Selasa, 14 Juli 2020 | 01.48 WIB
Metro24Jam>News>4 Bocah di Perdagangan Dilaporkan Suspek Difteri, Satu Orang Disebut Meninggal Dunia di Medan

4 Bocah di Perdagangan Dilaporkan Suspek Difteri, Satu Orang Disebut Meninggal Dunia di Medan

Rabu, 4 Desember 2019 - 03:23 WIB

IMG-83763

Dua bocah dilaporkan masih dirawat di RSUD Perdagangan hingga Selasa (3/12/2019). (ist/metro24jam.com)

Loading...

SIMALUNGUN, metro24jam.com – Beberapa balita di Pasar I Perdagangan, Kecamatan Bandar, Simalungun dilaporkan terjangkit wabah difteri. Satu dari empat balita yang terserang bakteri mematikan itu disebut meninggal dunia di RSUP Adam Malik Medan pada Senin (2/12/2019) kemarin.

Informasi yang dihimpun Metro24jam.com dari sumber yang dapat dipercaya, Selasa (3/12/2019), empat balita yang masih satu keluarga itu masing-masing YS (6), HS (5), RS (3) dan MS (2)-sebelumnya sempat dirawat di RSUD Perdagangan.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Simalungun yang kemudian mengetahui adanya warga terinfesi diferi disebut segera berkoordinasi dengan Dinkes Provinsi Sumut dan merujuk HS dan YS Situmorang ke RSUP Adam Malik Medan. Namun sayang, di RSUP Adam Malik, salah satu dari dua bocah itu akhirnya meninggal dunia.

Meski begitu, sumber Metro24jam.com tidak bersedia menyebutkan identitas balita yang meninggal dunia tersebut.

Laporan adanya suspek difteri tersebut membuat JR Saragih Bupati Simalungun didampingi Kadis Kesehatan Edwin Tony Simanjutak menjenguk pasien penderita penyakit difteri yang masih dirawat di RSUD Perdagangan, Selasa (3/12/2019) siang.

Usai melihat kondisi pasien, Bupati JR kemudian memerintahkan Kadis Edwin agar segera merujuk keduanya ke RSUD Adam Malik, agar mereka mendapat penanganan lebih serius dan didampingi petugas dari Dinas Kesehatan Simalungun.

“Bupati juga meminta pihak Dinas Kesehatan Simalungun agar segera melakukan vaksinisasi di kawasan permukiman pasien dan melakukan sosialisasi terutama kepada bidan-bidan desa agar melakukan pemberian vaksin khususnya kepada bayi yang baru lahir,” sebut sumber.

Pemkab Simalungun disebut sudah menyiapkan vaksin gratis kepada seluruh masyarakat dan tidak perlu takut dan khawatir.

Bupati JR juga disebut telah mengimbau warga agar bersama-sama melakukan pencegahan dan mengatakan apabila ada anggota keluarga yang sakit dengan gejala mencurigakan, agar secepatnya membawa ke rumah sakit terdekat.

Hingga berita ini diterbitkan, Metro24jam.com belum berhasil mengonfirmasi Kadis Kesehatan Simalungun untuk mendapatkan keterangan resmi terkait pasien suspek difteri di kawasan Pasar 1 Perdagangan tersebut.

Untuk diketahui, difteri merupakan penyakit yang bisa menular melalui udara dan disebabkan bakteri Corynebacterium diphtheriae. Bakteri ini menyerang saluran napas sebelah atas yang ditandai dengan demam tinggi, sakit tenggorokan hingga sulit menelan dan bernapas.

Selain itu, penyakit ini dapat menular ketika seseorang berbagi makanan atau minuman dengan penderita lainnya, atau melakukan kontak fisik yang melibatkan air liur dengan pengidap difteri.

Gelaja lebih lanjut ditandai dengan pembesaran kelenjar getah bening dan pembengkakan jaringan lunak pada leher (bullneck).

Difteri umumnya memiliki masa inkubasi atau rentang waktu sejak bakteri masuk ke tubuh sampai gejala muncul 2 hingga 5 hari. Meski tergolong penyakit mematikan, difteri bisa disembuhkan asal ditangani dengan cepat. (Age)

KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Lainnya
Kontak dengan Rektor USU di Acara Rapid Massal, Hasil Swab Bupati Deliserdang Negatif

Kontak dengan Rektor USU di Acara Rapid Massal, Hasil Swab Bupati Deliserdang Negatif

Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan menjalani swab test setelah sempat melakukan kontak fisik dengan Rektor USU Prof Runtung Sitepu, yang ...
Longsor Landa Desa Damak Maliho Bangun Purba, 4 Rumah Rusak, Seorang IRT Terluka

Longsor Landa Desa Damak Maliho Bangun Purba, 4 Rumah Rusak, Seorang IRT Terluka

Curah hujan yang tinggi mengakibatkan longsor di permukiman warga di Dusun III dan V, Desa Damak Maliho, Kecamatan Bangun Purba, ...
Artis FTV Diamankan Bersama Pria di Hotel Bintang 5, Diduga Terlibat Prostitusi Online

Artis FTV Diamankan Bersama Pria di Hotel Bintang 5, Diduga Terlibat Prostitusi Online

Personel Satreskrim Polrestabes Medan mengamankan artis FTV Hana Hanifah dari salah satu kamar hotel berbintang 5, Minggu (12/7/2020) di ...
Tiga Minggu Foya-foya, 2 Pembobol Rumah di Jalan Pancasila Ditangkap Polisi

Tiga Minggu Foya-foya, 2 Pembobol Rumah di Jalan Pancasila Ditangkap Polisi

Tiga pekan berfoya-foya dengan hasil jarahannya, 2 pembobol rumah di Jalan Pancasila, Gang Sekolah, Kelurahan Tegal Sari Mandala III, Kecamatan ...
3 Jam Usai Curi Motor dari Depan Toko Ponsel di Lubukpakam, Pria Ini Ditangkap di Medan

3 Jam Usai Curi Motor dari Depan Toko Ponsel di Lubukpakam, Pria Ini Ditangkap di Medan

Pria berinisial HP (27) ini--warga Dusun II, Desa Jati Seronoh, Kecamatan Percut Seituan, Deliserdang--tak sempat menikmati hasil kejahatannya. Personel Sat ...
Polair Polres Tanjungbalai Amankan Kapal Pembawa 500 Balpress di Kuala Sei Baru

Polair Polres Tanjungbalai Amankan Kapal Pembawa 500 Balpress di Kuala Sei Baru

Tim Gabungan Polair Polres Tanjungbalai dan BKO Pol Airud Poldasu bersama Bea Cukai Tanjungbalai dan BC Tanjungbalai Karimun mengamankan satu ...
Loading...
Awie

Loading…