Minggu, 23 Februari 2020 | 01.36 WIB
Metro24Jam>News>Ubah Pola Pikir Masyarakat ke Arah Lebih Maju, Pemkab Labuhanbatu Gelar Sosialisasi GDPK

Ubah Pola Pikir Masyarakat ke Arah Lebih Maju, Pemkab Labuhanbatu Gelar Sosialisasi GDPK

Kamis, 7 November 2019 - 10:26 WIB

IMG-81957

Sekda Ahmad Muflih bersama Kadis Dinas P2KB Sumut dan Labuhanbatu serta narasumber. (ist/metro24jam.com)

Loading...

LABUHANBATU, metro24jam.com – Sosialisasi Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK) Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2019 dilaksanakan di Diamond Hall Hotel Permata Land Rantauprapat, Rabu (6/11/2019).

Kegiatan secara resmi dibuka Sekdakab Labuhanbatu Ahmad Muflih mewakili Bupati H Andi Suhaimi.

“Dengan kegiatan ini, kita bisa mengatur penduduk agar lebih maju. Jumlah penduduk di Labuhanbatu ada di peringkat ke-8 terbesar se-Sumatera Utara. Semoga dengan adanya GDPK, penduduk akan semakin berkualitas. Saya juga ucapkan terimakasih kepada Dinas P2KB yang telah menyelenggarakan kegiatan ini,” ujar Sekdakab.

Ahmad Muflih juga mengatakan, dengan GDPK dapat ditentukan mana yang harus disegerakan dalam membangun penduduk berkualitas di Labuhanbatu serta sejalan dengan program SDM unggul 2020.

Keberhasilan dalam mewujudkan pertumbuhan penduduk seimbang serta mengembangkan kualitas penduduk akan memperbaiki segala aspek dan dimensi pembangunan sehingga mempercepat terwujudnya pembangunan berkelanjutan.

“Kita harus bisa mengubah pola pikir di masyarakat agar lebih maju. Jangan kita berpikir banyak anak, banyak rezeki. Biar pun sedikit, tapi berkualitas, itu yang kita butuhkan. Saat ini masalah di masyarakat sudah cukup banyak, salah satunya masalah narkoba. Dengan kegiatan ini kita berharap bisa meminimalisir masalah besar ini di masyarakat,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas P2KB Provsu diwakili Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Laura Ance Sinaga mengungkapkan, dari 33 kabupaten/kota di Sumatera Utara, Labuhanbatu merupakan urutan ke-5 dalam pembentukan grand design pembangunan kependudukan yang akan segera diluncurkan.

“Untuk GDPK di provinsi sudah terbit, namun percepatannya di kabupaten/kota sangat lambat. Tantangan kependudukan di Sumut tidaklah gampang, contoh masalah adalah besarnya jumlah penduduk yang tidak bisa dikendalikan. Saya berharap, ke depan, Labuhanbatu bisa menjadi percontohan GDPK bagi kabupaten lainya,” ungkap Laura.

Sedangkan Kadis P2KB Labuhanbatu Hj Lidyawati Harahap menjelaskan, perumusan GDPK merupakan langkah strategis guna menentukan pondasi, arah dan strategi yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan dan target yang telah ditentukan, sesuai dengan potensi dan juga kependudukan di Kabupaten Labuhanbatu.

“Tujuan penyusunan GDPK ini untuk memberikan arah jelas, efisien dan terukur kepada setiap pihak terlibat langsung atau tidak langsung dalam proses pembangunan. Output yang diharapkan yaitu diperolehnya gambaran menyeluruh tentang pola, strategi serta action plan dan berhubungan langsung dengan sasaran pembangunan,” jelas Lidyawati.

Kegiatan selama satu hari tersebut diisi dua narasumber, masing-masing, Ketua Koalisi Kependudukan Provinsi Sumatera Utara, Prof Dr Heru Santoso Phd, dan Ketua Koalisi Kependudukan Kabupaten Labuhanbatu, Ir Esty Pancaningdyah MSi.

Acara pembukaan juga diwarnai dengan pemberian cinderamata berupa buku GDPK kepada Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Dinas P2KB dan Ketua Koalisi Kependudukan Provinsi Sumatera Utara serta Kepala Bappeda Labuhanbatu oleh Sekdakab Ahmad Muflih didampingi Kadis P2KB Hj Lidyawati Haraha. (*/asp)

KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Lainnya
Keracunan Usai Santap Daging Anjing, 25 Warga Kandang Lombu Masih Jalani Perawatan Intensif

Keracunan Usai Santap Daging Anjing, 25 Warga Kandang Lombu Masih Jalani Perawatan Intensif

Sebanyak 25 korban keracunan massal di Huta III Kandang Lombu, Nagori Panombean Huta Urung, Kecamatan Jorlang Hataran, Simalungun yang mengalami ...
3 Hari Minggat dari Rumah, Wanita Asal  Simalungun Ditemukan Membusuk di Asahan

3 Hari Minggat dari Rumah, Wanita Asal Simalungun Ditemukan Membusuk di Asahan

Sesosok jasad wanita ditemukan dalam kondisi sudah membusuk di Huta Padang, Dusun VI, Kecamatan Pasir Mandoge, Jum'at (21/2/2020) malam. Temuan ...
Pulang Melayat Motor Milik G Damanik Raib dari Parkiran, Pria Mengaku Jukir ‘Dibalbali’

Pulang Melayat Motor Milik G Damanik Raib dari Parkiran, Pria Mengaku Jukir ‘Dibalbali’

Pulang dari melayat seorang temannya di Jalan Bintang Maratur, Kelurahan Bane, Siantar Utara, Jum'at (21/02/2020) sekira pukul 16.00 Wib, G ...
Buru Pelanggan di Parluasan, Truk Sayur Tabrak Truk Batu-bata, Supir Tewas, 2 Orang Kritis

Buru Pelanggan di Parluasan, Truk Sayur Tabrak Truk Batu-bata, Supir Tewas, 2 Orang Kritis

Seorang pengemudi truk tewas dengan kondisi mengenaskan dalam kecelakaan lalu lintas di Jalan Parapat Simpang Jalan Sisimangaraja, Kelurahan Nagahuta Timur, ...
Ditinggal ke Kolam Pancing, Rumah Milik Mantan Anggota DPRD Siantar Terbakar

Ditinggal ke Kolam Pancing, Rumah Milik Mantan Anggota DPRD Siantar Terbakar

Satu unit rumah permanen terbakar di Jalan Parapat, Kelurahan Simarimbun, Siantar Marihat, Sabtu (22/02/2020) sekira jam 14.30 Wib. Tidak ...
Memancing Bersama Teman di Kolam Bekas Galian, Pelajar Kelas 1 SD Tenggelam, Tewas

Memancing Bersama Teman di Kolam Bekas Galian, Pelajar Kelas 1 SD Tenggelam, Tewas

Bagus Prima Negara (7), pelajar kelas 1 SD warga Desa Sidodadi, Kecamatan Pagar Merbau, Deliserdang ditemukan tewas akibat tenggelam di ...
Loading...