Rabu, 13 November 2019 | 06.10 WIB
Metro24Jam>News>Ubah Pola Pikir Masyarakat ke Arah Lebih Maju, Pemkab Labuhanbatu Gelar Sosialisasi GDPK

Ubah Pola Pikir Masyarakat ke Arah Lebih Maju, Pemkab Labuhanbatu Gelar Sosialisasi GDPK

Kamis, 7 November 2019 - 10:26 WIB

IMG-81957

Sekda Ahmad Muflih bersama Kadis Dinas P2KB Sumut dan Labuhanbatu serta narasumber. (ist/metro24jam.com)

LABUHANBATU, metro24jam.com – Sosialisasi Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK) Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2019 dilaksanakan di Diamond Hall Hotel Permata Land Rantauprapat, Rabu (6/11/2019).

Kegiatan secara resmi dibuka Sekdakab Labuhanbatu Ahmad Muflih mewakili Bupati H Andi Suhaimi.

“Dengan kegiatan ini, kita bisa mengatur penduduk agar lebih maju. Jumlah penduduk di Labuhanbatu ada di peringkat ke-8 terbesar se-Sumatera Utara. Semoga dengan adanya GDPK, penduduk akan semakin berkualitas. Saya juga ucapkan terimakasih kepada Dinas P2KB yang telah menyelenggarakan kegiatan ini,” ujar Sekdakab.

Ahmad Muflih juga mengatakan, dengan GDPK dapat ditentukan mana yang harus disegerakan dalam membangun penduduk berkualitas di Labuhanbatu serta sejalan dengan program SDM unggul 2020.

Keberhasilan dalam mewujudkan pertumbuhan penduduk seimbang serta mengembangkan kualitas penduduk akan memperbaiki segala aspek dan dimensi pembangunan sehingga mempercepat terwujudnya pembangunan berkelanjutan.

“Kita harus bisa mengubah pola pikir di masyarakat agar lebih maju. Jangan kita berpikir banyak anak, banyak rezeki. Biar pun sedikit, tapi berkualitas, itu yang kita butuhkan. Saat ini masalah di masyarakat sudah cukup banyak, salah satunya masalah narkoba. Dengan kegiatan ini kita berharap bisa meminimalisir masalah besar ini di masyarakat,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas P2KB Provsu diwakili Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Laura Ance Sinaga mengungkapkan, dari 33 kabupaten/kota di Sumatera Utara, Labuhanbatu merupakan urutan ke-5 dalam pembentukan grand design pembangunan kependudukan yang akan segera diluncurkan.

“Untuk GDPK di provinsi sudah terbit, namun percepatannya di kabupaten/kota sangat lambat. Tantangan kependudukan di Sumut tidaklah gampang, contoh masalah adalah besarnya jumlah penduduk yang tidak bisa dikendalikan. Saya berharap, ke depan, Labuhanbatu bisa menjadi percontohan GDPK bagi kabupaten lainya,” ungkap Laura.

Sedangkan Kadis P2KB Labuhanbatu Hj Lidyawati Harahap menjelaskan, perumusan GDPK merupakan langkah strategis guna menentukan pondasi, arah dan strategi yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan dan target yang telah ditentukan, sesuai dengan potensi dan juga kependudukan di Kabupaten Labuhanbatu.

“Tujuan penyusunan GDPK ini untuk memberikan arah jelas, efisien dan terukur kepada setiap pihak terlibat langsung atau tidak langsung dalam proses pembangunan. Output yang diharapkan yaitu diperolehnya gambaran menyeluruh tentang pola, strategi serta action plan dan berhubungan langsung dengan sasaran pembangunan,” jelas Lidyawati.

Kegiatan selama satu hari tersebut diisi dua narasumber, masing-masing, Ketua Koalisi Kependudukan Provinsi Sumatera Utara, Prof Dr Heru Santoso Phd, dan Ketua Koalisi Kependudukan Kabupaten Labuhanbatu, Ir Esty Pancaningdyah MSi.

Acara pembukaan juga diwarnai dengan pemberian cinderamata berupa buku GDPK kepada Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Dinas P2KB dan Ketua Koalisi Kependudukan Provinsi Sumatera Utara serta Kepala Bappeda Labuhanbatu oleh Sekdakab Ahmad Muflih didampingi Kadis P2KB Hj Lidyawati Haraha. (*/asp)


KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Terkini Lainnya
Hadirkan 2 Narasumber, Pemkab Labuhanbatu Gelar Pertemuan Antisipasi HIV/AIDS
Metro 24 Jam - Selasa, 12 November 2019 - 22:37 WIB

Hadirkan 2 Narasumber, Pemkab Labuhanbatu Gelar Pertemuan Antisipasi HIV/AIDS

Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu menggelar pertemuan dengan Rumah Sakit Umum Daerah Rantauprapat serta Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Kabupaten Labuhanbatu di ruang Data ...
Sat Reskrim Polres Batubara ‘Pamerkan’ Pengoplos Gas Bersubsidi
Metro 24 Jam - Selasa, 12 November 2019 - 22:26 WIB

Sat Reskrim Polres Batubara ‘Pamerkan’ Pengoplos Gas Bersubsidi

Satuan Reserse Kriminal Polres Batubara memaparkan pengungkapan kegiatan pengoplosan gas dari tabung ukuran 3 kilogram ke tabung non subsidi 12 ...
Pemkab Labuhanbatu Terus Tingkatkan Sinergitas dengan TNI
Metro 24 Jam - Selasa, 12 November 2019 - 21:50 WIB

Pemkab Labuhanbatu Terus Tingkatkan Sinergitas dengan TNI

Bupati H Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT bersama unsur Forkopimda menggelar temu ramah dengan Dandenpom 1/1 Pematangsiantar Letkol CPM Muhammad ...
Jual ‘Mimpi’, Pekerjaan Sampingan Petani Ini Berakhir Jadi ‘Mimpi Buruk’
Metro 24 Jam - Selasa, 12 November 2019 - 21:42 WIB

Jual ‘Mimpi’, Pekerjaan Sampingan Petani Ini Berakhir Jadi ‘Mimpi Buruk’

Pekerjaan sambilan menjual 'mimpi' yang dilakukan pria bernama Metro Silalahi ini ujung-ujungnya berakhir jadi 'mimpi buruk'. Menawarkan hadiah besar dari ...
Bandar Sabu Sei Jawi-jawi Diciduk dari Belakang Rumahnya
Metro 24 Jam - Selasa, 12 November 2019 - 21:17 WIB

Bandar Sabu Sei Jawi-jawi Diciduk dari Belakang Rumahnya

Sri Munawan (39) ditangkap polisi di belakang rumahnya di Desa Sei Jawi-jawi, Kecamatan Sei Kepayang Barat, Asahan, Senin (11/11/2019) sekira ...
Kades Ketangkuhen Disebut Berkepribadian Unik, Kakek dan Ayah Juga Bunuh Diri
Metro 24 Jam - Selasa, 12 November 2019 - 20:51 WIB

Kades Ketangkuhen Disebut Berkepribadian Unik, Kakek dan Ayah Juga Bunuh Diri

Ratusan warga melayat untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Kades Rili Kemit (57), di Balai Desa Ketangkuhen, Kecamatan Sibolangit, Selasa (12/11/2019) ...
Loading...

Loading…