Sabtu, 25 Januari 2020 | 02.26 WIB
Metro24Jam>News>Tak Perlu Khawatir Jaminan Kesehatan Selama Bepergian, Tinggal Ganti Faskes Saja!

Tak Perlu Khawatir Jaminan Kesehatan Selama Bepergian, Tinggal Ganti Faskes Saja!

Kamis, 7 November 2019 - 11:34 WIB

IMG-81970

Zubaidah memperlihatkan kartu JKN-KIS dari BPJS. (ist/metro24jam.com)

Loading...

DELISERDANG, metro24jam.com – Program JKN-KIS yang diselenggarakan BPJS Kesehatan, dalam pelaksanaannya, berpedoman pada beberapa prinsip dasar, di antaranya prinsip portabilitas.

Peserta JKN-KIS dapat mengakses pelayanan kesehatan dengan jaminan pembiayaan dari BPJS Kesehatan di daerah mana pun berada di seluruh Indonesia, seperti yang dilakukan Zubaidah, peserta JKN-KIS asal Muara Bungo, Jambi.

Zubaidah yang saat ini berdomisili di Deliserdang, Provinsi Sumatera Utara, menceritakan pengalamannya.

Ibu dari tujuh anak ini menceritakan pengalaman saat sedang mengunjungi salah seorang anaknya yang merantau bekerja di Tanjung Morawa, Deliserdang.

“Sekalian berkunjung biasanya saya menetap agak lama, kadang sampai lebih satu bulan, namanya melepas rindu, juga supaya tidak terlalu lelah melakukan perjalanan,” ujarnya.

Dia mengaku baru saja mengurus perpindahan FKTP dari Muara Bungo ke dekat tempat tinggal anaknya di Tanjung Morawa.

“Kebetulan tidak terlalu jauh juga ke kantor ini (Kantor BPJS Kesehatan Cabang Lubuk Pakam-red), saya ke sini saja langsung, karena nggak terlalu ngerti kayak mana caranya itu pakai aplikasi di handphone itu,” jelasnya.

Perpindahan FKTP dapat dilakukan tidak hanya melalui pelayanan di Kantor Cabang BPJS Kesehatan, namun dapat juga dilakukan secara mandiri dengan aplikasi Mobile JKN yang dapat diunduh melalui smartphone.

Bercerita soal riwayat kesehatannya, wanita yang menjalani keseharian sebagai ibu rumah tangga ini mengatakan bahwa dia pernah mengalami kecelakaan lalu lintas pada awal 2017 lalu.

“Saya sampai harus dioperasi karena kecelakaan itu. Entah ada kaitannya atau tidak, tapi sejak itu saya sering berobat, ada saja keluhan. Kadang sakit mata, kadang yang lain. Nah untuk berobat itu, BPJS inilah andalan saya,” ungkap Zubaidah.

Karena terkadang pelayanan kesehatan dibutuhkannya saat sedang bepergian, tidak di domisili tetapnya di Jambi, Zubaidah pun menyesuaikan FKTP pilihannya berdasarkan lokasi berdiamnya.

“Saya pindahkan FKTP saya ke sini (Deliserdang) dari Jambi karena kan kita nggak tau kapan kita perlunya, biar nanti kalau perlu gak repot lagi urus ini itu nya, bisa langsung berobat,” katanya.

Wanita 57 tahun ini melanjutkan perbincangan dengan mengapresiasi kemudahan layanan dalam program JKN-KIS.

“Ya kan jadi mudah, kemana-mana kita perlu nggak perlu khawatir, karena berobat BPJS (menggunakan JKN-KIS-red) bisa dimana saja,” katanya. (*/fan)


KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Terkini Lainnya
Pemilik Toko Kelontong Ditikam dan Dirampok, Suami Korban Sempat Bertemu Pelaku
Metro 24 Jam - Jumat, 24 Januari 2020 - 19:43 WIB

Pemilik Toko Kelontong Ditikam dan Dirampok, Suami Korban Sempat Bertemu Pelaku

Ernika Saragih (51), terkapar setelah ditikam perampok di dalam Toko Citra, di Jalan Lintas sumatera Desa Binjai Baru, Kecamatan Datuk ...
Pria Asal Perbaungan Rampok dan Tikam Wanita Pemilik Toko Kelontong di Batubara
Metro 24 Jam - Jumat, 24 Januari 2020 - 19:02 WIB

Pria Asal Perbaungan Rampok dan Tikam Wanita Pemilik Toko Kelontong di Batubara

Ernika Saragih (51), terkapar akibat ditikam seorang perampok di dalam toko kelontongnya di Jalan Lintas sumatera Desa Binjai Baru, Kecamatan ...
Ketua TP PKK Sergai Imbau Warga Tidak Buang Sampah Sembarangan
Metro 24 Jam - Jumat, 24 Januari 2020 - 18:08 WIB

Ketua TP PKK Sergai Imbau Warga Tidak Buang Sampah Sembarangan

Ketua TP PKK Kabupaten Serdang Bedagai Hj Marliah Soekirman meminta warga agar tidak membuang sampah sembarangan. Imbauan itu disampaikan melalui ...
Resmikan Warkop Jurnalis Lubukpakam, Kombes Yemi: Goreng Pisang Raja dan Kopinya Mantap!
Metro 24 Jam - Jumat, 24 Januari 2020 - 18:00 WIB

Resmikan Warkop Jurnalis Lubukpakam, Kombes Yemi: Goreng Pisang Raja dan Kopinya Mantap!

Kapolresta Deliserdang Kombes Pol Yemi Mandagi meresmikan Warkop Jurnalis Warung Pohon Seri, di depan Mapolresta Deliserdang, Jalan Sudirman, Lubukpakam, Jum'at ...
Sambut Imlek, Polres dan Forkopimda Tanjungbalai Gelar Gotong-royong
Metro 24 Jam - Jumat, 24 Januari 2020 - 17:45 WIB

Sambut Imlek, Polres dan Forkopimda Tanjungbalai Gelar Gotong-royong

Menyambut Tahun Baru Imlek 2571/2020, personel Polres bersama Forkopimda dan Ormas Lintas Agama Islam, Kristen dan FKUB Kota Tanjungbalai melaksanakan ...
Proyek Stadion Sangnawaluh Dituding Asal Jadi, Rekanan: Sudah Sesuai Gambar
Metro 24 Jam - Jumat, 24 Januari 2020 - 16:51 WIB

Proyek Stadion Sangnawaluh Dituding Asal Jadi, Rekanan: Sudah Sesuai Gambar

Proyek Revitalisasi Pembangunan Stadion Sepakbola Sangnawaluh di Jalan KS Tubun, Kota Pematangsiantar, yang dikerjakan PT Duta Sumatera Perkasa/Rudi Salam Simanjuntak, ...
Loading...

Loading…