Senin, 1 Juni 2020 | 06.59 WIB
Metro24Jam>News>Pemkab Labuhanbatu Berperan Aktif Dukung Basic Trauma Live Support

Pemkab Labuhanbatu Berperan Aktif Dukung Basic Trauma Live Support

Senin, 16 September 2019 - 18:09 WIB

IMG-78226

Ketua DPD PPNI Labuhanbatu Aswin Syahputra (kanan) menyerahkan cinderamata kepara Bupati H Andi Suhaimi, beberapa waktu lalu. (ist/metro24jam.com)

Loading...

LABUHANBATU, metro24jam.com – Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, melalui salah satu putera terbaiknya, berperan aktif dalam Basic Trauma Live Support (BTCLS), yang digelar Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Sumut di Sibuhuan, Padang Lawas, Minggu (15/9/2019).

Pelatihan ini sendiri bertujuan meningkatkan kompetensi perawat dalam penanganan kondisi emergency (darurat).

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PPNI Labuhanbatu, Aswin Syahputra SKep Ns MKM bertindak sebagai salah satu pemateri dalam pelatihan tersebut.

Kepada wartawan di Rantauprapat, Senin (16/9/2019), dia mengatakan peran aktif pihaknya sebangun dengan ‘Program Labuhanbatu Sehat’ yang telah dicanangkan Bupati H Andi Suhaimi Dalimunthe.

“Selain meningkatkan kualitas dan kompetensi perawat yang ada di Indonesia, khususnya di Sumut. Pelatihan ini sendiri juga bertujuan memberi bekal dalam penanganan pasien gawat darurat trauma dan kardiovaskular,” ujar Aswin.

“Tentunya seorang perawat harus bisa bertindak cepat dan juga teliti. Karena perannya yang vital dalam melakukan penyelamatan kepada pasien. Untuk itu, para perawat harus menguasai skill penanganan pasien dengan sigap,” imbuhnya.

Sosok yang juga menjabat Ketua Bidang Organisasi dan Kaderisasi DPW PPNI Sumatera Utara ini menambahkan, pelatihan tersebut ditujukan kepada para perawat/tenaga medis yang sudah bekerja di rumah sakit dan klinik.

Meski begitu, tidak tertutup kemungkinan mahasiswa keperawatan dan kebidanan untuk ikut di dalamnya sebagai penambah pengetahuan dan keterampilan dalam penanganan pasien gawat darurat.

Selain mengenai teknik penanganan pasien, lanjut Aswin, para peserta pelatihan juga dibekali pengetahuan tentang perlindungan hukum atas profesinya.

Dalam pelatihan dijelaskan, pekerjaan tenaga kesehatan (nakes) dalam situasi menyelamatkan nyawa, mencegah cacat dan kepentingan terbaik bagi pasien dilindungan penuh oleh undang-undang.

Aswin mengungkap, pelatihan serupa sebelumnya sudah digelar di Labuhanbatu. Dan, animo para perawat yang mengikuti pelatihan tersebut cukup besar. “Kalau untuk Labuhanbatu sendiri sudah dilaksanakan beberapa waktu lalu,” ujarnya.

Ditambahkannya, Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe sangat mendukung dan memberi apresiasi tinggi atas pelatihan yang digelar bagi tenaga kesehatan di daerahnya.

Bupati juga menaruh harapan besar agar tenaga kesehatan di Labuhanbatu dapat meningkatkan kompetensi. Sehingga, mereka bisa memberi pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“Sepengetahuan kita, hingga saat ini Bupati Labuhanbatu terus berkoordinasi dengan seluruh elemen yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat. Kita pun siap mengerahkan segala potensi untuk mendukung Program Labuhanbatu Sehat yang telah dicanangkan Bupati agar segera terwujud,” jelasnya.

“Dengan kondisi masyarakat dan lingkungan yang sehat, maka pembangunan di segala bidang di Labuhanbatu ini bisa berjalan,” pungkas sosok yang juga tercatat sebagai Ketua Karang Taruna Labuhanbatu ini. (*/asp)

KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Lainnya
Pecah Ban, Mobil Box Terbalik dan Terbakar di Jalan Tol Belmera

Pecah Ban, Mobil Box Terbalik dan Terbakar di Jalan Tol Belmera

Satu unit mobil pick-up box yang diduga membawa muatan oli kotor, terbakar di ruas Jalan Tol Belmera, Kecamatan Percut Sei ...
Senggolan Saat Mendahului, Terjatuh, Tertabrak Lagi, Pemuda Teluk Mengkudu Tewas

Senggolan Saat Mendahului, Terjatuh, Tertabrak Lagi, Pemuda Teluk Mengkudu Tewas

Seorang pemuda tewas dalam perawatan di rumah sakit usai mengalami kecelakaan di Jalan lintas Sumatera (Jalinsum) Medan--Tebing Tinggi, tepatnya ...
Dirayu Datang ke Hotel, Pria Ini Tiba-tiba Keluar Tanpa Busana dari Kamar Hotel OYO Jalan Waru

Dirayu Datang ke Hotel, Pria Ini Tiba-tiba Keluar Tanpa Busana dari Kamar Hotel OYO Jalan Waru

Sejumlah warga yang berdomisili di Jalan Waru, Kecamatan Medan Petisah mendadak riuh,Jumat (29/5) dinihari.Pasalnya seorang pria mendadak keluar dari hotel ...
Alumni AKABRI 96 Bharatasena Bantu Warga Kurang Mampu Terdampak Pandemi Covid-19

Alumni AKABRI 96 Bharatasena Bantu Warga Kurang Mampu Terdampak Pandemi Covid-19

Alumni Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) angkatan 96 Bharatasena menyalurkan ratusan paket sembako kepada warga kurang mampu terdampak pandemi Coronavirus ...
Aksi Pencurian AC di Siang Bolong Viral di Media Sosial, Polisi Buru 3 Pria Ini

Aksi Pencurian AC di Siang Bolong Viral di Media Sosial, Polisi Buru 3 Pria Ini

Satu rekaman video aksi pencurian AC di siang bolong viral di group-group WhatsApp wartawan. Aksi itu diketahui terjadi di eks ...
Kodim 0207/Simalungun Salurkan Bantuan Kepada Warga Girsip Melalui Koramil 11/Parapat

Kodim 0207/Simalungun Salurkan Bantuan Kepada Warga Girsip Melalui Koramil 11/Parapat

Pandemi virus corona (Covid-19) tak hanya berdampak pada kesehatan, tapi juga perekonomian masyarakat. Tak sedikit warga terpaksa kehilangan pekerjaan dan ...
Loading...
Irwa Zaini
Dandim

Loading…