Senin, 1 Juni 2020 | 04.46 WIB
Metro24Jam>News>Minta Restu Masyarakat Sibisa Ajibata, BPODT Gelar Acara Demban Tiar

Minta Restu Masyarakat Sibisa Ajibata, BPODT Gelar Acara Demban Tiar

Kamis, 10 Oktober 2019 - 11:49 WIB

IMG-80077

Direktur BPODT Arie Prasetyo saat sampaikan Demban Tiar pada Raja Adat Narasaon dalam acara Ritual budaya napuran tiar di Ajibata,Tobasa. (Hotman/metro24jam.com)

Loading...

TOBASA, metro24jam.com – Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) melaksanakan ritual budaya Demban Tiar (Pemberian Sekapur Sirih) terhadap masyarakat di 2 Desa di Kecamatan Ajibata, Toba Samosir, yakni Parsaoran Sibisa, Pardamean Sibisa, Rabu (9/10/2019) siang.

Ritual Demban Tiar atau Napuran Tiar adalah upacara meminta izin kepada masyarakat, raja adat dan raja bius yang ada di satu tempat, dalam hal ini Sibisa, agar segala kegiatan pembangunan yang dilakukan pemerintah melalui BPODT di kawasan itu tidak mengalami kendala dan diberkati Tuhan.

Kepala BPODT Arie Prasetyo menyampaikan banyak terimakasih kepada seluruh masyarakat yang turut mendukung pembangunan Otorita Danau Toba di Sibisa.

“Ini bukan acara kami, namun acara ini adalah untuk kita bersama bertujuan untuk mempererat hubungan Badan Pelaksana Otorita Danau Toba dan masyarakat,” ungkap Ari dalam sambutannya.

“Acara juga dihadiri Bapak Bupati, Kapolres, Dandim, Camat Ajibata, para kepala desa dan masyarakat hampir lima ratusan,” terang Arie.

Acara yang merupakan ritual adat Batak tersebut dimaksudkan sebagai penghormatan kepada masyarakat Sibisa.

“Sebelumnya kita melakukan potong kerbau bersama dan dagingnya ini dibagi-bagikan dalam bentuk jambar kepada raja adat dan sebaliknya kepada kami diberikan ikan mas arsik,” katanya.

Arie berharap, ke depannya, pengembangan kawasan Otorita di Kecamatan Ajibata dengan luas total 386,72 hektar segera ‘Grand Breaking’ sebagai tanda awal akan dimulai.

“Jadi, badan otorita ini tidak ada maksud untuk merugikan masyarakat. Tujuan badan otorita dalam pengembangan wisata untuk membangkitkan perekonomian masyarakat yang ada di sini,” jelasnya.

“Seperti yang disampaikan tokoh masyarakat tadi, bahwa dulunya jalan ke Sibisa ini berlumpur. Dengan adanya badan otorita ini sekarang, jalan ke Sibisa sudah mulus,” pungkas Arie.

Sementara itu, Kapolres Tobasa AKBP Agus Waluyo SIK dalam sambutannya menjelaskan, bahwa BPODT ini perpanjangan tangan pemerintah dalam memajukan perekonomian masyarakat Ajibata khususnya sebagai kawasan pengembangan pariwisata.

“Saya imbau masyarakat agar tidak terprovokasi terhadap kelompok yang tidak senang dengan kemajuan masyarakat di sini. Kita jangan lihat dari awalnya pengerjaan saat ini, namun kita harus melihat dampak yang akan dirasakan anak anak generasi kita nanti akan menikmati kemajuan tempat ini,” pungkas Agus.

Dandim 010/TU Letkol Roni Agus Widodo mengaku sangat senang dan bangga terhadap masyarakat yang dapat menerima pembangunan di Ajibata.

“Pengembangan kawasan wisata dan ini agenda pemerintah untuk memajukan prekonomian masyarakat dan kami selaku penjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat siap membantu bersama dalam kelancaran pembangunan, apapun masalah yang terjadi kita bicarakan baik-baik dengan penyelenggara BPODT ini agar terlaksana dengan baik,” harap Dandim.

Sedangkan Sekdakab Tobasa Drs Audy Murphy O Sitorus SH Msi mengatakan,dengan terlaksananya ritual budaya demban tiar ini untuk suatu penghormatan kepada masyarakat Ajibata oleh BPODT agar kedepan nya dapat duduk bersama sama dalam mewujudkan pengembangan wisata Danau Toba.

“Mengapa ini baru terlaksana? Sebab mereka tidak tahu bagaimana caranya melakukan pendekatan kepada masyarakat yang ada di sini. Kalau mereka mengetahui apa kemauan masyarakat tentunya kegiatan ini sudah cepat terlaksana,” ungkapnya.

Murphy berharap, dengan adanya restu dari Raja Adat Narasaon, pengembangan Otorita Danau Toba di Ajibata bisa terlaksana.

Di akhir acara, Raja Adat Narasaon mangulosi Pemerintah Kabupaten, Pengurus BPODT, Kapolres, Dandim, sebagai tanda restu mereka dalam pelaksanaan pembangunan Otorita di Ajibata. (Hotman)

KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Lainnya
Pecah Ban, Mobil Box Terbalik dan Terbakar di Jalan Tol Belmera

Pecah Ban, Mobil Box Terbalik dan Terbakar di Jalan Tol Belmera

Satu unit mobil pick-up box yang diduga membawa muatan oli kotor, terbakar di ruas Jalan Tol Belmera, Kecamatan Percut Sei ...
Senggolan Saat Mendahului, Terjatuh, Tertabrak Lagi, Pemuda Teluk Mengkudu Tewas

Senggolan Saat Mendahului, Terjatuh, Tertabrak Lagi, Pemuda Teluk Mengkudu Tewas

Seorang pemuda tewas dalam perawatan di rumah sakit usai mengalami kecelakaan di Jalan lintas Sumatera (Jalinsum) Medan--Tebing Tinggi, tepatnya ...
Dirayu Datang ke Hotel, Pria Ini Tiba-tiba Keluar Tanpa Busana dari Kamar Hotel OYO Jalan Waru

Dirayu Datang ke Hotel, Pria Ini Tiba-tiba Keluar Tanpa Busana dari Kamar Hotel OYO Jalan Waru

Sejumlah warga yang berdomisili di Jalan Waru, Kecamatan Medan Petisah mendadak riuh,Jumat (29/5) dinihari.Pasalnya seorang pria mendadak keluar dari hotel ...
Alumni AKABRI 96 Bharatasena Bantu Warga Kurang Mampu Terdampak Pandemi Covid-19

Alumni AKABRI 96 Bharatasena Bantu Warga Kurang Mampu Terdampak Pandemi Covid-19

Alumni Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) angkatan 96 Bharatasena menyalurkan ratusan paket sembako kepada warga kurang mampu terdampak pandemi Coronavirus ...
Aksi Pencurian AC di Siang Bolong Viral di Media Sosial, Polisi Buru 3 Pria Ini

Aksi Pencurian AC di Siang Bolong Viral di Media Sosial, Polisi Buru 3 Pria Ini

Satu rekaman video aksi pencurian AC di siang bolong viral di group-group WhatsApp wartawan. Aksi itu diketahui terjadi di eks ...
Kodim 0207/Simalungun Salurkan Bantuan Kepada Warga Girsip Melalui Koramil 11/Parapat

Kodim 0207/Simalungun Salurkan Bantuan Kepada Warga Girsip Melalui Koramil 11/Parapat

Pandemi virus corona (Covid-19) tak hanya berdampak pada kesehatan, tapi juga perekonomian masyarakat. Tak sedikit warga terpaksa kehilangan pekerjaan dan ...
Loading...
Irwa Zaini
Dandim

Loading…