Rabu, 13 November 2019 | 06.01 WIB
Metro24Jam>News>Layani Jalur Ajibata-Ambarita PP, KM Ihan Batak II Resmi Beroperasi di Danau Toba

Layani Jalur Ajibata-Ambarita PP, KM Ihan Batak II Resmi Beroperasi di Danau Toba

Sabtu, 9 November 2019 - 19:41 WIB

IMG-82074

KM Ihan Batak II saat diluncurkan ke Danau Toba. (ist/metro24jam.com)

TOBASA, metro24jam.com – Kapal Penyeberangan dan Penumpang RO-RO 300 GT yang diberi nama Ihan Batak II, milik Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah II Provinsi Sumatera Utara resmi diluncurkan dari Pantai Pasir Putih Parparean, Kecamatan Porsea, Toba Samosir, Sabtu (9/11/2019) pagi.

Dirjen Hubungan Darat Kemenhub RI, Irjen Pol Drs Budi Setiyadi SH bersama Bupati Tobasa Ir Darwin Siagian, melakukan peluncuran diiringi suara sirine.

Acara peluncuran juga diwarnai dengan pemecahan telor ayam kampung dan penaburan ‘Boras si Pir ni Tondi’ ke badan kapal oleh tokoh masyarakat Parparean Porsea, diwakili Wilson Napitupulu bersama S Silaban yang disaksikan Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiawan, Bupati Darwin Siagian dan Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga serta camat Porsea Robert Manurung.

Dirjen Hubungan Darat Budi Setiawan mengatakan, kapal RO-RO 300 GT yang baru saja diluncurkan merupakan kedua dalam jenisnya yang akan beroperasi di Danau Toba dengan rute Ajibata-Ambarita, Samosir.

“Memang, sudah sejak dua tahun lalu sudah melakukan perbaikan-perbaikan dan peningkatan, baik kualitas dan pelayanan terhadap masyarakat. Juga pemenuhan sarana-sarana dan prasarana di Danau Toba untuk kebutuhan yang lebih maksimal,” sebutnya.

Sementara itu, Bupati Tobasa Darwin Siagian mengucapkan terimakasih kepada Dirjen Perhubungan Darat atas Peluncuruan Kapal RO-RO yang kedua serta pelaksanaan pembangunan di Danau Toba khususnya di Kabupaten Toba Samosir.

“Seperti, pembangunan dermaga di Balige dan juga di Ajibata, pembangunan kapal RO-RO 300 GT yang pada hari ini juga dimulai peletakan Lunas. Terimakasih banyak Pak Dirjen atas programnya,” sebut Darwin.

Para tamu dan undangan kemudian disuguhi ‘Itak Gurgur’.

Untuk diketahui, Kapal Ro-Ro 300 GT yang baru saja diluncurkan tersebut merupakan program dari Satuan Kerja Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah II Sumut yang dikerjakan PT Dok Bahari Nusantara.

Kapal Ihan Batak II juga disebutkan dapat membawa 180 penumpang, 12 unit truk serta 24 unit kendaraan roda empat jenis sedan dan SUV.

Turut hadir pada acara tersebut, Direktur Utama PT Dok Bahari Nusantara Sophan Sophian ST, Direktur Transportasi SDP Ir Chandra Irawan, Dishub Sumut, Kajari Balige DR Robinson Sitorus SH MH, Kapolres Tobasa AKBP Agus Waluyo, Kapolres Taput AKBP Horas M Silaen, Kapolres Samosir AKBP M.Saleh, tokoh agama, Tokoh Adat Wilson Napitupulu, serta undangan lainnya. (Hotman)


KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Terkini Lainnya
Hadirkan 2 Narasumber, Pemkab Labuhanbatu Gelar Pertemuan Antisipasi HIV/AIDS
Metro 24 Jam - Selasa, 12 November 2019 - 22:37 WIB

Hadirkan 2 Narasumber, Pemkab Labuhanbatu Gelar Pertemuan Antisipasi HIV/AIDS

Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu menggelar pertemuan dengan Rumah Sakit Umum Daerah Rantauprapat serta Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Kabupaten Labuhanbatu di ruang Data ...
Sat Reskrim Polres Batubara ‘Pamerkan’ Pengoplos Gas Bersubsidi
Metro 24 Jam - Selasa, 12 November 2019 - 22:26 WIB

Sat Reskrim Polres Batubara ‘Pamerkan’ Pengoplos Gas Bersubsidi

Satuan Reserse Kriminal Polres Batubara memaparkan pengungkapan kegiatan pengoplosan gas dari tabung ukuran 3 kilogram ke tabung non subsidi 12 ...
Pemkab Labuhanbatu Terus Tingkatkan Sinergitas dengan TNI
Metro 24 Jam - Selasa, 12 November 2019 - 21:50 WIB

Pemkab Labuhanbatu Terus Tingkatkan Sinergitas dengan TNI

Bupati H Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT bersama unsur Forkopimda menggelar temu ramah dengan Dandenpom 1/1 Pematangsiantar Letkol CPM Muhammad ...
Jual ‘Mimpi’, Pekerjaan Sampingan Petani Ini Berakhir Jadi ‘Mimpi Buruk’
Metro 24 Jam - Selasa, 12 November 2019 - 21:42 WIB

Jual ‘Mimpi’, Pekerjaan Sampingan Petani Ini Berakhir Jadi ‘Mimpi Buruk’

Pekerjaan sambilan menjual 'mimpi' yang dilakukan pria bernama Metro Silalahi ini ujung-ujungnya berakhir jadi 'mimpi buruk'. Menawarkan hadiah besar dari ...
Bandar Sabu Sei Jawi-jawi Diciduk dari Belakang Rumahnya
Metro 24 Jam - Selasa, 12 November 2019 - 21:17 WIB

Bandar Sabu Sei Jawi-jawi Diciduk dari Belakang Rumahnya

Sri Munawan (39) ditangkap polisi di belakang rumahnya di Desa Sei Jawi-jawi, Kecamatan Sei Kepayang Barat, Asahan, Senin (11/11/2019) sekira ...
Kades Ketangkuhen Disebut Berkepribadian Unik, Kakek dan Ayah Juga Bunuh Diri
Metro 24 Jam - Selasa, 12 November 2019 - 20:51 WIB

Kades Ketangkuhen Disebut Berkepribadian Unik, Kakek dan Ayah Juga Bunuh Diri

Ratusan warga melayat untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Kades Rili Kemit (57), di Balai Desa Ketangkuhen, Kecamatan Sibolangit, Selasa (12/11/2019) ...
Loading...

Loading…