Senin, 1 Juni 2020 | 06.23 WIB
Metro24Jam>News>Desak Bupati Copot Kades Berstatus Residivis, Warga Desa Sei Baharu RDP ke DPRD Deliserdang

Desak Bupati Copot Kades Berstatus Residivis, Warga Desa Sei Baharu RDP ke DPRD Deliserdang

Kamis, 10 Oktober 2019 - 16:15 WIB

IMG-80105

Warga Desa Sei Baharu saat mengikuti RDP di ruangan Komisi A DPRD Deliserdang. (Fani Ardana/metro24jam.com)

Loading...

DELISERDANG, metro24jam.com – Sekira 25 warga Desa Sei Baharu, Kecamatan Hamparan Perak, mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan anggota DPRD Deliserdang terkait Kepala Desa mereka, Kamis (10/10/2019). Pada pertemuan di ruang rapat Komisi A tersebut, warga meminta Kades mereka bernama Suryaman–yang saat ini berstatus residivis pencurian–agar dicopot.

Pertemuan dipimpin Rahmadsyah dari Fraksi PKB, Darwis Batubara (PKS) dan dr Sofie (Demokrat) dihadiri Kadis PMD Deliserdang Citra Effendy Capah, mewakili Camat Hamparan Perak Junaidi dan pengurus BPD Desa Sei Baharu dan tokoh agama dan masyarakat desa tersebut.

Salah seorang warga bernama Ahmad Rusli menyampaikan, Kades Suryaman, sebagai pejabat pemerintah, seharusnya seharusnya menjadi panutan di desa.

“Ini bisa jadi kerancuan, karena tetap didudukkan menjadi kepala desa. Selaku yang menjadi panutan, apakah gak ada pikiran kita melihat etika kades seperti ini? Kita berpedoman patuh hukum. Tapi tidak memikirkan rasa hati kami, kami meminta Suryaman dicopot,” katanya.

Lanjut Amhad, warga Desa Sei Baharu ada sebanyak 3000 jiwa lebih, 60 persennya menolak dipimpin Kades yang pernah dterpidana tersebut.

“Kami tidak menginginkan dia jadi Kades kembali. Kami ingin Kades ini dicopot dari jabatannya,” tandasnya.

Ustadz Jalaludin selaku Badan Kemakmuran Masjid di desa tersebut sependapat dengan warga lainnya.

“Apa yang disampaikan kawan-kawan tadi, kalau kita lihat dari segi agama, kejujuran, amanah, ada kecerdikan tidak bodoh dan menyampaikan. Kades tidak mencerminkan ketiga hal itu dan tidak peduli sama warganya. Gaya kades itu pakai celana pendek baju koboy tidak mencerminkan sebagai pelayan dan pengayom. Kami berharap DPRD dan bupati mencopot Kades ini,” kata Jalaludin.

Hal senada disampaikan warga lainnya, Safarudin. “Ini periode ke-2 dia menjabat. Sifat-sifat dia saya tahu dia memang arogan, kayak koboy kaca mata hitam pakai kreta knalpot blong. Suryaman ini maunya kemauannya saja, kami meminta agar diberhentikan saja dia,” kata Safarudin.

Menanggapi permitaan warga tersebut, Kadis PMD Citra Efenddy Capah mengatakan bahwa pihaknya bisa menerima informasi yang semakin terang benderang dari pertemuan RDP ini.

“Ini untuk kepentingan masyarakat. Kami menerima laporan ini dan mengintruksikan camat agar segera menetapkan pelaksana harian pada waktu oknum kades tersebut dipenjara. Tapi dia tetap status kepala desa,” katanya.

“Ketika Kades menjalani hukuman, kita langsung mengintruksikan ada pelaksana harian. Saat itu masyarakat menyurati bupati dengan melampirkan salinan dari pengadilan soal kasus tersebut, seperti menyatakan telah terbukti secara sah bersalah,” imbuhnya.

“Nah, kami terima ini dari BPD dan kami langsung tindaklanjuti laporan BPD itu dengan melakukan pertemuan di kantor PMD bersama asisten dan pihak terkait,” kata Capah.

Sementara itu pimpinan RDP Rahmadsyah meminta agar meninjau ulang kembali pengaktifan kepala desa yang telah tersndung pidana dan berstatus terpudana.

“Fraksi kami meminta agar penonaktifan Suryaman ditinjau ulang sebagai kades” tegas Rahmadsyah.

Sementara itu, Muhajir, salah satu saksi pencurian yang dilakukan Kades Suryaman mengatakan, oknum Kades tersebut melakukan pencurian kambing tanggal 24 Maret 2018 sore hari.

“Bulan tiga (Maret) tanggal 24, sore jam lima gitu. Saya sebagai saksinya oknum kades itu mencuri kambing,” kata Muhajir yang hadir di RDP. (fan)

KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Lainnya
Pecah Ban, Mobil Box Terbalik dan Terbakar di Jalan Tol Belmera

Pecah Ban, Mobil Box Terbalik dan Terbakar di Jalan Tol Belmera

Satu unit mobil pick-up box yang diduga membawa muatan oli kotor, terbakar di ruas Jalan Tol Belmera, Kecamatan Percut Sei ...
Senggolan Saat Mendahului, Terjatuh, Tertabrak Lagi, Pemuda Teluk Mengkudu Tewas

Senggolan Saat Mendahului, Terjatuh, Tertabrak Lagi, Pemuda Teluk Mengkudu Tewas

Seorang pemuda tewas dalam perawatan di rumah sakit usai mengalami kecelakaan di Jalan lintas Sumatera (Jalinsum) Medan--Tebing Tinggi, tepatnya ...
Dirayu Datang ke Hotel, Pria Ini Tiba-tiba Keluar Tanpa Busana dari Kamar Hotel OYO Jalan Waru

Dirayu Datang ke Hotel, Pria Ini Tiba-tiba Keluar Tanpa Busana dari Kamar Hotel OYO Jalan Waru

Sejumlah warga yang berdomisili di Jalan Waru, Kecamatan Medan Petisah mendadak riuh,Jumat (29/5) dinihari.Pasalnya seorang pria mendadak keluar dari hotel ...
Alumni AKABRI 96 Bharatasena Bantu Warga Kurang Mampu Terdampak Pandemi Covid-19

Alumni AKABRI 96 Bharatasena Bantu Warga Kurang Mampu Terdampak Pandemi Covid-19

Alumni Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) angkatan 96 Bharatasena menyalurkan ratusan paket sembako kepada warga kurang mampu terdampak pandemi Coronavirus ...
Aksi Pencurian AC di Siang Bolong Viral di Media Sosial, Polisi Buru 3 Pria Ini

Aksi Pencurian AC di Siang Bolong Viral di Media Sosial, Polisi Buru 3 Pria Ini

Satu rekaman video aksi pencurian AC di siang bolong viral di group-group WhatsApp wartawan. Aksi itu diketahui terjadi di eks ...
Kodim 0207/Simalungun Salurkan Bantuan Kepada Warga Girsip Melalui Koramil 11/Parapat

Kodim 0207/Simalungun Salurkan Bantuan Kepada Warga Girsip Melalui Koramil 11/Parapat

Pandemi virus corona (Covid-19) tak hanya berdampak pada kesehatan, tapi juga perekonomian masyarakat. Tak sedikit warga terpaksa kehilangan pekerjaan dan ...
Loading...
Irwa Zaini
Dandim

Loading…