptakan lapangan kerja, guna mencegah aksi pencurian,” katanya.

Menurut Jajire, warganya merasa kecewa karena tidak mendapatkan dukungan dari pihak kecamatan dan Polsekta Tanah Jawa. “Kami dilarang, melakukan hal itu,” katanya.

Sedangkan Napitupulu, warga Nagori Balimbingan, mempertanyakan persoalan narkoba di wilayah hukum Polsekta Tanah Jawa yang dinilainya sudah sangat meresahkan.

Napitupulu juga mempertanyakan proses penanganan pelaku penyalaguna narkotika. “Ada pelaku narkoba ditangkap, namun kemudian terlihat berkeliaran kembali dalam waktu singkat,” katanya.

Sementara itu, Ketua Maujana Bahjambi 2 Sentosa Batubara meminta Kapolres agar meningkatkan lagi sosialisai narkoba. Dia menilai pengguna narkoba di wilayah hukum Polsekta Tanah Jawa belakangan terindikasi ini terus meningkat.

Selain itu, Batubara juga meminta pihak kepolisian untuk menertibkan para siswa yang terlihat berkeliaran di jalanan pada saat jam belajar di sekolah.

Warga lainnya meminta AKBP Heribertus untuk melakukan penyelidikan terkait Pekan Tanah Jawa, di Nagori Tanjung Pasir.

“Selain dilaporkan menjadi lapak pemakai narkoba, lokasi itu juga diduga digunakan untuk transaksi narkotika dan tempat mesum,” sebut PH (37).

AKBP Heribertus Ompusunggu bersama Uspika dan para Kanit dan Panit Polsekta Tanah Jawa. (ist/metro24jam.com)

Menjawab beroperasinya sejumlah Galian C seperti tangkahan pasir dan batu padas, Kapolres menyarankan agar aksi itu dihentikan. Dijelaskannya, aktifitas tersebut dapat menimbulkan kerusakan pada lingkungan dan alam.

“Aktifitas Galian C yang tidak memilki izin resmi, melanggar hukum. Di luar Negeri, seluruh aktifitas galian C dilarang karena dapat merusak alam,” katanya.

“Itu sengaja dilarang agar seluruh hasil alam selalu terjaga. Maka itu, marilah kita jaga alam ini dan jangan melakukam aktifitas Galian C,” imbuh Heribertus.

Selanjutnya, mantan Kapolres Pematangsiantar itu menyampaikan tiga poin penting yang harus dilaksanakan.

“Kita semua siap memberantas narkoba dan perjudian, informasikan kepada pihak kepolisian dan pihaknya akan tindaklanjuti dan sangat berharap dukungan kuat masyarakat luas dalam hal penangananya,” jelasnya.

Heribertus juga mengingatkan agar tidak ada personel Polri yang melakukan pelanggaran dan tetap menjalin komunikasi yang baik dengan Uspika. “TNI-Polri harus bisa meningkatkan sinergi untuk terciptanya Harkamtibmas,” katanya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Camat Tanah Jawa, Hatonduhan, Huta Bayu dan Jawa Maraja serta Danramil Tanah Jawa, kepala desa, tokoh masyarakat, anggota DPRD dari Dapil Tanah Jawa. (age)

KOMENTAR ANDA
MGID Smart Widget
Berita Lainnya
Bawa Toyota Yaris, Tabrak Truk di Jalinsum Lima Puluh, Personel Polres Batubara Tewas

Bawa Toyota Yaris, Tabrak Truk di Jalinsum Lima Puluh, Personel Polres Batubara Tewas

Seorang personel Polri meninggal dunia dalam perjalanan ke rumah sakit setelah mobil yang dikemudikannya mengalami kecelakaan, Minggu (27/9/2020) sekira pukul ...
Baliho Program Terpancang di Girsip, Warga Tantang Hasim-TPS Teken Kontrak Politik

Baliho Program Terpancang di Girsip, Warga Tantang Hasim-TPS Teken Kontrak Politik

Baliho berisi program kerja pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Simalungun nomor urut 2, H Muhajidin Nur Hasim dan Tumpak Siregar SH ...
6 Bulan Usai Kuras Harta Benda Keluarga Senilai Rp1 Miliar, Pria Ini Ditangkap Polisi

6 Bulan Usai Kuras Harta Benda Keluarga Senilai Rp1 Miliar, Pria Ini Ditangkap Polisi

Selama hampir setengah tahun berhasil bersembunyi usai 'menjarah' harta benda dari rumah salah seorang keluarganya, Aman Sentosa (54)--warga Jalan Besar ...
Sat Pol-PP, Polisi dan Dishub Kembali Gelar Razia Masker di Parapat

Sat Pol-PP, Polisi dan Dishub Kembali Gelar Razia Masker di Parapat

Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol-PP) bersama personel Polsek Parapat dibantu petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Simalungun kembali melaksanakan razia ...
Masa Pandemi Covid-19, BPJS Kesehatan Beri Keringanan Peserta Mandiri

Masa Pandemi Covid-19, BPJS Kesehatan Beri Keringanan Peserta Mandiri

Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) mendapat keringanan melalui Program Relaksasi Tunggakan Iuran di masa pandemi Covid-19.Bagi peserta ...
Pabrik Pengolahan Karet Bekas di Namorambe Dilahap ‘Si Jago Merah’

Pabrik Pengolahan Karet Bekas di Namorambe Dilahap ‘Si Jago Merah’

Pabrik pengolahan karet bekas milik PT Samudera Karet di Dusun III, Desa Delitua, Kecamatan Namorambe dilahap Si Jago Merah, Sabtu ...
Value Impression
VI Outstream
Value Impression Video
Awie
MGID

Loading…


Jawa Elektrik