Sabtu, 25 Januari 2020 | 03.10 WIB
Metro24Jam>News>Dibuka Sekda, Pagelaran Seni Multi Etnis Budaya Nusantara Digelar 3 Hari di Danau Toba Parapat

Dibuka Sekda, Pagelaran Seni Multi Etnis Budaya Nusantara Digelar 3 Hari di Danau Toba Parapat

Kamis, 7 November 2019 - 19:50 WIB

IMG-82000

Forkompinda dan Panitia seusai pembukaan acara pagelaran seni. (ist/metro24jam.com)

Loading...

PARAPAT, metro24jam.com – Bupati Simalungun diwakili Sekda Gideon Purba membuka secara resmi Pagelaran Seni Multi Etnis Budaya Nusantara di Pantai Bebas Parapat, Girsang Sipangan Bolon Simalungun, Kamis (7/11/2019) sekira pukul 11.00 WIB.

Kegiatan pegelaran multi etnis tersebut direncanakan digelar selama tiga hari hingga Sabtu (9/11/2019) mendatang. Acara pembukaan ditandai dengan pemukulan gondang Sekda Gideon Purba.

Bupati Simalungun dalam sambutannya yang disampaikan Sekda Gideon Purba mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta perwakilan etnis yang hadir, mulai dari Simalungun, Jawa, Toba, Mandailing, Melayu, Karo, Pakpak dan Minang, dari luar daerah, seperti Tobasa, Karo dan lainnya.

“Kabupaten Simalungun adalah wilayah yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. Artinya berbeda-beda beragam seni budaya akan tetapi tetap bersatu. Dan adat istiadat budaya itu harus kita lestarikan,” katanya.

Pagelaran Seni Multi Etnis ini dapat menjadi penyemangat bagi masyarakat untuk mendukung perkembangan wisata, khususnya di Simalungun.

“Keberagaman seni dan budaya di Simalungun merupakan kekayaan warisan nenek moyang terdahulu. Oleh karena itu sangatlah penting dijaga dan diperkenalkan bagi generasi muda sehinga tidak dilupakan,” sebut Gideon.

Sementara itu, Ketua DPRD Simalugun Timbul Jaya Sibarani, mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan ini.

“Kita berikan apresiasi kepada Bupati Simalungun dan Kepala Dinas Pariwisata, karena digelarnya seni multi etnis ini. Semoga kegiatan ini dapat memupuk persaudaraan lintas etnis,” harapnya.

Timbul juga mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya melestarikan seni budaya tradisional yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Maka perlu di dibina kebersamaan dan rasa saling memiliki.

“Melalui Pagelaran Seni Multi Etnis ini, mudah-mudahan dapat memperkenalkan beragam seni budaya tradisional masyarakat Kabupaten Simalungun kepada wisatawan domestik maupun mancanegara yang tengah berkunjung ke Kota Wisata Parapat ini,” harapnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, beberapa anggota DPRD Simalungun, Ketua PN Simalungun, Denpm Pematangsiantar, Uspika Girsang Sipangan Bolon, tokoh masyarakat.

Rencananya, setiap malam, akan ditampilkanacara hiburan yang diisi artis lokal. (sil)


KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Terkini Lainnya
Pemilik Toko Kelontong Ditikam dan Dirampok, Suami Korban Sempat Bertemu Pelaku
Metro 24 Jam - Jumat, 24 Januari 2020 - 19:43 WIB

Pemilik Toko Kelontong Ditikam dan Dirampok, Suami Korban Sempat Bertemu Pelaku

Ernika Saragih (51), terkapar setelah ditikam perampok di dalam Toko Citra, di Jalan Lintas sumatera Desa Binjai Baru, Kecamatan Datuk ...
Pria Asal Perbaungan Rampok dan Tikam Wanita Pemilik Toko Kelontong di Batubara
Metro 24 Jam - Jumat, 24 Januari 2020 - 19:02 WIB

Pria Asal Perbaungan Rampok dan Tikam Wanita Pemilik Toko Kelontong di Batubara

Ernika Saragih (51), terkapar akibat ditikam seorang perampok di dalam toko kelontongnya di Jalan Lintas sumatera Desa Binjai Baru, Kecamatan ...
Ketua TP PKK Sergai Imbau Warga Tidak Buang Sampah Sembarangan
Metro 24 Jam - Jumat, 24 Januari 2020 - 18:08 WIB

Ketua TP PKK Sergai Imbau Warga Tidak Buang Sampah Sembarangan

Ketua TP PKK Kabupaten Serdang Bedagai Hj Marliah Soekirman meminta warga agar tidak membuang sampah sembarangan. Imbauan itu disampaikan melalui ...
Resmikan Warkop Jurnalis Lubukpakam, Kombes Yemi: Goreng Pisang Raja dan Kopinya Mantap!
Metro 24 Jam - Jumat, 24 Januari 2020 - 18:00 WIB

Resmikan Warkop Jurnalis Lubukpakam, Kombes Yemi: Goreng Pisang Raja dan Kopinya Mantap!

Kapolresta Deliserdang Kombes Pol Yemi Mandagi meresmikan Warkop Jurnalis Warung Pohon Seri, di depan Mapolresta Deliserdang, Jalan Sudirman, Lubukpakam, Jum'at ...
Sambut Imlek, Polres dan Forkopimda Tanjungbalai Gelar Gotong-royong
Metro 24 Jam - Jumat, 24 Januari 2020 - 17:45 WIB

Sambut Imlek, Polres dan Forkopimda Tanjungbalai Gelar Gotong-royong

Menyambut Tahun Baru Imlek 2571/2020, personel Polres bersama Forkopimda dan Ormas Lintas Agama Islam, Kristen dan FKUB Kota Tanjungbalai melaksanakan ...
Proyek Stadion Sangnawaluh Dituding Asal Jadi, Rekanan: Sudah Sesuai Gambar
Metro 24 Jam - Jumat, 24 Januari 2020 - 16:51 WIB

Proyek Stadion Sangnawaluh Dituding Asal Jadi, Rekanan: Sudah Sesuai Gambar

Proyek Revitalisasi Pembangunan Stadion Sepakbola Sangnawaluh di Jalan KS Tubun, Kota Pematangsiantar, yang dikerjakan PT Duta Sumatera Perkasa/Rudi Salam Simanjuntak, ...
Loading...

Loading…