Rabu, 13 November 2019 | 07.17 WIB
Metro24Jam>News>Sosialisasi Narkoba & HIV/AIDS di 7 Kecamatan, Pemkab Labuhanbatu Gandeng Kepolisian dan KPA

Sosialisasi Narkoba & HIV/AIDS di 7 Kecamatan, Pemkab Labuhanbatu Gandeng Kepolisian dan KPA

Sabtu, 9 November 2019 - 18:50 WIB

IMG-82065

Narasumber seusai melakukan sosialisasi di SMK Swasta IT Madani Bilah Barat. (ist//metro24jam.com)

LABUHANBATU, metro24jam.com – Pemkab dan Polres Labuhanbatu serta Komisi Penganggulan AIDS (KPA) menggelar sosialisasi dan penyuluhan bahaya Narkoba & HIV/AIDS di semua kecamatan di Labuhanbatu, sejak Senin (4/11/2019).

Kegiatan bertujuan untuk memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba serta penularan penyakit HIV/AIDS ini, dikhususkan bagi siswa/i SMA sederajat.

Acara sosialisasi digelar bergantian mulai dari SMA Negeri 1 Panai Hilir, Panai Tengah, Bilah Hilir, Pangkatan, Bilah Hulu, SMA Negeri Panai Hulu serta SMK IT Madani Bilah Barat tersebut menghadirkan narasumber dari Polres serta KPA (Komisi Penanggulangan AIDS) Labuhanbatu.

AKP H Edi Sidauruk SH MH selaku narasumber dari Polres Labuhanbatu menjelaskan, bahwa Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan.

“Narkotika ada tiga golongan. Golongan pertama daya aktifnya sangat tinggi, golongan ini untuk penelitian dan ilmu pengetahuan, contohnya ganja, heroin, kokain, morfin dan opium,” katanya.

“Narkotika golongan dua daya adiktif kuat, tetapi bermanfaat untuk pengobatan dan penelitian, contohnya petidin, benzetidin dan betametadol. Sedangkan Narkotika golongan ketiga daya adiktif ringan, tetapi bermanfaat untuk pengobatan dan penelitian, contohnya kodein dan turunannya,” urainya.

Dampak penyalahgunaan narkotika ditinjau dari aspek kesehatan, jelas Kasat Binmas Polres Labuhanbatu itu, di antaranya kesehatan fisik; timbulnya berbagai gangguan penyakit yang bersifat kompleks, antara lain Hepatitis C dan E, tertular HIV/AIDS, rusaknya susunan syaraf pusat, jantung, ginjal, paru-paru, dan rusaknya organ lain yang mengganggu kesehatan.

“Kemudian kesehatan mental/psikologi yaitu emosi tak terkendali, perasaan curiga, merasa tidak aman, ketakutan, hilang ingatan dan masa bodoh,” imbuhnya.

Sementara itu, Adi Dharma selaku narasumber dari KPA Kabupaten Labuhanbatu menjelaskan, HIV tidak dapat ditularkan melalui berpelukan, berjabat tangan (keringat), pemakaian WC, wastafel atau kamar mandi (tinja dan urine), berenang di kolam, gigitan nyamuk atau serangga (air ludahnya), membuang ingus, batuk atau meludah, pemakaian piring, alat makan/minum atau makan bersama-sama.

“Cara mencegah penularan HIV yaitu dengan cara tidak melakukan seks bebas, bersikap saling setia dengan pasangan, cegah dengan memakai kondom dan jangan menggunakan narkoba suntik,” paparnya.

Tanda-tanda AIDS, lanjut Adi Dharma, mulai dari penurunan berat badan lebih besar dari 10 persen dalam waktu singkat dan demam tinggi serta diare berkepanjangan.

“Kemudian gejala tambahan, batuk berkepanjangan (lebih dari 1 bulan), kelainan kulit dan iritasi (gatal), infeksi jamur pada mulut dan kerongkongan dan pembengkakan kelenjar getah bening di seluruh tubuh (telinga, leher, ketiak dan lipatan paha),” jelasnya. (*/asp)


KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Terkini Lainnya
Hadirkan 2 Narasumber, Pemkab Labuhanbatu Gelar Pertemuan Antisipasi HIV/AIDS
Metro 24 Jam - Selasa, 12 November 2019 - 22:37 WIB

Hadirkan 2 Narasumber, Pemkab Labuhanbatu Gelar Pertemuan Antisipasi HIV/AIDS

Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu menggelar pertemuan dengan Rumah Sakit Umum Daerah Rantauprapat serta Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Kabupaten Labuhanbatu di ruang Data ...
Sat Reskrim Polres Batubara ‘Pamerkan’ Pengoplos Gas Bersubsidi
Metro 24 Jam - Selasa, 12 November 2019 - 22:26 WIB

Sat Reskrim Polres Batubara ‘Pamerkan’ Pengoplos Gas Bersubsidi

Satuan Reserse Kriminal Polres Batubara memaparkan pengungkapan kegiatan pengoplosan gas dari tabung ukuran 3 kilogram ke tabung non subsidi 12 ...
Pemkab Labuhanbatu Terus Tingkatkan Sinergitas dengan TNI
Metro 24 Jam - Selasa, 12 November 2019 - 21:50 WIB

Pemkab Labuhanbatu Terus Tingkatkan Sinergitas dengan TNI

Bupati H Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT bersama unsur Forkopimda menggelar temu ramah dengan Dandenpom 1/1 Pematangsiantar Letkol CPM Muhammad ...
Jual ‘Mimpi’, Pekerjaan Sampingan Petani Ini Berakhir Jadi ‘Mimpi Buruk’
Metro 24 Jam - Selasa, 12 November 2019 - 21:42 WIB

Jual ‘Mimpi’, Pekerjaan Sampingan Petani Ini Berakhir Jadi ‘Mimpi Buruk’

Pekerjaan sambilan menjual 'mimpi' yang dilakukan pria bernama Metro Silalahi ini ujung-ujungnya berakhir jadi 'mimpi buruk'. Menawarkan hadiah besar dari ...
Bandar Sabu Sei Jawi-jawi Diciduk dari Belakang Rumahnya
Metro 24 Jam - Selasa, 12 November 2019 - 21:17 WIB

Bandar Sabu Sei Jawi-jawi Diciduk dari Belakang Rumahnya

Sri Munawan (39) ditangkap polisi di belakang rumahnya di Desa Sei Jawi-jawi, Kecamatan Sei Kepayang Barat, Asahan, Senin (11/11/2019) sekira ...
Kades Ketangkuhen Disebut Berkepribadian Unik, Kakek dan Ayah Juga Bunuh Diri
Metro 24 Jam - Selasa, 12 November 2019 - 20:51 WIB

Kades Ketangkuhen Disebut Berkepribadian Unik, Kakek dan Ayah Juga Bunuh Diri

Ratusan warga melayat untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Kades Rili Kemit (57), di Balai Desa Ketangkuhen, Kecamatan Sibolangit, Selasa (12/11/2019) ...
Loading...

Loading…