Sabtu, 25 Januari 2020 | 02.31 WIB
Metro24Jam>News>Ubah Pola Pikir Masyarakat ke Arah Lebih Maju, Pemkab Labuhanbatu Gelar Sosialisasi GDPK

Ubah Pola Pikir Masyarakat ke Arah Lebih Maju, Pemkab Labuhanbatu Gelar Sosialisasi GDPK

Kamis, 7 November 2019 - 10:26 WIB

IMG-81957

Sekda Ahmad Muflih bersama Kadis Dinas P2KB Sumut dan Labuhanbatu serta narasumber. (ist/metro24jam.com)

Loading...

LABUHANBATU, metro24jam.com – Sosialisasi Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK) Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2019 dilaksanakan di Diamond Hall Hotel Permata Land Rantauprapat, Rabu (6/11/2019).

Kegiatan secara resmi dibuka Sekdakab Labuhanbatu Ahmad Muflih mewakili Bupati H Andi Suhaimi.

“Dengan kegiatan ini, kita bisa mengatur penduduk agar lebih maju. Jumlah penduduk di Labuhanbatu ada di peringkat ke-8 terbesar se-Sumatera Utara. Semoga dengan adanya GDPK, penduduk akan semakin berkualitas. Saya juga ucapkan terimakasih kepada Dinas P2KB yang telah menyelenggarakan kegiatan ini,” ujar Sekdakab.

Ahmad Muflih juga mengatakan, dengan GDPK dapat ditentukan mana yang harus disegerakan dalam membangun penduduk berkualitas di Labuhanbatu serta sejalan dengan program SDM unggul 2020.

Keberhasilan dalam mewujudkan pertumbuhan penduduk seimbang serta mengembangkan kualitas penduduk akan memperbaiki segala aspek dan dimensi pembangunan sehingga mempercepat terwujudnya pembangunan berkelanjutan.

“Kita harus bisa mengubah pola pikir di masyarakat agar lebih maju. Jangan kita berpikir banyak anak, banyak rezeki. Biar pun sedikit, tapi berkualitas, itu yang kita butuhkan. Saat ini masalah di masyarakat sudah cukup banyak, salah satunya masalah narkoba. Dengan kegiatan ini kita berharap bisa meminimalisir masalah besar ini di masyarakat,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas P2KB Provsu diwakili Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Laura Ance Sinaga mengungkapkan, dari 33 kabupaten/kota di Sumatera Utara, Labuhanbatu merupakan urutan ke-5 dalam pembentukan grand design pembangunan kependudukan yang akan segera diluncurkan.

“Untuk GDPK di provinsi sudah terbit, namun percepatannya di kabupaten/kota sangat lambat. Tantangan kependudukan di Sumut tidaklah gampang, contoh masalah adalah besarnya jumlah penduduk yang tidak bisa dikendalikan. Saya berharap, ke depan, Labuhanbatu bisa menjadi percontohan GDPK bagi kabupaten lainya,” ungkap Laura.

Sedangkan Kadis P2KB Labuhanbatu Hj Lidyawati Harahap menjelaskan, perumusan GDPK merupakan langkah strategis guna menentukan pondasi, arah dan strategi yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan dan target yang telah ditentukan, sesuai dengan potensi dan juga kependudukan di Kabupaten Labuhanbatu.

“Tujuan penyusunan GDPK ini untuk memberikan arah jelas, efisien dan terukur kepada setiap pihak terlibat langsung atau tidak langsung dalam proses pembangunan. Output yang diharapkan yaitu diperolehnya gambaran menyeluruh tentang pola, strategi serta action plan dan berhubungan langsung dengan sasaran pembangunan,” jelas Lidyawati.

Kegiatan selama satu hari tersebut diisi dua narasumber, masing-masing, Ketua Koalisi Kependudukan Provinsi Sumatera Utara, Prof Dr Heru Santoso Phd, dan Ketua Koalisi Kependudukan Kabupaten Labuhanbatu, Ir Esty Pancaningdyah MSi.

Acara pembukaan juga diwarnai dengan pemberian cinderamata berupa buku GDPK kepada Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Dinas P2KB dan Ketua Koalisi Kependudukan Provinsi Sumatera Utara serta Kepala Bappeda Labuhanbatu oleh Sekdakab Ahmad Muflih didampingi Kadis P2KB Hj Lidyawati Haraha. (*/asp)


KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Terkini Lainnya
Pemilik Toko Kelontong Ditikam dan Dirampok, Suami Korban Sempat Bertemu Pelaku
Metro 24 Jam - Jumat, 24 Januari 2020 - 19:43 WIB

Pemilik Toko Kelontong Ditikam dan Dirampok, Suami Korban Sempat Bertemu Pelaku

Ernika Saragih (51), terkapar setelah ditikam perampok di dalam Toko Citra, di Jalan Lintas sumatera Desa Binjai Baru, Kecamatan Datuk ...
Pria Asal Perbaungan Rampok dan Tikam Wanita Pemilik Toko Kelontong di Batubara
Metro 24 Jam - Jumat, 24 Januari 2020 - 19:02 WIB

Pria Asal Perbaungan Rampok dan Tikam Wanita Pemilik Toko Kelontong di Batubara

Ernika Saragih (51), terkapar akibat ditikam seorang perampok di dalam toko kelontongnya di Jalan Lintas sumatera Desa Binjai Baru, Kecamatan ...
Ketua TP PKK Sergai Imbau Warga Tidak Buang Sampah Sembarangan
Metro 24 Jam - Jumat, 24 Januari 2020 - 18:08 WIB

Ketua TP PKK Sergai Imbau Warga Tidak Buang Sampah Sembarangan

Ketua TP PKK Kabupaten Serdang Bedagai Hj Marliah Soekirman meminta warga agar tidak membuang sampah sembarangan. Imbauan itu disampaikan melalui ...
Resmikan Warkop Jurnalis Lubukpakam, Kombes Yemi: Goreng Pisang Raja dan Kopinya Mantap!
Metro 24 Jam - Jumat, 24 Januari 2020 - 18:00 WIB

Resmikan Warkop Jurnalis Lubukpakam, Kombes Yemi: Goreng Pisang Raja dan Kopinya Mantap!

Kapolresta Deliserdang Kombes Pol Yemi Mandagi meresmikan Warkop Jurnalis Warung Pohon Seri, di depan Mapolresta Deliserdang, Jalan Sudirman, Lubukpakam, Jum'at ...
Sambut Imlek, Polres dan Forkopimda Tanjungbalai Gelar Gotong-royong
Metro 24 Jam - Jumat, 24 Januari 2020 - 17:45 WIB

Sambut Imlek, Polres dan Forkopimda Tanjungbalai Gelar Gotong-royong

Menyambut Tahun Baru Imlek 2571/2020, personel Polres bersama Forkopimda dan Ormas Lintas Agama Islam, Kristen dan FKUB Kota Tanjungbalai melaksanakan ...
Proyek Stadion Sangnawaluh Dituding Asal Jadi, Rekanan: Sudah Sesuai Gambar
Metro 24 Jam - Jumat, 24 Januari 2020 - 16:51 WIB

Proyek Stadion Sangnawaluh Dituding Asal Jadi, Rekanan: Sudah Sesuai Gambar

Proyek Revitalisasi Pembangunan Stadion Sepakbola Sangnawaluh di Jalan KS Tubun, Kota Pematangsiantar, yang dikerjakan PT Duta Sumatera Perkasa/Rudi Salam Simanjuntak, ...
Loading...

Loading…