Jumat, 18 Oktober 2019 | 03.30 WIB
Metro24Jam>News>Supir Bawa 53 Kg Sabu Divonis Bebas, Penasihat Hukum: Sudah Tepat

Supir Bawa 53 Kg Sabu Divonis Bebas, Penasihat Hukum: Sudah Tepat

Rabu, 9 Oktober 2019 - 14:47 WIB

IMG-79968

Penasehat hukum Syahrial, Yusuf Pasaribu SH. (ist/metro24jam.com)

MEDAN, metro24jam.com – Putusan bebas yang diberikan Pengadilan Tinggi (PT) Medan kepada Syahrial (40), dalam perkara kepemilikan narkotika jenis sabu seberat 53,386 kg dinilai sudah tepat.

Yusuf Hanafi Pasaribu SH MH selaku penasehat hukum Syahrial berharap, setelah reallas (pemberitahuan) putusan disampaikan, Jaksa Penuntut Umum (JPU) segera melakukan eksekusi untuk mengeluarkan kliennya dari Rutan Kelas I Tanjung Gusta Medan.

“Pertimbangan hakim tinggi yang memutus bebas perkara Syahrial dengan membatalkan putusan pengadilan tingkat pertama (PN Medan) sangatlah tepat. Saya harap setelah reallas disampaikan pada jaksa, agar dilaksanakan isi dari putusan untuk segera mengeluarkan Syahrial dari Rutan,” tandas Yusuf saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (8/10/2019).

Yusuf mengakui bahwa Syahrial sudah tak sabar untuk menemui keluarga yang telah menunggu terutama putrinya berusia 8 tahun. Dia menegaskan bahwa Syahrial tidak ada sedikitpun berniat melakukan apa yang telah disangka JPU.

“Syahril hanya supir panggilan yang tidak mengetahui kalau pemilik mobil menggunakan jasanya untuk membawa sabu seberat 53.386 gram sabu-sabu. Syahrial sudah tak sabar untuk bertemu keluarga terutama putrinya,” tegas Yusuf.

Menurut Yusuf, majelis hakim PN Medan yang memvonis Syahrial selama 17 tahun penjara dan tuntutan 18 tahun penjara, terbantahkan oleh PT Medan.

“Syahrial tidak terbukti telah melakukan percobaan atau pemufakatan jahat seperti apa yang telah dituntut jaksa sebagaimana dimaksud dalam pasal 115 ayat (2) jo pasal 132 ayat (1) UU RI Nomor 35 Tahun 2009,” pungkas Yusuf.

Vonis bebas yang diberikan majelis hakim tinggi diketuai oleh Erwan Munawar didampingi hakim anggota, Binsar Siregar dan Ahmad Sukandar kepada Syahrial sudah sampai ke pihak keluarga.

Yusnita, kakak kandung Syahrial, tak lupa mengucapkan syukur dan terima kasih atas putusan tersebut. “Alhamdulillah…terima kasih PT Medan,” ucap wanita yang akrab disapa Ibu Yus.

Jika ada permintaan yang bisa dikabulkan, Ibu Yus mengaku ingin menemui para majelis hakim tinggi tersebut.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih secara langsung kepada pak hakim yang memvonis bebas adik saya (Syahrial). Semoga keadilan akan terus ditegakkan,” cetus Ibu Yus.

Dia berharap, agar perkara yang mirip seperti Syahrial tidak akan terulang lagi dan dijadikan pembelajaran.

Saat diberi tau bahwa jaksa masih bisa melakukan upaya hukum kasasi ke Mahkamah Agung (MA), Ibu Yus hanya bisa bertawakal kepada Sang Maha Pencipta. “Saya hanya bisa berserah diri kepada Allah,” pungkas Ibu Yus.

Sebelumnya, PT Medan memvonis bebas Syahrial. Putusan PT MEDAN Nomor: 912/Pid.Sus/2019/PT MDN Tahun 2019 itu dibacakan pada tanggal 1 Oktober 2019.

Putusan tersebut menganulir hukuman yang sebelumnya dijatuhkan PN Medan. Sebelumnya, majelis hakim yang diketuai oleh Nazar Efriandi menghukum Syahrial selama 17 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsider 3 bulan kurungan. (eza)


KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Terkini Lainnya
Pulang Belanja Sabu di Gang Kinantan, 2 Sekawan Dicegat Polisi
Metro 24 Jam - Kamis, 17 Oktober 2019 - 23:24 WIB

Pulang Belanja Sabu di Gang Kinantan, 2 Sekawan Dicegat Polisi

Belum sempat menikmati sabu yang baru saja dibeli dari Gang Kinantan, dua sekawan ini keburu dicegat polisi, Selasa (15/10/2019) malam.Keduanya ...
Pembagian Kios Pekan Tigaraja Bermasalah, Camat Akan Panggil Pedagang
Metro 24 Jam - Kamis, 17 Oktober 2019 - 22:44 WIB

Pembagian Kios Pekan Tigaraja Bermasalah, Camat Akan Panggil Pedagang

Pembagian kios di Pekan Tigaraja dinilai merbasalah karena tidak merata. Camat Girsang Sipangan Bolon Eva Suryati Ulyarta Tambunan SKom MSi ...
Rencana Bertanding di Pilkada 2020 Labuhanbatu, H Andi Suhaimi Mendaftar ke Perindo
Metro 24 Jam - Kamis, 17 Oktober 2019 - 22:29 WIB

Rencana Bertanding di Pilkada 2020 Labuhanbatu, H Andi Suhaimi Mendaftar ke Perindo

H Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT resmi mendaftar sebagai Bakal Calon Bupati Labuhanbatu ke DPD Partai Perindo, Selasa (15/10/2019). Pendaftaran ...
Yuk Bantu Biaya Perobatan Darisa Boru Sianturi, Bayi 8 Bulan Penderita Pneumonia
Metro 24 Jam - Kamis, 17 Oktober 2019 - 22:24 WIB

Yuk Bantu Biaya Perobatan Darisa Boru Sianturi, Bayi 8 Bulan Penderita Pneumonia

Darisa boru Sianturi, bayi baru berusia 8 bulan penderita penyakit Pneumonia (radang paru-paru) kini terbaring di RS Haji Adam Malik ...
Beli Sabu dari Tanjungbalai, 3 Warga Sei Dadap Ditangkap Polisi, Rencananya Dijual di Air Batu
Metro 24 Jam - Kamis, 17 Oktober 2019 - 21:33 WIB

Beli Sabu dari Tanjungbalai, 3 Warga Sei Dadap Ditangkap Polisi, Rencananya Dijual di Air Batu

Personel Unit Reskrim Polsek Airbatu meringkus tiga terduga pengedar sabu-sabu di Dusun IV, Desa Hessa Air Genting, Kecamatan Air Batu, ...
Sempat Hilang 2 Hari, Kapal Nelayan Cumi dan 7 Awal Ditemukan Dalam Kondisi Selamat
Metro 24 Jam - Kamis, 17 Oktober 2019 - 17:27 WIB

Sempat Hilang 2 Hari, Kapal Nelayan Cumi dan 7 Awal Ditemukan Dalam Kondisi Selamat

Tim Basarnas Tanjungbalai-Asahan berhasil menemukan satu unit kapal nelayan cumi-cumi yang mengalami kerusakan di perairan Pulau Pandan, Kabupaten Batubara, Rabu ...
Loading...
Kombes Andi Rian
Hendrik Marpaung
Kapolres Siantar

Loading…