Sabtu, 30 Mei 2020 | 15.28 WIB
Metro24Jam>News>Satu Napi Kabur dari Lapas Narkotika Pematang Raya Menyerahkan Diri

Satu Napi Kabur dari Lapas Narkotika Pematang Raya Menyerahkan Diri

Senin, 2 Desember 2019 - 19:23 WIB

IMG-83667

Darwis setelah diamankan ke Lapas Narkotika Klas IIA Pematang Raya. (ist/metro24jam.com)

Loading...

SIMALUNGUN, metro24jam.com – Pelarian Darwis (42), warga Jalan Budi Luhur, Gang Aneka, Kelurahan Dwikora, Medan Helvetia, Kota Medan–tidak berlangsung lama. Napi kiriman dari Lapas Tanjung Gusta itu akhirnya menyerahkan diri ke pihak Lapas Narkotika Pematang Raya.

Humas Lapas Narkotika Klas IIA Pematang Raya Eka Putra, ketika dikonfrimasi Senin (2/12/2019) siang membenarkan Darwis telah menyerahkan diri atas dukungan pihak keluarga, Sabtu (30/11/2019) kemarin.

“Narapidana yang lari dari Lapas tersebut, setelah dilacak petugas Lapas, akhirnya diketahui kembali ke kampung halaman di Kota Medan, tepatnya ke rumah mertuanya,” kata Eka Putra.

Petugas Lapas kemudian menghubungi pihak keluarga Darwis untuk menyarankan yang bersangkutan agar menyerahkan diri.

Darwis terdeteksi sore itu, berkat kerjasama kepolisian dan anggota yang mendapat informasi langsung meluncur ke lapangan. Ia terdeteksi, dalam keadaan sehat dan sudah ganti baju,” jelasnya.

Pihak keluarga kemudian bekerjasama dengan petugas dan berhasil membujuk Darwis untuk menyerahkan diri. Darwis dibawa petugas kembali ke Lapas Narkotika di Pematang Raya.

“Kini, hanya tinggal Rona alias Lukmi (23), warga Jalan Flamboyan Raya Gang Ikip, Kelurahan Tanjung Sari, Medan Selayang, Kota Medan, yang masih belum tertangkap,” jelasnya.

Meski begitu, pihak Lapas Narkotika Pematang Raya belum bersedia mengungkap motif pelarian tersebut.

“Masih akan dikembangkan,” sebutnya.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang dihimpun Metro24jam.com, Darwis disebut ingin bertemu seseorang di kediaman mertuanya.

“Ada rencana bertemu seseorang yang dulu juga bersamanya,” sebut sumber Senin (2/12/2019).

Saat diamankan, Darwis mengenakan baju kaos olahraga merah bertulisan Duacti, celana jeans dan sandal jepit.

Darwis tidak melakukan perlawanan ketika petugas Lapas dan polisi mendatangi kediaman mertuanya, Sabtu (30/11/2109), sekitar pukul 14.30 Wib.

Diketahui sebelumnya, Darwis melarikan diri bersama seorang napi lainnya, Rona alias Lukmi (23), warga Jalan Flamboyan Raya, Gang Ikip Kelurahan Tanjung Sari, Kecamatan Medan Selayang, Kota Medan.

Menyusul insiden pelarian itu, Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Pematang Raya EP Manik, memastikan akan memberikan sanksi tegas kepada petugas sipir yang dianggap lalai.

“Petugas (sipir), jaga setiap regu berjumlah 8 petugas setiap harinya. Untuk sanksi kepada regu yang berjaga pada saat kejadian tersebut, telah dilaksanakan pemeriksaan oleh tim yang dihunjuk Kantor Wilayah Kemenkum & HAM Sumut pada tanggal 27 November 2019,” sebut Manik melalui pesan WhatsApp, Kamis (26/11/2019) kemarin.

Pemeriksaan para petugas itu dikatakan berlangsung selama 13 jam, sejak pukul 10.00 Wib. Meski begitu, Manik belum menjelaskan seperti apa sanksi yang bakal dikenakan terhadap sipir Lapas dimaksud.

“Untuk hasilnya, kita masih menunggu sanksi apa yang akan dikenakan,” imbuhnya.

Manik juga menjelaskan bahwa penghuni Lapas Narkotika Pematang Raya sudah melebihi kapasitas. Lapas Narkotika tersebut maksimal dihuni 420 warga binaan sesuai SDP (Sistem Data Base Pemasyarakatan).

“Namun per tanggal 28 November 2019 Lapas Klas IIA Narkotika Pematang Raya, dihuni 770 warga binaan. Jika dipresentasekan, Lapas Narkotika Siantar over crowded antara 20-30 persen,” pungkasnya. (age)

KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Lainnya
Puluhan ASN Serdang Jalani Rapid dan Swab Test

Puluhan ASN Serdang Jalani Rapid dan Swab Test

Dinas Kesehatan Serdang Bedagai menggelar rapid dan swab test terhadap puluhan Aparatur Sipil Negeri (ASN) Pemkab Sergai. Uji rapid dan ...
Jambret HP IRT di Atas Betor, 2 Pria Pengendara Vario Berdarah-darah ‘Dipermak’ Warga
BREAKING NEWS

Jambret HP IRT di Atas Betor, 2 Pria Pengendara Vario Berdarah-darah ‘Dipermak’ Warga

Dua pria diboyong dengan kondisi berlumuran darah ke Mapolsek Sunggal, Sabtu (30/5/2020) sekira pukul 11.50 Wib. Informasi yang dihimpun di ...
Kecamatan Girsip Terima 1.945 Paket Bahan Pokok dari GTPP Sumut

Kecamatan Girsip Terima 1.945 Paket Bahan Pokok dari GTPP Sumut

Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkonpincam) Girsang Sipangan Bolon (Girsip), Simalungun, menerima sebanyak 1.945 paket bahan pokok dari Gugus Tugas Percepatan ...
Tabrak Truk Berhenti Remaja 16 Tahun dari Desa Petatal Meregang Nyawa

Tabrak Truk Berhenti Remaja 16 Tahun dari Desa Petatal Meregang Nyawa

Diki Pratama (16), tewas seketika setelah mengalami kecelakaan di Jalan Lintas Sumatera KM 129, Dusun 3, tepatnya di depan Puskesmas ...
2 Pekan Usai Curi Motor di Batang Kuis, Kembali Lagi ke Lokasi Aksi, Pria Ini Diamuk Massa

2 Pekan Usai Curi Motor di Batang Kuis, Kembali Lagi ke Lokasi Aksi, Pria Ini Diamuk Massa

Muhammad Nuh (38), warga Dusun I, Desa Sei Tuan, Kecamatan Pantai Labu, babak-belur dihakimi warga di Desa Sugiharjo, Kecamatan Batang ...
Tikam Rekan Parbetor Hingga Tewas, Pemuda Asal Medan Johor Ditangkap di Batubara

Tikam Rekan Parbetor Hingga Tewas, Pemuda Asal Medan Johor Ditangkap di Batubara

Tersangka pembunuhan, Rizky Wahyudi Sirait (23), ditangkap polisi di persembunyiannya di Jalan Datuk Setia Wangsa, Kelurahan Nenas Siam, Kecamatan Medang ...
Loading...
Irwa Zaini
Dandim

Loading…