Minggu, 27 September 2020 | 13.59 WIB
Value Impression Banner
Metro24Jam>News>Turun dari Pesawat, Maling Uang di Parkiran DPRD Sumut Ditampung Polisi

Turun dari Pesawat, Maling Uang di Parkiran DPRD Sumut Ditampung Polisi

Selasa, 14 Januari 2020 - 23:37 WIB

IMG-86669

Mulyadi dan barang bukti yang diamankan. (ist/metro24jam.com)

Sky Scrapper Value Impression

MEDAN, metro24jam.com – Personel Sat Reskrim Polrestabes Medan berhasil membekuk seorang lagi tersangka pencurian uang Rp60 juta dengan modus pecah kaca mobil di parkiran kantor DPRD TK I Sumut, Imam Bonjol Medan. Peristiwa itu terjadi pada Jum’at (13/12/2019) lalu, sekira jam 13.30 Wib.

Tersangka yang diringkus bernama Mulyadi alias Mul (50), warga Lorong Sepakat Jaya, Desa Timbangan, Kecamatan Indralaya Utara, Sumatera Selatan.

Pria itu ditangkap polisi sesaat setelah turun dari pesawat yang ditumpanginya di Bandara Kualanamu, Selasa (13/1/2020) sekira pukul 16.00 Wib.

Kasat Reskrim Polrestabes Medan, AKBP Maringan Simanjuntak, Selasa (14/1/2020) sore menjelaskan, penangkapan Mul dilakukan setelah polisi mendapat informasi terkait buron kasus pencurian modus pecah kaca mobil itu.

“Sehari sebelum ditangkap, kita mendapatkan informasi bahwa tersangka Mul akan datang ke Medan dengan menumpang pesawat. Tim langsung bergerak ke Bandara Kualanamu dan standby di sana,” kata Maringan.

Sekitar pukul 16.00 Wib, pesawat yang ditumpangi Mul akhirnya mendarat di Bandara Kualanamu. Polisi segera bergegas merapat dan langsung meringkus pria itu begitu turun dari pesawat.

“Berdasarkan hasil interogasi, tersangka Mul mengakui perbuatannya telah melakukan pencurian di parkiran kantor DPRD Kota Medan bersama 2 tersangka lainnya yakni, Arnold Tambunan (50) warga Jalan Mawar VIII, Perumnas Helvetia, Kelurahan Tanjung Gusta, Medan Helvetia dan M Ridwan alias Asiong (48), warga Jalan Sidomulyo KM 11,5 Binjai. Dua orang teman Mul sudah lebih dulu diamankan,” jelasnya.

Penangkapa ketiga tersangka berdasarkan pengaduan Hamdan Rifai Ginting (37), warga Jalan Pintu Air IV, Gang Pribadi, Kelurahan Kwala Bekala Medan, sesuai Laporan Polisi nomor: LP/2016/K/XII/2019/SU/SPKT Sek Medan Baru.

Hamdan mengaku kehilangan uang tunai sebanyak Rp60 juta setelah kaca mobilnya dipecah di parkiran Gedung DPRD Sumut.

Beberapa jam sebelum kejadian itu, Hamdan baru saja mengambil uang di Bank Sumut sebelum kembali ke tempat kerjanya sebagai PNS di kantor DPRD Sumut.

Setelah tiba di sana, Hamdan kemudian memarkirkan mobilnya lalu masuk ke ruangan kantor.

Namun, saat kembali ke parkiran, dia kaget bukan kepalang karena kaca mobilnya sudah pecah. Saat dicek, ternyata uang tunai Rp 60 juta yang baru saja diambilnya dari bank sudah raib.

“Uang curian tersebut mereka bagi. Tersangka Mul mendapat bagian sebesar Rp20.500.000. Dari tersangka Mul diamankan sebagai barang bukti berupa, topi warna biru, 1 pasang sepatu warna hitam, 1 buah celana panjang warna hitam, uang Rp1 juta dan 1 lembar boarding pass pesawat Lion Air,” ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskan Maringan, Mul juga tercatat sebagai residivis yang sudah melakukan pencurian/pecah kaca sebanyak 3 kali, yaitu 1 kali di Sibolga dan 1 kali di Medan (Polsek Medan Kota) dan lainnya.

“Uang curian tersebut digunakannya untuk membayar utang kepada Hendra Rp18.500.000, dan sisanya buat beli makan dan tiket pesawat,” pungkasnya. (asn)

KOMENTAR ANDA
MGID Smart Widget
Berita Lainnya
Bawa Toyota Yaris, Tabrak Truk di Jalinsum Lima Puluh, Personel Polres Batubara Tewas

Bawa Toyota Yaris, Tabrak Truk di Jalinsum Lima Puluh, Personel Polres Batubara Tewas

Seorang personel Polri meninggal dunia dalam perjalanan ke rumah sakit setelah mobil yang dikemudikannya mengalami kecelakaan, Minggu (27/9/2020) sekira pukul ...
Baliho Program Terpancang di Girsip, Warga Tantang Hasim-TPS Teken Kontrak Politik

Baliho Program Terpancang di Girsip, Warga Tantang Hasim-TPS Teken Kontrak Politik

Baliho berisi program kerja pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Simalungun nomor urut 2, H Muhajidin Nur Hasim dan Tumpak Siregar SH ...
6 Bulan Usai Kuras Harta Benda Keluarga Senilai Rp1 Miliar, Pria Ini Ditangkap Polisi

6 Bulan Usai Kuras Harta Benda Keluarga Senilai Rp1 Miliar, Pria Ini Ditangkap Polisi

Selama hampir setengah tahun berhasil bersembunyi usai 'menjarah' harta benda dari rumah salah seorang keluarganya, Aman Sentosa (54)--warga Jalan Besar ...
Sat Pol-PP, Polisi dan Dishub Kembali Gelar Razia Masker di Parapat

Sat Pol-PP, Polisi dan Dishub Kembali Gelar Razia Masker di Parapat

Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol-PP) bersama personel Polsek Parapat dibantu petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Simalungun kembali melaksanakan razia ...
Masa Pandemi Covid-19, BPJS Kesehatan Beri Keringanan Peserta Mandiri

Masa Pandemi Covid-19, BPJS Kesehatan Beri Keringanan Peserta Mandiri

Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) mendapat keringanan melalui Program Relaksasi Tunggakan Iuran di masa pandemi Covid-19.Bagi peserta ...
Pabrik Pengolahan Karet Bekas di Namorambe Dilahap ‘Si Jago Merah’

Pabrik Pengolahan Karet Bekas di Namorambe Dilahap ‘Si Jago Merah’

Pabrik pengolahan karet bekas milik PT Samudera Karet di Dusun III, Desa Delitua, Kecamatan Namorambe dilahap Si Jago Merah, Sabtu ...
Value Impression
VI Outstream
Value Impression Video
Awie
MGID

Loading…


Jawa Elektrik