Selasa, 17 September 2019 | 06.01 WIB
Metro24Jam>News>Desak Dugaan Korupsi Kemenag Diusut, Massa GMPK Demo Kejati Sumut

Desak Dugaan Korupsi Kemenag Diusut, Massa GMPK Demo Kejati Sumut

Rabu, 11 September 2019 - 07:07 WIB

IMG-77795

Massa saat berunjukrasa ke kantor Kejati Sumut. (ist/metro24jam.com)

MEDAN, metro24jam.com – Puluhan massa mengatasnamakan Gerakan Mahasiswa Pemerhati Keadilan (GMPK) menggelar aksi demo di Kantor Kejati Sumut, Jalan AH Nasution, Medan Johor, Selasa (10/9/2019).

Massa menuntut agar Korps Adhyaksa mengusut tuntas kasus dugaan korupsi di Kanwil Kemenag Sumut. “Jangan biarkan korupsi merajalela di Sumut,” teriak Koordinator Aksi Solahudin Tanjung.

Dia menunjuk beberapa persoalan yang harus diusut di Kanwil Kemenag Sumut, di antaranya dugaan korupsi dalam mobilisasi siswa Madrasah Aliyah (MA)/Madrasah Aliyah Negeri (MAN)/Madrasah Tsanawiyah Negei (MTSN)/Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) untuk Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2019.

Untuk kegiatan tersebut, seluruh siswa diwajibkan membayar Rp35 ribu. “Jika dijumlahkan totalnya mencapai Rp2 miliar,” jelasnya.

Selain itu, sambung Solahudin, juga terdapat beberapa persoalan lain yakni dugaan pungli dan KKN pada mutasi jabatan dengan pungutan pada kisaran angka Rp50 juta hingga Rp300 juta.

“Kami meminta Kejatisu segera periksa Kepala Kanwil Kemenag Sumut dan segera tangkap jika bersalah. Ini demi mewujudkan Sumut yang bermartabat,” pungkasnya.

Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Sumut Sumanggar Siagian mengatakan pihaknya sudah memproses kasus dugaan pungli tersebut. Ia meminta agar seluruh pihak menunggu hasil penyelidikan selesai.

“Kami tentu akan bekerja sesuai dengan aturan yang ada dan memastikan bahwa prosesnya akan berjalan dengan transparan. Sama-sama kita menunggu,” katanya.

Sumanggar mengatakan, Kejati Sumut elah memeriksa sejumlah saksi terkait kasus dugaan korupsi tersebut. “Ini masih penyelidikan, kita belum tahu berapa dugaan Punglinya,” tandasnya.

Sekedar informasi, sebanyak 50 persen siswa/i dari Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN), Madrasah Tsanawiyah (MTs) hingga Madrasah Aliyah (MA), diwajibkan mengikuti seleksi KSM tersebut dan membayar Rp35 ribu yang dibebankan kepada Kepala Madrasah masing-masing.

Ada sekitar 58 ribu siswa/i madrasah se-Sumut yang megikuti seleksi dan telah membayar biayanya. Jika ditotal, dari 58.000 siswa/i dikali Rp35 ribu, maka dana yang dikumpulkan mencapai Rp2.030.000.000.

Padahal, seleksi pelaksanaan KSM hanya mencari 11 orang utusan yang akan dikirim dalam pelaksanaan tingkat nasional di Manado pada September 2019.

Sementara, berdasarkan Petunjuk Teknis (Juknis) yang diterbitkan Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, tidak dibenarkan mengkoordinir seleksi KSM di tingkat satuan pendidikan kabupaten/kota dan provinsi.

Pelaksanaan harus secara mandiri dan diserahkan kepada kabupaten/kota masing-masing. (eza)


KOMENTAR ANDA
Loading...
Berita Terkini Lainnya
Keroyok Polisi Saat Grebek Narkoba di Desa Nenas Siam, 3 Provokator Diringkus
Metro 24 Jam - Senin, 16 September 2019 - 21:20 WIB

Keroyok Polisi Saat Grebek Narkoba di Desa Nenas Siam, 3 Provokator Diringkus

Personel Sat Reskrim Polres Batubara meringkus 3 pria yang diduga merupakan otak pengeroyokan terhadap 7 personel Polsek Medang Deras di ...
Permisi Pergi Kerja, Rupanya Janji Sama Supir Angkot, Remaja 19 Tahun Diciduk di Kamar Hotel
Metro 24 Jam - Senin, 16 September 2019 - 20:02 WIB

Permisi Pergi Kerja, Rupanya Janji Sama Supir Angkot, Remaja 19 Tahun Diciduk di Kamar Hotel

Terbuai dengan iming-iming ongkos gratis dan rayuan duda ayah 2 anak, Mawar (19)--sebut saja namanya begitu--akhirnya rela diajak bermesum ria. ...
Pemkab Labuhanbatu Berperan Aktif Dukung <i>Basic Trauma Live Support</i>
Metro 24 Jam - Senin, 16 September 2019 - 18:09 WIB

Pemkab Labuhanbatu Berperan Aktif Dukung Basic Trauma Live Support

Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, melalui salah satu putera terbaiknya, berperan aktif dalam Basic Trauma Live Support (BTCLS), yang digelar Dewan Pimpinan ...
Diduga Rugikan Negara Miliaran Rupiah, Kejari Didesak Usut Mafia Izin Tower di Deliserdang
Metro 24 Jam - Senin, 16 September 2019 - 17:55 WIB

Diduga Rugikan Negara Miliaran Rupiah, Kejari Didesak Usut Mafia Izin Tower di Deliserdang

Massa Forum Anti Korupsi (Forak) kembali berunjukrasa ke kantor bupati dan DPRD Deliserdang, Senin (16/8/2019) sekira pukul 12.00 Wib. Massa ...
Pulang Beli Sabu Anak Jalan Asrama-Martoba Ini Dicegat Polisi, Terpaksa Menghayal di Sel!
Metro 24 Jam - Senin, 16 September 2019 - 16:10 WIB

Pulang Beli Sabu Anak Jalan Asrama-Martoba Ini Dicegat Polisi, Terpaksa Menghayal di Sel!

Rencana Mhd Meizar Suhada Siregar 'fly' dan berhalusinasi memakai sabu buyar seketika. Dia dicegat Tim Opsnal Satres Narkoba Polres Pematangsiantar, ...
DPC PPP Asahan Buka Penjaringan Balon Bupati, Nurhajizah Marpaung Pendaftar Pertama
Metro 24 Jam - Senin, 16 September 2019 - 15:17 WIB

DPC PPP Asahan Buka Penjaringan Balon Bupati, Nurhajizah Marpaung Pendaftar Pertama

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Asahan mulai membuka penndaftaran penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati untuk ...
Loading...
Kapolres Siantar

Loading…