Rabu, 29 Januari 2020 | 15.10 WIB
Metro24Jam>News>Supir Bawa 53 Kg Sabu Divonis Bebas, Penasihat Hukum: Sudah Tepat

Supir Bawa 53 Kg Sabu Divonis Bebas, Penasihat Hukum: Sudah Tepat

Rabu, 9 Oktober 2019 - 14:47 WIB

IMG-79968

Penasehat hukum Syahrial, Yusuf Pasaribu SH. (ist/metro24jam.com)

Loading...

MEDAN, metro24jam.com – Putusan bebas yang diberikan Pengadilan Tinggi (PT) Medan kepada Syahrial (40), dalam perkara kepemilikan narkotika jenis sabu seberat 53,386 kg dinilai sudah tepat.

Yusuf Hanafi Pasaribu SH MH selaku penasehat hukum Syahrial berharap, setelah reallas (pemberitahuan) putusan disampaikan, Jaksa Penuntut Umum (JPU) segera melakukan eksekusi untuk mengeluarkan kliennya dari Rutan Kelas I Tanjung Gusta Medan.

“Pertimbangan hakim tinggi yang memutus bebas perkara Syahrial dengan membatalkan putusan pengadilan tingkat pertama (PN Medan) sangatlah tepat. Saya harap setelah reallas disampaikan pada jaksa, agar dilaksanakan isi dari putusan untuk segera mengeluarkan Syahrial dari Rutan,” tandas Yusuf saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (8/10/2019).

Yusuf mengakui bahwa Syahrial sudah tak sabar untuk menemui keluarga yang telah menunggu terutama putrinya berusia 8 tahun. Dia menegaskan bahwa Syahrial tidak ada sedikitpun berniat melakukan apa yang telah disangka JPU.

“Syahril hanya supir panggilan yang tidak mengetahui kalau pemilik mobil menggunakan jasanya untuk membawa sabu seberat 53.386 gram sabu-sabu. Syahrial sudah tak sabar untuk bertemu keluarga terutama putrinya,” tegas Yusuf.

Menurut Yusuf, majelis hakim PN Medan yang memvonis Syahrial selama 17 tahun penjara dan tuntutan 18 tahun penjara, terbantahkan oleh PT Medan.

“Syahrial tidak terbukti telah melakukan percobaan atau pemufakatan jahat seperti apa yang telah dituntut jaksa sebagaimana dimaksud dalam pasal 115 ayat (2) jo pasal 132 ayat (1) UU RI Nomor 35 Tahun 2009,” pungkas Yusuf.

Vonis bebas yang diberikan majelis hakim tinggi diketuai oleh Erwan Munawar didampingi hakim anggota, Binsar Siregar dan Ahmad Sukandar kepada Syahrial sudah sampai ke pihak keluarga.

Yusnita, kakak kandung Syahrial, tak lupa mengucapkan syukur dan terima kasih atas putusan tersebut. “Alhamdulillah…terima kasih PT Medan,” ucap wanita yang akrab disapa Ibu Yus.

Jika ada permintaan yang bisa dikabulkan, Ibu Yus mengaku ingin menemui para majelis hakim tinggi tersebut.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih secara langsung kepada pak hakim yang memvonis bebas adik saya (Syahrial). Semoga keadilan akan terus ditegakkan,” cetus Ibu Yus.

Dia berharap, agar perkara yang mirip seperti Syahrial tidak akan terulang lagi dan dijadikan pembelajaran.

Saat diberi tau bahwa jaksa masih bisa melakukan upaya hukum kasasi ke Mahkamah Agung (MA), Ibu Yus hanya bisa bertawakal kepada Sang Maha Pencipta. “Saya hanya bisa berserah diri kepada Allah,” pungkas Ibu Yus.

Sebelumnya, PT Medan memvonis bebas Syahrial. Putusan PT MEDAN Nomor: 912/Pid.Sus/2019/PT MDN Tahun 2019 itu dibacakan pada tanggal 1 Oktober 2019.

Putusan tersebut menganulir hukuman yang sebelumnya dijatuhkan PN Medan. Sebelumnya, majelis hakim yang diketuai oleh Nazar Efriandi menghukum Syahrial selama 17 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsider 3 bulan kurungan. (eza)


KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Terkini Lainnya
Sat Sabhara Polresta Deliserdang Bantu Evakuasi Warga Terdampak Banjir di Tanjung Morawa
Metro 24 Jam - Rabu, 29 Januari 2020 - 14:54 WIB

Sat Sabhara Polresta Deliserdang Bantu Evakuasi Warga Terdampak Banjir di Tanjung Morawa

Curah hujan yang tinggi sejak Selasa (28/1/2020) hingga Rabu (29/1/2020) pagi membuat sejumlah kawasan di Deliserdang terendam banjir, seperti di ...
Banjir Tapteng, 3 Orang Meninggal Dunia Termasuk Ortu Anggota DPRD
Metro 24 Jam - Rabu, 29 Januari 2020 - 11:23 WIB

Banjir Tapteng, 3 Orang Meninggal Dunia Termasuk Ortu Anggota DPRD

Hujan deras dan angin kencang melanda Kabupaten Tapanuli Tengah, sejak Selasa (28/1/2020) sore kemarin. Akibatnya sejumlah kecamatan terendam banjir. Informasi ...
Pemko Medan Diminta Segera Perbaiki Jembatan Gantung di Jalan Avros Gang Mesjid
Metro 24 Jam - Rabu, 29 Januari 2020 - 09:12 WIB

Pemko Medan Diminta Segera Perbaiki Jembatan Gantung di Jalan Avros Gang Mesjid

Wakil Ketua DPRD Medan mendesak agar Pemerintah Kota (Pemko) Medan untuk segera membenahi jembatan gantung yang terletak di Jalan Avros ...
Berawal dari Cekcok dengan Keluarga, Pria 46 Tahun di Air Joman Bakar Diri
Metro 24 Jam - Rabu, 29 Januari 2020 - 08:55 WIB

Berawal dari Cekcok dengan Keluarga, Pria 46 Tahun di Air Joman Bakar Diri

Zainuddin alias Udin Tompel, diduga bunuh diri dengan cara bakar diri di kediamannya di Lingkungan VIII, Kelurahan Binjai Serbangan, Kecamatan ...
Banmus DPRD Batubara Belajar ke DPRD Medan
Metro 24 Jam - Rabu, 29 Januari 2020 - 07:57 WIB

Banmus DPRD Batubara Belajar ke DPRD Medan

Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Medan menerima kunjungan kerja anggota DPRD Batubara, Selasa (28/1/2020). Pertemuan digelar di Ruangan Banmus, Lantai II, ...
Curi Motor Polisi dan Mahasiswa, Gembel Spesialis Curanmor Ditembak
Metro 24 Jam - Rabu, 29 Januari 2020 - 07:32 WIB

Curi Motor Polisi dan Mahasiswa, Gembel Spesialis Curanmor Ditembak

Berulang kali mencuri sepedamotor dari berbagai tempat di wilayah hukum Polrestabes Medan, Andrian Sihombing alias Gembel (22), akhirnya ditangkap personel ...
Loading...

Loading…