Jumat, 18 Oktober 2019 | 04.20 WIB
Metro24Jam>News>Diduga Rugikan Negara Miliaran Rupiah, Kejari Didesak Usut Mafia Izin Tower di Deliserdang

Diduga Rugikan Negara Miliaran Rupiah, Kejari Didesak Usut Mafia Izin Tower di Deliserdang

Senin, 16 September 2019 - 17:55 WIB

IMG-78220

Massa Forak saat berorasi di depan kantor Bupati Deliserdang. (Fani Ardana/metro24jam.com)

DELISERDANG, metro24jam.com – Massa Forum Anti Korupsi (Forak) kembali berunjukrasa ke kantor bupati dan DPRD Deliserdang, Senin (16/8/2019) sekira pukul 12.00 Wib.

Massa yang dikomandoi Muhari dan Rahman Hutabarat mendesak Kejari Deliserdang mengusut sampai tuntas kasus dugaan korupsi pembangunan izin tower tahun 2016-2018 di Deliserdang.

Dalam orasinya, mereka mendesak Kajari Deliserdang segera menetapkan tersangka dan menangkap mafia izin tower serta dinas yang terlibat dan selama ini diduga telah ‘bermain’ agar pembangunan tower di Deliserdang berjalan mulus.

“Kajari harus usut tuntas dugaan korupsi izin tower tahun 2016-2018 yang di duga dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab, sehingga merugikan keuangan negara,” seru Muhari dan Hutabarat.

Forak dalam orasi ini mengaku sudah mengetahui bahwa kasus dugaan korupsi izin tower ini masih dalam proses penyelidikan pihak Kejari Deliserdang.

“Kajari harus terus mengusut kasus ini. Kami meminta kasus ini harus terus dilanjutkan dan bongkar semua mafia izin tower ini,” seru mereka di depan kantor Bupati Deliserdang.

Selain itu mereka juga meminta aparat penegak hukum mengusut tuntas kasus dugaan korupsi pembangunan Pasar Bakaran Batu Lubukpakam tahun 2013-2014.

Pasar yang dibangun dengan anggaran Rp14 miliar itu disebut telah mengakibatkan kerugian negara sekira Rp3 miliar, Kasus dugaan korupsi pembangunan Pasar Bakaran Batu sudah pernah ditangani penegak hukum namun mandek di perjalanan.

Mereka juga kembali mengutarakan tuntutan, yaitu pembubaran TP4D Kejaksaan, pelayanan RSUD dan dugaan korupsi RSUD, gizi buruk serta proyek milik Pemkab yang baru dibangun dan sudah bocor dan rusak serta mendesak Pemkab deliserdang agar membayar utang sebesar Rp175 miliar kepada para pelaku swakelola.

Usai berorasi di kantor bupati, massa kemudian berpindah ke gedung DPRD Deliserdang menyampaikan aspirasi serupa. Namun, aksi mereka yang keenam kali ini tidak direspon satupun pejabat ataupun anggota DPRD Deliserdang.

Pihak massa forak kemudian membubarkan diri dengan tertib dengan pengawalan Sat Pol-PP Deliserdang, Polsek Lubukpakam serta Polres Deliserdang.

Informasi yang diperoleh, kasus dugaan korupsi izin tower telah diselidiki Kejari Deliserdang.

Beberapa dinas disebut sudah dimintai keterangannya, yaitu Bapenda dan Kominfo Deliserdang.

Sekretaris Bapenda Deliserdang Taufik mengatakan, pemanggilan Kejari hanya meminta keterangan dari Bapenda.

“Ohh yang itu. Cuma minta keterangan saja soal retribusi IMB tower sama kami (Bapenda),” sebut Taufik ketika dikonfirmasi, Senin (16/9/2019).

Begitu juga dengan Kominfo Deliserdang. Sekretaris Kominfo Sarjan Rambe membenarkan pihak Kejari Deliserdang sudah datang ke kantornya.

“Minta data-data tower yang telah berdiri di Kabupaten Deliserdang,” kata Rambe beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Kejari Deliserdang belum bisa memberi penjelasan terkait hal ini. Kasi Intel M Iqbal ketika di konfirmasi via WhatsApp belum memberikan jawaban. (fan)


KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Terkini Lainnya
Pulang Belanja Sabu di Gang Kinantan, 2 Sekawan Dicegat Polisi
Metro 24 Jam - Kamis, 17 Oktober 2019 - 23:24 WIB

Pulang Belanja Sabu di Gang Kinantan, 2 Sekawan Dicegat Polisi

Belum sempat menikmati sabu yang baru saja dibeli dari Gang Kinantan, dua sekawan ini keburu dicegat polisi, Selasa (15/10/2019) malam.Keduanya ...
Pembagian Kios Pekan Tigaraja Bermasalah, Camat Akan Panggil Pedagang
Metro 24 Jam - Kamis, 17 Oktober 2019 - 22:44 WIB

Pembagian Kios Pekan Tigaraja Bermasalah, Camat Akan Panggil Pedagang

Pembagian kios di Pekan Tigaraja dinilai merbasalah karena tidak merata. Camat Girsang Sipangan Bolon Eva Suryati Ulyarta Tambunan SKom MSi ...
Rencana Bertanding di Pilkada 2020 Labuhanbatu, H Andi Suhaimi Mendaftar ke Perindo
Metro 24 Jam - Kamis, 17 Oktober 2019 - 22:29 WIB

Rencana Bertanding di Pilkada 2020 Labuhanbatu, H Andi Suhaimi Mendaftar ke Perindo

H Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT resmi mendaftar sebagai Bakal Calon Bupati Labuhanbatu ke DPD Partai Perindo, Selasa (15/10/2019). Pendaftaran ...
Yuk Bantu Biaya Perobatan Darisa Boru Sianturi, Bayi 8 Bulan Penderita Pneumonia
Metro 24 Jam - Kamis, 17 Oktober 2019 - 22:24 WIB

Yuk Bantu Biaya Perobatan Darisa Boru Sianturi, Bayi 8 Bulan Penderita Pneumonia

Darisa boru Sianturi, bayi baru berusia 8 bulan penderita penyakit Pneumonia (radang paru-paru) kini terbaring di RS Haji Adam Malik ...
Beli Sabu dari Tanjungbalai, 3 Warga Sei Dadap Ditangkap Polisi, Rencananya Dijual di Air Batu
Metro 24 Jam - Kamis, 17 Oktober 2019 - 21:33 WIB

Beli Sabu dari Tanjungbalai, 3 Warga Sei Dadap Ditangkap Polisi, Rencananya Dijual di Air Batu

Personel Unit Reskrim Polsek Airbatu meringkus tiga terduga pengedar sabu-sabu di Dusun IV, Desa Hessa Air Genting, Kecamatan Air Batu, ...
Sempat Hilang 2 Hari, Kapal Nelayan Cumi dan 7 Awal Ditemukan Dalam Kondisi Selamat
Metro 24 Jam - Kamis, 17 Oktober 2019 - 17:27 WIB

Sempat Hilang 2 Hari, Kapal Nelayan Cumi dan 7 Awal Ditemukan Dalam Kondisi Selamat

Tim Basarnas Tanjungbalai-Asahan berhasil menemukan satu unit kapal nelayan cumi-cumi yang mengalami kerusakan di perairan Pulau Pandan, Kabupaten Batubara, Rabu ...
Loading...
Kombes Andi Rian
Hendrik Marpaung
Kapolres Siantar

Loading…