Jumat, 18 Oktober 2019 | 04.28 WIB
Metro24Jam>News>Pemkab Labuhanbatu Berperan Aktif Dukung Basic Trauma Live Support

Pemkab Labuhanbatu Berperan Aktif Dukung Basic Trauma Live Support

Senin, 16 September 2019 - 18:09 WIB

IMG-78226

Ketua DPD PPNI Labuhanbatu Aswin Syahputra (kanan) menyerahkan cinderamata kepara Bupati H Andi Suhaimi, beberapa waktu lalu. (ist/metro24jam.com)

LABUHANBATU, metro24jam.com – Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, melalui salah satu putera terbaiknya, berperan aktif dalam Basic Trauma Live Support (BTCLS), yang digelar Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Sumut di Sibuhuan, Padang Lawas, Minggu (15/9/2019).

Pelatihan ini sendiri bertujuan meningkatkan kompetensi perawat dalam penanganan kondisi emergency (darurat).

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PPNI Labuhanbatu, Aswin Syahputra SKep Ns MKM bertindak sebagai salah satu pemateri dalam pelatihan tersebut.

Kepada wartawan di Rantauprapat, Senin (16/9/2019), dia mengatakan peran aktif pihaknya sebangun dengan ‘Program Labuhanbatu Sehat’ yang telah dicanangkan Bupati H Andi Suhaimi Dalimunthe.

“Selain meningkatkan kualitas dan kompetensi perawat yang ada di Indonesia, khususnya di Sumut. Pelatihan ini sendiri juga bertujuan memberi bekal dalam penanganan pasien gawat darurat trauma dan kardiovaskular,” ujar Aswin.

“Tentunya seorang perawat harus bisa bertindak cepat dan juga teliti. Karena perannya yang vital dalam melakukan penyelamatan kepada pasien. Untuk itu, para perawat harus menguasai skill penanganan pasien dengan sigap,” imbuhnya.

Sosok yang juga menjabat Ketua Bidang Organisasi dan Kaderisasi DPW PPNI Sumatera Utara ini menambahkan, pelatihan tersebut ditujukan kepada para perawat/tenaga medis yang sudah bekerja di rumah sakit dan klinik.

Meski begitu, tidak tertutup kemungkinan mahasiswa keperawatan dan kebidanan untuk ikut di dalamnya sebagai penambah pengetahuan dan keterampilan dalam penanganan pasien gawat darurat.

Selain mengenai teknik penanganan pasien, lanjut Aswin, para peserta pelatihan juga dibekali pengetahuan tentang perlindungan hukum atas profesinya.

Dalam pelatihan dijelaskan, pekerjaan tenaga kesehatan (nakes) dalam situasi menyelamatkan nyawa, mencegah cacat dan kepentingan terbaik bagi pasien dilindungan penuh oleh undang-undang.

Aswin mengungkap, pelatihan serupa sebelumnya sudah digelar di Labuhanbatu. Dan, animo para perawat yang mengikuti pelatihan tersebut cukup besar. “Kalau untuk Labuhanbatu sendiri sudah dilaksanakan beberapa waktu lalu,” ujarnya.

Ditambahkannya, Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe sangat mendukung dan memberi apresiasi tinggi atas pelatihan yang digelar bagi tenaga kesehatan di daerahnya.

Bupati juga menaruh harapan besar agar tenaga kesehatan di Labuhanbatu dapat meningkatkan kompetensi. Sehingga, mereka bisa memberi pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“Sepengetahuan kita, hingga saat ini Bupati Labuhanbatu terus berkoordinasi dengan seluruh elemen yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat. Kita pun siap mengerahkan segala potensi untuk mendukung Program Labuhanbatu Sehat yang telah dicanangkan Bupati agar segera terwujud,” jelasnya.

“Dengan kondisi masyarakat dan lingkungan yang sehat, maka pembangunan di segala bidang di Labuhanbatu ini bisa berjalan,” pungkas sosok yang juga tercatat sebagai Ketua Karang Taruna Labuhanbatu ini. (*/asp)


KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Terkini Lainnya
Pulang Belanja Sabu di Gang Kinantan, 2 Sekawan Dicegat Polisi
Metro 24 Jam - Kamis, 17 Oktober 2019 - 23:24 WIB

Pulang Belanja Sabu di Gang Kinantan, 2 Sekawan Dicegat Polisi

Belum sempat menikmati sabu yang baru saja dibeli dari Gang Kinantan, dua sekawan ini keburu dicegat polisi, Selasa (15/10/2019) malam.Keduanya ...
Pembagian Kios Pekan Tigaraja Bermasalah, Camat Akan Panggil Pedagang
Metro 24 Jam - Kamis, 17 Oktober 2019 - 22:44 WIB

Pembagian Kios Pekan Tigaraja Bermasalah, Camat Akan Panggil Pedagang

Pembagian kios di Pekan Tigaraja dinilai merbasalah karena tidak merata. Camat Girsang Sipangan Bolon Eva Suryati Ulyarta Tambunan SKom MSi ...
Rencana Bertanding di Pilkada 2020 Labuhanbatu, H Andi Suhaimi Mendaftar ke Perindo
Metro 24 Jam - Kamis, 17 Oktober 2019 - 22:29 WIB

Rencana Bertanding di Pilkada 2020 Labuhanbatu, H Andi Suhaimi Mendaftar ke Perindo

H Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT resmi mendaftar sebagai Bakal Calon Bupati Labuhanbatu ke DPD Partai Perindo, Selasa (15/10/2019). Pendaftaran ...
Yuk Bantu Biaya Perobatan Darisa Boru Sianturi, Bayi 8 Bulan Penderita Pneumonia
Metro 24 Jam - Kamis, 17 Oktober 2019 - 22:24 WIB

Yuk Bantu Biaya Perobatan Darisa Boru Sianturi, Bayi 8 Bulan Penderita Pneumonia

Darisa boru Sianturi, bayi baru berusia 8 bulan penderita penyakit Pneumonia (radang paru-paru) kini terbaring di RS Haji Adam Malik ...
Beli Sabu dari Tanjungbalai, 3 Warga Sei Dadap Ditangkap Polisi, Rencananya Dijual di Air Batu
Metro 24 Jam - Kamis, 17 Oktober 2019 - 21:33 WIB

Beli Sabu dari Tanjungbalai, 3 Warga Sei Dadap Ditangkap Polisi, Rencananya Dijual di Air Batu

Personel Unit Reskrim Polsek Airbatu meringkus tiga terduga pengedar sabu-sabu di Dusun IV, Desa Hessa Air Genting, Kecamatan Air Batu, ...
Sempat Hilang 2 Hari, Kapal Nelayan Cumi dan 7 Awal Ditemukan Dalam Kondisi Selamat
Metro 24 Jam - Kamis, 17 Oktober 2019 - 17:27 WIB

Sempat Hilang 2 Hari, Kapal Nelayan Cumi dan 7 Awal Ditemukan Dalam Kondisi Selamat

Tim Basarnas Tanjungbalai-Asahan berhasil menemukan satu unit kapal nelayan cumi-cumi yang mengalami kerusakan di perairan Pulau Pandan, Kabupaten Batubara, Rabu ...
Loading...
Kombes Andi Rian
Hendrik Marpaung
Kapolres Siantar

Loading…