Rabu, 29 Januari 2020 | 02.28 WIB
Metro24Jam>News>Dinas PIT Simalungun ‘Jemput Bola’ Urus IMB Rumah Warga di Kecamatan Girsip

Dinas PIT Simalungun ‘Jemput Bola’ Urus IMB Rumah Warga di Kecamatan Girsip

Kamis, 12 September 2019 - 17:51 WIB

IMG-77940

Kadis PIT Simalungun Simson Tambunan bersama Camat Girsip, Eva Suryati Ulyarta Tambunan saat meninjau kegiatan. (Silalahi/metro24jam.com)

Loading...

PARAPAT, metro24jam.com – Untuk mempermudah pelayanan urusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Dinas Pelayanan Izin Terpadu (PIT) Simalungun melakukan sosialisasi, sekaligus kegiatan pengurusan izin siap dalam satu hari.

Kegiatan pengurusan izin tersebut dilaksanakan di Lapangan Open Stage Pagoda, Kelurahan Tigaraja, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon (Girsip), Kamis (12/9) sekira jam 10.30 WIB.

Hadir dalam kegiatan tersebut pihak Kecamatan Girsip, lurah/pangulu, perwakilan Dinas PUPR Simalungun, Perbankan, TNI dan Polri.

Kepala Dinas PIT Simalungun Simson Tambunan SSTP mengatakan, kegiatan dalam rangka sosialisasi sekaligus memberikan kemudahan warga mengurus Surat Izin Mendirikan Bangunan (SIMB) khusus rumah tinggal.

“Kegiatan ini dalam rangka sosialisasi kepada masyarakat melalui perangkat nagori, pangulu dan kecamatan, sekaligus juga kita melakukan pelayanan mudah kepada warga untuk mengurus IMB khusus rumah tinggal,” katanya.

Hal itu dilakukan Dinas PIT, karena masih banyak warga telah membangun rumah tapi belum memiliki izin.

“Jadi kita ke sini untuk membantu warga dengan ‘jemput bola’, sehingga tidak perlu lagi masyarakat datang ke Kantor Pelayanan Izin Terpadu di Raya, sekaligus kegiatan ini untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Simalungun,” ungkapnya.

Mantan Camat Siantar itu juga menjelaskan, bahwa kegiatan melibatkan Tim teknis dari Dinas PUPR, Perbankan, TNI Polri.

Persyaratan yang diperlukan untuk pengurusan IMB, jelas Simson, adalah Surat Keterangan Tanah (SKT atau pun sertifikat), pembayaran pajak terakhir, surat keterangan dari lurah/pangulu menjelaskan bahwa tanah dimaksud tidak dalam silang sengketa dan diketahui camat.

“Juga dilampirkan foto bangunan rumah yang terbaru. Apabila berkasnya sudah lengkap, maka kita pastikan pelayanan IMB selesai dalam satu hari,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Simson juga mengucapkan terima kasih kepada Camat Girsip serta perangkatnya yang sudah mendukung kegiatan tersebut.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bukan satu kali di setiap Kecamatan, akan tetapi setiap ada permintaan kami akan buat jadwal lagi,” harapnya.

Sementara itu Camat Girsip Eva Suryati Ulyarta Tambunan SKom Msi menyampaikan, terkait untuk kelengkapan berkas pengurusan IMB, pihaknya telah melakukan sosialisasi dan membuat surat edaran kepada masyarakat melalui lurah/pangulu dan perangkatnya.

“Setelah menerima surat edaran Peraturan Bupati (Perbub) nomor: 503.8813/171/ 2019, per tanggal 7 Agustus 2019, tentang kewajiban setiao orang atau badan mendirikan bangunan harus memiliki IMB, maka berdasarkan itu kami dari Kecamatan Girsip menyampaikan kepada masyarakat agar mengurus izin bangunannya,” jelas Eva.

Melalui surat, pihak kecamatan memerintahkan lurah/pangulu dan perangkatnya agar menghimbau warga mempersiapkan berkas pengurusan IMB dengan jemput bola dari Dinas PIT.

“Jadi, kesempatan baik ini kita harapkan jangan disia-sia masyarakat. Kalau belum ada IMB rumahnya supaya segera diurus, karena memang sangat perlu dan menjadi kewajiban sebagai warga negara yang baik,” pungkasnya. (sil)


KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Terkini Lainnya
2 Bocah di Karang Sari Disebut Dilarikan Penculik, Satu Orang Melapor Kehilangan HP
Metro 24 Jam - Selasa, 28 Januari 2020 - 19:30 WIB

2 Bocah di Karang Sari Disebut Dilarikan Penculik, Satu Orang Melapor Kehilangan HP

Rangga (14) dan Bisma (12) warga Karang Sari Kecamatan Gunung Maligas, Simalungun, 2 bocah yang sempat viral di YouTube, lantaran ...
Kapolres Tapsel Serahkan Bantuan Kursi dan Meja Belajar ke SD 101019 Silangkitang
Metro 24 Jam - Selasa, 28 Januari 2020 - 19:13 WIB

Kapolres Tapsel Serahkan Bantuan Kursi dan Meja Belajar ke SD 101019 Silangkitang

Kapolres Tapanuli Selatan AKBP Irwa Zaini Adib, melalui tim Huraba Reaksi Cepat (HRC) Polres Tapsel, menyerahkan bantuan berupa meja dan ...
Oknum Panitera PTUN Medan Jadi Tersangka, Polisi: AR Ditangkap Seorang Diri Bawa Sabu
Metro 24 Jam - Selasa, 28 Januari 2020 - 18:21 WIB

Oknum Panitera PTUN Medan Jadi Tersangka, Polisi: AR Ditangkap Seorang Diri Bawa Sabu

Polisi akhirnya menetapkan AR, oknum Panitera Pengganti di PTUN Medan sebagai tersangka dalam kasus kepemilikan narkoba jenis sabu-sabu. Kanit Reskrim ...
Hadirnya Raperda Adminduk Untuk Antisipasi Pelanggaran Sistem
Metro 24 Jam - Selasa, 28 Januari 2020 - 18:16 WIB

Hadirnya Raperda Adminduk Untuk Antisipasi Pelanggaran Sistem

Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kota Medan tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan diharapkan dapat meminimalisir potensi-potensi terjadinya pekanggaran-pelanggaran sistem dan standar prosedur ...
PT Sentra Akui Mandek Bayar Pesangon Sekuriti, Janji Segera Dicicil Kembali
Metro 24 Jam - Selasa, 28 Januari 2020 - 18:10 WIB

PT Sentra Akui Mandek Bayar Pesangon Sekuriti, Janji Segera Dicicil Kembali

Direktur PT Sumber Energi Sumatera (Sentra) Hendra Admaja mengakui bahwa pihaknya tertunda dalam pembayaran pesangon untuk mantan pekerja sekuriti yang ...
Gaji Tenaga Medis Tak Sesuai UMK, Komisi II DPRD Medan Akan Laporkan RS Mitra Medika
Metro 24 Jam - Selasa, 28 Januari 2020 - 17:26 WIB

Gaji Tenaga Medis Tak Sesuai UMK, Komisi II DPRD Medan Akan Laporkan RS Mitra Medika

Komisi II DPRD Medan akan segera melaporkan managemen Rumah Sakit Mitra Medika di Jalan KL Yos Sudarso ke Kementerian Tenaga ...
Loading...

Loading…