Sabtu, 14 Desember 2019 | 05.05 WIB
Metro24Jam>News>4 Bocah di Perdagangan Dilaporkan Suspek Difteri, Satu Orang Disebut Meninggal Dunia di Medan

4 Bocah di Perdagangan Dilaporkan Suspek Difteri, Satu Orang Disebut Meninggal Dunia di Medan

Rabu, 4 Desember 2019 - 03:23 WIB

IMG-83763

Dua bocah dilaporkan masih dirawat di RSUD Perdagangan hingga Selasa (3/12/2019). (ist/metro24jam.com)

SIMALUNGUN, metro24jam.com – Beberapa balita di Pasar I Perdagangan, Kecamatan Bandar, Simalungun dilaporkan terjangkit wabah difteri. Satu dari empat balita yang terserang bakteri mematikan itu disebut meninggal dunia di RSUP Adam Malik Medan pada Senin (2/12/2019) kemarin.

Informasi yang dihimpun Metro24jam.com dari sumber yang dapat dipercaya, Selasa (3/12/2019), empat balita yang masih satu keluarga itu masing-masing YS (6), HS (5), RS (3) dan MS (2)-sebelumnya sempat dirawat di RSUD Perdagangan.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Simalungun yang kemudian mengetahui adanya warga terinfesi diferi disebut segera berkoordinasi dengan Dinkes Provinsi Sumut dan merujuk HS dan YS Situmorang ke RSUP Adam Malik Medan. Namun sayang, di RSUP Adam Malik, salah satu dari dua bocah itu akhirnya meninggal dunia.

Meski begitu, sumber Metro24jam.com tidak bersedia menyebutkan identitas balita yang meninggal dunia tersebut.

Laporan adanya suspek difteri tersebut membuat JR Saragih Bupati Simalungun didampingi Kadis Kesehatan Edwin Tony Simanjutak menjenguk pasien penderita penyakit difteri yang masih dirawat di RSUD Perdagangan, Selasa (3/12/2019) siang.

Usai melihat kondisi pasien, Bupati JR kemudian memerintahkan Kadis Edwin agar segera merujuk keduanya ke RSUD Adam Malik, agar mereka mendapat penanganan lebih serius dan didampingi petugas dari Dinas Kesehatan Simalungun.

“Bupati juga meminta pihak Dinas Kesehatan Simalungun agar segera melakukan vaksinisasi di kawasan permukiman pasien dan melakukan sosialisasi terutama kepada bidan-bidan desa agar melakukan pemberian vaksin khususnya kepada bayi yang baru lahir,” sebut sumber.

Pemkab Simalungun disebut sudah menyiapkan vaksin gratis kepada seluruh masyarakat dan tidak perlu takut dan khawatir.

Bupati JR juga disebut telah mengimbau warga agar bersama-sama melakukan pencegahan dan mengatakan apabila ada anggota keluarga yang sakit dengan gejala mencurigakan, agar secepatnya membawa ke rumah sakit terdekat.

Hingga berita ini diterbitkan, Metro24jam.com belum berhasil mengonfirmasi Kadis Kesehatan Simalungun untuk mendapatkan keterangan resmi terkait pasien suspek difteri di kawasan Pasar 1 Perdagangan tersebut.

Untuk diketahui, difteri merupakan penyakit yang bisa menular melalui udara dan disebabkan bakteri Corynebacterium diphtheriae. Bakteri ini menyerang saluran napas sebelah atas yang ditandai dengan demam tinggi, sakit tenggorokan hingga sulit menelan dan bernapas.

Selain itu, penyakit ini dapat menular ketika seseorang berbagi makanan atau minuman dengan penderita lainnya, atau melakukan kontak fisik yang melibatkan air liur dengan pengidap difteri.

Gelaja lebih lanjut ditandai dengan pembesaran kelenjar getah bening dan pembengkakan jaringan lunak pada leher (bullneck).

Difteri umumnya memiliki masa inkubasi atau rentang waktu sejak bakteri masuk ke tubuh sampai gejala muncul 2 hingga 5 hari. Meski tergolong penyakit mematikan, difteri bisa disembuhkan asal ditangani dengan cepat. (Age)


KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Terkini Lainnya
Mobil Expander Tabrak Pembatas Jalan dan Nyaris Hantam Pemotor, TKP: Jalan Asahan-Simalungun
Metro 24 Jam - Sabtu, 14 Desember 2019 - 03:19 WIB

Mobil Expander Tabrak Pembatas Jalan dan Nyaris Hantam Pemotor, TKP: Jalan Asahan-Simalungun

Satu unit mobil SUV warna silver mendadak menghantam pembatas jalan di kawasan PT Perkebunan Nusantara III Kebun Bangun, Jalan Asahan ...
2 Pengedar Sabu Ditangkap di Bandar Rejo, Pemasoknya ‘Dijemput’ dari Batubara
Metro 24 Jam - Jumat, 13 Desember 2019 - 20:24 WIB

2 Pengedar Sabu Ditangkap di Bandar Rejo, Pemasoknya ‘Dijemput’ dari Batubara

Menyusul penangkapan 2 pengedar sabu di Huta I, Nagori Bandar Rejo, Senin (9/12/2019) lalu, personel Unit Reskrim Polsek Perdagangan akhirnya ...
Demo Wartawan Deliserdang ke DPRD, Sejumlah Orang Tak Dikenal Coba Mengintimidasi
Metro 24 Jam - Jumat, 13 Desember 2019 - 20:00 WIB

Demo Wartawan Deliserdang ke DPRD, Sejumlah Orang Tak Dikenal Coba Mengintimidasi

Sejumlah wartawan dan Masyarakat Peduli Pers yang tergabung dalam Komunitas Masyarakat Tolak Kriminalisasi Wartawan-Pers melakukan aksi unjukrasa damai ke kantor ...
Diantar Wanita Berbadan Gemuk ke Penginapan, Pria Tua Ditemukan Tewas
Metro 24 Jam - Jumat, 13 Desember 2019 - 16:54 WIB

Diantar Wanita Berbadan Gemuk ke Penginapan, Pria Tua Ditemukan Tewas

Para penghuni kamar di Vosstell Guest House OYO, Jalan Sei Bingei, mendadak heboh, Kamis (12/12/2019) sore kemarin, sekira pukul 16.30 ...
Ngeri! Usai Panen Kopi, Pria Ini Diterkam Harimau Sumatera, Rusuk dan Kaki Hilang
Metro 24 Jam - Jumat, 13 Desember 2019 - 15:58 WIB

Ngeri! Usai Panen Kopi, Pria Ini Diterkam Harimau Sumatera, Rusuk dan Kaki Hilang

Seorang warga tewas setelah diterkam Harimau Sumatera di kebun kopi warga Ataran Padamaran, Kecamatan Kota Agung, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan, ...
PT Aquafarm Nusantara Ekspor Sisik Ikan Tilapia ke Mancanegara
Metro 24 Jam - Jumat, 13 Desember 2019 - 15:40 WIB

PT Aquafarm Nusantara Ekspor Sisik Ikan Tilapia ke Mancanegara

PT Aquafarm Nusantara di Desa Naga Kisar, Kecamatan Pantai Cermin, Serdang Bedagai, tak hanya mengambil hasil produksi daging ikan tilapia ...
Loading...

Loading…