Selasa, 17 September 2019 | 05.15 WIB
Metro24Jam>News>Dinas PIT Simalungun ‘Jemput Bola’ Urus IMB Rumah Warga di Kecamatan Girsip

Dinas PIT Simalungun ‘Jemput Bola’ Urus IMB Rumah Warga di Kecamatan Girsip

Kamis, 12 September 2019 - 17:51 WIB

IMG-77940

Kadis PIT Simalungun Simson Tambunan bersama Camat Girsip, Eva Suryati Ulyarta Tambunan saat meninjau kegiatan. (Silalahi/metro24jam.com)

PARAPAT, metro24jam.com – Untuk mempermudah pelayanan urusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Dinas Pelayanan Izin Terpadu (PIT) Simalungun melakukan sosialisasi, sekaligus kegiatan pengurusan izin siap dalam satu hari.

Kegiatan pengurusan izin tersebut dilaksanakan di Lapangan Open Stage Pagoda, Kelurahan Tigaraja, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon (Girsip), Kamis (12/9) sekira jam 10.30 WIB.

Hadir dalam kegiatan tersebut pihak Kecamatan Girsip, lurah/pangulu, perwakilan Dinas PUPR Simalungun, Perbankan, TNI dan Polri.

Kepala Dinas PIT Simalungun Simson Tambunan SSTP mengatakan, kegiatan dalam rangka sosialisasi sekaligus memberikan kemudahan warga mengurus Surat Izin Mendirikan Bangunan (SIMB) khusus rumah tinggal.

“Kegiatan ini dalam rangka sosialisasi kepada masyarakat melalui perangkat nagori, pangulu dan kecamatan, sekaligus juga kita melakukan pelayanan mudah kepada warga untuk mengurus IMB khusus rumah tinggal,” katanya.

Hal itu dilakukan Dinas PIT, karena masih banyak warga telah membangun rumah tapi belum memiliki izin.

“Jadi kita ke sini untuk membantu warga dengan ‘jemput bola’, sehingga tidak perlu lagi masyarakat datang ke Kantor Pelayanan Izin Terpadu di Raya, sekaligus kegiatan ini untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Simalungun,” ungkapnya.

Mantan Camat Siantar itu juga menjelaskan, bahwa kegiatan melibatkan Tim teknis dari Dinas PUPR, Perbankan, TNI Polri.

Persyaratan yang diperlukan untuk pengurusan IMB, jelas Simson, adalah Surat Keterangan Tanah (SKT atau pun sertifikat), pembayaran pajak terakhir, surat keterangan dari lurah/pangulu menjelaskan bahwa tanah dimaksud tidak dalam silang sengketa dan diketahui camat.

“Juga dilampirkan foto bangunan rumah yang terbaru. Apabila berkasnya sudah lengkap, maka kita pastikan pelayanan IMB selesai dalam satu hari,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Simson juga mengucapkan terima kasih kepada Camat Girsip serta perangkatnya yang sudah mendukung kegiatan tersebut.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bukan satu kali di setiap Kecamatan, akan tetapi setiap ada permintaan kami akan buat jadwal lagi,” harapnya.

Sementara itu Camat Girsip Eva Suryati Ulyarta Tambunan SKom Msi menyampaikan, terkait untuk kelengkapan berkas pengurusan IMB, pihaknya telah melakukan sosialisasi dan membuat surat edaran kepada masyarakat melalui lurah/pangulu dan perangkatnya.

“Setelah menerima surat edaran Peraturan Bupati (Perbub) nomor: 503.8813/171/ 2019, per tanggal 7 Agustus 2019, tentang kewajiban setiao orang atau badan mendirikan bangunan harus memiliki IMB, maka berdasarkan itu kami dari Kecamatan Girsip menyampaikan kepada masyarakat agar mengurus izin bangunannya,” jelas Eva.

Melalui surat, pihak kecamatan memerintahkan lurah/pangulu dan perangkatnya agar menghimbau warga mempersiapkan berkas pengurusan IMB dengan jemput bola dari Dinas PIT.

“Jadi, kesempatan baik ini kita harapkan jangan disia-sia masyarakat. Kalau belum ada IMB rumahnya supaya segera diurus, karena memang sangat perlu dan menjadi kewajiban sebagai warga negara yang baik,” pungkasnya. (sil)


KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Terkini Lainnya
Keroyok Polisi Saat Grebek Narkoba di Desa Nenas Siam, 3 Provokator Diringkus
Metro 24 Jam - Senin, 16 September 2019 - 21:20 WIB

Keroyok Polisi Saat Grebek Narkoba di Desa Nenas Siam, 3 Provokator Diringkus

Personel Sat Reskrim Polres Batubara meringkus 3 pria yang diduga merupakan otak pengeroyokan terhadap 7 personel Polsek Medang Deras di ...
Permisi Pergi Kerja, Rupanya Janji Sama Supir Angkot, Remaja 19 Tahun Diciduk di Kamar Hotel
Metro 24 Jam - Senin, 16 September 2019 - 20:02 WIB

Permisi Pergi Kerja, Rupanya Janji Sama Supir Angkot, Remaja 19 Tahun Diciduk di Kamar Hotel

Terbuai dengan iming-iming ongkos gratis dan rayuan duda ayah 2 anak, Mawar (19)--sebut saja namanya begitu--akhirnya rela diajak bermesum ria. ...
Pemkab Labuhanbatu Berperan Aktif Dukung <i>Basic Trauma Live Support</i>
Metro 24 Jam - Senin, 16 September 2019 - 18:09 WIB

Pemkab Labuhanbatu Berperan Aktif Dukung Basic Trauma Live Support

Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, melalui salah satu putera terbaiknya, berperan aktif dalam Basic Trauma Live Support (BTCLS), yang digelar Dewan Pimpinan ...
Diduga Rugikan Negara Miliaran Rupiah, Kejari Didesak Usut Mafia Izin Tower di Deliserdang
Metro 24 Jam - Senin, 16 September 2019 - 17:55 WIB

Diduga Rugikan Negara Miliaran Rupiah, Kejari Didesak Usut Mafia Izin Tower di Deliserdang

Massa Forum Anti Korupsi (Forak) kembali berunjukrasa ke kantor bupati dan DPRD Deliserdang, Senin (16/8/2019) sekira pukul 12.00 Wib. Massa ...
Pulang Beli Sabu Anak Jalan Asrama-Martoba Ini Dicegat Polisi, Terpaksa Menghayal di Sel!
Metro 24 Jam - Senin, 16 September 2019 - 16:10 WIB

Pulang Beli Sabu Anak Jalan Asrama-Martoba Ini Dicegat Polisi, Terpaksa Menghayal di Sel!

Rencana Mhd Meizar Suhada Siregar 'fly' dan berhalusinasi memakai sabu buyar seketika. Dia dicegat Tim Opsnal Satres Narkoba Polres Pematangsiantar, ...
DPC PPP Asahan Buka Penjaringan Balon Bupati, Nurhajizah Marpaung Pendaftar Pertama
Metro 24 Jam - Senin, 16 September 2019 - 15:17 WIB

DPC PPP Asahan Buka Penjaringan Balon Bupati, Nurhajizah Marpaung Pendaftar Pertama

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Asahan mulai membuka penndaftaran penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati untuk ...
Loading...
Kapolres Siantar

Loading…