Senin, 1 Juni 2020 | 06.33 WIB
Metro24Jam>News>Sosialisasi Narkoba & HIV/AIDS di 7 Kecamatan, Pemkab Labuhanbatu Gandeng Kepolisian dan KPA

Sosialisasi Narkoba & HIV/AIDS di 7 Kecamatan, Pemkab Labuhanbatu Gandeng Kepolisian dan KPA

Sabtu, 9 November 2019 - 18:50 WIB

IMG-82065

Narasumber seusai melakukan sosialisasi di SMK Swasta IT Madani Bilah Barat. (ist//metro24jam.com)

Loading...

LABUHANBATU, metro24jam.com – Pemkab dan Polres Labuhanbatu serta Komisi Penganggulan AIDS (KPA) menggelar sosialisasi dan penyuluhan bahaya Narkoba & HIV/AIDS di semua kecamatan di Labuhanbatu, sejak Senin (4/11/2019).

Kegiatan bertujuan untuk memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba serta penularan penyakit HIV/AIDS ini, dikhususkan bagi siswa/i SMA sederajat.

Acara sosialisasi digelar bergantian mulai dari SMA Negeri 1 Panai Hilir, Panai Tengah, Bilah Hilir, Pangkatan, Bilah Hulu, SMA Negeri Panai Hulu serta SMK IT Madani Bilah Barat tersebut menghadirkan narasumber dari Polres serta KPA (Komisi Penanggulangan AIDS) Labuhanbatu.

AKP H Edi Sidauruk SH MH selaku narasumber dari Polres Labuhanbatu menjelaskan, bahwa Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan.

“Narkotika ada tiga golongan. Golongan pertama daya aktifnya sangat tinggi, golongan ini untuk penelitian dan ilmu pengetahuan, contohnya ganja, heroin, kokain, morfin dan opium,” katanya.

“Narkotika golongan dua daya adiktif kuat, tetapi bermanfaat untuk pengobatan dan penelitian, contohnya petidin, benzetidin dan betametadol. Sedangkan Narkotika golongan ketiga daya adiktif ringan, tetapi bermanfaat untuk pengobatan dan penelitian, contohnya kodein dan turunannya,” urainya.

Dampak penyalahgunaan narkotika ditinjau dari aspek kesehatan, jelas Kasat Binmas Polres Labuhanbatu itu, di antaranya kesehatan fisik; timbulnya berbagai gangguan penyakit yang bersifat kompleks, antara lain Hepatitis C dan E, tertular HIV/AIDS, rusaknya susunan syaraf pusat, jantung, ginjal, paru-paru, dan rusaknya organ lain yang mengganggu kesehatan.

“Kemudian kesehatan mental/psikologi yaitu emosi tak terkendali, perasaan curiga, merasa tidak aman, ketakutan, hilang ingatan dan masa bodoh,” imbuhnya.

Sementara itu, Adi Dharma selaku narasumber dari KPA Kabupaten Labuhanbatu menjelaskan, HIV tidak dapat ditularkan melalui berpelukan, berjabat tangan (keringat), pemakaian WC, wastafel atau kamar mandi (tinja dan urine), berenang di kolam, gigitan nyamuk atau serangga (air ludahnya), membuang ingus, batuk atau meludah, pemakaian piring, alat makan/minum atau makan bersama-sama.

“Cara mencegah penularan HIV yaitu dengan cara tidak melakukan seks bebas, bersikap saling setia dengan pasangan, cegah dengan memakai kondom dan jangan menggunakan narkoba suntik,” paparnya.

Tanda-tanda AIDS, lanjut Adi Dharma, mulai dari penurunan berat badan lebih besar dari 10 persen dalam waktu singkat dan demam tinggi serta diare berkepanjangan.

“Kemudian gejala tambahan, batuk berkepanjangan (lebih dari 1 bulan), kelainan kulit dan iritasi (gatal), infeksi jamur pada mulut dan kerongkongan dan pembengkakan kelenjar getah bening di seluruh tubuh (telinga, leher, ketiak dan lipatan paha),” jelasnya. (*/asp)

KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Lainnya
Pecah Ban, Mobil Box Terbalik dan Terbakar di Jalan Tol Belmera

Pecah Ban, Mobil Box Terbalik dan Terbakar di Jalan Tol Belmera

Satu unit mobil pick-up box yang diduga membawa muatan oli kotor, terbakar di ruas Jalan Tol Belmera, Kecamatan Percut Sei ...
Senggolan Saat Mendahului, Terjatuh, Tertabrak Lagi, Pemuda Teluk Mengkudu Tewas

Senggolan Saat Mendahului, Terjatuh, Tertabrak Lagi, Pemuda Teluk Mengkudu Tewas

Seorang pemuda tewas dalam perawatan di rumah sakit usai mengalami kecelakaan di Jalan lintas Sumatera (Jalinsum) Medan--Tebing Tinggi, tepatnya ...
Dirayu Datang ke Hotel, Pria Ini Tiba-tiba Keluar Tanpa Busana dari Kamar Hotel OYO Jalan Waru

Dirayu Datang ke Hotel, Pria Ini Tiba-tiba Keluar Tanpa Busana dari Kamar Hotel OYO Jalan Waru

Sejumlah warga yang berdomisili di Jalan Waru, Kecamatan Medan Petisah mendadak riuh,Jumat (29/5) dinihari.Pasalnya seorang pria mendadak keluar dari hotel ...
Alumni AKABRI 96 Bharatasena Bantu Warga Kurang Mampu Terdampak Pandemi Covid-19

Alumni AKABRI 96 Bharatasena Bantu Warga Kurang Mampu Terdampak Pandemi Covid-19

Alumni Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) angkatan 96 Bharatasena menyalurkan ratusan paket sembako kepada warga kurang mampu terdampak pandemi Coronavirus ...
Aksi Pencurian AC di Siang Bolong Viral di Media Sosial, Polisi Buru 3 Pria Ini

Aksi Pencurian AC di Siang Bolong Viral di Media Sosial, Polisi Buru 3 Pria Ini

Satu rekaman video aksi pencurian AC di siang bolong viral di group-group WhatsApp wartawan. Aksi itu diketahui terjadi di eks ...
Kodim 0207/Simalungun Salurkan Bantuan Kepada Warga Girsip Melalui Koramil 11/Parapat

Kodim 0207/Simalungun Salurkan Bantuan Kepada Warga Girsip Melalui Koramil 11/Parapat

Pandemi virus corona (Covid-19) tak hanya berdampak pada kesehatan, tapi juga perekonomian masyarakat. Tak sedikit warga terpaksa kehilangan pekerjaan dan ...
Loading...
Irwa Zaini
Dandim

Loading…