Rabu, 29 Januari 2020 | 12.53 WIB
Metro24Jam>News>‘Turun Gunung ke Bona Pasogit’, Baginda Lumban Gaol Tekad Wujudkan Humbahas yang Maduma

‘Turun Gunung ke Bona Pasogit’, Baginda Lumban Gaol Tekad Wujudkan Humbahas yang Maduma

Sabtu, 7 Desember 2019 - 12:28 WIB

IMG-84022

Baginda Lumban Gaol didampingi Ketua DPW Partai Perindo Sumut Rudi Zulham Hasibuan dan Ketua GAMKI Sumut Landen Marbun. (ist/metro24jam.com)

Loading...

MEDAN, metro24jam.com – Konstentasi Pilkada 2020 di Humbang Hasundutan (Humbahas) semakin ramai dan menarik. Setelah sebelumnya beberapa kandidat bersaing sebagai Bakal Calon Bupati, teranyar persaingan juga datang dari Baginda Lumban Gaol.

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kalimantan Barat (Kalbar) itu ‘turun gunung’ untuk ikut bertarung pada Pilkada Humbahas 2020.

Guna mewujudkan obsesi tersebut Baginda Lumban Gaol mengikuti uji kepatutan dan kelayakan bagi para bakal calon kepala daerah yang dilaksanakan DPW Perindo Sumut, Kamis (5/12/2019) sore kemarin.

Kepada wartawan Baginda mengatakan, motivasinya meninggalkan jabatan Kajati untuk ikut berkompetisi menjadi Bupati Humbahas, beranjak dari panggilan nurani yang ingin berbakti kepada rakyat, khususnya di ‘Bona Pasogit’ (tanah kelahiran/leluhur-red) Humbahas.

Mantan Wakajati Sumut itu yang didampingi Ketua DPW Partai Perindo Sumut Rudi Zulham Hasibuan dan Ketua DPD Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Sumut Landen Marbun mengatakan tekadnya mewujudkan visi menjadikan masyarakat Humbahas yang Maduma (Makmur dan Sejahtera).

“Untuk mewujudkan ini, maka harus meningkatkan sumber daya masyarakat melalui pendidikan dan pelatihan. Sumber daya alam yang kaya tidak berguna jika mutu sumber daya manusianya rendah dan tidak kompeten,” kata mantan Kajari Tarutung ini.

Baginda mencontohkan, dewasa ini sudah banyak program yang bertujuan mensejahterakan rakyat, namun tidak dapat dimanfaatkan dengan baik karena sumber daya manusia yang tidak kompeten.

“Skim pembiayaan Kredit Usaha Rakyat yang sudah disediakan oleh pemerintah namun belum banyak dimanfaatkan rakyat termasuk di Humbahas, akibat mutu sumber daya manusia yang rendah,” katanya.

Menjawab pertanyaan tentang kompetensi yang dimilikinya sebagai aparatur kejaksaan yang sarat pengalaman dikaitkan dengan tugas birokrasi di pemerintah daerah, menurut Baginda hal tersebut saling berkaitan dan saling berhubungan.

Bahkan, menurut Baginda, kompetensi dan pengalaman sebagai aparatur penegak hukum akan berguna menekan berbagai potensi yang merongrong optimalisasi pemanfaatan anggaran.

Program lain yang harus dilakukan, sambung Baginda, adalah memberikan penyuluhan kepada petani agar memahami pola tanam yang benar sehingga hasil panen bisa meningkat secara signifikan.

Mengenai bakal calon pasangan yang akan digandengnya untuk bertarung dalam Pilkada Humbahas, Baginda menyebutkan sudah menjajaki sejumlah partai politik yang memiliki kursi di DPRD Humbahas.

Untuk diketahui, para Pilkada 2020 di Humbahas, para kandidat bakal bersaing dengan calon petahana Dosmar Banjarnahor. (Rom)


KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Terkini Lainnya
Banjir Tapteng, 3 Orang Meninggal Dunia Termasuk Ortu Anggota DPRD
Metro 24 Jam - Rabu, 29 Januari 2020 - 11:23 WIB

Banjir Tapteng, 3 Orang Meninggal Dunia Termasuk Ortu Anggota DPRD

Hujan deras dan angin kencang melanda Kabupaten Tapanuli Tengah, sejak Selasa (28/1/2020) sore kemarin. Akibatnya sejumlah kecamatan terendam banjir. Informasi ...
Pemko Medan Diminta Segera Perbaiki Jembatan Gantung di Jalan Avros Gang Mesjid
Metro 24 Jam - Rabu, 29 Januari 2020 - 09:12 WIB

Pemko Medan Diminta Segera Perbaiki Jembatan Gantung di Jalan Avros Gang Mesjid

Wakil Ketua DPRD Medan mendesak agar Pemerintah Kota (Pemko) Medan untuk segera membenahi jembatan gantung yang terletak di Jalan Avros ...
Berawal dari Cekcok dengan Keluarga, Pria 46 Tahun di Air Joman Bakar Diri
Metro 24 Jam - Rabu, 29 Januari 2020 - 08:55 WIB

Berawal dari Cekcok dengan Keluarga, Pria 46 Tahun di Air Joman Bakar Diri

Zainuddin alias Udin Tompel, diduga bunuh diri dengan cara bakar diri di kediamannya di Lingkungan VIII, Kelurahan Binjai Serbangan, Kecamatan ...
Banmus DPRD Batubara Belajar ke DPRD Medan
Metro 24 Jam - Rabu, 29 Januari 2020 - 07:57 WIB

Banmus DPRD Batubara Belajar ke DPRD Medan

Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Medan menerima kunjungan kerja anggota DPRD Batubara, Selasa (28/1/2020). Pertemuan digelar di Ruangan Banmus, Lantai II, ...
Curi Motor Polisi dan Mahasiswa, Gembel Spesialis Curanmor Ditembak
Metro 24 Jam - Rabu, 29 Januari 2020 - 07:32 WIB

Curi Motor Polisi dan Mahasiswa, Gembel Spesialis Curanmor Ditembak

Berulang kali mencuri sepedamotor dari berbagai tempat di wilayah hukum Polrestabes Medan, Andrian Sihombing alias Gembel (22), akhirnya ditangkap personel ...
2 Bocah di Karang Sari Disebut Dilarikan Penculik, Satu Orang Melapor Kehilangan HP
Metro 24 Jam - Selasa, 28 Januari 2020 - 19:30 WIB

2 Bocah di Karang Sari Disebut Dilarikan Penculik, Satu Orang Melapor Kehilangan HP

Rangga (14) dan Bisma (12) warga Karang Sari Kecamatan Gunung Maligas, Simalungun, 2 bocah yang sempat viral di YouTube, lantaran ...
Loading...

Loading…