Senin, 1 Juni 2020 | 06.03 WIB
Metro24Jam>News>Jalan di Hutabaru Raja Rusak Tak Diperbaiki, Warga Unjukrasa Ultimatum PT HMB

Jalan di Hutabaru Raja Rusak Tak Diperbaiki, Warga Unjukrasa Ultimatum PT HMB

Selasa, 5 November 2019 - 13:45 WIB

IMG-81832

Massa berunjukrasa di lokasi jalan yang mengalami kerusakan sangat parah. (Suhendra/metro24jam.com)

Loading...

SIMALUNGUN, metro24jam.com – Warga dari 5 desa bersama Aliansi Jalan Rusak Kecamatan Huta Bayu Raja (AJRKHBR) melakukan aksi unjukrasa mulai dari Nagori Raja Maligas, Selasa (5/11/2019). Massa memprotes kerusakan infrastruktur kondisi jalan kecamatan yang semakin rusak parah.

Koordinator Aksi Suhandra mengatakan warga yang berunjukrasa merupakan dari 5 nagori, yaitu Silakkidir, Rajamaligas 1, Rajamaligas, Bahal Batu dan Boluk, Kecamatan Hutabayu Raja, Simalungun.

“Sampai saat ini, upaya perbaikan belum nampak sedikitpun. Oleh sebab itu, kita meminta DPRD Simalungun agar mendesak Pemkab Simalungun segera memperbaiki kerusakan jalan ini,” katanya.

Kerusakan jalan ditengarai akibat truk-truk dengan tonase berlebih melintas di jalan tersebut. Akibatnya, sejumlah ruas jalan mengalami kerusakan parah, bahkan mirip kolam ikan ketika hujan turun.

“Kalau memang kapasitas jalan hanya untuk kendaraan 8 ton, ya harus diportal. Seperti jalan lainnya juga diportal, sehingga truk yang melebihi muatan yang bisa merusak jalan tidak bisa melintas,” tegas Suhandra.

Pegiat muda di Simalungun ini juga menegaskan, seharusnya Pemkab Simalungun sudah menganggarkan dana untuk perbaikan infrastruktur jalan yang rusak tersebut.

Truk pengangkut sawit melintasi jalan rusak. Insert: Salah satu poster yang dibawa pengunjukrasa. (Suhendra/metro24jam.com)

“Tidak harus menunggu semuanya jalan rusak, perbaikan itu bisa dilakukan secara prioritas di Jalan Raja Maligas (Kampung Jawa), ini yang sudah semakin parah,” imbuhnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, kerusakan Jalan di Kecamatan Huta Bayu Raja sudah lama dikeluhkan masyarakat. Selain itu, truk-truk yang melintas juga dituding menjadi biang polisi udara karena mengakibatkan debu berterbangan ketika kendaraan tersebut melintas.

Tak cuma itu, kebisingan yang ditimbulkan truk-truk tersebut juga dinilai sudah mengganggu ketenteraman warga.

Suhandra mengatakan, aksi mereka bertujuan untuk menuntut pengaspalan jalan dari simpang Boluk sampai Rihninggol, menuntut kenaikan kelas jalan, mendesak penutupan lubang-lubang dangan batu padas oleh pengusaha.

“Jika tidak diindahkan, massa akan memasang portan ruas jalan,” ucapnya di hadapan warga yang ikut berunjuk rasa.

Sementara itu, beberapa warga mengaku sudah lama mengeluhkan kondisi jalan tersebut.

Salah satu ruas jalan yang mengalami kerusakan parah. (Suhendra/metro24jam.com)

“Warga sepanjang Jalan Raja Maligas ini juga sudah berkali-kali menyampaikan keluhan, tapi juga tidak ada respon dari Pemkab Simalungun. Bosan dengan penyampaian tapi juga tidak ada hasil,” sebut seorang warga yang ikut dalam aksi.

Pantauan Metro24jam.com di lokasi, Selasa (5/11/2019), pengunjuk rasa berjalan dari Nagori Raja Maligas lalu menyampaikan aspirasi di halaman PT HBM dan Ramayana.

Massa kemudian berunjuk rasa di lokasi jalan paling rusak dan melakukan aksi memancing, menjala, menanggok ikan serta bertanam pisang.

Mereka juga menandatangani petisi di kain mori, membakar ikan serta berfoto selfi. Rencananya, aksi akan berlanjut ke kantor Camat dan Gedung DPRD serta Kantor Bupati Simalungun.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Simalungun, Benni Saragih, ketika dikonfirmasi belum bisa memberikan penjelasan. (age)

KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Lainnya
Pecah Ban, Mobil Box Terbalik dan Terbakar di Jalan Tol Belmera

Pecah Ban, Mobil Box Terbalik dan Terbakar di Jalan Tol Belmera

Satu unit mobil pick-up box yang diduga membawa muatan oli kotor, terbakar di ruas Jalan Tol Belmera, Kecamatan Percut Sei ...
Senggolan Saat Mendahului, Terjatuh, Tertabrak Lagi, Pemuda Teluk Mengkudu Tewas

Senggolan Saat Mendahului, Terjatuh, Tertabrak Lagi, Pemuda Teluk Mengkudu Tewas

Seorang pemuda tewas dalam perawatan di rumah sakit usai mengalami kecelakaan di Jalan lintas Sumatera (Jalinsum) Medan--Tebing Tinggi, tepatnya ...
Dirayu Datang ke Hotel, Pria Ini Tiba-tiba Keluar Tanpa Busana dari Kamar Hotel OYO Jalan Waru

Dirayu Datang ke Hotel, Pria Ini Tiba-tiba Keluar Tanpa Busana dari Kamar Hotel OYO Jalan Waru

Sejumlah warga yang berdomisili di Jalan Waru, Kecamatan Medan Petisah mendadak riuh,Jumat (29/5) dinihari.Pasalnya seorang pria mendadak keluar dari hotel ...
Alumni AKABRI 96 Bharatasena Bantu Warga Kurang Mampu Terdampak Pandemi Covid-19

Alumni AKABRI 96 Bharatasena Bantu Warga Kurang Mampu Terdampak Pandemi Covid-19

Alumni Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) angkatan 96 Bharatasena menyalurkan ratusan paket sembako kepada warga kurang mampu terdampak pandemi Coronavirus ...
Aksi Pencurian AC di Siang Bolong Viral di Media Sosial, Polisi Buru 3 Pria Ini

Aksi Pencurian AC di Siang Bolong Viral di Media Sosial, Polisi Buru 3 Pria Ini

Satu rekaman video aksi pencurian AC di siang bolong viral di group-group WhatsApp wartawan. Aksi itu diketahui terjadi di eks ...
Kodim 0207/Simalungun Salurkan Bantuan Kepada Warga Girsip Melalui Koramil 11/Parapat

Kodim 0207/Simalungun Salurkan Bantuan Kepada Warga Girsip Melalui Koramil 11/Parapat

Pandemi virus corona (Covid-19) tak hanya berdampak pada kesehatan, tapi juga perekonomian masyarakat. Tak sedikit warga terpaksa kehilangan pekerjaan dan ...
Loading...
Irwa Zaini
Dandim

Loading…