Rabu, 13 November 2019 | 06.07 WIB
Metro24Jam>News>Tak Perlu Khawatir Jaminan Kesehatan Selama Bepergian, Tinggal Ganti Faskes Saja!

Tak Perlu Khawatir Jaminan Kesehatan Selama Bepergian, Tinggal Ganti Faskes Saja!

Kamis, 7 November 2019 - 11:34 WIB

IMG-81970

Zubaidah memperlihatkan kartu JKN-KIS dari BPJS. (ist/metro24jam.com)

DELISERDANG, metro24jam.com – Program JKN-KIS yang diselenggarakan BPJS Kesehatan, dalam pelaksanaannya, berpedoman pada beberapa prinsip dasar, di antaranya prinsip portabilitas.

Peserta JKN-KIS dapat mengakses pelayanan kesehatan dengan jaminan pembiayaan dari BPJS Kesehatan di daerah mana pun berada di seluruh Indonesia, seperti yang dilakukan Zubaidah, peserta JKN-KIS asal Muara Bungo, Jambi.

Zubaidah yang saat ini berdomisili di Deliserdang, Provinsi Sumatera Utara, menceritakan pengalamannya.

Ibu dari tujuh anak ini menceritakan pengalaman saat sedang mengunjungi salah seorang anaknya yang merantau bekerja di Tanjung Morawa, Deliserdang.

“Sekalian berkunjung biasanya saya menetap agak lama, kadang sampai lebih satu bulan, namanya melepas rindu, juga supaya tidak terlalu lelah melakukan perjalanan,” ujarnya.

Dia mengaku baru saja mengurus perpindahan FKTP dari Muara Bungo ke dekat tempat tinggal anaknya di Tanjung Morawa.

“Kebetulan tidak terlalu jauh juga ke kantor ini (Kantor BPJS Kesehatan Cabang Lubuk Pakam-red), saya ke sini saja langsung, karena nggak terlalu ngerti kayak mana caranya itu pakai aplikasi di handphone itu,” jelasnya.

Perpindahan FKTP dapat dilakukan tidak hanya melalui pelayanan di Kantor Cabang BPJS Kesehatan, namun dapat juga dilakukan secara mandiri dengan aplikasi Mobile JKN yang dapat diunduh melalui smartphone.

Bercerita soal riwayat kesehatannya, wanita yang menjalani keseharian sebagai ibu rumah tangga ini mengatakan bahwa dia pernah mengalami kecelakaan lalu lintas pada awal 2017 lalu.

“Saya sampai harus dioperasi karena kecelakaan itu. Entah ada kaitannya atau tidak, tapi sejak itu saya sering berobat, ada saja keluhan. Kadang sakit mata, kadang yang lain. Nah untuk berobat itu, BPJS inilah andalan saya,” ungkap Zubaidah.

Karena terkadang pelayanan kesehatan dibutuhkannya saat sedang bepergian, tidak di domisili tetapnya di Jambi, Zubaidah pun menyesuaikan FKTP pilihannya berdasarkan lokasi berdiamnya.

“Saya pindahkan FKTP saya ke sini (Deliserdang) dari Jambi karena kan kita nggak tau kapan kita perlunya, biar nanti kalau perlu gak repot lagi urus ini itu nya, bisa langsung berobat,” katanya.

Wanita 57 tahun ini melanjutkan perbincangan dengan mengapresiasi kemudahan layanan dalam program JKN-KIS.

“Ya kan jadi mudah, kemana-mana kita perlu nggak perlu khawatir, karena berobat BPJS (menggunakan JKN-KIS-red) bisa dimana saja,” katanya. (*/fan)


KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Terkini Lainnya
Hadirkan 2 Narasumber, Pemkab Labuhanbatu Gelar Pertemuan Antisipasi HIV/AIDS
Metro 24 Jam - Selasa, 12 November 2019 - 22:37 WIB

Hadirkan 2 Narasumber, Pemkab Labuhanbatu Gelar Pertemuan Antisipasi HIV/AIDS

Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu menggelar pertemuan dengan Rumah Sakit Umum Daerah Rantauprapat serta Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Kabupaten Labuhanbatu di ruang Data ...
Sat Reskrim Polres Batubara ‘Pamerkan’ Pengoplos Gas Bersubsidi
Metro 24 Jam - Selasa, 12 November 2019 - 22:26 WIB

Sat Reskrim Polres Batubara ‘Pamerkan’ Pengoplos Gas Bersubsidi

Satuan Reserse Kriminal Polres Batubara memaparkan pengungkapan kegiatan pengoplosan gas dari tabung ukuran 3 kilogram ke tabung non subsidi 12 ...
Pemkab Labuhanbatu Terus Tingkatkan Sinergitas dengan TNI
Metro 24 Jam - Selasa, 12 November 2019 - 21:50 WIB

Pemkab Labuhanbatu Terus Tingkatkan Sinergitas dengan TNI

Bupati H Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT bersama unsur Forkopimda menggelar temu ramah dengan Dandenpom 1/1 Pematangsiantar Letkol CPM Muhammad ...
Jual ‘Mimpi’, Pekerjaan Sampingan Petani Ini Berakhir Jadi ‘Mimpi Buruk’
Metro 24 Jam - Selasa, 12 November 2019 - 21:42 WIB

Jual ‘Mimpi’, Pekerjaan Sampingan Petani Ini Berakhir Jadi ‘Mimpi Buruk’

Pekerjaan sambilan menjual 'mimpi' yang dilakukan pria bernama Metro Silalahi ini ujung-ujungnya berakhir jadi 'mimpi buruk'. Menawarkan hadiah besar dari ...
Bandar Sabu Sei Jawi-jawi Diciduk dari Belakang Rumahnya
Metro 24 Jam - Selasa, 12 November 2019 - 21:17 WIB

Bandar Sabu Sei Jawi-jawi Diciduk dari Belakang Rumahnya

Sri Munawan (39) ditangkap polisi di belakang rumahnya di Desa Sei Jawi-jawi, Kecamatan Sei Kepayang Barat, Asahan, Senin (11/11/2019) sekira ...
Kades Ketangkuhen Disebut Berkepribadian Unik, Kakek dan Ayah Juga Bunuh Diri
Metro 24 Jam - Selasa, 12 November 2019 - 20:51 WIB

Kades Ketangkuhen Disebut Berkepribadian Unik, Kakek dan Ayah Juga Bunuh Diri

Ratusan warga melayat untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Kades Rili Kemit (57), di Balai Desa Ketangkuhen, Kecamatan Sibolangit, Selasa (12/11/2019) ...
Loading...

Loading…