Sabtu, 7 Desember 2019 | 15.55 WIB
Metro24Jam>News>Dukung Program Peningkatan Pariwisata, Pangulu Sibaganding Gelar Rapat RKP

Dukung Program Peningkatan Pariwisata, Pangulu Sibaganding Gelar Rapat RKP

Senin, 11 November 2019 - 22:27 WIB

IMG-82197

Rapat Rencangan Kerja Pemerintah di Nagori Sibaganding. (silalahi/metro24jam.com)

PARAPAT, metro24jam.com – Pangulu (Kades) Nagori Sibaganding mengundang sejumlah masyarakat dalam Rapat Rencangan Kerja Pemerintah (RKP) TA 2020 dengan tujuan mendukung program pemerintah pusat maupun Kabupaten Simalungun terkait peningkatan pariwisata Danau Toba Parapat.

Rapat dihadiri sejumlah tokoh masyarakat, Kepling, gamot (kepala dusun), Bidan Desa, Bhabinkamtibmas dan Camat Girsang Simpangan Bolon tersebut digelar di Kantor Nagori Sibaganding, Senin (11/11/2019) sekira pukul 13.30 Wib.

Pada kesempatan itu, peserta rapat diberi kesempatan untuk mengajukan usulan serta pendapat terkait program kerja bangunan fisik di daerah masing-masing, seperti pembuatan jamban (WC) di rumah masyarakat, drainase, pembukaan jalan ke Huta Panahatan dan penataan tempat wisata di Huta Swalan serta Sibaganding.

Setiap usulan masyarakat kemudian dicatat Pangulu selanjutnya akan disampaikan ke dinas terkait.

Pangulu Sibaganding Martno Wandi Bakkara menyampaikan, usulan dari masyarakat rata-rata untuk pembangunan fisik yang dimaksudkan sebagai dukungan terhadap pariwisata.

“Dari Bindes, berharap dibangun klinik yang dilengkapi fasilitas peralatan kesehatan. Kalau dari masyarakat Swalan, pembuatan drainase,” kata Martno di sela-sela rapat.

Martno mengakui, untuk saat ini belum ada akses jalan darat ke Huta Panahatan. Warga harus menggunakan jalur danau atau menaiki kapal/boat untuk sampai ke Huta Panahatan.

“Sampai saat ini, Huta Panahatan belum ada akses jalan darat. Awalnya, kita sudah coba membuat terobosan membuka jalan ke sana, akan tetapi tanah tersebut bermasalah antara masyarakat dan [Dinas] Kehutanan,” jelasnya.

“Harapan kita, dengan adanya usulan masyarakat soal pelepasan tanah kepada Kementerian Kehutanan, mudah -mudahan bangunan akses jalan darat ke Huta Panahatan bisa dilanjutkan pada tahun 2020, karena Huta Panahatan juga salah satu daerah objek wisata,” ungkap Martno.

Sementara itu, Camat Eva Suryati mendukung hasil rapat dan akan berupaya megajukan usulan warga supaya ditampung di APBD Simalungun TA 2020, sebagai proritas.

“Karena memang Nagori Sibaganding mempunyai potensi Wisata. Terkait pembukaan jalan ke Huta Panahatan yang terkendala imbas dari SK 579, kita akan coba berkoordinasi dengan Dinas Kehutanan, mudah-mudahan pembukaan jalan tuntas 2020,” ungkapnya.

Dia juga mengimbau, agar masyarakat, khususnya di Parapat tetap menjaga kebersihan lingkungan masing-masing.

“Kalau saya lihat di sini, kesadaran masyarakat untuk gotong royong sudah berkurang. Makanya kami dari pihak kecamatan niatkan setiap minggu untuk bersih-bersih, mudah-mudahan di nagori (desa) juga mereka demikian,” harap Eva. (sil)


KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Terkini Lainnya
Razia Sat Pol-PP Sergai ke Warung Remang, Cewek Asal Kisaran dan 3 Wanita Lainnya Positif Narkoba
Metro 24 Jam - Sabtu, 7 Desember 2019 - 14:14 WIB

Razia Sat Pol-PP Sergai ke Warung Remang, Cewek Asal Kisaran dan 3 Wanita Lainnya Positif Narkoba

Puluhan perempuan pekerja malam terjaring razia Operasi Penyakit Masyarakat (Pekat) yang dilakukan Satuan Polisi pamong Praja (Sat Pol-PP) Serdang Bedagai ...
Suasana Haru Iringi Pelepasan AKBP Eddy Suryantha Tarigan dari Mapolresta Deliserdang
Metro 24 Jam - Sabtu, 7 Desember 2019 - 13:58 WIB

Suasana Haru Iringi Pelepasan AKBP Eddy Suryantha Tarigan dari Mapolresta Deliserdang

Usai acara penyambutan AKBP Yemi Mandagi dan istri, Polresta Deliserdang melepas AKBP.Eddy Suryanta Tarigan ke tempat tugasnya yang baru, Sabtu ...
Puluhan Perempuan Pekerja Warung Remang Terjaring Razia Sat Pol-PP Sergai
Metro 24 Jam - Sabtu, 7 Desember 2019 - 13:40 WIB

Puluhan Perempuan Pekerja Warung Remang Terjaring Razia Sat Pol-PP Sergai

Puluhan perempuan pekerja malam dan 3 pria hidung belang terjaring saat Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol-PP) Serdang Bedagai, melakukan ...
‘Turun Gunung ke Bona Pasogit’, Baginda Lumban Gaol Tekad Wujudkan Humbahas yang Maduma
Metro 24 Jam - Sabtu, 7 Desember 2019 - 12:28 WIB

‘Turun Gunung ke Bona Pasogit’, Baginda Lumban Gaol Tekad Wujudkan Humbahas yang Maduma

Konstentasi Pilkada 2020 di Humbang Hasundutan (Humbahas) semakin ramai dan menarik. Setelah sebelumnya beberapa kandidat bersaing sebagai Bakal Calon ...
Disambut Pedang Pora, AKBP Yemi Mandagi Resmi Jabat Kapolresta Deliserdang
Metro 24 Jam - Sabtu, 7 Desember 2019 - 12:14 WIB

Disambut Pedang Pora, AKBP Yemi Mandagi Resmi Jabat Kapolresta Deliserdang

AKBP.Yemi Mandagi resmi menjabat sebagai Kapolresta Deliserdang. Kedatangan mantan Kapolres Pelabuhan Belawan itu didampingi istri disambut upacara pedang pora di ...
Dua Pengedar Ekstasi Minion Masing-masing Diganjar 8 dan 9 Tahun Penjara
Metro 24 Jam - Sabtu, 7 Desember 2019 - 10:36 WIB

Dua Pengedar Ekstasi Minion Masing-masing Diganjar 8 dan 9 Tahun Penjara

Dua pengedar 99 butir pil ekstasi berlogo Minion, Sehdo Gautama alias Sedo (28) dan Hendra Frenky alias Hendra (32) dihukum ...
Loading...

Loading…