Rabu, 13 November 2019 | 06.39 WIB
Metro24Jam>News>Dibuka Sekda, Pagelaran Seni Multi Etnis Budaya Nusantara Digelar 3 Hari di Danau Toba Parapat

Dibuka Sekda, Pagelaran Seni Multi Etnis Budaya Nusantara Digelar 3 Hari di Danau Toba Parapat

Kamis, 7 November 2019 - 19:50 WIB

IMG-82000

Forkompinda dan Panitia seusai pembukaan acara pagelaran seni. (ist/metro24jam.com)

PARAPAT, metro24jam.com – Bupati Simalungun diwakili Sekda Gideon Purba membuka secara resmi Pagelaran Seni Multi Etnis Budaya Nusantara di Pantai Bebas Parapat, Girsang Sipangan Bolon Simalungun, Kamis (7/11/2019) sekira pukul 11.00 WIB.

Kegiatan pegelaran multi etnis tersebut direncanakan digelar selama tiga hari hingga Sabtu (9/11/2019) mendatang. Acara pembukaan ditandai dengan pemukulan gondang Sekda Gideon Purba.

Bupati Simalungun dalam sambutannya yang disampaikan Sekda Gideon Purba mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta perwakilan etnis yang hadir, mulai dari Simalungun, Jawa, Toba, Mandailing, Melayu, Karo, Pakpak dan Minang, dari luar daerah, seperti Tobasa, Karo dan lainnya.

“Kabupaten Simalungun adalah wilayah yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. Artinya berbeda-beda beragam seni budaya akan tetapi tetap bersatu. Dan adat istiadat budaya itu harus kita lestarikan,” katanya.

Pagelaran Seni Multi Etnis ini dapat menjadi penyemangat bagi masyarakat untuk mendukung perkembangan wisata, khususnya di Simalungun.

“Keberagaman seni dan budaya di Simalungun merupakan kekayaan warisan nenek moyang terdahulu. Oleh karena itu sangatlah penting dijaga dan diperkenalkan bagi generasi muda sehinga tidak dilupakan,” sebut Gideon.

Sementara itu, Ketua DPRD Simalugun Timbul Jaya Sibarani, mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan ini.

“Kita berikan apresiasi kepada Bupati Simalungun dan Kepala Dinas Pariwisata, karena digelarnya seni multi etnis ini. Semoga kegiatan ini dapat memupuk persaudaraan lintas etnis,” harapnya.

Timbul juga mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya melestarikan seni budaya tradisional yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Maka perlu di dibina kebersamaan dan rasa saling memiliki.

“Melalui Pagelaran Seni Multi Etnis ini, mudah-mudahan dapat memperkenalkan beragam seni budaya tradisional masyarakat Kabupaten Simalungun kepada wisatawan domestik maupun mancanegara yang tengah berkunjung ke Kota Wisata Parapat ini,” harapnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, beberapa anggota DPRD Simalungun, Ketua PN Simalungun, Denpm Pematangsiantar, Uspika Girsang Sipangan Bolon, tokoh masyarakat.

Rencananya, setiap malam, akan ditampilkanacara hiburan yang diisi artis lokal. (sil)


KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Terkini Lainnya
Hadirkan 2 Narasumber, Pemkab Labuhanbatu Gelar Pertemuan Antisipasi HIV/AIDS
Metro 24 Jam - Selasa, 12 November 2019 - 22:37 WIB

Hadirkan 2 Narasumber, Pemkab Labuhanbatu Gelar Pertemuan Antisipasi HIV/AIDS

Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu menggelar pertemuan dengan Rumah Sakit Umum Daerah Rantauprapat serta Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Kabupaten Labuhanbatu di ruang Data ...
Sat Reskrim Polres Batubara ‘Pamerkan’ Pengoplos Gas Bersubsidi
Metro 24 Jam - Selasa, 12 November 2019 - 22:26 WIB

Sat Reskrim Polres Batubara ‘Pamerkan’ Pengoplos Gas Bersubsidi

Satuan Reserse Kriminal Polres Batubara memaparkan pengungkapan kegiatan pengoplosan gas dari tabung ukuran 3 kilogram ke tabung non subsidi 12 ...
Pemkab Labuhanbatu Terus Tingkatkan Sinergitas dengan TNI
Metro 24 Jam - Selasa, 12 November 2019 - 21:50 WIB

Pemkab Labuhanbatu Terus Tingkatkan Sinergitas dengan TNI

Bupati H Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT bersama unsur Forkopimda menggelar temu ramah dengan Dandenpom 1/1 Pematangsiantar Letkol CPM Muhammad ...
Jual ‘Mimpi’, Pekerjaan Sampingan Petani Ini Berakhir Jadi ‘Mimpi Buruk’
Metro 24 Jam - Selasa, 12 November 2019 - 21:42 WIB

Jual ‘Mimpi’, Pekerjaan Sampingan Petani Ini Berakhir Jadi ‘Mimpi Buruk’

Pekerjaan sambilan menjual 'mimpi' yang dilakukan pria bernama Metro Silalahi ini ujung-ujungnya berakhir jadi 'mimpi buruk'. Menawarkan hadiah besar dari ...
Bandar Sabu Sei Jawi-jawi Diciduk dari Belakang Rumahnya
Metro 24 Jam - Selasa, 12 November 2019 - 21:17 WIB

Bandar Sabu Sei Jawi-jawi Diciduk dari Belakang Rumahnya

Sri Munawan (39) ditangkap polisi di belakang rumahnya di Desa Sei Jawi-jawi, Kecamatan Sei Kepayang Barat, Asahan, Senin (11/11/2019) sekira ...
Kades Ketangkuhen Disebut Berkepribadian Unik, Kakek dan Ayah Juga Bunuh Diri
Metro 24 Jam - Selasa, 12 November 2019 - 20:51 WIB

Kades Ketangkuhen Disebut Berkepribadian Unik, Kakek dan Ayah Juga Bunuh Diri

Ratusan warga melayat untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Kades Rili Kemit (57), di Balai Desa Ketangkuhen, Kecamatan Sibolangit, Selasa (12/11/2019) ...
Loading...

Loading…