Rabu, 29 Januari 2020 | 01.52 WIB
Metro24Jam>News>Bantu Petani dan Peternak, Bupati Labuhanbatu Gerakkan Penyuluh Pertanian

Bantu Petani dan Peternak, Bupati Labuhanbatu Gerakkan Penyuluh Pertanian

Kamis, 12 September 2019 - 22:25 WIB

IMG-77959

Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe melepaskan induk ikan usai temu ramah dengan petani dan peternak di Dusun Gapuk, Desa Tebing Tinggi, Pangkatan. (ist/metro24jam.com)

Loading...

LABUHANBATU, metro24jam.com – Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe kian gencar menggerakkan penyuluh pertanian agar membantu kalangan petani dan peternak meningkatkan hasil produksi.

Menurutnya, sektor pertanian maupun peternakan memiliki potensi besar dalam rangka memajukan perekonomian masyarakat Kabupaten Labuhanbatu.

Tak hanya lewat instruksi, kepala daerah yang satu ini bahkan memboyong langsung para penyuluh ke sentra-sentra produksi pertanian dan peternakan.

Kamis (12/9/2019), dia menyempatkan diri mendampingi para penyuluh untuk bertatap muka dengan petani dan peternak Dusun Gapuk, Desa Tebing Tinggi Pangkatan, Kecamatan Pangkatan.

“Petani harus didorong berinovasi agar hasil produksi terus meningkat. Untuk ini diperlukan peran penting para penyuluh pertanian,” ujar Andi Suhaimi dalam temu ramah yang digelar di rumah salah seorang tokoh masyarakat setempat, Abdul Halim Hasibuan.

Dalam kesempatan ini, Andi Suhaimi–yang ditemani Ketua Tim Penggerak PKK Labuhanbatu, Hj. Rosmanidar Hasibuan Andi Suhaimi–mengapresiasi gerakan aktif Abdul Halim Hasibuan dalam memotivasi para petani di dusunnya.

Ide-ide inovatif Abdul Halim selama ini telah terbukti berhasil melakukan perubahan mendasar bagi kalangan petani Dusun Gapuk dalam tata kelola lahan pertanian.

“Masyarakat kita memiliki banyak potensi, hal ini harus kita dukung untuk kemajuan para petani di Labuhanbatu. Saat ini sawit sudah rendah harga jualnya, kita alihkan saja lahan sawit yang kita punya dengan bercocok tanam atau beternak,” ujar Andi Suhaimi.

Andi Suhaimi mengungkapkan, Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Pemkab Labuhanbatu memiliki program inovatif dan kolaboratif agar petani padi bisa panen dua sampai tiga kali dalam setahun. Program tersebut telah diterapkan di Desa Selat Beting, Kecamatan Panai Tengah.

“Saat ini Pemkab Labuhanbatu sudah memberikan bibit, pupuk, serta alat panen yang juga gratis, hari ini banyak yang harus kita rapikan ada bibit yang sudah entah kemana dibagikan. Saya harapkan penyaluran bibit dan ternak ini harus tepat, jangan lagi ada yang tidak jelas,” tegas Andi Suhaimi.

Sementara itu, Abdul Halim Hasibuan mengungkapkan, masyarakat Dusun Gapuk sebagian berprofesi sebagai buruh tani, bukan pengusaha tani. Upaya yang dilakukannya saat ini adalah mengarahkan masyarakat untuk bertani agar ekonomi keluarganya semakin baik.

“Kami berharap suport (dukungan) dari pemerintah, bagaimana petani kita bisa maju. Saya juga beternak bebek, ada 100 ekor yang masih produktif, harga telurnya juga cukup mahal. Saya ingin masyarakat di sini bisa beternak bebek seperti saya. Saya harap, minimal di desa kita ada pabrik rekayasa pakan bebek, agar kami lebih mudah mendapatkan pakan tersebut,” tutur Abdul Halim.

Camat Pangkatan Chairuddin Nasution mengaku sangat berterimakasih atas kehadiran Bupati Labuhanbatu dan Ketua Tim Penggerak PKK. Kehadiran kedua sosok panutan tersebut, menurutnya akan sangat memotivasi masyarakat Dusun Gapuk. (*/asp)


KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Terkini Lainnya
2 Bocah di Karang Sari Disebut Dilarikan Penculik, Satu Orang Melapor Kehilangan HP
Metro 24 Jam - Selasa, 28 Januari 2020 - 19:30 WIB

2 Bocah di Karang Sari Disebut Dilarikan Penculik, Satu Orang Melapor Kehilangan HP

Rangga (14) dan Bisma (12) warga Karang Sari Kecamatan Gunung Maligas, Simalungun, 2 bocah yang sempat viral di YouTube, lantaran ...
Kapolres Tapsel Serahkan Bantuan Kursi dan Meja Belajar ke SD 101019 Silangkitang
Metro 24 Jam - Selasa, 28 Januari 2020 - 19:13 WIB

Kapolres Tapsel Serahkan Bantuan Kursi dan Meja Belajar ke SD 101019 Silangkitang

Kapolres Tapanuli Selatan AKBP Irwa Zaini Adib, melalui tim Huraba Reaksi Cepat (HRC) Polres Tapsel, menyerahkan bantuan berupa meja dan ...
Oknum Panitera PTUN Medan Jadi Tersangka, Polisi: AR Ditangkap Seorang Diri Bawa Sabu
Metro 24 Jam - Selasa, 28 Januari 2020 - 18:21 WIB

Oknum Panitera PTUN Medan Jadi Tersangka, Polisi: AR Ditangkap Seorang Diri Bawa Sabu

Polisi akhirnya menetapkan AR, oknum Panitera Pengganti di PTUN Medan sebagai tersangka dalam kasus kepemilikan narkoba jenis sabu-sabu. Kanit Reskrim ...
Hadirnya Raperda Adminduk Untuk Antisipasi Pelanggaran Sistem
Metro 24 Jam - Selasa, 28 Januari 2020 - 18:16 WIB

Hadirnya Raperda Adminduk Untuk Antisipasi Pelanggaran Sistem

Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kota Medan tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan diharapkan dapat meminimalisir potensi-potensi terjadinya pekanggaran-pelanggaran sistem dan standar prosedur ...
PT Sentra Akui Mandek Bayar Pesangon Sekuriti, Janji Segera Dicicil Kembali
Metro 24 Jam - Selasa, 28 Januari 2020 - 18:10 WIB

PT Sentra Akui Mandek Bayar Pesangon Sekuriti, Janji Segera Dicicil Kembali

Direktur PT Sumber Energi Sumatera (Sentra) Hendra Admaja mengakui bahwa pihaknya tertunda dalam pembayaran pesangon untuk mantan pekerja sekuriti yang ...
Gaji Tenaga Medis Tak Sesuai UMK, Komisi II DPRD Medan Akan Laporkan RS Mitra Medika
Metro 24 Jam - Selasa, 28 Januari 2020 - 17:26 WIB

Gaji Tenaga Medis Tak Sesuai UMK, Komisi II DPRD Medan Akan Laporkan RS Mitra Medika

Komisi II DPRD Medan akan segera melaporkan managemen Rumah Sakit Mitra Medika di Jalan KL Yos Sudarso ke Kementerian Tenaga ...
Loading...

Loading…