Rabu, 30 September 2020 | 10.56 WIB
Value Impression Banner
Metro24Jam>News>‘Turun Gunung ke Bona Pasogit’, Baginda Lumban Gaol Tekad Wujudkan Humbahas yang Maduma

‘Turun Gunung ke Bona Pasogit’, Baginda Lumban Gaol Tekad Wujudkan Humbahas yang Maduma

Sabtu, 7 Desember 2019 - 12:28 WIB

IMG-84022

Baginda Lumban Gaol didampingi Ketua DPW Partai Perindo Sumut Rudi Zulham Hasibuan dan Ketua GAMKI Sumut Landen Marbun. (ist/metro24jam.com)

Sky Scrapper Value Impression

MEDAN, metro24jam.com – Konstentasi Pilkada 2020 di Humbang Hasundutan (Humbahas) semakin ramai dan menarik. Setelah sebelumnya beberapa kandidat bersaing sebagai Bakal Calon Bupati, teranyar persaingan juga datang dari Baginda Lumban Gaol.

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kalimantan Barat (Kalbar) itu ‘turun gunung’ untuk ikut bertarung pada Pilkada Humbahas 2020.

Guna mewujudkan obsesi tersebut Baginda Lumban Gaol mengikuti uji kepatutan dan kelayakan bagi para bakal calon kepala daerah yang dilaksanakan DPW Perindo Sumut, Kamis (5/12/2019) sore kemarin.

Kepada wartawan Baginda mengatakan, motivasinya meninggalkan jabatan Kajati untuk ikut berkompetisi menjadi Bupati Humbahas, beranjak dari panggilan nurani yang ingin berbakti kepada rakyat, khususnya di ‘Bona Pasogit’ (tanah kelahiran/leluhur-red) Humbahas.

Mantan Wakajati Sumut itu yang didampingi Ketua DPW Partai Perindo Sumut Rudi Zulham Hasibuan dan Ketua DPD Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Sumut Landen Marbun mengatakan tekadnya mewujudkan visi menjadikan masyarakat Humbahas yang Maduma (Makmur dan Sejahtera).

“Untuk mewujudkan ini, maka harus meningkatkan sumber daya masyarakat melalui pendidikan dan pelatihan. Sumber daya alam yang kaya tidak berguna jika mutu sumber daya manusianya rendah dan tidak kompeten,” kata mantan Kajari Tarutung ini.

Baginda mencontohkan, dewasa ini sudah banyak program yang bertujuan mensejahterakan rakyat, namun tidak dapat dimanfaatkan dengan baik karena sumber daya manusia yang tidak kompeten.

“Skim pembiayaan Kredit Usaha Rakyat yang sudah disediakan oleh pemerintah namun belum banyak dimanfaatkan rakyat termasuk di Humbahas, akibat mutu sumber daya manusia yang rendah,” katanya.

Menjawab pertanyaan tentang kompetensi yang dimilikinya sebagai aparatur kejaksaan yang sarat pengalaman dikaitkan dengan tugas birokrasi di pemerintah daerah, menurut Baginda hal tersebut saling berkaitan dan saling berhubungan.

Bahkan, menurut Baginda, kompetensi dan pengalaman sebagai aparatur penegak hukum akan berguna menekan berbagai potensi yang merongrong optimalisasi pemanfaatan anggaran.

Program lain yang harus dilakukan, sambung Baginda, adalah memberikan penyuluhan kepada petani agar memahami pola tanam yang benar sehingga hasil panen bisa meningkat secara signifikan.

Mengenai bakal calon pasangan yang akan digandengnya untuk bertarung dalam Pilkada Humbahas, Baginda menyebutkan sudah menjajaki sejumlah partai politik yang memiliki kursi di DPRD Humbahas.

Untuk diketahui, para Pilkada 2020 di Humbahas, para kandidat bakal bersaing dengan calon petahana Dosmar Banjarnahor. (Rom)

KOMENTAR ANDA
MGID Smart Widget
Berita Lainnya
Digrebek Simpan Sabu-sabu di Rumah, Cewek Simpang Bahjambi Ini Ngaku Dapat dari Sini…

Digrebek Simpan Sabu-sabu di Rumah, Cewek Simpang Bahjambi Ini Ngaku Dapat dari Sini…

Satuan Reserse Narkoba Polres Simalungun meringkus seorang wanita yang diduga mengedarkan sabu-sabu di kawasan Simpang Bahjambi, Nagori Bangun, Kecamatan Gunung ...
Kunjungi Warga Nagori Ambarisan, Ini Pesan H Anton Achmad Saragih

Kunjungi Warga Nagori Ambarisan, Ini Pesan H Anton Achmad Saragih

H Anton Achmad Saragih didampingi politisi Partai NasDem sekaligus anggota DPRD Simalungun, Bernhard Damanik mengunjungi Nagori Ambarisan, Kecamatan Sidamanik, Selasa ...
Wanita Dibunuh di Desa Sait Nihuta Humbahas Ternyata Asal Patumbak, Ini 3 Terduga Pelaku!

Wanita Dibunuh di Desa Sait Nihuta Humbahas Ternyata Asal Patumbak, Ini 3 Terduga Pelaku!

Mayat wanita korban pembunuhan yang ditemukan di Dusun Lumban Sonang, Desa Sait Nihuta, Kecamatan Doloksanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan Senin ...
Jenazah Wanita Dimandikan 4 Pria, HMI Siantar Tuntut Dirut RSUD Dr Djasamen Saragih Dicopot dan Diproses Hukum

Jenazah Wanita Dimandikan 4 Pria, HMI Siantar Tuntut Dirut RSUD Dr Djasamen Saragih Dicopot dan Diproses Hukum

Mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Pematang Siantara berunjukrasa ke RSUD Dr Djasamen Saragih, Jalan Sutomo, Selasa (29/09/2020).Dalam ...
Ajak Warga Patuhi Protokol Kesehatan Covid-19, Begini Inisiatif Bripka P Tarigan

Ajak Warga Patuhi Protokol Kesehatan Covid-19, Begini Inisiatif Bripka P Tarigan

Seorang personel Unit Lantas Polsek Sunggal terlihat melaksanakan kegiatan penyuluhan tentang bahaya Covid-19 bagi masyarakat, Selasa (29/9/2020). Kegiatan tersebut dimaksudkan ...
Dituding Coba Cabuli Remaja Perempuan di Desa Gedangan, Pria Ini Nyaris Diamuk Warga

Dituding Coba Cabuli Remaja Perempuan di Desa Gedangan, Pria Ini Nyaris Diamuk Warga

Seorang pria paruh baya nyaris diamuk warga di Desa Gedangan, Kecamatan Pulo Bandring, Kabupaten Asahan, Selasa (29/09/2020).Pria tersebut dituding hendak ...
Value Impression
VI Outstream
Value Impression Video
Awie
MGID

Loading…


Jawa Elektrik