Senin, 1 Juni 2020 | 06.49 WIB
Metro24Jam>News>Diduga Rugikan Negara Miliaran Rupiah, Kejari Didesak Usut Mafia Izin Tower di Deliserdang

Diduga Rugikan Negara Miliaran Rupiah, Kejari Didesak Usut Mafia Izin Tower di Deliserdang

Senin, 16 September 2019 - 17:55 WIB

IMG-78220

Massa Forak saat berorasi di depan kantor Bupati Deliserdang. (Fani Ardana/metro24jam.com)

Loading...

DELISERDANG, metro24jam.com – Massa Forum Anti Korupsi (Forak) kembali berunjukrasa ke kantor bupati dan DPRD Deliserdang, Senin (16/8/2019) sekira pukul 12.00 Wib.

Massa yang dikomandoi Muhari dan Rahman Hutabarat mendesak Kejari Deliserdang mengusut sampai tuntas kasus dugaan korupsi pembangunan izin tower tahun 2016-2018 di Deliserdang.

Dalam orasinya, mereka mendesak Kajari Deliserdang segera menetapkan tersangka dan menangkap mafia izin tower serta dinas yang terlibat dan selama ini diduga telah ‘bermain’ agar pembangunan tower di Deliserdang berjalan mulus.

“Kajari harus usut tuntas dugaan korupsi izin tower tahun 2016-2018 yang di duga dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab, sehingga merugikan keuangan negara,” seru Muhari dan Hutabarat.

Forak dalam orasi ini mengaku sudah mengetahui bahwa kasus dugaan korupsi izin tower ini masih dalam proses penyelidikan pihak Kejari Deliserdang.

“Kajari harus terus mengusut kasus ini. Kami meminta kasus ini harus terus dilanjutkan dan bongkar semua mafia izin tower ini,” seru mereka di depan kantor Bupati Deliserdang.

Selain itu mereka juga meminta aparat penegak hukum mengusut tuntas kasus dugaan korupsi pembangunan Pasar Bakaran Batu Lubukpakam tahun 2013-2014.

Pasar yang dibangun dengan anggaran Rp14 miliar itu disebut telah mengakibatkan kerugian negara sekira Rp3 miliar, Kasus dugaan korupsi pembangunan Pasar Bakaran Batu sudah pernah ditangani penegak hukum namun mandek di perjalanan.

Mereka juga kembali mengutarakan tuntutan, yaitu pembubaran TP4D Kejaksaan, pelayanan RSUD dan dugaan korupsi RSUD, gizi buruk serta proyek milik Pemkab yang baru dibangun dan sudah bocor dan rusak serta mendesak Pemkab deliserdang agar membayar utang sebesar Rp175 miliar kepada para pelaku swakelola.

Usai berorasi di kantor bupati, massa kemudian berpindah ke gedung DPRD Deliserdang menyampaikan aspirasi serupa. Namun, aksi mereka yang keenam kali ini tidak direspon satupun pejabat ataupun anggota DPRD Deliserdang.

Pihak massa forak kemudian membubarkan diri dengan tertib dengan pengawalan Sat Pol-PP Deliserdang, Polsek Lubukpakam serta Polres Deliserdang.

Informasi yang diperoleh, kasus dugaan korupsi izin tower telah diselidiki Kejari Deliserdang.

Beberapa dinas disebut sudah dimintai keterangannya, yaitu Bapenda dan Kominfo Deliserdang.

Sekretaris Bapenda Deliserdang Taufik mengatakan, pemanggilan Kejari hanya meminta keterangan dari Bapenda.

“Ohh yang itu. Cuma minta keterangan saja soal retribusi IMB tower sama kami (Bapenda),” sebut Taufik ketika dikonfirmasi, Senin (16/9/2019).

Begitu juga dengan Kominfo Deliserdang. Sekretaris Kominfo Sarjan Rambe membenarkan pihak Kejari Deliserdang sudah datang ke kantornya.

“Minta data-data tower yang telah berdiri di Kabupaten Deliserdang,” kata Rambe beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Kejari Deliserdang belum bisa memberi penjelasan terkait hal ini. Kasi Intel M Iqbal ketika di konfirmasi via WhatsApp belum memberikan jawaban. (fan)

KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Lainnya
Pecah Ban, Mobil Box Terbalik dan Terbakar di Jalan Tol Belmera

Pecah Ban, Mobil Box Terbalik dan Terbakar di Jalan Tol Belmera

Satu unit mobil pick-up box yang diduga membawa muatan oli kotor, terbakar di ruas Jalan Tol Belmera, Kecamatan Percut Sei ...
Senggolan Saat Mendahului, Terjatuh, Tertabrak Lagi, Pemuda Teluk Mengkudu Tewas

Senggolan Saat Mendahului, Terjatuh, Tertabrak Lagi, Pemuda Teluk Mengkudu Tewas

Seorang pemuda tewas dalam perawatan di rumah sakit usai mengalami kecelakaan di Jalan lintas Sumatera (Jalinsum) Medan--Tebing Tinggi, tepatnya ...
Dirayu Datang ke Hotel, Pria Ini Tiba-tiba Keluar Tanpa Busana dari Kamar Hotel OYO Jalan Waru

Dirayu Datang ke Hotel, Pria Ini Tiba-tiba Keluar Tanpa Busana dari Kamar Hotel OYO Jalan Waru

Sejumlah warga yang berdomisili di Jalan Waru, Kecamatan Medan Petisah mendadak riuh,Jumat (29/5) dinihari.Pasalnya seorang pria mendadak keluar dari hotel ...
Alumni AKABRI 96 Bharatasena Bantu Warga Kurang Mampu Terdampak Pandemi Covid-19

Alumni AKABRI 96 Bharatasena Bantu Warga Kurang Mampu Terdampak Pandemi Covid-19

Alumni Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) angkatan 96 Bharatasena menyalurkan ratusan paket sembako kepada warga kurang mampu terdampak pandemi Coronavirus ...
Aksi Pencurian AC di Siang Bolong Viral di Media Sosial, Polisi Buru 3 Pria Ini

Aksi Pencurian AC di Siang Bolong Viral di Media Sosial, Polisi Buru 3 Pria Ini

Satu rekaman video aksi pencurian AC di siang bolong viral di group-group WhatsApp wartawan. Aksi itu diketahui terjadi di eks ...
Kodim 0207/Simalungun Salurkan Bantuan Kepada Warga Girsip Melalui Koramil 11/Parapat

Kodim 0207/Simalungun Salurkan Bantuan Kepada Warga Girsip Melalui Koramil 11/Parapat

Pandemi virus corona (Covid-19) tak hanya berdampak pada kesehatan, tapi juga perekonomian masyarakat. Tak sedikit warga terpaksa kehilangan pekerjaan dan ...
Loading...
Irwa Zaini
Dandim

Loading…