Sabtu, 25 Januari 2020 | 09.56 WIB
Metro24Jam>News>Polsek Delitua Ringkus 5 Anggota Komplotan Maling Sepedamotor

Polsek Delitua Ringkus 5 Anggota Komplotan Maling Sepedamotor

Selasa, 14 Januari 2020 - 19:29 WIB

IMG-86645

Kapolsek Delitua AKP Zulkifli Harahap saat memberikan keterangan kepada wartawan di hadapan kelima tersangka. (Sam/metro24jam.com)

Loading...

DELITUA, metro24jam.com – Tim Unit Reskrim Polsek Delitua berhasil meringkus 5 anggota komplotan pencuri sepedamotor yang sudah berkali-kali beraksi di kawasan Kota Medan dan sekitarnya.

Dari lima tersangka tersebut, dua merupakan pelaku utama yaitu Maulana Zikri alias Molen (30) warga Jalan Sri Gunting, Kecamatan Sunggal, Deliserdang, Fuji Astono alias Tono, (40) warga Jalan Karya Budi, Kelurahan Pangkalan Mansyur, Medan Johor.

Sedangkan tiga tersangka lainnya adalah Irwansyah Pandiangan (46) tahun, warga Jalan Besar Delitua Pasar I, Birubiru yang merupakan penadah, Dedi Darmadi, (40) warga Jalan Karya Budi Gang Sepakat, Medan Johor selaku penghubung dan Jon Ferri alias Ferri alias Semut (39), warga Jalan Bunga Asoka, Asam Kumbang, Medan Selayang yang selalu bertindak sebagai pengintai.

Kapolsek Delitua AKP Zulkifli Harahap memaparkan kelimanya pada konferensi pers di Mapolsek Delitua, Selasa (14/1/2020) pagi.

“Mereka ini sudah banyak kali beraksi, mungkin ada 40 kali, tapi yang diingat sekitar 19,” sebutnya.

Para tersangka ditangkap secara beruntun dari lokasi berbeda, Kamis (9/1/2020) kemarin.

Dua tersangka, yakni Maulana Zikri alias Molen dan Fuji Astono alias Tono juga terpaksa diberi tindakan tegas dan terukur dengan ditembak pada salah satu kaki mereka masing-masing.

“Selain kedua tersangka tim juga meringkus Semut (pengintai), bertugas memberitahukan kepada kedua tersangka utama, target mana yang akan dilakukan pencurian,” beber mantan Wakapolsek Helvetia itu.

Lanjut dijelaskan Zulkifli, kedua tersangka merupakan resedivis kasus Curat (pencurian dengan pemberatan) dan sudah berulang kali keluar masuk penjara.

“Begitu juga penadahnya bernama Iwan,” imbuhnya.

Dari para tersangka, polisi berhasil menyita 4 unit sepedamotor, 4 kunci letter T, lampu sepedamotor dan beberapa plat nomor kendaraan hasil curian serta bagian suku cadang yang sudah dibongkar.

“Ada Yamaha Vixion, Bison, Mio dan Suzuki Spin berhasil kita amankan dari para tersangka. Semuanya kita dapat dari rumah kedua tersangka dan penadah. Yang lain sudah dijual sama mereka,” urai Zulkifli.

Orang nomor satu di Polsek Delitua ini juga mengungkapkan, kedua tersangka utama selalu beraksi pada malam hari.

“Rata-rata mereka melakukannya dengan merusak pintu pagar rumah korbannya,” bilangnya.

Sementara itu, dari pengakuan Tono dan Molen, mereka melakukan pencurian dengan pemberatan sebanyak 19 kali.

“Laporan yang ada di Polsek Delitua sebanyak 4, salah satu korbannya Sunggul Namora (47) warga Jalan Jamin Ginting, Gang Beras Munthe, Kelurahan Mangga, Medan Tuntungan,” jelasnya.

Para tersangka, lanjut Zulkifli, selalu menghabiskan hasil penjualan dari barang-barang curian itu untuk foya-foya.

Sementara itu, untuk antisipasi kejahatan jalanan di wilayah hukum Polsek Delitua, AKP Zulkifli mengatakan, bahwa pihaknya rutin melakukan patroli.

“Jadi, upaya kita melakukan patroli stasioner pada waktu-waktu yang dianggap rawan kejahatan, yaitu mulai jam 1.00 Wib sampai dengan jam 6.00 Wib sudah kita laksanakan,” urainya.

Dari hasil penyidikan, polisi menetapak kedua tersangka utama dijerat pasal 363 KUHPidana dengan ancaman 9 tahun penjara, sedangkan 3 lainnya dengan pasal 480 KUHPidana dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara. (Sam)


KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Terkini Lainnya
Perumnas Mandala Memanas, 2 Kelompok Warga Saling Serang, Diduga Buntut Penertiban Lapo Tuak
Metro 24 Jam - Sabtu, 25 Januari 2020 - 03:33 WIB

Perumnas Mandala Memanas, 2 Kelompok Warga Saling Serang, Diduga Buntut Penertiban Lapo Tuak

Ratusan masa dari dua kubu terlibat aksi saling serang mengunakan batu di seputaran Jalan Belibis dan Rajawali, Perumnas Mandala, Kelurahan ...
Pemilik Toko Kelontong Ditikam dan Dirampok, Suami Korban Sempat Bertemu Pelaku
Metro 24 Jam - Jumat, 24 Januari 2020 - 19:43 WIB

Pemilik Toko Kelontong Ditikam dan Dirampok, Suami Korban Sempat Bertemu Pelaku

Ernika Saragih (51), terkapar setelah ditikam perampok di dalam Toko Citra, di Jalan Lintas sumatera Desa Binjai Baru, Kecamatan Datuk ...
Pria Asal Perbaungan Rampok dan Tikam Wanita Pemilik Toko Kelontong di Batubara
Metro 24 Jam - Jumat, 24 Januari 2020 - 19:02 WIB

Pria Asal Perbaungan Rampok dan Tikam Wanita Pemilik Toko Kelontong di Batubara

Ernika Saragih (51), terkapar akibat ditikam seorang perampok di dalam toko kelontongnya di Jalan Lintas sumatera Desa Binjai Baru, Kecamatan ...
Ketua TP PKK Sergai Imbau Warga Tidak Buang Sampah Sembarangan
Metro 24 Jam - Jumat, 24 Januari 2020 - 18:08 WIB

Ketua TP PKK Sergai Imbau Warga Tidak Buang Sampah Sembarangan

Ketua TP PKK Kabupaten Serdang Bedagai Hj Marliah Soekirman meminta warga agar tidak membuang sampah sembarangan. Imbauan itu disampaikan melalui ...
Resmikan Warkop Jurnalis Lubukpakam, Kombes Yemi: Goreng Pisang Raja dan Kopinya Mantap!
Metro 24 Jam - Jumat, 24 Januari 2020 - 18:00 WIB

Resmikan Warkop Jurnalis Lubukpakam, Kombes Yemi: Goreng Pisang Raja dan Kopinya Mantap!

Kapolresta Deliserdang Kombes Pol Yemi Mandagi meresmikan Warkop Jurnalis Warung Pohon Seri, di depan Mapolresta Deliserdang, Jalan Sudirman, Lubukpakam, Jum'at ...
Sambut Imlek, Polres dan Forkopimda Tanjungbalai Gelar Gotong-royong
Metro 24 Jam - Jumat, 24 Januari 2020 - 17:45 WIB

Sambut Imlek, Polres dan Forkopimda Tanjungbalai Gelar Gotong-royong

Menyambut Tahun Baru Imlek 2571/2020, personel Polres bersama Forkopimda dan Ormas Lintas Agama Islam, Kristen dan FKUB Kota Tanjungbalai melaksanakan ...
Loading...

Loading…