Sabtu, 14 Desember 2019 | 03.55 WIB
Metro24Jam>News>4 Tahun Tak Beroperasi, Uspika Girsip dan Warga Gotong-royong Massal Benahi Irigasi Sidari

4 Tahun Tak Beroperasi, Uspika Girsip dan Warga Gotong-royong Massal Benahi Irigasi Sidari

Selasa, 3 Desember 2019 - 18:40 WIB

IMG-83721

Warga dan Uspika Girsip saat bergotong-royong memperbaiki saluran irigasi. (Silalahi/metro24jam.com)

PARAPAT, metro24jam.com – Para petani di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon (Girsip), Simalungun kini bisa sedikit bernafas lega. Saluran irigasi Sidari di Huta Girsang 2 yang sudah 4 tahun tak beroperasi akibat jebol atau longsor akhirnya dibenahi.

Perbaikan dilakukan secara gotong-royong oleh Unsur Pimpinan Kecamatan (Uspika) Girsip bersama masyarakat petani melakukan dibantu personel TNI-Polri setempat, , Selasa (3/12/2019).

Menurut Demak Sinaga (58)–seorang warga setempat–selama 4 tahun masyarakat tidak dapat bertani lantaran irigasi Sidari di Huta Girsang 2 longsor.

“Tahun ini irigasi sudah siap di perbaiki oleh pemerintah dan petani sudah dapat bertepuk tangan. Mudah -mudahan tahun depan, sawah masyarakat sudah dapat dikelola kembali, makannya hari ini kita bergotong-royong bersama,” ungkap Demak Sinaga di lokasi , Selasa (3/12-2019).

Dijelaskanya, dampak dari kerusakan saluran irigasi tersebut, lebih kurang 250 hektar lahan persawahan di Kecamatan Girsip tak bisa dikelola bercocok tanam padi.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Uspika Girsip, karena turut membantu masyarakat petani gotong-royong membersihkan saluran ini, dan yang kita lihat sekarang, kondisi pipa air PAM di Huta Sigala-gala sudah mulai bocor, kalau tak segera ditangani akan berdampak ke pondasi saluran irigasi yang baru siap dibangun,” sebut Demak yang juga pengetua di Desa Girsang 2.

Sementara itu, Sekretaris Camat Girsip, Ferry Donny Sinaga SH menjelaskan, keterlibatan pihaknya dalam gotong royong adalah sebagai bentuk kepedulian Uspika kepada masyarakat petani di wilayah kerjannya.

“Selama 4 tahun ini, ekonomi masyarakat di sini lemah, karena lahan persawahan mereka tidak bisa dipakai bercocok tanam padi. Dari persawahan padi inilah anak kampung di sini bisa sekolah dan makan. Sebagai bentuk kepedulian, kita mengajak sekitar 500 orang untuk bergotong-royong hari ini, termasuk warga petani, tokoh masyarakat , tokoh pemuda , , lurah/pangulu dan TNI-Polri,” kata Donny di lokasi,

Ferry juga berharap, agar masyarakat tetap menjaga kebersihan saluran irigasi dan berkomitmen bertanggungjawab membersihkan saluran di setiap persawahan mereka.

“Kita sudah sepekat dengan petani, supaya tali air di keliling sawahnya supaya dirawat dan kita rencanakan hari Kamis (5/12/2019), air di saluran irigasi ini sudah jalan,” tegas Ferry.

Kapolsek Parapat AKP Irsol yang juga hadir di lokasi mendukung kegiatan gotong-royong dan berharap masyarakat tetap menjaga kondisi Kamtibmas.

“Anggota kita dilibatkan dalam kegiatan Gotong royong pembersihan irigasi ini, guna untuk kelancaran air di persawahan para petani sehingga pendapatan ekonomi warga meningkat . Dan kita tetap menghimbau agar masyarakat tetap menjaga cipta kondisi Kamtibmas yang nyaman,” saran Irsol. (sil)


KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Terkini Lainnya
Mobil Expander Tabrak Pembatas Jalan dan Nyaris Hantam Pemotor, TKP: Jalan Asahan-Simalungun
Metro 24 Jam - Sabtu, 14 Desember 2019 - 03:19 WIB

Mobil Expander Tabrak Pembatas Jalan dan Nyaris Hantam Pemotor, TKP: Jalan Asahan-Simalungun

Satu unit mobil SUV warna silver mendadak menghantam pembatas jalan di kawasan PT Perkebunan Nusantara III Kebun Bangun, Jalan Asahan ...
2 Pengedar Sabu Ditangkap di Bandar Rejo, Pemasoknya ‘Dijemput’ dari Batubara
Metro 24 Jam - Jumat, 13 Desember 2019 - 20:24 WIB

2 Pengedar Sabu Ditangkap di Bandar Rejo, Pemasoknya ‘Dijemput’ dari Batubara

Menyusul penangkapan 2 pengedar sabu di Huta I, Nagori Bandar Rejo, Senin (9/12/2019) lalu, personel Unit Reskrim Polsek Perdagangan akhirnya ...
Demo Wartawan Deliserdang ke DPRD, Sejumlah Orang Tak Dikenal Coba Mengintimidasi
Metro 24 Jam - Jumat, 13 Desember 2019 - 20:00 WIB

Demo Wartawan Deliserdang ke DPRD, Sejumlah Orang Tak Dikenal Coba Mengintimidasi

Sejumlah wartawan dan Masyarakat Peduli Pers yang tergabung dalam Komunitas Masyarakat Tolak Kriminalisasi Wartawan-Pers melakukan aksi unjukrasa damai ke kantor ...
Diantar Wanita Berbadan Gemuk ke Penginapan, Pria Tua Ditemukan Tewas
Metro 24 Jam - Jumat, 13 Desember 2019 - 16:54 WIB

Diantar Wanita Berbadan Gemuk ke Penginapan, Pria Tua Ditemukan Tewas

Para penghuni kamar di Vosstell Guest House OYO, Jalan Sei Bingei, mendadak heboh, Kamis (12/12/2019) sore kemarin, sekira pukul 16.30 ...
Ngeri! Usai Panen Kopi, Pria Ini Diterkam Harimau Sumatera, Rusuk dan Kaki Hilang
Metro 24 Jam - Jumat, 13 Desember 2019 - 15:58 WIB

Ngeri! Usai Panen Kopi, Pria Ini Diterkam Harimau Sumatera, Rusuk dan Kaki Hilang

Seorang warga tewas setelah diterkam Harimau Sumatera di kebun kopi warga Ataran Padamaran, Kecamatan Kota Agung, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan, ...
PT Aquafarm Nusantara Ekspor Sisik Ikan Tilapia ke Mancanegara
Metro 24 Jam - Jumat, 13 Desember 2019 - 15:40 WIB

PT Aquafarm Nusantara Ekspor Sisik Ikan Tilapia ke Mancanegara

PT Aquafarm Nusantara di Desa Naga Kisar, Kecamatan Pantai Cermin, Serdang Bedagai, tak hanya mengambil hasil produksi daging ikan tilapia ...
Loading...

Loading…