Rabu, 29 Januari 2020 | 12.14 WIB
Metro24Jam>News>Turun dari Pesawat, Maling Uang di Parkiran DPRD Sumut Ditampung Polisi

Turun dari Pesawat, Maling Uang di Parkiran DPRD Sumut Ditampung Polisi

Selasa, 14 Januari 2020 - 23:37 WIB

IMG-86669

Mulyadi dan barang bukti yang diamankan. (ist/metro24jam.com)

Loading...

MEDAN, metro24jam.com – Personel Sat Reskrim Polrestabes Medan berhasil membekuk seorang lagi tersangka pencurian uang Rp60 juta dengan modus pecah kaca mobil di parkiran kantor DPRD TK I Sumut, Imam Bonjol Medan. Peristiwa itu terjadi pada Jum’at (13/12/2019) lalu, sekira jam 13.30 Wib.

Tersangka yang diringkus bernama Mulyadi alias Mul (50), warga Lorong Sepakat Jaya, Desa Timbangan, Kecamatan Indralaya Utara, Sumatera Selatan.

Pria itu ditangkap polisi sesaat setelah turun dari pesawat yang ditumpanginya di Bandara Kualanamu, Selasa (13/1/2020) sekira pukul 16.00 Wib.

Kasat Reskrim Polrestabes Medan, AKBP Maringan Simanjuntak, Selasa (14/1/2020) sore menjelaskan, penangkapan Mul dilakukan setelah polisi mendapat informasi terkait buron kasus pencurian modus pecah kaca mobil itu.

“Sehari sebelum ditangkap, kita mendapatkan informasi bahwa tersangka Mul akan datang ke Medan dengan menumpang pesawat. Tim langsung bergerak ke Bandara Kualanamu dan standby di sana,” kata Maringan.

Sekitar pukul 16.00 Wib, pesawat yang ditumpangi Mul akhirnya mendarat di Bandara Kualanamu. Polisi segera bergegas merapat dan langsung meringkus pria itu begitu turun dari pesawat.

“Berdasarkan hasil interogasi, tersangka Mul mengakui perbuatannya telah melakukan pencurian di parkiran kantor DPRD Kota Medan bersama 2 tersangka lainnya yakni, Arnold Tambunan (50) warga Jalan Mawar VIII, Perumnas Helvetia, Kelurahan Tanjung Gusta, Medan Helvetia dan M Ridwan alias Asiong (48), warga Jalan Sidomulyo KM 11,5 Binjai. Dua orang teman Mul sudah lebih dulu diamankan,” jelasnya.

Penangkapa ketiga tersangka berdasarkan pengaduan Hamdan Rifai Ginting (37), warga Jalan Pintu Air IV, Gang Pribadi, Kelurahan Kwala Bekala Medan, sesuai Laporan Polisi nomor: LP/2016/K/XII/2019/SU/SPKT Sek Medan Baru.

Hamdan mengaku kehilangan uang tunai sebanyak Rp60 juta setelah kaca mobilnya dipecah di parkiran Gedung DPRD Sumut.

Beberapa jam sebelum kejadian itu, Hamdan baru saja mengambil uang di Bank Sumut sebelum kembali ke tempat kerjanya sebagai PNS di kantor DPRD Sumut.

Setelah tiba di sana, Hamdan kemudian memarkirkan mobilnya lalu masuk ke ruangan kantor.

Namun, saat kembali ke parkiran, dia kaget bukan kepalang karena kaca mobilnya sudah pecah. Saat dicek, ternyata uang tunai Rp 60 juta yang baru saja diambilnya dari bank sudah raib.

“Uang curian tersebut mereka bagi. Tersangka Mul mendapat bagian sebesar Rp20.500.000. Dari tersangka Mul diamankan sebagai barang bukti berupa, topi warna biru, 1 pasang sepatu warna hitam, 1 buah celana panjang warna hitam, uang Rp1 juta dan 1 lembar boarding pass pesawat Lion Air,” ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskan Maringan, Mul juga tercatat sebagai residivis yang sudah melakukan pencurian/pecah kaca sebanyak 3 kali, yaitu 1 kali di Sibolga dan 1 kali di Medan (Polsek Medan Kota) dan lainnya.

“Uang curian tersebut digunakannya untuk membayar utang kepada Hendra Rp18.500.000, dan sisanya buat beli makan dan tiket pesawat,” pungkasnya. (asn)


KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Terkini Lainnya
Banjir Tapteng, 3 Orang Meninggal Dunia Termasuk Ortu Anggota DPRD
Metro 24 Jam - Rabu, 29 Januari 2020 - 11:23 WIB

Banjir Tapteng, 3 Orang Meninggal Dunia Termasuk Ortu Anggota DPRD

Hujan deras dan angin kencang melanda Kabupaten Tapanuli Tengah, sejak Selasa (28/1/2020) sore kemarin. Akibatnya sejumlah kecamatan terendam banjir. Informasi ...
Pemko Medan Diminta Segera Perbaiki Jembatan Gantung di Jalan Avros Gang Mesjid
Metro 24 Jam - Rabu, 29 Januari 2020 - 09:12 WIB

Pemko Medan Diminta Segera Perbaiki Jembatan Gantung di Jalan Avros Gang Mesjid

Wakil Ketua DPRD Medan mendesak agar Pemerintah Kota (Pemko) Medan untuk segera membenahi jembatan gantung yang terletak di Jalan Avros ...
Berawal dari Cekcok dengan Keluarga, Pria 46 Tahun di Air Joman Bakar Diri
Metro 24 Jam - Rabu, 29 Januari 2020 - 08:55 WIB

Berawal dari Cekcok dengan Keluarga, Pria 46 Tahun di Air Joman Bakar Diri

Zainuddin alias Udin Tompel, diduga bunuh diri dengan cara bakar diri di kediamannya di Lingkungan VIII, Kelurahan Binjai Serbangan, Kecamatan ...
Banmus DPRD Batubara Belajar ke DPRD Medan
Metro 24 Jam - Rabu, 29 Januari 2020 - 07:57 WIB

Banmus DPRD Batubara Belajar ke DPRD Medan

Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Medan menerima kunjungan kerja anggota DPRD Batubara, Selasa (28/1/2020). Pertemuan digelar di Ruangan Banmus, Lantai II, ...
Curi Motor Polisi dan Mahasiswa, Gembel Spesialis Curanmor Ditembak
Metro 24 Jam - Rabu, 29 Januari 2020 - 07:32 WIB

Curi Motor Polisi dan Mahasiswa, Gembel Spesialis Curanmor Ditembak

Berulang kali mencuri sepedamotor dari berbagai tempat di wilayah hukum Polrestabes Medan, Andrian Sihombing alias Gembel (22), akhirnya ditangkap personel ...
2 Bocah di Karang Sari Disebut Dilarikan Penculik, Satu Orang Melapor Kehilangan HP
Metro 24 Jam - Selasa, 28 Januari 2020 - 19:30 WIB

2 Bocah di Karang Sari Disebut Dilarikan Penculik, Satu Orang Melapor Kehilangan HP

Rangga (14) dan Bisma (12) warga Karang Sari Kecamatan Gunung Maligas, Simalungun, 2 bocah yang sempat viral di YouTube, lantaran ...
Loading...

Loading…