Jumat, 18 Oktober 2019 | 03.40 WIB
Metro24Jam>News>Serap Aspirasi Pembangunan, Andi Suhaimi Ajak Kemah Pemuda Labuhanbatu

Serap Aspirasi Pembangunan, Andi Suhaimi Ajak Kemah Pemuda Labuhanbatu

Rabu, 9 Oktober 2019 - 16:40 WIB

IMG-79998

Bupati Labuhanbatu, H Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT memberi arahan serta mendengarkan aspiras dari para pemuda, di Acara Kemah Pemuda, Senin (7/10/2019). (ist/metro24jam.com)

SIBOLANGIT, metro24jam.com – Bupati H Andi Suhaimi Dalimunthe mengajak pemuda-pemuda di Labuhanbatu bertatap muka dan berdialog di alam terbuka, tanpa sekat protokoler, di Bumi Perkemahan Sibolangit, Deliserdang, Senin (7/10/2019).

Kegiatan kekeluargaan yang melibatkan 40 organ kepemudaan ini dikemas dengan tajuk ‘Kemah Pemuda Labuhanbatu’ yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan, Taman Dewi, Sibolangit, Deliserdang, Minggu (6/10/2019) hingga Rabu (9/10/2019).

“Hari ini, utusan pemuda sudah menjadi Bupati di Labuhanbatu. Saya ini utusan teman-teman semua. Saya berharap masukan langsung dari teman-teman yang tentu sudah lebih dulu menyerap harapan masyarakat Labuhanbatu, terutama para orangtua kita dan adik-adik generasi penerus,” ujar Andi saat berdialog dengan peserta, Senin (7/10/2019) petang.

Sementara itu, Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Labuhanbatu, Hamzah Syabani Nasution, mengungkapkan, ada 57 organ kepemudaan di Labuhanbatu.

“Hanya saja, yang lengkap syarat administrasi dan kepengurusan sah jumlahnya 40,” katanya.

Kegiatan tersebut difasilitasi Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar), dengan keterlibatan penuh KNPI Labuhanbatu. Diharapkan, kegiatan ini menjadi katalisator aspirasi kalangan pemuda, yang nantinya akan dirumuskan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu menjadi program-program strategis.

Antusiasme peserta ditunjukkan dengan munculnya sejumlah gagasan. Utusan Jaringan Pemuda Remaja Masjid Indonesia (JPRMI) Labuhanbatu, drh. Hasri Affandi, misalnya, berharap Pemkab Labuhanbatu memfasilitasi pelatihan secara berkala agar kalangan pemuda mampu menjadi penggerak usaha peternakan sapi, mengingat potensinya di Labuhanbatu sangat besar.

Program-program pemberdayaan pesantren dan panti asuhan menjadi usulan Ikatan Pelajar Muhammadiyah. Diharapkan, Pemkab Labuhanbatu dapat mendorong tumbuh kembang unit-unit usaha di pesantren dan panti asuhan. Dengan demikian, anak-anak pesantren maupun panti asuhan nantinya bisa memiliki keterampilan menjalankan usaha.

Disebutkan, pada masa lalu panti-panti asuhan di Labuhanbatu secara umum mengelola usaha, baik peternakan maupun industri makanan tradisional seperti tempe. Usaha-usaha itulah yang mendukung pembiayaan panti asuhan. Hanya, belakangan ini usaha-usaha itu terhenti lantaran permodalan maupun sumber daya manusia (SDM).

Gayung bersambut, Andi Suhaimi melontarkan tekadnya untuk mempertajam program pemberdayaan pemuda dan peningkatan kualitas SDM dari segala sektor. Di sektor pertanian dan peternakan, Andi mengatakan program pelatihan yang dipersiapkan tak lagi hanya menyasar pada para penyuluh.

“Bukan lagi penyuluh yang kita kirim untuk pelatihan. Baru-baru ini, kita bahkan sudah mengirim 60 peternak langsung ke Bogor untuk menjalani pelatihan. Di Bogor, mereka akan dilatih bagaimana mengurus ternak sapi, membiakkannya secara benar, juga memanfaatkan seluruh hal dari peternakan sebagai tambahan penghasilan,” jelasnya.

“Jadi, dari usaha peternakan sapi, ke depan tak ada lagi yang dianggap sebagai kotoran. Sebab, kotoran sapi sudah bisa dimanfaatkan sebagai tambahan penghasilan bagi peternak,” tegas Andi.

Bupati berharap, tahun 2020 mendatang organ-organ kepemudaan bisa merekomendasikan kadernya untuk mengikuti pelatihan keterampilan. Dia pun menegaskan pihaknya akan menyiapkan program pelatihan dengan volume peserta yang lebih banyak.

“Insya Allah tahun depan kita kirim lagi 120 orang untuk mengikuti pelatihan ke tempat-tempat yang telah terbukti sukses memajukan sektor pertanian dan peternakan. Teman-teman harus ikut,” ujarnya, disamput tepuk tangan kalangan pemuda yang hadir.

Di sektor pendidikan formal, Andi memastikan Pemkab Labuhanbatu akan terus menyiapkan anggaran beasiswa bagi yang berprestasi di semua tingkatan pendidikan. Dirinya mengaku sedih ketika program beasiswa sempat dihentikan oleh bupati sebelumnya.

“Makanya, begitu saya memiliki kewenangan, saya langsung luncurkan anggara beasiswa yang cukup besar. Teman-teman kan tahu, kita sudah meluncurkan Rp6 miliar anggaran beasiswa untuk generasi berprestasi di Labuhanbatu yang ingin melanjutkan pendidikan. Insya Allah anggaran ini akan kita tingkatkan di tahun-tahun mendatang. Sehingga, bisa lebih banyak lagi generasi Labuhanbatu yang merasakan manfaatnya,” tukas dia.

Bidang olahraga tak luput dari pembahasan dalam kesempatan dialog terbuka itu. Khusus sepakbola, Andi menegaskan Poslab Labuhanbatu –yang sekarang bermain di Liga 3– diisi oleh anak-anak asli Labuhanbatu.

Menurutnya, ini merupakan bentuk pembinaan agar bibit-bibit pesepak bola Labuhanbatu mendapatkan kesempatan utama bermain di kancah nasional.

Sebelumnya, saat menghantar sesi dialog tersebut, Hamzah Syabani Nasution sudah menyampaikan bahwa Andi Suhaimi memiliki perhatian kuat dalam menjalankan amanat kalangan pemuda.

Dia menceritakan, pada September 2018 KNPI Labuhanbatu menyampaikan lima rekomendasi kepada Pemkab Labuhanbatu, yang ketika itu diterima Andi Suhaimi dengan status masih sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Labuhanbatu.

“Begitu Bang Andi –sapaan akrab Andi Suhaimi– memiliki kewenangan, sejauh ini tiga dari lima rekomendasi itu sudah dilaksanakan. Apa-apa saja itu? Yakni peningkatan anggaran kepemudaan, aktivasi beasiswa dan tes urine bagi kepala-kepala OPD (organisasi perangkat daerah). Bahkan, satu rekomendasi lainnya, yaitu pembentukan KPAID (Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah) saat ini sedang berproses. Jadi, kita hanya tinggal menanti satu rekomendasi lagi untuk dieksekusi, yakni pembentukan BNN (Badan Narkotika Nasional) Labuhanbatu,” ungkapnya. (*/asp)


KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Terkini Lainnya
Pulang Belanja Sabu di Gang Kinantan, 2 Sekawan Dicegat Polisi
Metro 24 Jam - Kamis, 17 Oktober 2019 - 23:24 WIB

Pulang Belanja Sabu di Gang Kinantan, 2 Sekawan Dicegat Polisi

Belum sempat menikmati sabu yang baru saja dibeli dari Gang Kinantan, dua sekawan ini keburu dicegat polisi, Selasa (15/10/2019) malam.Keduanya ...
Pembagian Kios Pekan Tigaraja Bermasalah, Camat Akan Panggil Pedagang
Metro 24 Jam - Kamis, 17 Oktober 2019 - 22:44 WIB

Pembagian Kios Pekan Tigaraja Bermasalah, Camat Akan Panggil Pedagang

Pembagian kios di Pekan Tigaraja dinilai merbasalah karena tidak merata. Camat Girsang Sipangan Bolon Eva Suryati Ulyarta Tambunan SKom MSi ...
Rencana Bertanding di Pilkada 2020 Labuhanbatu, H Andi Suhaimi Mendaftar ke Perindo
Metro 24 Jam - Kamis, 17 Oktober 2019 - 22:29 WIB

Rencana Bertanding di Pilkada 2020 Labuhanbatu, H Andi Suhaimi Mendaftar ke Perindo

H Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT resmi mendaftar sebagai Bakal Calon Bupati Labuhanbatu ke DPD Partai Perindo, Selasa (15/10/2019). Pendaftaran ...
Yuk Bantu Biaya Perobatan Darisa Boru Sianturi, Bayi 8 Bulan Penderita Pneumonia
Metro 24 Jam - Kamis, 17 Oktober 2019 - 22:24 WIB

Yuk Bantu Biaya Perobatan Darisa Boru Sianturi, Bayi 8 Bulan Penderita Pneumonia

Darisa boru Sianturi, bayi baru berusia 8 bulan penderita penyakit Pneumonia (radang paru-paru) kini terbaring di RS Haji Adam Malik ...
Beli Sabu dari Tanjungbalai, 3 Warga Sei Dadap Ditangkap Polisi, Rencananya Dijual di Air Batu
Metro 24 Jam - Kamis, 17 Oktober 2019 - 21:33 WIB

Beli Sabu dari Tanjungbalai, 3 Warga Sei Dadap Ditangkap Polisi, Rencananya Dijual di Air Batu

Personel Unit Reskrim Polsek Airbatu meringkus tiga terduga pengedar sabu-sabu di Dusun IV, Desa Hessa Air Genting, Kecamatan Air Batu, ...
Sempat Hilang 2 Hari, Kapal Nelayan Cumi dan 7 Awal Ditemukan Dalam Kondisi Selamat
Metro 24 Jam - Kamis, 17 Oktober 2019 - 17:27 WIB

Sempat Hilang 2 Hari, Kapal Nelayan Cumi dan 7 Awal Ditemukan Dalam Kondisi Selamat

Tim Basarnas Tanjungbalai-Asahan berhasil menemukan satu unit kapal nelayan cumi-cumi yang mengalami kerusakan di perairan Pulau Pandan, Kabupaten Batubara, Rabu ...
Loading...
Kombes Andi Rian
Hendrik Marpaung
Kapolres Siantar

Loading…