Minggu, 23 Februari 2020 | 01.30 WIB
Metro24Jam>News>Tak Perlu Khawatir Jaminan Kesehatan Selama Bepergian, Tinggal Ganti Faskes Saja!

Tak Perlu Khawatir Jaminan Kesehatan Selama Bepergian, Tinggal Ganti Faskes Saja!

Kamis, 7 November 2019 - 11:34 WIB

IMG-81970

Zubaidah memperlihatkan kartu JKN-KIS dari BPJS. (ist/metro24jam.com)

Loading...

DELISERDANG, metro24jam.com – Program JKN-KIS yang diselenggarakan BPJS Kesehatan, dalam pelaksanaannya, berpedoman pada beberapa prinsip dasar, di antaranya prinsip portabilitas.

Peserta JKN-KIS dapat mengakses pelayanan kesehatan dengan jaminan pembiayaan dari BPJS Kesehatan di daerah mana pun berada di seluruh Indonesia, seperti yang dilakukan Zubaidah, peserta JKN-KIS asal Muara Bungo, Jambi.

Zubaidah yang saat ini berdomisili di Deliserdang, Provinsi Sumatera Utara, menceritakan pengalamannya.

Ibu dari tujuh anak ini menceritakan pengalaman saat sedang mengunjungi salah seorang anaknya yang merantau bekerja di Tanjung Morawa, Deliserdang.

“Sekalian berkunjung biasanya saya menetap agak lama, kadang sampai lebih satu bulan, namanya melepas rindu, juga supaya tidak terlalu lelah melakukan perjalanan,” ujarnya.

Dia mengaku baru saja mengurus perpindahan FKTP dari Muara Bungo ke dekat tempat tinggal anaknya di Tanjung Morawa.

“Kebetulan tidak terlalu jauh juga ke kantor ini (Kantor BPJS Kesehatan Cabang Lubuk Pakam-red), saya ke sini saja langsung, karena nggak terlalu ngerti kayak mana caranya itu pakai aplikasi di handphone itu,” jelasnya.

Perpindahan FKTP dapat dilakukan tidak hanya melalui pelayanan di Kantor Cabang BPJS Kesehatan, namun dapat juga dilakukan secara mandiri dengan aplikasi Mobile JKN yang dapat diunduh melalui smartphone.

Bercerita soal riwayat kesehatannya, wanita yang menjalani keseharian sebagai ibu rumah tangga ini mengatakan bahwa dia pernah mengalami kecelakaan lalu lintas pada awal 2017 lalu.

“Saya sampai harus dioperasi karena kecelakaan itu. Entah ada kaitannya atau tidak, tapi sejak itu saya sering berobat, ada saja keluhan. Kadang sakit mata, kadang yang lain. Nah untuk berobat itu, BPJS inilah andalan saya,” ungkap Zubaidah.

Karena terkadang pelayanan kesehatan dibutuhkannya saat sedang bepergian, tidak di domisili tetapnya di Jambi, Zubaidah pun menyesuaikan FKTP pilihannya berdasarkan lokasi berdiamnya.

“Saya pindahkan FKTP saya ke sini (Deliserdang) dari Jambi karena kan kita nggak tau kapan kita perlunya, biar nanti kalau perlu gak repot lagi urus ini itu nya, bisa langsung berobat,” katanya.

Wanita 57 tahun ini melanjutkan perbincangan dengan mengapresiasi kemudahan layanan dalam program JKN-KIS.

“Ya kan jadi mudah, kemana-mana kita perlu nggak perlu khawatir, karena berobat BPJS (menggunakan JKN-KIS-red) bisa dimana saja,” katanya. (*/fan)

KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Lainnya
Keracunan Usai Santap Daging Anjing, 25 Warga Kandang Lombu Masih Jalani Perawatan Intensif

Keracunan Usai Santap Daging Anjing, 25 Warga Kandang Lombu Masih Jalani Perawatan Intensif

Sebanyak 25 korban keracunan massal di Huta III Kandang Lombu, Nagori Panombean Huta Urung, Kecamatan Jorlang Hataran, Simalungun yang mengalami ...
3 Hari Minggat dari Rumah, Wanita Asal  Simalungun Ditemukan Membusuk di Asahan

3 Hari Minggat dari Rumah, Wanita Asal Simalungun Ditemukan Membusuk di Asahan

Sesosok jasad wanita ditemukan dalam kondisi sudah membusuk di Huta Padang, Dusun VI, Kecamatan Pasir Mandoge, Jum'at (21/2/2020) malam. Temuan ...
Pulang Melayat Motor Milik G Damanik Raib dari Parkiran, Pria Mengaku Jukir ‘Dibalbali’

Pulang Melayat Motor Milik G Damanik Raib dari Parkiran, Pria Mengaku Jukir ‘Dibalbali’

Pulang dari melayat seorang temannya di Jalan Bintang Maratur, Kelurahan Bane, Siantar Utara, Jum'at (21/02/2020) sekira pukul 16.00 Wib, G ...
Buru Pelanggan di Parluasan, Truk Sayur Tabrak Truk Batu-bata, Supir Tewas, 2 Orang Kritis

Buru Pelanggan di Parluasan, Truk Sayur Tabrak Truk Batu-bata, Supir Tewas, 2 Orang Kritis

Seorang pengemudi truk tewas dengan kondisi mengenaskan dalam kecelakaan lalu lintas di Jalan Parapat Simpang Jalan Sisimangaraja, Kelurahan Nagahuta Timur, ...
Ditinggal ke Kolam Pancing, Rumah Milik Mantan Anggota DPRD Siantar Terbakar

Ditinggal ke Kolam Pancing, Rumah Milik Mantan Anggota DPRD Siantar Terbakar

Satu unit rumah permanen terbakar di Jalan Parapat, Kelurahan Simarimbun, Siantar Marihat, Sabtu (22/02/2020) sekira jam 14.30 Wib. Tidak ...
Memancing Bersama Teman di Kolam Bekas Galian, Pelajar Kelas 1 SD Tenggelam, Tewas

Memancing Bersama Teman di Kolam Bekas Galian, Pelajar Kelas 1 SD Tenggelam, Tewas

Bagus Prima Negara (7), pelajar kelas 1 SD warga Desa Sidodadi, Kecamatan Pagar Merbau, Deliserdang ditemukan tewas akibat tenggelam di ...
Loading...